Tempat Wisata

Pulau Condong Lampung – Atraksi, Kegiatan Liburan, Lokasi dan Biaya Tour

Pulau Condong, destinasi bahari eksotik sejuta pesona di Lampung, menawarkan pengalaman mempesona dengan cerita mistis yang menjadi bagian dari daya tarik keindahan alamnya.

Biaya tur: Mulai dari Rp 150.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Tarahan, Kec. Katibung, Cab.Lampung Selatan, Lampung; Map: Periksa lokasinya

Berbicara tentang keindahan alam Indonesia, beberapa nama populer seperti Pulau Bali dan Labuan Bajo menjadi yang terpopuler.

Namun, masih ada beberapa kawasan lain yang memiliki keindahan alam yang luar biasa, salah satunya Pulau Condong di selatan Lampung, surganya bagi Anda yang berjiwa petualang.

Hal ini dikarenakan pulau tak berpenghuni ini masih memiliki alam yang sangat indah baik di pulau maupun di perairannya. Beberapa monyet juga hidup di pulau yang indah ini. Jangan khawatir tentang monyet-monyet ini karena mereka tidak menyerang manusia.

Jika Anda ingin memberi makan hewan ini, sebaiknya jangan langsung memberikannya dengan tangan, melainkan cukup dilempar ke dekat kera agar tidak dikerumuni rombongan kera.

Pulau Condong yang terletak di selatan Lampung ini tidak hanya memiliki alam yang mempesona, tetapi juga sejarah mistis.

Objek wisata yang ditawarkan Pulau Condong

Daya Tarik Pulau CondongKredit foto: Instagram ajie_bae

Pantai

Daya tarik pertama dari pulau mempesona ini adalah pantainya yang berjumlah empat buah. Pantai pertama terletak di bagian utara pulau dan menawarkan hamparan pasir putih bersih serta laut yang jernih namun dangkal. Anda bisa bermain-main di laut sepuasnya dan juga berburu foto-foto menarik pantai utara ini.

Pantai kedua berada di bagian selatan pulau, dimana pantai selatan juga memiliki pasir putih namun banyak juga kerang yang mudah anda temukan. Alam bawah laut di pantai selatan juga sangat indah, sehingga jika ingin snorkeling disinilah tempat terbaiknya.

Pindah ke pantai ketiga yaitu pantai barat Pulau Condong. Di bagian pantai barat terdapat terowongan berupa celah batuan karang yang menghubungkan pantai barat dengan pantai selatan.

Terdapat cukup banyak bebatuan di pantai baratnya sendiri, namun di sinilah tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam.

Terakhir ada pantai timur yang juga memiliki pantai berpasir putih namun banyak karang. Masing-masing pantai ini memiliki air yang jernih dan cocok untuk bermain air. Namun lebih disarankan untuk bermain air di pantai selatan dan utara, karena di pantai barat dan timur banyak terdapat bebatuan karang.

biota laut

Daya tarik tempat wisata alam ini selanjutnya adalah biota lautnya yang sangat populer di kalangan wisatawan yang mempunyai hobi memancing dan snorkeling.

Jika ingin memancing, pantai barat dan timur adalah tempat terbaik karena terdapat beberapa batu karang yang mengarah ke laut.

Sebaliknya jika ingin snorkeling, Pantai Selatan adalah tempat terbaiknya. Sebab di pesisir selatan banyak dijumpai kerang, terumbu karang, dan ikan-ikan yang hidup di sekitar perairan.

Flora dan fauna di pulau itu

Mari kita lanjut ke objek wisata selanjutnya yaitu flora dan fauna Pulau Condong. Di pulau indah ini banyak terdapat pepohonan besar yang sering digunakan wisatawan untuk berteduh di siang hari.

Selain itu, keberadaan pepohonan tersebut menyebabkan beberapa hewan memanfaatkannya sebagai habitat, salah satu contohnya adalah kera. Jika Anda melihat monyet sedang berjalan-jalan, jangan kaget karena pulau menakjubkan ini adalah habitat atau habitatnya.

Cerita mistis

Daya tarik Pulau Condong yang terakhir adalah sejarah mistisnya. Konon di pulau asal Kabupaten Lampung Selatan ini, ada seorang gadis cantik yang bunuh diri karena cintanya ditolak.

Kisah mistis tersebut kemudian didukung oleh kesaksian beberapa wisatawan yang mengaku pernah melihat sosok wanita di pulau tersebut.

Bahkan terdapat kuburan misterius di ujung pulau tak berpenghuni ini. Konon kuburan ini baru dibuat pada tahun 2010, namun semua itu hanyalah cerita belaka yang belum bisa dipastikan kebenarannya.

Alamat dan rute menuju lokasi pulau

Alamat Pulau CondongKredit foto: Instagram sifatku

Lokasi Pulau Condong sendiri berada di Lampung, tepatnya di Kecamatan Katibung, Desa Tarahan, Kabupaten Lampung Selatan. Lokasinya sendiri terletak di jalur pertigaan Bandar Lampung – Bakauheni, kurang lebih 5 km dari Pulau Sumatera.

