Tempat Wisata

Tiket Masuk Pantai Parangtritis 2022, Keistimewaan dan Legenda

Pantai Parangtritis merupakan ikon kota Yogyakarta yang terkenal dengan mitos-mitosnya yang melegenda.

Jam buka: 24 jam
Tiket masuk: Rp 10.000.00
Nomor telepon:
Aktivitas: Bermain di air, berfoto, menerbangkan layang-layang, bermain ATV, melihat pemandangan, melihat matahari terbenam, naik kuda dan kereta
Waktu terbaik: Pagi atau malam
Membawa: Topi, air minum, sembako, baju ganti, perlengkapan mandi, sandal
Melarang: Dilarang memakai baju hijau, dilarang berbicara tidak sopan
Alamat: Kretek, Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Fasilitas umum: Toilet, tempat parkir mobil, tempat cuci piring, musholla, pos jaga SAR, shelter, warung makan
Akses jalan: Musim semi
Bisnis: Ada
Peta Daring: tunjukkan peta

Berbicara tentang kota Yogyakarta, siapa yang tidak mengenal kota yang satu ini? Kota ini terkenal dengan keistimewaannya. Sejak awal, kota ini menjadi magnet bagi para pelajar yang ingin menuntut ilmu di kota Yogyakarta. Sehingga kota ini mendapat julukan Kota Pelajar karena banyak sekali mahasiswa dari luar kota bahkan dari luar negeri yang berduyun-duyun ke sini untuk menuntut ilmu.

Selain itu, tahukah Anda bahwa Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata yang layak untuk dikunjungi dan Anda menjadikannya sebagai tujuan wisata Anda. Tempat wisata ini mulai dari pegunungan, pantai, laut, hutan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pada kesempatan kali ini, dari tim Dolanyuk, kita akan membahas sebuah tempat wisata yang sangat terkenal di kota Yogyakarta. Objek wisatanya adalah Pantai Parangtritis.

Sekilas tentang Pantai Parangtrtis

Jika Anda berlibur ke Yogyakarata, tidak lengkap rasanya tanpa mengunjungi pantai ini. Pantai ini terletak di selatan kota Yogyakarta dan berjarak sekitar 27 km dari pusat kota Yogyakarta. Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah, apalagi jika Anda mengunjunginya pada sore hari. Hamparan pantai dan deburan ombak menambah keindahan pantai ini.

Selain itu, pantai ini juga sangat erat kaitannya dengan legenda Ratu Kidul. Legenda tersebut diyakini oleh sebagian besar masyarakat Yogyakarta. Nyai Roro Kidul dikenal sebagai penguasa pantai selatan.

alamat

Pantai ini terletak di Kretek, Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika anda belum puas mengunjungi satu tempat wisata, anda bisa mengunjungi tempat wisata lain di sekitar pantai ini. Tempat wisata tersebut adalah Bukit Parang Endog yang terletak di perbukitan sebelah timur pantai ini. Dari sini Anda dapat menikmati pemandangan dari ketinggian dan menikmati matahari terbenam.

Bukit pasir berada di pantai utara, Anda merasa seperti di gurun Arab. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini, seperti berfoto atau bermain sandboarding. Ada juga Pantai Depok. Nah tentang yang satu ini cocok banget buat kamu yang sedang lapar karena disini ada pasar ikan yang diburu nelayan. Ada juga banyak warung makan di sini yang menyajikan makanan laut.

Biaya masuk

Jika Anda ingin mengunjungi pantai ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp 10.000/orang.

Biaya parkir sebesar Rp 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5000 untuk kendaraan roda empat.

jam operasional

Anda bisa mengunjungi pantai ini mulai pukul 07.00-17.00 WIB, namun tidak jarang wisatawan mengunjungi pantai ini pada malam hari.

daya tarik

Seperti tempat wisata yang ada, pantai ini memiliki daya tarik tersendiri, menjadi daya tarik yang menjadi magnet bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

matahari terbenam

Jika Anda datang saat cuaca cerah, Anda bisa menikmati indahnya sunset yaitu matahari terbenam di ufuk barat dengan warna jingga yang sangat indah. Tak heran jika momen ini ditunggu-tunggu oleh wisatawan yang datang ke sini.

kereta kuda

Anda tidak hanya dapat menikmati pemandangan alam yang menakjubkan, tetapi Anda juga dapat naik kereta api yang sering disewa di sini. Anda bisa menyisir pantai dengan kereta kuda, ini pasti akan membuat liburan Anda semakin seru.

bermain layang-layang

Angin pantai yang kencang sangat cocok untuk Anda dan keluarga bermain layang-layang bersama. Anda juga tidak perlu repot membawa layang-layang sendiri dari rumah, karena banyak penjual layang-layang yang menjajakan layang-layang di pinggir pantai.

