Tempat Wisata

Curup Embun, surga alam tersembunyi di lereng Gunung Dempo Pagar Alam

Surga tersembunyi di lereng Gunung Dempo Pagar Alam, Curup Embun menawarkan keindahan alam yang mempesona dengan air terjun yang mempesona.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Dempio Makmur, Kec. Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan; Map: Periksa lokasinya

Curup, air terjun atau gerojokan semuanya mengacu pada satu istilah yaitu air terjun. Wisata alam di Indonesia sangat banyak dan tersebar merata di seluruh wilayah.

Termasuk Curup Embun, salah satu air terjun di Pagar Alam dengan segala daya tarik dan pesona yang ditawarkannya.

Tempat ini tidak pernah sepi, bahkan ada yang datang kembali karena rindu pesonanya.

Tidak salah, tingginya mencapai 100 meter dan langsung jatuh ke dalam kolam. Tebing bebatuan yang menjulang tinggi terlihat begitu eksotis dan menyegarkan karena ditumbuhi vegetasi hijau.

Tak jauh berbeda dengan air terjun pada umumnya, air yang jatuh ditampung di cekungan. Kedalaman panggul di sini tidak terlalu dalam, ujungnya hanya mencapai lutut orang dewasa.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Pengunjung bisa menggunakannya untuk berenang atau bermain air. Cukup aman, hanya sedikit hati-hati karena banyak batu yang licin.

Seruan Curup Embun

Daya tarik tetesan embunFoto oleh Eka OppoA3s di Google Maps

Air terjun eksotik ini terletak di lereng Gunung Dempo pada ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut. Mengakses lokasi dari tempat parkir mobil tidak memakan waktu lama, hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja.

Ada beberapa alasan wisatawan datang kesini, yaitu karena atraksinya.

Air terjun tertinggi di Pagar Alam

Dengan ketinggian sekitar 100 meter, air terjun ini merupakan yang tertinggi di Pagar Alam. Sebenarnya masih banyak ditemukan di tempat lain, namun rata-rata tingginya tidak lebih dari 50 meter.

Bahkan ada pula yang panjangnya hanya 2 hingga 3 meter. Namun masing-masing sebenarnya memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing.

Nama Curup Embun tak lepas dari ketinggian tersebut. Air terjun ini terbilang tidak terlalu sulit karena aliran airnya.

Limpasannya rendah dan mengalir perlahan tapi pasti melalui tebing berbatu. Karena saluran airnya tidak terlalu besar yaitu pada ketinggian 100 meter, sebagian air berubah menjadi cipratan atau tetesan menyerupai embun.

Keunikan lain dari air terjun cantik di Pagar Alam ini adalah tebing bebatuannya yang menjulang tinggi. Secara umum, dinding tebing berbatu yang dilalui aliran air masih terlihat.

Bekas air alami biasanya terlihat jelas. Namun tidak demikian halnya di sini, karena seluruh permukaan batu ditutupi oleh tumbuh-tumbuhan hijau yang menyegarkan.

Kolam alami yang jernih

Curup Embun di Pagar Alam memiliki kolam alami yang berfungsi sebagai penampungan sementara air terjun. Hal ini tentu saja tidak terlalu mengejutkan karena banyak air terjun yang memiliki kolam seperti ini.

Hanya saja setiap orang mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Misalnya saja dari segi kedalamannya, bentuk kolamnya, bebatuan yang menghiasinya, dan lain sebagainya.

Kolam di sini bentuknya tidak beraturan namun memberikan kesan eksotis. Terdapat bebatuan gunung dengan ukuran berbeda-beda di sekitar kolam.

Ada sebuah batu yang tampak mencolok, ukurannya sangat besar. Kedalaman kolam bisa dikatakan dangkal sehingga banyak wisatawan yang berenang atau bermain air merasakan kesegarannya.

Suasana yang bagus dan sejuk

Daya tarik Curup Embun Pagar Alam selanjutnya adalah suasananya yang asri, sejuk dan menyegarkan. Bagaimana tidak, lokasinya berada di ketinggian sehingga sangat mendukung. Selain itu, terdapat berbagai pohon yang tumbuh subur di sekitar lokasi.

Untuk menuju air mancur utama, Anda harus berjalan melewati perkebunan kopi dan hutan lebat. Saat kami sampai di air terjun, semua mata terpesona oleh dinding batu yang tidak terlihat berwarna coklat atau hitam.

Seperti disebutkan, permukaan tebing tampak hijau menyegarkan karena dipenuhi tanaman merambat dan lumut. Udara di sini tidak hanya nyaman dan sejuk, tapi juga sangat bersih dan bebas polutan berbahaya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Curup EmbunFoto oleh Kadri Putra di Google Maps

Karena lokasinya yang berada di lereng gunung, maka tidak sulit untuk menemukannya. Sebaliknya kawasan wisata Curup Embun sangat mudah dijangkau karena dinilai strategis.

