Tempat Wisata

Biaya masuk, menu dan lokasi Puncak Sekawan

Puncak Sekawan

  • Biaya masuk: 10.000 hingga 20.000 Rp
  • Jam buka: Pukul 09.00 – 18.00 WIB
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Desa Wisata, Semen, Gandusari, Blitar, Jawa Timur, Indonesia, 66187

Wisata Puncak Sekawan menawarkan area rekreasi di puncak bukit. Berada di ketinggian 711 meter di atas permukaan laut, pengunjung bisa menikmati pemandangan yang memanjakan mata.

Terdapat pemandangan pegunungan yang indah dan panorama hijau disekitarnya. Banyak juga yang menjadikan puncaknya sebagai tempat sempurna untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam.

Kawasan wisata ini menjadi destinasi wisata unggulan warga Desa Semen, Blitar. Pihak pengelola juga telah menyediakan berbagai fasilitas rekreasi seperti penyewaan tenda.

Suasana pedesaan masih terkesan asri dan alami. Udara sejuk dan segar seakan menyambut pengunjung dan merupakan tempat yang sangat cocok menyembuhkan.

Biaya masuk Puncak Sekawan

Jika ingin kesini, wisatawan perlu membeli tiket masuk senilai Rp 10.000. Selain tiket masuk, pengunjung juga harus membayar biaya parkir. Namun jika ingin berkemah, biaya masuk dan parkirnya berbeda.

Jenis tiket Harga
Tiket masuk untuk tur Rp10.000
Tiket berkemah Rp20.000
Tempat parkir motor/mobil biasa Rp 5.000 / Rp 10.000
Parkir sepeda motor/RV Rp8.000 / Rp15.000

Biaya masuk Puncak Sekawan

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Seru BLITAR PARK

Jam buka Puncak Sekawan

Pada hari Senin, tempat wisata ini tutup kecuali hari libur besar. Kemudian buka dari Selasa hingga Minggu mulai jam 9 pagi hingga 6 sore.

Objek wisata Puncak Sekawan

Puncak SekawanPuncak SekawanKawasan wisata dengan latar belakang perbukitan hijau. Foto: Google Maps/Surat Fachry

Bagi para pecinta wisata alam, asyik banget mengabadikan puncak sahabat di depan kamera. Menawarkan panorama alam yang indah dengan nuansa pegunungan. Keindahan dan eksotisme pemandangannya menjadi magnet yang mengundang rasa penasaran wisatawan untuk berkunjung.

Hutan pinus

Jalan menuju tempat wisata ini masih agak dalam dan sebagian belum beraspal. Namun pemandangan sepanjang perjalanan sangat menarik.

Sebab wisatawan bisa menikmati hutan pinus yang asri dan produktif. Getah pohon pinus di kawasan hutan ini masih sering disadap oleh penduduk setempat.

Anda tidak akan bosan dengan jalan yang dikelilingi hutan pinus yang hijau. Padahal, pepohonan tersebut memberikan udara segar bagi wisatawan. Deretan pohon pinus yang cenderung vertikal terlihat estetis dan menjadi subjek foto yang bagus.

Baca: Tiket & Aktivitas KAMPUNG COKLAT Blitar

Panorama gunung

Wisata di Puncak Sekawan mengusung tema alam Blitar yang memukau pengunjung. Di sebelah timur terdapat pemandangan Gunung Gogoniti. Sedangkan jika melihat ke timur akan terlihat Gunung Kawi. Jika melihat ke arah barat maka akan terlihat Gunung Kelud yang megah.

Saksikan matahari terbenam

Melihat matahari terbenam di Puncak SekawanMelihat matahari terbenam di Puncak SekawanMelihat matahari terbenam dari puncak. Foto: Google Maps/Aziz Muhaimin

Wisatawan bisa merasakan seperti sedang menikmati matahari terbenam di ketinggian 711 meter di atas permukaan laut. Sunset di Desa Semen, Blitar biasanya terjadi sekitar pukul 17.20.

