Tempat Wisata

Pulau Mengkudu Lampung – Pemandangan, Aktivitas Liburan, Tempat & Biaya Perjalanan

Pemandangan, aktivitas liburan, tempat & biaya perjalanan – Pulau Noni salah satu tempat wisata alam yang eksotis di lampu Selatan. Pulau ini menarik untuk dijelajahi pada hari libur dengan pantai berpasir putih dan pesona pasir yang muncul saat air surut.

Biaya Tur: Rp 10.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Totoharjo, Kec. Bakauheni, Kab.Lampung Selatan, Lampung; map: Cek lokasi

Pulau kecil di bagian selatan Lampung ini berkembang menjadi destinasi wisata baru. Pulau Mengkudu, begitu pulau ini sering disebut, memiliki luas 2 hektar. Nama pulau ini berasal dari salah satu buah asli Indonesia yang biasa tumbuh di sini.

Pengunjung yang berkunjung ke tempat wisata ini bisa datang melalui jalur darat maupun air. Setibanya di Pulau Mengkudu, Anda akan disambut oleh pepohonan bakau yang berjajar di setiap garis pantai hingga ke tengah pulau.

Anda akan menemukan kenyamanan di pulau ini dari berbagai fasilitas yang disediakan oleh penduduk setempat. Dengan harga tiket masuk yang terjangkau, keindahan pulau pasir putih ini siap melengkapi liburan Anda.

Pemandangan pulau Noni

Pemandangan pulau NoniSumber gambar: Google Maps Wike Oktafin

1. Suasana tenang

Pulau yang harus Anda seberangi terlebih dahulu ini memiliki suasana yang tidak terlalu ramai. Situasi ini sangat cocok jika Anda sedang mencari tempat wisata yang bisa digunakan untuk menenangkan pikiran.

Faktor ketenangan di Pulau Mengkudu terbantu dengan jaraknya yang jauh dari pemukiman penduduk. Satu hal yang juga harus Anda ketahui, pulau ini tidak dihuni oleh manusia. Dua alasan inilah yang membuat pulau ini menjadi lebih sepi dibandingkan tempat wisata lainnya.

Anda bisa bersantai di tepi laut, menikmati semilir angin yang membelai tubuh Anda. Suara deburan ombak juga menambah ketenangan suasana di pulau cantik ini.

2. Pohon bakau

Mengapa mangrove menarik perhatian banyak wisatawan? Padahal, jenis pohon ini memiliki penampilan yang kotor. Tempat tumbuhnya yang berada di atas permukaan air membuat akar pohon bakau terlihat basah dan lembap.

Tumbuhan dengan tingkat akar ini memiliki ekosistem makhluk hidup tersendiri yang berbeda dengan yang lain. Ikan yang hidup di celah-celah sempit akar memiliki bentuk yang unik di mana terdapat insang yang digunakan untuk berjalan di darat.

Dengan hewan unik yang menghuni pohon bakau ini, Anda bisa melihat dan mempelajari tentang hewan khas tersebut. Di Pulau Mengkudu kamu tidak hanya mendapatkan liburan, tetapi juga wawasan baru tentang sesama makhluk.

Selain hewan air, ada juga hewan udara yang memanfaatkan pohon bakau sebagai habitatnya. Burung bangau yang bermigrasi dari negara tetangga memilih pohon bakau sebagai lokasi pemukiman.

Jenis pohon ini merupakan salah satu tumbuhan yang dapat bertahan hidup walaupun terendam air. Selain itu, akarnya yang mencengkeram tanah di bawah, dapat memecah ombak besar yang datang.

Alamat dan rute menuju lokasi Pulau Mengkudu

Alamat Pulau MengkuduKredit Foto: Kebun Kecil Hidroponik Google Maps

Wisata darat maupun air bisa Anda capai saat berkunjung ke Pulau Mengkudu yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Bakauheni, Lampung. Jarak yang Anda tempuh juga akan bervariasi tergantung apakah Anda memilih jalur darat atau air.

Jika Anda memilih jalur penyeberangan perahu, Anda bisa menyewa perahu di Desa Kunjir. Perjalanan dengan perahu motor ini menghabiskan biaya sekitar Rp 35.000 dan memakan waktu 15 hingga 20 menit.

Jika Anda menggunakan kapal yang berlayar di laut lepas, Anda bisa melihat keindahan pulau-pulau lain dari tengah laut. Ini adalah bonus jika Anda bepergian ke Pulau Mengkudu dengan perahu.

Kemudian melalui jalur darat, kedatangan akan dilanjutkan dari Pelabuhan Merak Bakauheni menuju kawasan Lampung Selatan. Menggunakan kendaraan pribadi bisa menjadi pilihan jika Anda membawa seluruh keluarga karena akan menghemat biaya.

Namun, jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi untuk berwisata ke pulau ini, naik kendaraan umum menjadi pilihan. Bahkan setelah Anda tiba di pelabuhan, Anda akan menemui banyak penyedia transportasi umum yang menawarkan ride-sharing.

Perkiraan biaya perjalanan ke Pulau Mengkudu, Lampung

Perkiraan biaya perjalanan ke Pulau Mengkudu, LampungKredit foto: Google Maps Faisal Labib Zulfiqar

Banyaknya rute yang dapat ditempuh pengunjung menjadikan pulau ini sebagai tujuan wisata yang populer bagi masyarakat. Dengan biaya sewa perahu yang relatif murah, pengunjung bisa menghemat pengeluaran untuk hal lain.

Biaya tiket Tur Pulau Mengkudu adalah Rp 10.000 per orang. Harga ini sangat terjangkau bagi Anda yang memiliki budget minim saat berlibur.

