Tempat Wisata

Situ Janawi, danau indah mempesona dengan panorama menakjubkan di Majalengka

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 06.00 – 19.00 WIB, Alamat: Payung, Teja, Kec. Rajagaluh, Kab.Majalengka, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Situ Janawi adalah perairan mirip danau yang terletak di kawasan perbukitan Majalengka, Jawa Barat. Lokasi ini memiliki luas kurang lebih 1 hektar dan memancarkan pesona air jernih. Di permukaan air terlihat tanaman teratai dan eceng gondok yang terlihat seperti pulau kecil di tengahnya.

Lingkungan sekitar dihiasi dengan pepohonan hijau yang rindang, sehingga suasana tetap terasa sejuk dan segar. Meski begitu, nuansa pedesaan masih kental karena Situ ini tidak jauh dari pemukiman warga setempat.

Bagi wisatawan yang ingin menyegarkan pikiran dari rutinitas sehari-hari yang melelahkan bisa mengunjungi Situ Janawi. Tempatnya sangat direkomendasikan. Mulai dari jaringan transportasi yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, suasana alam yang asri, udara segar dan wahana yang beragam.

Daya tarik Situ Janawi

Atraksi Situ JanawiFoto oleh Khoir Roni di Google Maps

Memiliki pemandangan yang eksotik

Situ Janawi berada di daerah perbukitan. Hal ini membuat pemandangan di sekitar kawasan wisata sangat menyegarkan mata. Pemandangan hutan yang hijau berpadu dengan air yang tenang dan jernih menjadikannya magnet wisata.

Bahkan, Anda akan disuguhi pemandangan eksotis saat berkendara dari pusat kota Majalengka. Misalnya saja saat sampai di Bundaran Munjul, Anda akan disambut dengan tulisan Majalengka berbentuk bola dunia dengan taman indah di bawahnya.

Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan alam hijau yang indah. Perjalanan menanjak dan menurun yang berkelok-kelok membuat jantung berdebar kencang. Saat mendekati kawasan Situ, Anda bisa mengamati aktivitas warga sekitar yang lalu lalang dengan kesehariannya.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Harga masuk yang terjangkau

Salah satu daya tarik dari tempat indah ini adalah harga tiketnya yang tidak mahal. Wisatawan dari berbagai kalangan bisa menikmati keindahannya.

Meski harga tiketnya murah, keindahan Situ Janawi yang mempesona mampu membuka mata Anda. Siapa pun yang datang ke sini pasti puas.

Tidak hanya danaunya yang luas dan airnya yang jernih, pemandangan alam sekitar serta fasilitas penunjang lainnya juga sangat bagus. Bahkan tak jarang wisatawan yang sudah menikmati keindahan tempat tersebut kembali lagi di lain waktu karena masih belum puas bermain airnya yang segar dan alami.

Ada filosofi unik di Springs

Sumber mata air di sana sangat alami, bersih dan segar serta belum tercemar oleh aktivitas manusia. Menurut cerita, air di Situ Janawi merupakan air peninggalan Kerajaan Rajagaluh yang mengandung senyawa ampuh.

Masyarakat setempat percaya bahwa air di sana dapat dijadikan obat alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Seperti nyeri, asam urat, rematik dan jenis penyakit kulit lainnya.

Banyak spot foto

Inilah atraksi yang selalu menjadi prioritas wisatawan, khususnya pecinta fotografi. Ya, ada spot foto yang unik dan keren.

Ada banyak spot foto Instagrammable di Situ Janawi yang indah. Ini termasuk jembatan panjang, paviliun, fitur air, kolam renang dan banyak lagi.

Tempat kekinian ini bisa Anda manfaatkan untuk mengabadikannya. Yang terpenting adalah menyiapkan kamera terbaik.

Lokasi strategis

Lokasi Situ Janawi tidak jauh dari pusat kota Majalengka. Dapat diakses dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Akses perjalanan juga relatif mudah. Meski harus naik turun, namun kondisi jalan sudah beraspal sehingga memudahkan medan trekking.

Namun tetap harus berhati-hati untuk tetap waspada dan fokus setiap saat saat mengemudikan kendaraan. Terutama mobil. Jalannya tidak terlalu lebar. Jadi jika Anda harus berpapasan dengan mobil lain, sebaiknya kurangi kecepatannya dan sedikit bergerak ke samping.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Situ JanawiFoto oleh Bekok Dtc di Google Maps

Situ Janawi terletak di Kota Majalengka, Jawa Barat. Lebih spesifiknya di Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh. Letaknya sekitar 21 kilometer dari pusat kota Majalengka.

Rute perjalanan menuju lokasi adalah dari pusat Bundaran Majalengka lurus ke barat hingga Bundaran Cigasong. Selanjutnya terus lurus ke barat menuju Jalan Sukahaji. Lurus saja menuju Kecamatan Rajagaluh.

Sesampainya di Kabupaten Rajagaluh, ikutilah rambu-rambu tersebut. Jalannya cukup berkelok-kelok dan sesekali naik turun bukit. Jika Anda masih ragu petunjuk arah apa yang ditampilkan, Anda dapat membuka Google Maps untuk mencari lokasi yang sesuai.