Jadi jika ingin menikmati panorama awal terbenamnya matahari, Anda harus datang sebelum waktu tersebut. Keindahan matahari terbenam dari atas bukit ini tak kalah indahnya dengan matahari terbenam di pinggir pantai.

Baca: Tiket & Pesona PANTAI SERANG Blitar

Perkemahan

Perkemahan Puncak SekawanPerkemahan Puncak SekawanPerkemahan di puncak bukit. Foto: Google Maps/Puncak Sekawan Wisata (campsite dan mountain café)

Jika ingin berkemah, Anda bisa menyewa tenda termasuk kasur. Penyewaannya dilakukan langsung oleh Pengelola Pariwisata Puncak Sekawan.

Jadi wisatawan tidak perlu repot mencari persewaan tenda di luar objek wisata ini. Harga sewa tenda cukup terjangkau berkisar antara Rp 25.000 hingga Rp 50.000 tergantung besar kecilnya tenda.

Selain tenda juga terdapat kasur, kompor, peralatan makan, hammock, lampu, meja dan kursi. Pengunjung dapat menyewa seluruh perlengkapan berkemah dengan biaya tambahan.

Sebagai jaminan penyewaan, pengunjung harus menunjukkan identitas diri berupa KTP atau SIM card.

Wisata kuliner dengan menu berbeda sambil menikmati keindahan pemandangan perbukitanWisata kuliner dengan menu berbeda sambil menikmati keindahan pemandangan perbukitanWisata kuliner dengan menu berbeda sambil menikmati pemandangan alam perbukitan. Foto: Google Maps/Arif Usman

Tempat wisata ini tidak memperbolehkan pengunjung membawa makanan dan minuman dari luar. Pasalnya, pihak manajemen telah membekali kafe dengan pilihan menu yang berbeda-beda. Jam buka kafe ini berdasarkan jam buka tempat wisata.

Menunya kini antara lain ayam goreng, nasi pecel, mie, bakso, tahu, nugget, dan kentang. Harga makanannya terjangkau mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 18.000. Minuman sekarang termasuk minuman jahe, teh, kopi, labu, mocktail, dan minuman khas. Harga minuman mulai dari Rp5.000 hingga Rp18.000.

Permainan anak-anak

Sebagai tempat rekreasi lokal yang menarik, kawasan ini juga memiliki taman bermain anak-anak. Sehingga wisatawan yang bersantai bersama anak-anak bisa memanfaatkan game drive tersebut. Berbagai wahana tersedia seperti ayunan, jungkat-jungkit, dan permainan jembatan anak.

Peraturan dan Tata Tertib di Wisata Puncak Sekawan

Manajemen telah menyiapkan papan pengaduan untuk semua pengunjung. Yang penting pengunjung tidak boleh sembarangan membuang sampahnya.

Dilarang membawa minuman beralkohol dan obat-obatan, dalam keadaan mabuk dan mengganggu kenyamanan pengunjung lainnya. Pengunjung juga tidak diperkenankan membawa makanan atau minuman apapun dari luar.

Perabot

Fasilitas pendukungnya cukup lengkap yaitu tempat parkir, toilet, WiFi, cafe, photo point. Tersedia musala sehingga pengunjung dapat merayakan kebaktian gereja. Bagi yang ingin berkemah, pengelola kemudian bisa menyewa tenda. Terdapat juga permainan untuk anak-anak dan kursi taman untuk pengunjung

Penyewaan akses jalan menuju Puncak

Akses mudah karena terdapat rambu jalan untuk mencapai tempat wisata. Namun, beberapa jalur masih terbuat dari batu kerikil, sehingga disarankan untuk berhati-hati saat musim hujan. Meski jalannya tidak terlalu lebar, namun mobil bisa menjangkau lokasi tersebut. Dari tempat parkir, pengunjung harus menaiki sekitar 225 anak tangga.

Lokasi Puncak Sekawan

Wisata alam pegunungan ini terletak di desa wisata Semen Kec. Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Dari Kota Blitar menuju Wisata Puncak Sekawan jaraknya 31,6 kilometer. Dengan mobil dibutuhkan waktu 54 menit.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button