Harga parkir kendaraan di daratan sekitar pulau adalah Rp 5.000 untuk mobil. Setelah Anda dapat memarkir kendaraan, menyeberangi pulau sebentar.

Aktivitas menarik di pulau Mengkudu

Aktivitas di Pulau NoniSumber gambar: Google Maps Siti Rusnavati

1. Berjalan di atas pasir giling

Hamparan pasir putih yang unik ini menarik banyak pengunjung yang menginap di Pulau Mengkudu. Terletak di ujung pulau dan menghubungkan pulau ini dengan negara lain di sekitarnya.

Disebut pasir naik karena akumulasi pasir yang mengalir melalui lautan ini terlihat seperti muncul dari air. Saat air laut sedang tinggi, tempat menarik ini tenggelam karena limpasan air laut meningkat.

Namun, saat air laut surut, pasir yang ditinggikan ini bisa dilewati oleh pengunjung yang datang ke pulau cantik ini. Bahkan, tak jarang pengunjung berhenti di tengah pasir yang meninggi untuk berfoto.

2. Berenang

Ombak pantai di Pulau Mengkudu sangat bersahabat untuk aktivitas berenang pengunjung. Pantai adalah tempat pilihan jika Anda ingin berenang karena kedalamannya yang relatif dangkal.

Namun, jika Anda ingin mencoba berenang di kedalaman yang lebih dalam, Anda dapat mengarahkan gerakan Anda ke area laut yang lebih sentral. Pulau ini memungkinkan para pengunjungnya untuk berenang di pantai dengan syarat keselamatan menjadi prioritas utama saat melakukan aktivitas.

3. Berjemur

Aktivitas di Pulau MengkuduKredit foto: Google Maps Andhika Amireza

Bagi pengunjung wanita, kegiatan ini menjadi favorit untuk menggelapkan warna kulit. Kulit Anda tidak hanya menjadi lebih gelap saat berjemur, tetapi vitamin D dari sinar matahari juga dapat menjaga kesehatan kulit Anda.

Pilih jam tertentu untuk berjemur di Pulau Mengkudu. Biasanya antara jam 8 pagi hingga 11 pagi adalah waktu yang tepat untuk menikmati hangatnya sinar matahari.

Gunakan tabir surya di seluruh tubuh Anda yang terkena sinar matahari karena melindungi kulit Anda dari sinar UV matahari.

4. Snorkeling

Jangan lewatkan aktivitas yang satu ini saat Anda mengunjungi pulau eksotis di kawasan Lampung. Anda bisa membawa perlengkapan sendiri atau meminjamnya dari warga sekitar yang telah menyediakannya.

Anda bisa menjelajahi keindahan bawah laut pulau ini sambil snorkeling di lepas pantai. Berbagai terumbu karang dengan ikan-ikan kecil berenang di sana-sini menemani Anda saat snorkeling.

Akomodasi murah terdekat dari lokasi Pulau Mengkudu

Penginapan murah di pulau mengkuduKredit foto: Ticket.com

1. Hotel Pantai Kahai

Penginapan pertama ini berjarak 8,4 km dari arah Pulau Mengkudu. Kebersihan setiap kamar menjadi alasan beberapa pengunjung memilih hotel ini. Selain itu, saat menginap di sini Anda akan menikmati pemandangan pantai yang menakjubkan.

2. Wisma Sulphur Resort

Tarif sewa kamar bisa dikatakan murah jika memilih resort ini sebagai tempat menginap. Mulai dari Rp 150.000 kamu sudah bisa mendapatkan kategori kamar standar di resor Wisma Sulphur ini.

Salah satu fasilitas resort yang Anda dapatkan adalah kolam renang. Resor ini berjarak 27 km dari pulau, dibutuhkan sekitar 43 menit jika Anda berangkat dari pulau.

3. Hotel Kalianda

Penginapan dengan predikat hotel bintang 3 ini berjarak 25 km dari tempat wisata populer di Lampung. Hotel ini berada di pusat kota sehingga Anda dapat menemukan lokasi dengan mudah.

Sudah ada sejak lama, hotel ini memiliki gaya arsitektur lama yang terlihat klasik. Meski merupakan bangunan tua, jangan salah, itulah yang membuat Holet Kalianda unik.

Fasilitas yang ada di Pulau Mengkudu, Lampung

Fasilitas Pulau Mengkudu LampungKredit foto: Google Maps Sampai jumpa Firman44

Padahal, Noni merupakan pulau yang tidak berpenghuni beberapa orang, alasannya karena luas total pulau tersebut sangat kecil. Namun, fasilitas bagi pengunjung di pulau ini cukup lengkap. Pada siang hingga sore hari orang-orang datang dari desa-desa sekitar.

Ada WC umum di salah satu spot di pulau Mengkudu, lalu ada juga mushola yang bisa digunakan untuk beribadah umat Islam. Gasebo yang terletak di dekat pantai ini bisa Anda gunakan untuk beristirahat sambil memandang indahnya laut.

Orang-orang yang datang ke pulau ini mendirikan beberapa warung makan kecil mulai dari makanan ringan hingga minuman yang bisa Anda beli dari toko ini. Jadi Anda tidak perlu repot mencari tempat untuk mencari suplai booster perut.

Demikian informasi mengenai fasilitas alamat dan itinerary ke Pulau Mengkudu Lampung Selatan. Dengan mengunjungi wisata lokal khususnya pulau yang indah ini, anda dapat membantu meningkatkan daya tarik wisata tersebut. Dimana lebih terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan lainnya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button