Tempat Wisata

Selengkapnya Pantai Gianyar – atraksi, aktivitas, lokasi dan harga tiket

Temukan keunikan Pantai Sangat di Gianyar, Bali, dengan pantai pasir hitamnya yang menakjubkan yang tidak hanya menjadi tempat upacara tetapi juga menawarkan terapi penyembuhan yang menenangkan.

Harga tiket: Rp2.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Kabupaten Gianyar, Kab.Gianyar, Bali; Map: Periksa lokasinya

Indonesia mempunyai beragam tempat wisata menarik dengan tema yang berbeda-beda. Tempat wisata ini tersebar di berbagai daerah, termasuk Bali.

Tak heran jika Bali selalu ramai dikunjungi wisatawan karena banyak tempat wisata menarik di sana. Termasuk Pantai Lainnya di Gianyar dengan daya tarik tersendiri.

Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia yang banyak dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar negeri. Jika Anda berwisata ke Bali, jangan heran jika banyak wisatawan mancanegara yang menikmati wisatanya.

Pasalnya, Bali memiliki potensi wisata yang besar karena memiliki banyak pantai dan tempat wisata menarik lainnya.

Beberapa daerah di Bali selalu ramai seperti Kuta, Gianyar, Ubud, Kintamani dan lain sebagainya. Pantai di Gianyar ini tidak kalah menariknya dengan pantai populer di Bali lainnya.

Daya tarik Pantai More berhasil menarik wisatawan untuk mengunjunginya dan menikmati indahnya pemandangan disana.

Atraksi lain yang ditawarkan pantai ini

Lebih banyak atraksi pantaiKredit foto: Instagram Sae

1. Memiliki pasir pantai berwarna hitam

Salah satu daya tarik pantai di kawasan Gianyar adalah warna pasir pantainya yang hitam. Warna pasir pantainya berbeda dengan pasir pantai pesisir selatan. Pantai berpasir hitam ini membentang sepanjang 1,8 km dari timur ke barat dan dilengkapi dengan air laut yang biru.

Menariknya lagi, dibangunlah bendungan yang terbuat dari bebatuan gunung yang tersusun rapi di pinggir pantai karena pantai mulai terkikis akibat abrasi. Di bagian atas jalan lintas terdapat jalan beraspal yang dapat dijadikan tempat wisatawan berjalan-jalan sambil menikmati keindahan alam Pantai Sangat.

Di wilayah timur Bali seperti kabupaten Klungkung, Karangasem, dan Gianyar, pantai-pantai di sana umumnya berpasir hitam legam. Meski warnanya hitam, namun pasir pantainya tampak berkilau jika terkena sinar matahari sehingga terlihat sangat eksotis.

2. Pemandangan yang disajikan enak dipandang mata

Selain pasirnya yang berwarna hitam, pantai bernama More ini terkenal dengan ombaknya yang cukup tinggi. Wisatawan bisa berjalan-jalan di pantai berpasir saat ombak laut mereda. Ombak tinggi yang dipadukan dengan pasir pantai berwarna hitam menjadi fokus utama. Ada juga pandangan lain.

Di pinggir Pantai More lebih banyak terdapat pohon kelapa yang di bawahnya terdapat meja dan beberapa bangku untuk wisatawan menikmati kuliner sambil menikmati pemandangan. Terdapat juga kursi berjemur dengan payung menghadap pantai yang bisa dijadikan tempat istirahat.

Pemandangan indah ini juga dilengkapi dengan perahu-perahu nelayan yang ditempatkan dengan apik di tepi pantai. Tentu saja Pantai Sangat terlihat sangat indah karena pemandangan yang ditawarkannya tak tertandingi. Wisatawan akan merasakan suasana yang berbeda dibandingkan pantai-pantai populer di Bali.

3. Tempat diadakannya upacara dan pengobatan penyakit

Daya tarik lain dari pantai-pantai di kawasan Gianyar adalah kepercayaan masyarakat setempat terhadap pasir laut sebagai terapi penyembuhan penyakit. Tak sedikit juga wisatawan yang mencoba mengubur diri di pasir laut karena diyakini bisa menyembuhkan penyakit.

Selain sebagai tempat pengobatan penyakit, Pantai Sangat juga digunakan sebagai tempat berbagai upacara keagamaan seperti tempat Melukat atau penyucian diri, Nagluk Merana atau pembasmi hama dan upacara Melasti. Saat libur Galungan, tempat wisata ini ramai dikunjungi wisatawan dan penduduk lokal.

Bahkan, jalan menuju ke lokasi tersebut mengalami kemacetan saat libur Galungan. Pantai berpasir hitam ini memang tidak seramai pantai-pantai populer di Bali seperti Pantai Kuta dll, namun menjelang hari raya umat Hindu banyak pengunjung yang datang ke pantai tersebut.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat pantai lainnyaKredit foto: Instagram 𖣰kumiko𖣰

Seperti namanya, Pantai Sangat terletak di Kabupaten Gianyar Bali, lebih tepatnya di Desa Sangat. Lokasinya hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari pusat kota Gianyar. Jarak dari pusat kota Denpasar ke lokasi kini sekitar 25 km. Jarak dari Bandara Ngurah Rai menuju lokasi kurang lebih 36 km.

