Tempat Wisata

Air Terjun Cunca Wulang – Atraksi, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Air Terjun Cunca Wulang di Manggarai Barat memadukan keajaiban alam yang eksotis dengan keindahan air terjun yang melegenda untuk memberikan pengalaman petualangan alam yang tak terlupakan.

Harga tiket: Rp50.000, Jam beroperasi: 06:00 – 17:00, Alamat: Pota Wangka, Kec. Boleng, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur; Map: Periksa lokasinya

Salah satu destinasi wisata di Labuan Bajo, Flores yang paling hits dan diminati adalah Air Terjun Cunca Wulang. Nama air terjun ini memang unik dan jika diartikan mempunyai arti air terjun yang terlihat dari atas seolah-olah jatuh dari bulan. Tempat ini sungguh eksotis dan bisa dikatakan tak tertandingi.

Wajar jika tempat ini akhirnya bisa menarik wisatawan karena beragam pesona yang ditawarkan. Wisatawan yang gemar memandangi panorama alam yang eksotis tak akan menyempatkan diri berada di tempat ini saat berkunjung ke Labuan Bajo.

Air Terjun Cunca Wulang adalah tempat yang tepat bagi Anda, keluarga, dan teman-teman untuk menghabiskan akhir pekan bersama. Selain itu, tempat ini menawarkan berbagai aktivitas menarik yang pastinya sangat seru untuk Anda lakukan bersama rombongan.

Objek wisata yang ditawarkan Air Terjun Cunca Wulang

Atraksi air terjunKredit foto: Google Maps Kim Thai

1. Airnya sangat dingin

Pesona tempat ini adalah kondisi alamnya yang sangat menyenangkan dan menyegarkan pikiran. Udara dan air di Air Terjun Cunca Wulang sangat sejuk. Pasalnya, tempat wisata tersebut berada di ketinggian 200 m.

Hal inilah yang pada akhirnya membuat pengunjung betah. Udara dan air akan memastikan tidak ada seorang pun yang mau keluar ketika memasuki tempat ini. Apalagi jika pengunjung datang bersama pasangan akan sangat malas jika harus segera pulang dari destinasi alam indah ini.

2. Rute pelacakan yang menarik

Bagi pecinta tracking, air terjun ini adalah destinasi yang tepat. Hal ini dikarenakan tempat wisata Air Terjun Cunca Wulang berada pada ketinggian yang relatif wajar, yaitu diukur di atas permukaan laut sekitar 200 meter. Ketinggian ini cukup baik jika dilacak melaluinya.

Perjalanan tracking bisa dimulai dari gerbang air terjun yang ada di desa Wersawe. Menuju ke tempatnya sangat seru dan sejuk mengingat lokasinya yang berada di dataran tinggi.

Perjalanan menuju lokasi dapat memakan waktu kurang lebih 1 jam. Jarak dari gerbang kurang lebih 2 km. Untuk membantu Anda, disediakan pemandu kepada pengunjung di sini dengan biaya Rp 50.000 per hari.

Anda akan merasakan suasana alam yang sangat sejuk dan menyegarkan. Hal ini tentu sangat menarik bagi siapa saja yang ingin mencari ketenangan di alam liar.

3. Air terjun legendaris

Jika dilihat sekilas kawasan Air Terjun Cunca Wulang memang akan terlihat seperti Green Canyon yang ada di Provinsi Jawa Barat.

Tepat di atas bebatuan tersebut mengalir sungai ini dari tebing besar. Pesona panorama air terjun memang melegenda terutama bagi masyarakat sekitar Labuan Bajo.

Wajar jika pengunjung yang baru pertama kali berkunjung ke tempat ini akan sedikit bingung ketika harus mencari tahu lokasi objek wisata tersebut. Tanda yang bisa menjadi penanda bahwa Anda sudah sampai di dekat tempat wisata adalah suara gemuruh air yang jatuh bebas ke bawah.

Pada musim kemarau pemandangannya berbeda karena saat ini debit air yang mengalir melalui tempat tersebut cenderung rendah. Namun yang menarik, saat musim kemarau airnya begitu jernih dan indah dipandang.

4. Keindahan Tebing Sempit

Di sekitar tempat wisata Anda akan melihat tebing-tebing dengan air mengalir di dasarnya. Hal yang menarik dari tebing-tebing ini adalah jarak antar tebingnya yang relatif kecil.

Tebingnya sendiri merupakan formasi berusia seribu tahun yang terbentuk secara alami dan menganga hingga beberapa kilometer.

Pemandu wisata akan selalu mengingatkan wisatawan untuk lebih berhati-hati jika ingin mengunjungi tebing sempit ini. Keindahannya membuat banyak wisatawan tak segan-segan mengabadikan momen-momen penting di sekitar tempat tersebut.

