Tempat Wisata

Pantai Ulee Lheue, pantai indah dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan di Aceh

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 06.00 – 18.00 WIB, Alamat: Ulee Lheue, Kec. Meuraxa, Kota Banda Aceh, Aceh; Map: Periksa lokasinya

Pantai Ulee Lheue merupakan salah satu tempat wisata alam yang indah di kawasan Banda Aceh. Panorama indah seperti itu selalu dicari oleh pengunjung lokal maupun wisatawan.

Destinasi cantik ini sudah terkenal karena menawarkan sejumlah atraksi yang menjadikan pariwisata sebagai destinasi populer. Selain itu, wisatawan bisa merasakan suasana tenang dan sejuk di sepanjang pantai.

Mengunjungi Ulee Lheue saat liburan merupakan pilihan yang tepat. Tidak hanya wisata indah saja yang ada di sana, namun juga beberapa wisata air. Para tamu dapat mencoba salah satu wahana yang ditawarkan dan mengarungi air laut.

Beberapa tempat di Pantai Ulee selalu meninggalkan kesan tersendiri karena terlihat indah. Faktanya, tidak semua sudut terlihat kotor karena petugas peduli dengan kenyamanan pemudik. Siapapun yang mengunjungi pantai-pantai populer ini pasti akan senang dan ingin berlama-lama berada di pantai tersebut.

Daya Tarik Pantai Ulee Lheue

Daya Tarik Pantai Ulee LheueKredit foto: Instagram bandaacehjournals

Panorama matahari terbit dan terbenam

Pantai Ulee Lheue selalu menjadi tempat menikmati panorama seperti matahari terbit dan terbenam. Wisatawan yang sengaja datang lebih awal pasti ingin mengabadikan matahari terbit sebagai kesempatan berfoto. Selain itu, ada juga yang berkemah untuk menikmati pemandangan indah ini. Hal ini cukup sering terjadi di sepanjang bibir pantai Ulee.

Menjelang malam, wisatawan juga mengincar matahari terbenam di sore hari. Keindahan ini mampu memukau mata seluruh pengunjung karena pemandangan matahari terbenam terlihat jelas dari tepi pantai. Matahari perlahan mulai menghilang, memberikan perubahan warna yang indah pada langit. Jadi jangan lewatkan panorama ini.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Tempat foto

Pemandangan yang terhampar di seluruh destinasi pasti membuat siapa pun ingin menyiapkan kamera. Berbagai macam background yang dapat digunakan dapat membuat foto menjadi lebih estetis dan wisatawan akan puas dengan hasil yang bagus. Anda bisa datang ke mana saja hanya untuk mencari foto.

Formasi batuan yang tersusun di dekat pantai tidak pernah sepi karena sering digunakan untuk fotografi. Wisatawan pecinta fotografi dijamin akan senang karena banyak panorama yang bisa diambil di pantai. Selain itu, Anda juga bisa menyiapkan aksesoris pendukung saat mengabadikan momen.

Pantai yang indah

Pantai Ulee Lheue dikenal sebagai tempat wisata yang indah karena memiliki sejuta keindahan yang ditawarkan. Air laut yang terlihat jelas membuat para tamu terkesan dengan kebersihannya. Tersedia juga wahana bebek yang bisa disewa sehingga Anda bisa sekedar bermain-main di air laut.

Pasir di pantai ini juga bersih karena berwarna putih seperti kapas. Bahkan saat bermain di kawasan ini kelembutan pasirnya sudah terasa. Selain itu, pasirnya dihiasi pepohonan yang rimbun. Sehingga liburan di tempat ini membawa banyak pesona dan keindahan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Ulee LheueSumber gambar: Google Maps Abu Salma

Pantai indah ini terletak di Jalan Pelabuhan Ulee Lheue, Aceh. Perjalanan dari Kota Banda Aceh diperkirakan hanya memakan waktu 3 kilometer.

Taksi, labi-labi, dan ojek biasanya tersedia untuk mengantar wisatawan ke pantai. Namun bagi Anda yang berdomisili di daerah Aceh bisa membawa kendaraan sendiri karena jalurnya cukup mudah.

Saat berkunjung ke pantai ini, para tamu dapat memulai rute dari pusat kota Aceh. Di sana Anda bisa langsung menuju Jalan Nyak Adam Kamil 1 dengan waktu tempuh 10 menit.

Pengunjung akan menemukan Jalan Medan Banda Aceh hanya beberapa meter jauhnya. Kemudian lurus saja ke Jalan Pelabuhan Lama Ulee Lheue yang jaraknya sangat dekat dengan pantai ini.

Tanda-tanda mudah ditemukan karena menunjukkan jalan menuju tujuan wisata. Meskipun para tamu belum pernah ke sana, mereka dapat dengan mudah menemukan pantai tersebut menggunakan tanda-tanda yang ada.

Anda juga bisa melihat-lihat Google Maps agar lebih akurat saat bepergian. Jadi mengunjungi pantai ini tidak terlalu sulit.

Biaya masuk dan jam buka

Pantai Ulee Lheue selalu menjadi pusat perhatian karena tidak dipungut biaya masuk ke destinasi alam ini. Siapa pun yang datang tidak perlu membeli tiket karena pantai indah ini gratis.

Wisatawan yang ingin menikmati suasana pantai bisa berkeliling di setiap lokasi secara gratis. Bahkan pantai ini buka dari pagi hingga larut malam.

Masuk ke sudut lainnya, wisatawan akan melihat tempat parkir kendaraan. Kawasan ini khusus diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin memarkir kendaraan pribadinya.

