Tempat Wisata

Tiket dan kegiatan UMBUL BRINTIK

Panji Brintik

  • Biaya masuk: Rp10.000
  • Jam buka: 04:30 – 16:30
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Brintik, Malangjiwan, Kebonarum, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia, 57486

Bagi masyarakat Klaten, Panji Brintik bukan sekedar kolam renang, tapi juga kolam terapi. Pasalnya, air kolam di Umbul memiliki nilai pH yang tinggi dan kandungan oksigen yang tinggi. Berenang di kolam umbul ini mempunyai banyak manfaat. Salah satunya adalah klaimnya bisa menghilangkan rasa sakit akibat tendon terjepit.

Selain kelebihannya, banyak orang yang memilih bersantai di sini karena tiket masuknya yang sangat terjangkau. Selain itu, tersedia juga terapis gratis yang sengaja ditawarkan pihak manajemen kepada mereka yang membutuhkan. Peserta terapi biasanya adalah orang lanjut usia yang mencari pengobatan alternatif.

Biaya masuk Umbul Brintik

Harga tiket masuk berbagai fasilitas rekreasi di Umbul Brintik sangat terjangkau. Biaya tambahan hanya berlaku untuk parkir, besarnya tergantung jenis kendaraan.

Biaya masuk
Per orang Rp10.000

Baca juga: 11 Destinasi Wisata Terbaik di Klaten

Jam operasional Umbul Brintik

Umbul Brintik akan mulai beroperasi setiap hari mulai pagi hingga sore hari. Meski demikian, banyak pengunjung yang datang sebelum jam buka karena ingin menikmati air pertama di umbul ini hari itu. Jika ingin berenang di sini dengan tenang, sebaiknya pilih hari kerja untuk datang ke sini. Sebab, pengunjung lebih banyak pada akhir pekan atau hari libur.

Jam operasional
Sehari-hari 04:30 – 16:30

Berenang di kolam terapi

Banyak pengunjung yang berenang di Umbul BintikBanyak pengunjung yang berenang di Umbul BintikKebanyakan pengunjung yang berenang di sini adalah para lansia karena ingin mencari pengobatan alternatif. Foto: Instagram/umbrintik

Tujuan utama pengunjung adalah berenang di kolam terapi yang tersedia. Terdapat 10 sumber mata air di dasar kolam utama yang disebut kolam terapi. Terdapat juga 5 kolam, diantaranya 1 kolam terapi dan 4 kolam reguler. Selain itu, juga dipasang railing besi di pinggir kolam untuk keselamatan lansia yang ingin berenang.

Kolam utama di Umbul berukuran 15 x 7 meter dan kedalaman 1,5 meter. Dasar cekungan ini ditutupi batuan andesit dan pasir hitam. Mata air menggelembung dan mengeluarkan gelembung-gelembung air. Hal inilah yang menjadi dasar pemberian nama Umbul Brintik. Berenang di sini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti rematik, saraf terjepit bahkan stroke.

Terapi punggung di pancuran kolam renang

Terapi di kolam pancuran Umbul BrintikTerapi di kolam pancuran Umbul BrintikPengunjung bisa mendapatkan terapi punggung di air mancur sambil berenang di kolam Umbul Brintik. Foto: Instagram/umbrintik

Terdapat shower di salah satu kolam buatan bagi yang ingin terapi punggung. Terdapat sekitar 7 pancuran yang bisa digunakan pengunjung. Berdirilah membelakangi pancuran dan turunkan kepala sedikit. Kemudian nikmati sensasi pijatan air yang mengalir.

Aliran air di sini tidak bisa diatur cepat atau lambat karena air berasal dari cekungan di atas. Namun pengunjung harus berhati-hati dalam mandi ini. Letak shower ini bukan di pinggir kolam, melainkan menempel pada dinding partisi kolam bagian atas. Jadi jika Anda tidak bisa berenang tapi ingin mencoba wahana ini, sebaiknya ajaklah teman yang bisa berenang.

Pijat gratis oleh terapis

Terapis memijat salah satu pengunjungTerapis memijat salah satu pengunjungPara terapis di Umbul Brintik akan dengan senang hati memberi saran kepada Anda mengenai terapi di kolam renang dan sesekali akan memijat pengunjung jika diperlukan. Foto: Instagram/umbrintik

Pilihan lain yang sangat digemari pengunjung adalah pijatan dari terapis. Terapis memijat mereka yang membutuhkan bantuan penyembuhan di kolam renang. Artinya pengunjung bisa lebih rileks selama dipijat di dalam air. Selain itu, pengobatan bisa lebih efektif dengan berendam di air obat. Terapis tidak hanya memijat, tapi juga menginstruksikan gerakan-gerakan untuk terapi.

Siapa pun yang membutuhkan terapis dapat menginformasikannya langsung kepada staf atau terapis. Fasilitas ini tersedia secara gratis di bawah pengelolaan pemerintah daerah setempat. Pemberian ini didasari oleh pengakuan bahwa Umbul Brintik sendiri merupakan tempat terapi. Pemerintah setempat menilai masuk akal untuk menyediakan terapis agar pengobatan bisa berjalan maksimal.

Mancing di Sungai Umbul Bintik

Selain berenang, di sekitar Umbul Bintik juga terdapat area pemancingan. Kawasan ini terletak di Dukuh Gatak. Jika ingin memancing di sini, Anda tidak perlu membayar biaya masuk. Sebab, kawasan tersebut merupakan kawasan pemukiman di luar kawasan Umbul Brintik.

Pengunjung wajib membawa peralatan memancing dari rumah karena di sini tidak ada tempat yang menyewakan peralatan tersebut. Jangan lupa membawa minuman dan makanan ringan agar tidak bosan saat menunggu pancing. Ikan yang ditemukan di sini termasuk jenis ikan yang hidup di air tawar

Berfoto dengan patung air mancur singa

Patung singa mirip dengan patung Merlion SingapuraPatung singa mirip dengan patung Merlion SingapuraPengunjung bisa berfoto dengan patung Lion Fountain yang merupakan replika patung Merlion di Singapura. Foto: Instagram/umbrintik

Terdapat hiasan kolam yang unik pada umbul ini. Hiasannya berupa patung singa yang mirip dengan patung Merlion di Singapura. Patung ini terletak di salah satu kolam buatan. Patung ini mengeluarkan air dari mulutnya dan menuangkannya ke dalam baskom bulat kecil.

Patung singa ini bisa menjadi objek foto yang unik. Ajak teman atau keluarga untuk berfoto bersama. Foto yang dihasilkan pasti menjadi sesuatu yang lucu dan menyenangkan untuk dikenang.

Fasilitas di Umbul Brintik

Fasilitas di sini menjadi semakin lengkap setelah direnovasi. Beberapa fasilitas umum seperti toilet, warung makan, toilet, tempat parkir, dan musala tersedia bagi pengunjung. Jika tidak, tentu saja tersedia kolam renang dan perosotan. Ada juga pilihan untuk menyewa loker dan jaket pelampung.

Lokasi Umbul Brintik

Umbul Brintik terletak di Dusun Brintik, Desa Malangjiwan, Kecamatan Kebonarum, Klaten, Jawa Tengah. Jika anda berangkat dari pusat kota Klaten, anda harus menempuh jarak sekitar 5 kilometer ke arah barat. Lokasi Umbul Brintik mudah ditemukan karena terkenal dengan kolam penyembuhannya. Jika ingin kesini sebaiknya menggunakan aplikasi Google Map agar tidak tersesat.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button