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat air terjunSumber gambar: Google Maps Chris Berlemont

Anda bisa langsung menuju Nusa Tenggara Timur khususnya Kabupaten Manggarai Barat jika ingin berkunjung ke Air Terjun Cunca Wulang. Lokasi objek wisata ini berada di bagian timur Labuan Bajo. Setidaknya jarak sekitar 26 km harus ditempuh.

Wisatawan bisa sampai ke sana dengan transportasi umum. Setibanya di Czechondo, pengunjung bisa langsung belok kiri menuju Desa Wersawa.

Setelah itu Anda bisa menuruni kawasan perbukitan sejauh 4 km. Meski lokasinya cukup jauh, namun rute yang harus dilalui cukup mudah.

Cunca Wulang merupakan tempat wisata yang sangat populer di kawasan Nusa Tenggara Timur dan menawarkan panorama yang sangat mengesankan. Bahkan, beberapa wisatawan mengatakan kalau tempat ini mirip dengan Green Canyon.

Biaya masuk wisata alam

Pengunjung yang berencana berwisata ke tempat ini harus dipastikan sudah tiba paling lambat jam 8 pagi. Tempatnya tutup jam 5 sore. Tiket masuknya sendiri cukup mahal yakni Rp 50.000.

Namun biaya mahal tersebut terbayar dengan pemandangan alam air terjun Cunca Wulang yang menakjubkan.

Aktivitas yang menyenangkan

Kegiatan air terjunSumber gambar: Google Maps hadinata kusuma

Menenangkan pikiran dan jiwa

Aktivitas lain yang tidak boleh Anda lewatkan adalah menenangkan pikiran dan jiwa. Jiwa dan pikiran Anda pasti akan bosan setelah menjalani hari-hari yang melelahkan di tempat kerja atau sekolah. Jadi ketika Anda berada di Air Terjun Cunca Wulang, jangan lewatkan kesempatan untuk merilekskan pikiran dan jiwa Anda.

Keindahan dan kealamian tempat ini akan memberikan perasaan tenang dan damai. Di tempat ini banyak terdapat pepohonan hijau dan tumbuh subur karena lokasinya berada di tengah kawasan hutan. Sangat cocok bagi anda yang berkunjung dari daerah perkotaan.

Berenang di Air Terjun Cunca Wulang

Berenang tentunya menjadi aktivitas yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke kawasan air terjun. Kedalaman kawasan pada titik ini tergolong sedang, namun tidak terlalu dangkal. Bagi anda yang ingin mandi atau berenang, tempat ini sangat cocok.

Air di tempat ini sangat segar dan jernih, sehingga tubuh Anda pasti akan sangat rileks setelah menempuh perjalanan jauh.

Diketahui pula terdapat beberapa titik yang terletak di dekatnya, sehingga pengunjung diharapkan lebih berhati-hati. Untuk mengetahui lebih lanjut tempat mana yang aman, tanyakan pada pemandu.

Bagi wisatawan yang tertarik dengan air yang cukup deras, pilihlah waktu saat musim hujan. Kemudian debit airnya cukup besar, namun warna air yang mengalir tidak sejernih saat musim panas.

Mencari foto yang indah

Pemandangan indah tak sulit ditemukan di Air Terjun Cunca Wulang. Oleh karena itu, pengunjung yang mempunyai hobi photo hunter atau berburu foto dipersilakan untuk menekuni hobinya di tempat ini.

Setiap sudut air terjun ini menawarkan keindahan tersendiri jika diabadikan dengan kamera. Oleh karena itu, banyak pengunjung yang sengaja datang membawa kameranya untuk melihat segala keindahan yang ada.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas air terjunSumber gambar: Google Maps kristian kraus

Air terjun di Labuan Bajo ini dilengkapi dengan fasilitas untuk memudahkan wisatawan. Fasilitas tersebut antara lain toilet dan tempat parkir mobil. Siapa pun yang ingin menggunakan toilet bisa langsung menuju area dekat pilar.

Tempat parkirnya sendiri juga terdapat di sana, namun di lokasi ini belum terdapat penjual makanan atau warung, sehingga ada baiknya pengunjung membawa bekal dari rumah.

Atau jika Anda masih berada di pusat kota Labuan Bajo dan ingin kesana, sebaiknya persiapkan bekal dengan berbelanja di warung-warung yang ada disana. Namun jika beruntung, terkadang ada penduduk setempat yang berjualan kuliner di sekitar tempat tersebut.

Itulah tadi penjelasan detail tentang Air Terjun Cunca Wulang di Nusa Tenggara Timur. Provinsi ini nyatanya mampu menawarkan destinasi wisata yang mampu memikat wisatawan dari daerah sekitar maupun dari luar daerah.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button