Biaya masuk dan jam buka

Wisatawan yang ingin menikmati suasana Situ Janawi harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 untuk setiap pengunjung.

Harga tersebut tidak berlaku untuk game drive. Jika ingin naik sepeda air atau tempat berbayar lainnya, wisatawan harus membayar lagi sesuai harga yang telah ditentukan.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Situ JanawiFoto oleh Osa 77 di Google Maps

1. Bersantai dan nikmati pemandangan

Pemandangan situs Situ Janawi sangat menarik. Hamparan danau yang luas dengan air yang jernih, pepohonan yang hijau serta kicauan burung yang merdu menciptakan kesan asri dan alami.

Wisatawan juga bisa menikmati pemandangan wisatawan yang berlalu lalang dan bermain wahana seolah menjadi aktivitas baru yang mampu menyegarkan otak dari kepenatan sehari-hari.

2. Bermain wahana sepeda air

Salah satu aktivitas unik yang ada di Situ Situ adalah bersepeda air. Anda bisa mengayuh sepeda air di hamparan air yang tenang sambil menikmati pemandangan di sekitar situs Situ Janawi. Kegiatan ini semakin seru jika Anda mengajak keluarga, terutama anak-anak.

Bermain sepeda air saja akan memperkuat rasa keterhubungan Anda dengan keluarga. Jika selama ini Anda disibukkan dengan pekerjaan, kini saatnya berbincang untuk mempererat rasa kedekatan.

3. Foto di Spot Kekinian di Situ Janawi

Salah satu aktivitas yang tak boleh dilewatkan adalah berfoto di setiap sudut spot Instagram. Selain bisa berfoto keren, momen ini juga bisa kamu jadikan kenangan di masa depan.

Tempat foto wisata alam yang indah ini menjadi salah satu favorit para wisatawan, termasuk berfoto di atas jembatan panjang dengan latar belakang pemandangan air yang luas. Akan lebih seketika jika Anda melihat tanaman teratai menutupi permukaan air secara tipis.

4. Sewa perahu untuk menjelajahi danau

Bagi wisatawan yang tidak ingin langsung basah kuyup namun ingin menikmati sensasi tenangnya air, bisa menyewa perahu dayung untuk menjelajahi sudut-sudut danau. Dengan biaya sewa yang terjangkau, Anda bisa menikmati mempesonanya suasana air di sana.

Anda tidak perlu khawatir jika tidak bisa mendayung kano karena pemilik perahu siap menemani Anda. Jadi Anda tinggal duduk santai dan menikmati segarnya udara di sana. Anda juga bisa mengabadikan sudut-sudut Situ Janawi yang mempunyai nilai seni.

5. Berenang di kolam renang

Wisatawan yang penasaran dengan kesegaran airnya bisa berenang atau mandi di kolam pemandian yang ada.

Saat akhir pekan atau hari libur tiba, kolam pemandian ini akan dipenuhi oleh berbagai macam wisatawan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Anda menikmati sensasi kesegaran air alami. Bahkan, banyak wisatawan dari luar kota yang disebut-sebut menjalani terapi untuk menyembuhkan penyakit seperti penyakit kulit, rematik, atau asam urat.

6. Kuliner

Selepas beraktivitas di perairan Situ Janawi, tentu saja Anda akan merasa lapar atau haus. Jadi Anda bisa langsung mencari kuliner lezat di warung-warung terdekat yang berjejer rapi.

Para pedagang menjual berbagai minuman dan makanan dengan harga terjangkau. Anda bisa memesan minuman hangat, fast food atau membeli kuliner kemasan.

Bahkan terdapat beberapa kue goreng untuk menemani meeting point Anda di lokasi Situ. Selain itu, Anda juga bisa membeli aneka jajanan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Situ JanawiFoto oleh Budi Hartono di Google Maps

1. Tempat parkir

Tempat parkir tersedia untuk Anda dengan nyaman dan aman. Anda dapat memarkir kendaraan Anda dengan rapi.

Setiap pengunjung yang ingin memarkir kendaraannya akan dikenakan biaya parkir yang relatif murah. Jika Anda diserahi tilang atau tilang, sebaiknya jangan langsung membuangnya. Artinya, Anda harus menunjukkan bukti biaya parkir saat meninggalkan lokasi.

2. Kamar mandi

Sarana sanitasi yang ada dapat digunakan untuk ke toilet atau berganti pakaian setelah atau sebelum berenang. Meski sudah membayar biaya kebersihan, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan kamar mandi.

3. Stabil

Di lokasi wisata terdapat sejumlah warung yang menjual berbagai kuliner lezat. Mulai dari apa yang dikemas hingga apa yang perlu diolah. Para pedagang siap melayani pembeli dengan ramah.

4. Ruang sholat

Wisatawan muslim tentunya sangat senang dengan adanya musala. Ketika waktu salat tiba, mereka tidak perlu mencari musala di luar tempat. Anda bisa menggunakan fasilitas yang ada. Jadi bisa dikatakan hari libur tanpa melupakan tugas pelayanan.

Demikian ulasan Situ Janawi sebagai objek wisata alam terbuka dengan pemandangan yang menakjubkan. Jika anda penasaran, anda wajib mengunjungi tempat wisata di kota Majalengka yang satu ini. Semoga bisa menjadi referensi untuk liburan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button