Tak jarang, pantai ini juga dijadikan sebagai tempat kompetisi atau festival layang-layang yang banyak ditonton oleh para pecinta layang-layang dari dalam dan luar negeri. Jika Anda datang ke sini saat festival layang-layang, Anda akan melihat berbagai jenis layang-layang, dari yang terkecil hingga yang terbesar di udara, menghiasi langit biru pantai ini.

Menjelajahi pantai dengan ATV

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi mengendarai ATV, Anda bisa menyewa ATV untuk berjalan-jalan di sepanjang pantai. Hembusan angin dan cipratan angin pasti akan menambah keseruan Anda mengendarai ATV.

fitur air

Seperti di pantai lainnya, Anda juga bisa bermain permainan air di pantai. Namun, karena ombaknya terkenal ganas dan menyebabkan banyak korban, berenang di pantai sangat tidak disarankan.

Baca Juga : Pantai Sadranan

Legenda

Bahkan, banyak orang percaya bahwa pantai ini adalah pintu gerbang kerajaan magis Ratu Kidul. Kawasan Ratu Kidul yang memiliki kekuatan ombak di Samudera Hindia. Dan memiliki istana yang sangat megah di jantung lautan. Kisah ini diperkuat dengan ombak liar pantai ini yang bisa mencapai 7 meter. Ombak tidak menelan korban beberapa nyawa.

Dari cerita yang beredar dari masyarakat sekitar, Ratu Kidul adalah pasangan spiritual raja-raja Mataram atau Yogyakarta yang memiliki hubungan khusus. Seperti Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang mengaku pernah bertemu dengannya.

Pantai ini juga termasuk dalam satuan Trimurti Daerah Istimewa Yogyakarta. Trimurti terdiri dari Gunung Merapi di utara kota Yogyakarta, Keraton di jantung kota dan Parangtritis di selatan kota Yogyakarta. Yang ketiga adalah sisi mistis kota Yogyakarta.

mitos

Masih terkait dengan cerita di atas, banyak orang yang percaya bahwa pantai ini adalah pintu sebuah kerajaan magis yang diperintah oleh Ratu Kidul. Mitos yang beredar di masyarakat adalah Nyai Roro Kidul sangat menyukai benda-benda hijau. Menurut orang dengan penglihatan gaib, ia juga memakai satu set kebaya hijau.

Percaya atau tidak, pengunjung yang memakai baju hijau akan sial atau bahkan kehilangan nyawa. Konon ceritanya digambar oleh Nyai Roro Kidul dan menjadi abdi di kerajaan gaib Ratu Kidul.

Terlepas dari semua mitos di atas, semua orang harus tetap berhati-hati saat mengunjungi pantai ini. Dan selalu membaca doa sesuai dengan keyakinan Anda sebelum bepergian atau melakukan aktivitas apa pun. Dan selalu jaga sopan santun dimanapun kalian berada.

perabot

Wisata pantai ini juga memiliki fasilitas yang bisa anda gunakan saat berkunjung kesini dan menambah kenyamanan anda seperti :

  • Toilet
  • area parkir
  • kamar siram
  • ruang sholat
  • Pos Pengamatan SAR
  • akomodasi
  • warung makan

Jika Anda ingin bermalam di sini dan tetap ingin melanjutkan liburan, tidak perlu khawatir, karena tersedia banyak penginapan yang bisa Anda pilih. Ada juga penginapan yang lebih besar seperti Queen of The South Resort 2,6 km, Adinda Beach Villas 2,7 km, atau Hotel Parangtritis 2,6 km.

Jika Anda lapar dan ingin membeli makanan, jangan khawatir karena ada banyak restoran yang bisa dikunjungi di sini. Restoran-restoran ini termasuk Bakmi Djawa Dua Jaman di tepi pantai, 0,3 km Bebek Goreng Pak Koes, atau 0,6 km ViaVia Resto & Bakery.

QnA

Berikut daftar pertanyaan tentang pantai paling legendaris di Yogyakarta:

Kesimpulan

Pantai Parangtritis adalah wisata yang sangat ikonik di Yogyakarta. Dengan keindahan pemandangan alam yang diselimuti cerita mistis masyarakat sekitar, tempat ini sangat menarik untuk Anda jadikan tujuan wisata.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Back to top button