Tempat Wisata

Pantai Pandansari, nikmati keindahan pantai dari atas mercusuar Bantul Jogja

Pantai Pandansari menawarkan pengalaman unik menikmati keindahan pantai dari atas mercusuar di Bantul, Jogja, ditambah daya tarik agrowisata kebun buah naga yang mempesona.

Harga tiket: Rp3.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Wonoroto, Kecamatan Gadingsari. Sanden, Kab.Bantul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Panorama alam di berbagai daerah di Indonesia begitu eksotis sehingga banyak wisatawan domestik maupun mancanegara kerap menjelajahi tempat-tempat wisata di Indonesia. Oleh karena itu, sektor pariwisata merupakan salah satu daerah yang paling maju, dengan bermunculannya tempat-tempat wisata baru setiap tahunnya seperti Pantai Pandansari Bantul, Jogja.

Tidak semua wisatawan mengetahui nama pantai ini. Daerah Bantul memang terkenal dengan deretan pantainya yang bercirikan pasir hitam. Seperti pantai-pantai lain di Bantul, terdapat keistimewaan yang menggugah minat wisatawan untuk berkunjung ke pantai ini.

Ada banyak tempat wisata di kawasan Bantul yang bisa Anda kunjungi untuk bersantai. Wisatawan yang ingin menikmati suara deburan ombak dan semilir angin khas pantai bisa datang ke Pantai Pandansari. Suasana di pantai ini berbeda dengan pantai lain di kawasan Bantul. Jadi jangan lupa siapkan kamera atau smartphone saat ke sana.

Daya Tarik Pantai Pandansari

Daya Tarik Pantai PandansariSumber gambar: Google Maps Yuliantina Widjaja

1. Memiliki ciri ikonik berupa mercusuar

Ada beberapa pantai yang memiliki mercusuar di Yogyakarta, salah satunya adalah pantai yang juga dikenal dengan nama Pantai Patehan. Mercusuar di sana telah menjadi landmark. Di Pantai Pandansari terdapat mercusuar yang berfungsi sebagai penerang bagi para nelayan yang melaut pada malam hari.

Dengan menaiki beberapa anak tangga yang disusun melingkar, wisatawan dapat mencapai puncak mercusuar, dari sana mereka dapat menikmati panorama alam dari atas. Mercusuar ini tingginya sekitar 40 meter, sehingga diperlukan kondisi fisik yang sehat untuk mendakinya.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Pembangunan mercusuar berwarna putih bernama Mercusuar Kalajivamasti dimulai pada tahun 1996. Namun, operasi resminya baru dimulai pada tahun 1997. Jumlah pengunjung yang dapat naik ke puncak mercusuar dibatasi maksimal 10 orang agar tidak terjadi kerumunan saat menaiki dan menuruni tangga.

2. Memiliki karakteristik yang berbeda dengan pantai lainnya

Wisatawan biasanya menjumpai panorama pantai dengan pasir pantai yang luas dan pemandangan laut yang jernih. Pantai ini menawarkan panorama yang berbeda dibandingkan pantai lainnya, dimana tidak terdapat hamparan pasir yang luas, meski pemandangan laut yang jernih tetap tersaji.

Ciri khas Pantai Pandansari yang berbeda juga terlihat pada deretan pohon cemara laut. Sebagian besar wilayah pesisir didominasi oleh jenis pohon ini sehingga terlihat seperti ada pagar pelindung. Biasanya pohon ini layu pada musim kemarau sehingga hanya menyisakan batangnya saja.

Deretan pohon pinus tumbuh di sepanjang pantai. Pada musim kemarau, ketika daun-daun pohon tersebut layu atau rontok, pohon pinus justru tumbuh subur dengan daun yang hijau, berbeda dengan musim hujan. Panorama ini membuat wisatawan betah.

3. Ada agrowisata “Kebun Buah Naga”.

Daya tarik lainnya adalah agrowisata kebun buah naga yang lokasinya berada di dekat pantai. Di tempat ini wisatawan dapat mengamati proses penanaman buah naga segar dengan ciri khas warnanya yang merah dan rasanya yang sangat manis. Wisatawan tidak hanya bisa menikmati suasana Pantai Pandansari saja, tapi juga bisa datang ke sini.

Sesuai dengan namanya, wisatawan bisa mengikuti kegiatan menanam buah di kebun bahkan memetiknya langsung dari pohonnya. Bahkan, wisatawan juga bisa menyantap buah-buahan manis langsung di kebun. Rasanya tentu akan berbeda dibandingkan membeli buah naga di pasaran.