Untuk menuju tempat wisata alam ini anda harus terlebih dahulu menuju ke Pantai Pasir Putih yang ada di Lampung karena disanalah tempat penyeberangan berlangsung. Aturan praktisnya, Anda bisa memulainya di Alun-Alun Kota Kalianda di Lampung Selatan lalu menuju Jl. menyetir. Berkendara menyusuri pantai lalu belok di persimpangan dengan Jl. belok kiri. Serma Ibnu Hasyim.

Ikuti terus Jl. Serma Ibnu Hasyim hingga menemukan pertigaan di Jl. Kusuma Bangsa, lalu belok kiri dan terus lurus hingga sampai di pertigaan Jl. Seberangi Sumatera lalu belok kiri mengikuti jalan tersebut.

Lanjutkan ke Jl. Lintas Sumatera hingga menemukan Pantai Pasir Putih Lampung di sisi kiri jalan.

Panjang jalur ini kurang lebih 43 km dan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi dalam waktu kurang lebih 1 jam. Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan penyeberangan perahu dari Pantai Pasir Putih di Lampung menuju pulau indah tujuan Anda yang bisa Anda capai hanya dalam waktu 15 menit.

Biaya tur pulau

Untuk lebih memahami biaya mengunjungi Pulau Condong, diasumsikan semua wisatawan menggunakan kendaraan pribadi saat berwisata ke Pantai Pasir Putih di Lampung, titik penyeberangannya.

Jadi, untuk memasuki Pantai Pasir Putih di Lampung, Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 per kendaraan.

Kemudian biaya sewa perahunya sendiri berada pada kisaran harga Rp150.000 hingga Rp300.000 per perahu. Harga kapal bervariasi tergantung ukuran dan pelayanan yang diminta wisatawan. Semakin banyak orang yang berlibur maka biayanya akan semakin murah karena Anda bisa berkumpul bersama rekan atau teman Anda.

Aktivitas yang menyenangkan

Hal seru yang bisa dilakukan di Pulau CondongKredit foto: Google Maps Hisyam Dzaki

1. Bermain air

Aktivitas menarik pertama yang bisa Anda lakukan adalah bermain air di pantai selatan dan utara pulau cantik ini. Jangan khawatir dengan arus laut karena terdapat arus laut kecil dan kedalaman dangkal di kedua pantai berpasir putih tersebut. Selain itu, air lautnya sangat jernih sehingga Anda tidak akan merasakan masalah badan yang gatal.

2. Menikmati pemandangan alam sekitar

Kegiatan menarik selanjutnya kita lanjutkan yaitu menikmati pemandangan alam sekitar, mulai dari pantai berpasir putih yang indah, pantai yang banyak bebatuan karangnya, lorong karang, laut biru jernih dan hutan yang sangat alami. Semua keindahan alam ini bisa menjadi obat penenang hati dan pikiran Anda.

3. Ambil foto

Saat berlibur ke Pulau Condong, fotografi merupakan hal yang wajib dilakukan. Pasalnya, dengan segala keindahan alam yang dipajang, sayang sekali jika pulang ke rumah tanpa mengambil satu foto pun. Oleh karena itu, pastikan untuk meluangkan waktu berpose di depan kamera sebelum meninggalkan tempat wisata alam ini.

4. Beri makan monyet

Seperti yang diketahui, tidak sedikit monyet yang hidup di pulau indah tak berpenghuni ini.

Oleh karena itu, Anda pasti akan bertemu dengan beberapa monyet saat berkeliling pulau. Jika Anda bertemu monyet, memberi makan adalah aktivitas yang wajib Anda coba.

Namun perlu diingat bahwa Anda tidak boleh memberi makan monyet langsung dari tangan Anda, jika tidak maka akan banyak kelompok monyet di sekitar Anda. Agar Anda merasa aman, akan lebih baik jika Anda melemparkan makanan tersebut ke arah monyet.

5. Snorkeling di Pulau Condong

Karena keindahan alam bawah lautnya, snorkeling menjadi salah satu aktivitas menarik yang wajib Anda coba di Pulau Condong.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin merasakan sensasi menyelam sekaligus mengamati indahnya terumbu karang, ikan, kerang, dan biota laut lainnya, mengunjungi pulau cantik ini merupakan saran yang tepat.

6. Memancing

Aktivitas menarik selanjutnya adalah memancing. Kegiatan ini sangat direkomendasikan karena tidak hanya banyak ikan di perairan sekitar pulau, tetapi juga beberapa batuan karang yang mengarah ke laut di pantai barat dan timur.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pulau

Fasilitas di Pulau CondongSumber gambar: Google Maps Yazid Arch

Soal fasilitas di Pulau Condong, tidak banyak yang perlu dibicarakan. Pasalnya, pulau mempesona ini merupakan pulau tak berpenghuni yang memanfaatkan alam sebagai daya tariknya.

Oleh karena itu, fasilitas yang ada di tempat wisata alam lampung ini sangat minim. Mungkin yang ada hanyalah jembatan kayu yang biasa digunakan kapal-kapal untuk berlabuh.

Selain itu, hanya ada satu makam misterius di puncak pulau. Oleh karena itu, pastikan Anda membawa perlengkapan yang diperlukan seperti makanan, minuman, dan perlengkapan penunjang liburan lainnya.

Demikianlah gambaran singkat Pulau Condong yang terletak di Desa Tarahan di selatan Lampung. Alam di tempat wisata aduhai ini sangat indah dan sangat cocok bagi anda yang suka mencari wisata alam yang indah.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button