Jarak dari pusat kota atau Südplatz hanya 7 kilometer. Pada kecepatan kendaraan normal Anda akan sampai di jalan dalam waktu 10 hingga 15 menit.

Rute sebenarnya tergantung dari mana Anda berasal. Anggap saja Anda saat ini berada di alun-alun atau gunakan itu sebagai orientasi utama jika Anda datang dari timur.

Lanjutkan perjalanan ke Jalan R Suprapto, lalu Jalan Air Perikan, Jalan Dempo Raya hingga tiba di Jalan Sukarno Hatta.

Perjalanan menuju air terjun indah dari titik terakhir ini berjarak sekitar 1,5 kilometer. Silakan berkendara ke Jalan Munggah Raje hingga menemukan pertigaan.

Kemudian arahkan kendaraan ke kiri jalan, Anda akan menemukan tempat parkir tidak jauh dari situ. Alamat air terjun ini adalah Dempio Makmur, Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

Biaya masuk dan jam buka

Pesona indah yang ditawarkan objek wisata alam ini tidaklah gratis, Anda perlu mempersiapkan biayanya terlebih dahulu. Namun jangan khawatir, harganya tidak terlalu mahal bahkan tergolong murah. Anda harus membayar 5.000 rupiah per orang.

Tidak ada perbedaan antara weekend dan weekdays, namun ada hal tambahan yang perlu dipersiapkan. Selain biaya masuk Curup Embun Pagar Alam yang disebutkan di atas, Anda juga perlu membayar biaya parkir.

Siapkan uang 2.000 rupiah jika membawa sepeda motor, sedangkan mobil dikenakan biaya tambahan sebesar 5.000 rupiah. Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 waktu setempat.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan Curup EmbunFoto oleh Indra Maulana di Google Maps

Pasti sudah banyak yang mengetahui bahwa ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan saat berkunjung ke air terjun.

Hampir semuanya sama, meski secara umum mempunyai sifat yang berbeda. Contohnya mencakup beberapa aktivitas yang tercantum di bawah ini!

1. Pendakian seru ke air terjun

Untuk menuju kawasan wisata Curup Embun, wisatawan harus berjalan kaki dari tempat parkir. Tidak terlalu lama, mungkin hanya 10 menit saja. Namun, jalur yang harus dilalui cukup terjal. Hal ini membuat perjalanan menjadi lebih menantang dan mengasyikkan.

Selain itu, Anda akan selalu ditemani pemandangan alam hutan lebat dan vegetasi hijau liar.

2. Menikmati indahnya pemandangan Curup Embun

Sesampainya di Curup Embun anda bisa menikmati pemandangan yang indah. Air yang jatuh dari ketinggian 100 meter sungguh menakjubkan.

Tetesan airnya yang bagaikan embun selalu memberikan kelembapan dan terasa menyegarkan. Belum lagi tebing-tebing tinggi yang eksotis dan ditumbuhi vegetasi hijau membuat suasana semakin indah.

3. Berenang dan bermain air

Curup Embun Pagar Alam memiliki kolam yang cukup luas dan kondisinya bersih. Kolam ini tidak terlalu dalam dan cocok untuk berenang. Hanya saja disarankan untuk tidak pergi ke tengah demi alasan keamanan.

Jika tidak bisa berenang, Anda bisa bermain air di tepi kolam yang berisi batu-batu gunung dengan berbagai ukuran.

4. Hunting foto dengan latar belakang panorama alam

Berburu atau berburu spot foto menjadi aktivitas yang wajib dilakukan di air terjun cantik ini. Sebenarnya Anda bisa mencari background saat sedang bepergian.

Perkebunan kopi pun tak kalah indahnya dengan hamparan sawah yang hijau. Namun yang menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak wisatawan adalah pesona air terjun itu sendiri.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas titik embunFoto oleh Sinting Godak di Google Maps

Fasilitas yang ada di kawasan wisata Curup Embun ini belum terlalu lengkap sehingga disarankan untuk membawa perbekalan secukupnya. Di sini hanya ada tempat parkir, toilet, dan tempat sampah.

Letaknya juga tidak dekat dengan objek wisata melainkan di kawasan pemukiman. Belum ada stand jajanan karena masih dalam tahap pembangunan.

Potensi wisata yang menawarkan keindahan di Pagar Alam sangat menjanjikan. Pasalnya, diapit oleh dua dataran tinggi yakni Bukit Barisan dan Gunung Dempo.

Salah satunya sudah kami bahas secara detail diatas yaitu Curup Embun. Harga tiket masuk yang terjangkau dan banyaknya atraksi menjadikannya destinasi utama yang layak.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button