Tempat Wisata

Pura Segara Rupek, destinasi wisata religi megah di Buleleng, Bali

Pura Segara Rupek merupakan perpaduan antara kemegahan destinasi wisata religi di Buleleng, Bali dan kekayaan budaya yang mempesona.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Sumber Klampok, Kec. Gerokgak, Kab.Buleleng, Bali; Map: Periksa lokasinya

Kebanyakan orang mengira ujung barat Bali ada di Gilimanuk, padahal itu tidak benar. Pasalnya, masih ada Pura Segara Rupek yang terletak di Kabupaten Buleleng.

Menurut Susastra Babad, kisah terpisahnya Jawa dan Bali berawal dari sini dan merupakan jarak terpendek antara kedua pulau tersebut.

Pura yang merupakan tempat peribadahan umat Hindu ini terletak di kawasan Taman Nasional Bali Barat disingkat TNBB, dimana bisa dikatakan cukup sulit untuk mencapai tempat ini.

Namun keindahan tempat bersejarah ini begitu menakjubkan sehingga cocok dijadikan destinasi wisata.

Meski Pura Segara Rupek yang terletak di ujung barat Bali masih umum digunakan umat Hindu untuk berdoa, namun wisatawan non-Hindu juga bisa berkunjung untuk jalan-jalan. Kali ini kita akan sedikit membahas tentang pura yang merupakan tempat terpisahnya pulau jawa dan bali.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Daya tarik Pura Segara Rupek

Daya tarik Pura Segara RupekFoto oleh Putrayasa Wayan di Google Maps

Pembangunan kuil

Bali sudah terkenal dengan pesona pantainya dan bangunannya yang sangat unik dan menarik. Contoh bangunan unik di Bali adalah Pura Segara Rupek di Kabupaten Buleleng.

Digunakan sebagai tempat ibadah oleh masyarakat setempat, bangunan ini sangat menakjubkan karena terbuat dari ukiran batu yang bertumpuk.

Ukiran batu ini dibuat sejak dahulu kala dan masih terpelihara dengan baik hingga saat ini. Tidak hanya ada satu atau dua bangunan saja, namun wisatawan bisa menemukan banyak bangunan menakjubkan di lokasi wisata budaya ini.

Panorama alam

Daya tarik pura di sebelah barat Pulau Bali ini selanjutnya adalah alamnya. Karena tempat ibadah umat Hindu ini terletak di Taman Nasional Bali Barat, terdapat beberapa pohon peneduh yang dapat memberikan keteduhan dari terik matahari.

Selain itu, karena lokasinya yang jauh dari perkotaan, wisatawan bisa merasa lebih tenang dan tidak terganggu dengan hiruk pikuk perkotaan. Hal ini dapat membuat wisatawan menenangkan pikiran dan melepaskan diri dari beban permasalahannya.

Budaya

Daya tarik Pura Segara Rupek selanjutnya adalah budaya masyarakat setempat. Selain pesona pantainya yang indah dan bangunannya yang unik, Bali juga terkenal dengan budayanya yang sangat menarik. Di lokasi pura indah ini, wisatawan juga bisa merasakan bagaimana budaya Bali berkembang.

Jika Anda mengunjungi pura menakjubkan ini pada waktu yang tepat, Anda bahkan akan menyaksikan upacara adat dan keagamaan yang dilakukan oleh masyarakat setempat.

Seluruh wisatawan yang berkunjung tetap dapat menyaksikan upacara tersebut selama tidak mengganggu peserta.

Keajaiban laut

Letak pura cantik ini tidak jauh dari pantai sehingga memungkinkan wisatawan melihat laut dari kejauhan. Ada sebagian wisatawan yang tidak melewatkan kesempatan ini, mengeluarkan kameranya dan mengambil foto sebanyak-banyaknya sebelum meninggalkan tempat wisata budaya ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Daya tarik Pura Segara RupekFoto oleh Krisna Dwipayana di Google Maps

Pura Segara Rupek terletak di Kecamatan Buleleng, Sumber Klampok, Kecamatan Gerokgak, Provinsi Bali. Perjalanan dari Kota Denpasar (ibukota Bali) menuju Kabupaten Buleleng (tempat Pura Segara Rupek berada) dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor dengan jarak tempuh 143 km, dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 4 jam 4 menit.

Itinerarynya bisa menggunakan Jl. Raya Denpasar – Gilimanuk via Selemadeg, Bajera, Pulukan, Jehembang, Negara, Belimbingsari, Penginoeman dan tiba di Gilimanuk.

Namun Anda tidak perlu berkendara terlalu jauh menuju Gilimanuk karena Anda perlu mengurangi kecepatan kendaraan setelah sampai di Monumen Operasi Lintas Laut Jawa – Bali.

Sebab tak jauh dari Monumen Operasi Lintas Laut Jawa-Bali terdapat pertigaan Tugu Cekik. Di pertigaan ini Anda perlu belok kanan menuju Jl. Singaraja – Gilimanuk kemudian sampai di pertigaan Taman Nasional Bali Barat (TNBB) dan belok kiri di pertigaan TNBB.

Ikuti jalan dari pertigaan Taman Nasional Bali Barat sampai akhir, lalu belok kiri lagi dan lurus menyusuri pantai Jalan Bali. Setelah melewati Pantai Taman Nasional Bali Barat 2, Anda akan menemukan destinasi wisata tersebut di sisi kanan jalan.