Kota pantai ini dapat diakses dengan kendaraan roda dua atau empat melalui Jl. mudah dijangkau. Lewati Ida Bagus Mantra, jalan penghubung antara Karangasem dan Denpasar.

Wisatawan juga dapat menggunakan angkutan bus umum atau sarana transportasi lainnya dengan berhenti di terminal bus kota Gianyar.

Sesampainya di terminal, wisatawan dapat menggunakan ojek untuk menuju lokasi. Lokasi pantai ini sangat dekat dengan perempatan Jl. By Pass Ida Bagus Mantra. Wisatawan yang datang dengan bus atau angkutan umum hanya perlu berjalan kaki beberapa meter menuju pantai.

Biaya masuk wisata bahari

Untuk tiket masuknya wisatawan hanya perlu membayar Rp2.000 dan biaya parkir Rp2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat. Harga tiket masuk dan parkir kendaraan di pantai ini cukup terjangkau.

Namun wisatawan bisa merogoh kocek lebih jika ingin menikmati sajian kuliner seafood di sekitar pantai.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas pantai yang lebih menyenangkanKredit foto: Instagram Vivera Takarina Leimena

1. Berburu Foto

Tak kalah indahnya dengan pantai berpasir putih Bali, wisatawan yang berkunjung ke pantai ini pun tak melewatkan kesempatan untuk berfoto di sana. Yang membedakan pantai di Gianyar dengan pantai lainnya adalah bebatuan pemecah ombak yang ada di pinggir pantai.

Pembangunan batuan pemecah gelombang ini dilakukan bukan tanpa alasan. Pantai berpasir hitam ini terkenal dengan ombaknya yang tinggi. Oleh karena itu, fungsi bebatuan tersebut adalah untuk memecah gelombang tinggi agar tidak membahayakan wisatawan atau warga yang beraktivitas di kawasan pantai.

2. Nikmati makanan pantai yang lebih khas

Aktivitas lain yang bisa dilakukan wisatawan saat berkunjung ke sana adalah menikmati sajian kuliner khas di pinggir pantai. Terdapat lebih dari 20 kios yang menjual berbagai jenis kuliner ikan, antara lain sate lilit bumbu khas desa Sangat, pepes bakso, bahkan sate laut.

Banyak warung yang berjejer rapi di sepanjang pintu masuk Pantai More. Bahkan, kios-kios di sana dibangun secara permanen dengan lantai keramik. Selain warung, banyak juga pedagang yang menjajakan ikan segar karena mayoritas warga Desa More berprofesi sebagai nelayan.

3. Menyaksikan upacara keagamaan

Pada waktu-waktu tertentu, seperti saat hari raya umat Hindu, Pantai Sangat ramai dikunjungi umat Hindu yang melakukan ibadah dengan melemparkan sesaji ke laut. Wisatawan pasti akan terkesima ketika melihat upacara keagamaan yang banyak hanya terdapat di Pulau Bali.

Akan banyak terlihat wanita dengan pakaian kebaya Bali dan banyak pria dengan pakaian adat Bali membawa sesaji berupa bunga warna-warni beraroma dupa. Apabila wisatawan datang kesana bertepatan dengan upacara keagamaan ini maka mereka akan menyaksikan upacara tersebut.

4. Mengubur diri Anda di pasir hitam

Penduduk setempat percaya bahwa pasir hitam di pantai ini memiliki kekhasan tersendiri. Tak sedikit orang yang mengubur dirinya di pasir hitam agar penyakitnya bisa disembuhkan. Pasir laut hitam di Pantai More Gianyar dikenal bisa menjadi obat penyembuh penyakit.

Wisatawan yang datang ke sini juga kerap mencoba mandi pasir hitam karena alasan spiritual. Para lansia sangat menikmati kegiatan ini karena memberikan efek positif bagi kesehatannya. Tak heran jika setiap hari pantai ini banyak dikunjungi oleh orang-orang yang mandi di pasir pantai.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas pantai lebih banyakKredit foto: Instagram 𖣰kumiko𖣰

Letak Pantai More yang strategis membuat tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Dari jalan utama Jl. Wisatawan hanya perlu berjalan beberapa meter melalui jalur Ida Bagus Mantra untuk mencapai tempat tersebut. Banyak terdapat warung di kanan dan kiri sepanjang jalan menuju pantai.

Warung-warung ini menjual berbagai olahan ikan yang benar-benar segar hasil tangkapan nelayan. Wisatawan juga bisa membeli ikan segar di sana untuk diolah sendiri.

Wisatawan yang membawa kendaraan roda dua dan roda empat bisa parkir di dekat pantai karena pengelola tempat wisata menyediakan tempat parkir yang luas.

Selain penjual dan warung ikan segar, terdapat juga beberapa toko oleh-oleh yang menjual oleh-oleh khas Bali. Saat memasuki area pantai terdapat gazebo, beberapa kursi yang disusun melingkar dengan meja di tengahnya dan kursi santai dengan payung di atasnya. Penginapan dan kamar mandi atau toilet juga tersedia di kawasan pantai.

Jika Anda berencana berlibur ke Pulau Bali, kawasan Gianyar bisa menjadi destinasi yang tepat. Di kawasan Gianyar sendiri terdapat banyak tempat wisata menarik, salah satunya adalah Pantai Sangat.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button