Wisatawan tidak hanya bisa mengamati proses penanaman buah naga hingga pemetikannya, tapi juga bisa berfoto bersama buah naga. Beberapa wisatawan mungkin belum pernah melihat pohon buah naga secara langsung, jadi jangan lewatkan kesempatan ini. Wisatawan juga bisa membawa pulang oleh-oleh.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai PandansariKredit foto: Google Maps FRM

Pantai ini terletak di kabupaten Bantul, tepatnya di kabupaten Sanden. Wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai di Desa Gadingsari dengan ciri khas mercusuar putih setinggi 40 meter ini dapat menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Perjalanan menuju Pantai Pandansari dapat dilakukan melalui kota Yogyakarta.

Perjalanan dapat dilakukan dari pusat kota Yogyakarta melalui Jalan Bantul menuju Kota Bantul. Sesampainya di Bantul, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke selatan menuju Jalan Samas. Setelah menempuh perjalanan sekitar 12 km, wisatawan sampai di loket pemungutan pajak di Pantai Samas.

Wisatawan yang sering berlibur ke tempat wisata pantai di kawasan Yogyakarta pasti pernah menjumpai counter biaya yang meminta wisatawan membayar biaya beberapa pantai sekaligus. Sama halnya dengan meja pemungutan retribusi yang merupakan pintu masuk kawasan pantai, termasuk pantai tujuan.

Untuk menuju Pantai Pandansari, Anda bisa mengikuti jalan dari pintu tol hingga melewati jembatan dan menemukan pertigaan. Dari ketiga simpang tersebut, wisatawan bisa lurus atau menuju ke barat yang merupakan arah tujuan. Anda tidak perlu khawatir tentang konektivitas jalan raya karena sangat bagus.

Biaya masuk dan jam buka

Sedangkan untuk tiket masuknya, wisatawan bisa menikmati panorama alam Pantai Pandansari yang terkenal dengan mercusuarnya tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Pasalnya, tiket masuknya hanya dibanderol Rp3.000 per orang.

Bagi wisatawan yang ingin mencoba mendaki mercusuar harus membayar tiket lagi yaitu Rp 5.000 per orang. Untuk mencapai puncak, wisatawan harus menaiki tangga spiral. Jumlah pengunjung dibatasi maksimal 10 orang agar tidak terjadi kerumunan saat naik dan turun tangga.

Kemudian tarif parkirnya sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Objek wisata alam ini buka 24 jam sehari.

Kegiatan yang menarik

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai PandansariSumber gambar: Google Maps siti mardiyah

Perburuan Foto

Suasana di Pantai Pandansari berbeda dengan pantai lain di wilayah Kabupaten Bantul. Pantai ini bercirikan mercusuar berwarna putih dan deretan pohon pinus di tepiannya. Saat memasuki kawasan pantai Anda akan melihat panorama pepohonan pinus.

Naik ke puncak mercusuar

Aktivitas menarik yang bisa dicoba wisatawan saat berkunjung ke pantai populer ini adalah mendaki ke puncak mercusuar. Jumlah pengunjung dibatasi maksimal 10 orang, sehingga wisatawan harus mengantri terlebih dahulu jika ingin mencoba pendakian ke puncak mercusuar. Di sana, wisatawan harus menaiki beberapa anak tangga spiral.

Bersantai dan nikmati suasana di Pantai Pandansari

Jika wisatawan hanya ingin penyembuhan untuk melepas kepenatan, mereka bisa menggelar tikar di tepi pantai yang beratap pohon pinus. Pantai Pandansari tidak memiliki hamparan pasir yang luas seperti pantai kebanyakan. Namun pantai ini bisa digunakan untuk bersantai dan menikmati suasana pantai.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai PandansariSumber gambar: Google Maps Noni Martati

Fasilitas yang tersedia disana cukup lengkap. Fasilitas yang tersedia antara lain lahan parkir luas yang mampu menampung kendaraan roda dua, roda empat, dan bus.

Lalu ada juga musala untuk umat muslim. Toilet umum yang bersih dan memadai juga tersedia. Di sekitar Pantai Pandansari juga terdapat beberapa warung makan.

Anda tidak perlu khawatir tentang tempat duduk karena tersedia kursi bambu dan beberapa paviliun. Wisatawan diharapkan menjaga kebersihan karena banyak tempat sampah di sana.

Pantai Pandansari merupakan salah satu tempat wisata menarik di kawasan Bantul. Belum diketahui nama pantainya, namun wisatawan dapat menambahkan pantai ini ke dalam daftar tempat wisata yang akan dikunjungi.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button