Biaya masuk dan jam buka

Bisa dikatakan, harga tiket masuk Pura Segara Rupek cukup mahal. Wisatawan asing (bukan lokal) harus membayar tiket masuk sebesar Rp200.000 per orang pada hari kerja (Senin hingga Jumat), sedangkan biaya masuk pada akhir pekan (Sabtu dan Minggu) sebesar Rp300.000 per orang.

Namun bagi warga lokal, tiket masuk ke pura cantik ini adalah Rp 5.000 hingga 15.000 per orang. Sedangkan bagi umat Hindu yang ingin berdoa atau beribadah bisa memasuki tempat bersejarah ini tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun.

Kegiatan yang menarik

Harga tiket Segara RupekFoto oleh I Nyoman Suardana di Google Maps

1. Ibadah

Aktivitas menarik pertama yang bisa dilakukan wisatawan di tempat wisata indah ini adalah beribadah (khusus bagi umat Hindu).

Memang sebagian besar masyarakat yang mengunjungi tempat wisata religi ini sedang berlibur, namun jika salah satu wisatawan tersebut beragama Hindu maka anda bisa sekaligus berlibur sekaligus beribadah.

2. Melihat sekeliling bangunan Pura Segara Rupek

Pura Segara Rupek memiliki beberapa bangunan ukiran batu yang menakjubkan dengan berbagai macam ukiran yang kemudian disatukan.

Bangunan-bangunan tersebut masih terpelihara dengan baik hingga saat ini, sehingga wisatawan tetap bisa menyaksikan keindahan candi cantik ini meski usianya sudah tidak muda lagi.

3. Menikmati pesona alam sekitar

Karena terletak di kawasan Taman Nasional Bali Barat atau TNBB, kawasan sekitar pura cantik ini sangat sepi.

Wisatawan yang mengunjungi kami dapat melihat keindahan hutan, gunung dan laut dari kejauhan. Selain itu, ada beberapa burung yang menjadikan TNBB sebagai rumahnya.

Alhasil, akan ada suara siulan burung yang membuat wisatawan semakin nyaman. Berkat pemandangannya yang indah dan kicauan burung yang beterbangan, wisatawan bisa mendapatkan spot foto Instagramable.

4. Ambil foto

Sebelumnya telah disebutkan ada beberapa spot foto menarik yang bisa dimanfaatkan wisatawan untuk berfoto Instagrammable.

Misalnya hutan, gunung, dan laut bisa dijadikan latar belakang. Selain itu, ada juga bangunan Pura Segara Rupek yang menjadi tempat berfoto terbaik di tempat wisata paling barat di Bali ini.

Setiap wisatawan yang memasuki tempat wisata indah ini pasti akan menyempatkan diri untuk mengambil foto candi yang menakjubkan ini atau dijadikan sebagai background fotonya.

Tempat wisata di Kabupaten Buleleng ini masih tergolong sepi sehingga memungkinkan wisatawan untuk berfoto dimana saja tanpa perlu khawatir akan keramaian.

5. Santai

Beralih ke aktivitas menarik selanjutnya yang bisa dilakukan wisatawan di objek wisata budaya ini adalah bersantai. Karena letaknya yang jauh dari perkotaan, wisatawan tidak akan mendengar banyak kebisingan, apalagi bangunan menakjubkan ini merupakan tempat ibadah umat Hindu sehingga sangat sepi.

Hal ini membuat aktivitas santai dapat diakses oleh setiap pengunjung. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin berlibur ke Pulau Bali namun menginginkan tempat wisata yang bagus namun pengunjungnya sedikit, Pura Segara Rupek bisa menjadi rekomendasi yang tepat.

6. Wisata kuliner

Aktivitas menarik terakhir yang bisa dilakukan wisatawan di sekitar tempat wisata indah asal Sumber Klampok ini adalah wisata kuliner.

Hal ini bisa terjadi karena terdapat beberapa warung makan di sekitar tempat wisata religi tersebut yang menyajikan masakan khas Bali, sehingga wisatawan bisa sekaligus mencicipi masakan tersebut.

Fasilitas yang tersedia di area candi

Fasilitas Pura Segara RupekFoto oleh Agus Satrya Wiguna di Google Maps

1. Parkir kendaraan

Fasilitas pertama yang bisa dimanfaatkan wisatawan di tempat wisata indah ini adalah lahan kosong tempat kendaraannya diparkir. Di kawasan kosong ini, wisatawan bisa memarkir berbagai jenis kendaraan bermotor, mulai dari roda dua hingga roda empat.

2. Jalan setapak

Selanjutnya ada jalur jalan kaki yang bisa digunakan wisatawan untuk menjelajahi Pura Segara Rupek. Jalan setapak ini menghubungkan satu gedung dengan gedung lainnya. Jadi Anda bisa menggunakan jalan setapak untuk menuju gedung lain.

3. Tempat makanan ringan

Terdapat juga warung makan di sekitar tempat wisata di Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Bagi wisatawan yang tidak membawa bekal dari rumah, tak perlu khawatir karena di stand jajanan tersebut tersedia beragam makanan dan minuman.

Demikian ulasan singkat tentang Pura Segara Rupek yang terletak di Kabupaten Buleleng, Bali. Meskipun bangunan menakjubkan ini merupakan tujuan wisata, namun merupakan tempat ibadah umat Hindu. Jadi selalu jaga sopan santun saat berada di kawasan pura yang indah ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button