Harga tiketnya hanya Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 khusus mobil. Harganya tidak dihitung per jam, jadi Anda bisa memarkir kendaraan kapan saja dan menikmati liburan di sana.

Ada sejumlah wahana berbayar di kawasan wisata. Namun harga yang ditawarkan tidak mahal dan disesuaikan dengan traveler, sehingga semua orang bisa memanfaatkannya.

Dealer yang menjual kuliner di kios juga memberikan penawaran yang cukup terjangkau. Anda tidak perlu khawatir dengan biaya yang akan dikeluarkan saat datang ke Ulee Lheue.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Pantai Ulee LheueSumber gambar: Google Maps Rahmat Fadli

1. Naik wahana bebek

Pantai Ulee Lheue menawarkan wahana bebek yang bisa menemani wisatawan dalam berwisata. Melakukan perjalanan ini akan memungkinkan Anda mengarungi birunya air laut dari dekat sambil menikmati udara segar.

Biasanya wahana ini berkapasitas 2 orang. Sehingga bagi yang berwisata bersama kerabatnya akan mendapatkan pengalaman seru berkeliling laut.

2. Memancing

Destinasi alam ini terkenal memiliki spot mancing yang digemari banyak orang. Selain itu, wisatawan yang hobi memancing bisa membawa peralatan dari rumah untuk menangkap ikan.

Anda bisa duduk di atas batu di pinggir pantai sambil memancing. Lakukan aktivitas seru ini untuk menghabiskan akhir pekan, namun bawalah ikan secukupnya saja.

3. Berkemah di Pantai Ulee Lheue

Mengunjungi pantai ini sambil mendirikan tenda sangat populer di kalangan anak muda. Selain itu, terdapat tempat khusus yang bisa digunakan untuk berkemah.

Biasanya pengunjung membawa perlengkapan berkemah dari rumah sehingga tidak kesulitan menemukannya di pinggir pantai. Selain itu, para tamu lebih cenderung menyiapkan makan siang instan mereka sendiri untuk dinikmati.

4. Berenang

Pantai Ulee Lheue mempunyai ombak yang masih cukup aman. Wisatawan yang datang bersama keluarga bisa berenang di tepi laut.

Namun jika Anda membawa anak-anak, pastikan untuk selalu mengawasi mereka karena sewaktu-waktu ombak bisa naik dan turun. Pihak berwenang menyarankan bagi Anda yang tidak bisa berenang dengan baik untuk membawa jaket pelampung khusus.

5. Beli pengolahan kuliner

Kawasan pantai yang mempesona ini dipenuhi dengan kuliner khas Aceh yang lezat. Banyak pedagang yang menjual olahan makanan laut, pulut dan jajanan lainnya.

Selain itu, wisatawan yang ingin bersantai dapat membeli es krim kelapa muda untuk dinikmati di kawasan wisata. Jadi jika Anda sengaja pergi tanpa bekal, Anda tetap bisa memanjakan perut di stand ini.

6. Abadikan momen tersebut

Pantai Ulee Lheue menjadi latar belakang fotografi yang sangat bagus. Suasana alam di sekitar objek wisata selalu membuat wisatawan ingin memiliki kenangan berfoto.

Tentu saja Anda juga bisa menggunakan pasir, pantai, atau bebatuan sebagai background foto. Pilih lokasi mana pun di mana Anda ingin mengambil foto menarik dan pastikan kamera Anda siap.

7. Santai

Wisatawan yang ingin bersantai sejenak bisa datang ke sini. Ada banyak kursi yang berjejer di sepanjang pantai untuk melepas penat.

Anda juga bisa duduk di beberapa batu karang di pinggir pantai sambil menikmati kebersihan airnya. Kawasan berpasir seringkali menjadi tempat bersantai sehingga liburan ke objek wisata ini dijamin menyenangkan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Harga tiket pantai Ulee LheueKredit foto: Instagram Irwan

Pantai Ulee Lheue menawarkan beberapa fasilitas penunjang dan terkenal sangat lengkap. Bagi Anda yang ingin melaksanakan salat saat berlibur, dapat mengunjungi musala yang berada di dekat pantai.

Tidak ada penjaga di sana dan siapa pun dapat menggunakannya. Spot pemancingan terlihat di pinggir pantai yang dapat dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menangkap ikan.

Kuliner yang tersedia banyak dijual oleh pedagang di beberapa warung. Udang, pulut, ikan, dan masih banyak hidangan seafood lainnya ditawarkan di sana.

Toilet umum berada di pojok dan selalu dibersihkan oleh staf. Wisatawan boleh menggunakan toilet, namun jangan membuang sampah sembarangan dan gunakan banyak air mengalir.

Kawasan pantai ini memiliki tempat parkir yang tidak sulit ditemukan karena tersebar luas. Siapapun bisa parkir dengan membayar tiket parkir tergantung jenis kendaraannya.

Kursi pantai dan sejumlah paviliun disediakan oleh manajemen hotel. Segala fasilitas berbayar dan gratis bisa Anda gunakan untuk membuat liburan Anda semakin seru.

Demikian informasi lengkap mengenai Pantai Ulee Lheue yang kerap ramai dikunjungi wisatawan. Siapa pun yang datang wajib membawa segala perlengkapan bermain air.

Ditambah lagi, menjajal wisata air yang disewa petugas agar bisa menikmati laut dari dekat. Oleh karena itu, pilihlah hari untuk datang ke sana bersama kerabat Anda dan buatlah anggaran.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button