Tempat Wisata

BSD City Park, tempat liburan pusat kota yang seru dan asri

Taman kota BSD – Bagi masyarakat kota, kebutuhan akan udara segar dan sejuk harus menjadi prioritas. Karena kawasan perkotaan identik dengan limbah industri dan polusi. Kemurnian oksigen sedikit lebih rendah dibandingkan di daerah pedesaan yang masih bebas dari polusi udara.

Nah… untuk mengecoh kebutuhan ini, taman kota diciptakan. Siapa pun yang tinggal di pinggiran ibu kota pasti pernah mendengar tentang BSD City Park.

Taman ini merupakan salah satu komitmen pemerintah kota dalam membangun kembali kawasan penyangga sebagai bagian dari RTH yang bermanfaat.

Kunjungi juga: Pantai Anyer Banten, Nan Eksotis

BSD City Park atau kependekan dari Taman Bumi Serpong Damai adalah salah satu taman di Serpong, Tangerang Selatan. Kawasan ini dikenal memiliki kawasan yang lebih segar dibandingkan dengan kawasan lain di kota yang sama.

Tak heran jika pepohonan rindang di sana dan keindahan Taman BSD menjadikan tempat ini sebagai salah satu destinasi wisata kota murah dan dekat. Penasaran dengan ulasan tentang taman yang berdiri sejak 2004 itu? Simak ulasannya di bawah ini!

Atraksi Taman Kota BSDAtraksi Taman Kota BSD

Sejarah Taman Kota BSD

Taman ini merupakan bentuk Tanggung jawab sosial perusahaan kawasan hunian di kawasan Serpong dalam mewujudkan kota yang bersih dan nyaman.

Oleh karena itu, kawasan taman BSD ditetapkan sebagai bentuk fungsional dari hutan kota. Dengan luas lebih dari 2,5 ha, taman ini dibuka dan dikelola di bawah pengawasan langsung Bumi Serpong Damai sendiri.

Kunjungi juga: Keindahan Pantai Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten memang eksotis

Lokasi Taman Kota BSD

Taman ini terletak di kota Tangerang. Kota seribu industri ini memiliki 2 area taman kota yang cocok untuk bersantai dari keseharian. Kedua taman tersebut adalah City Park 1 yang terletak di dekat Giiloka 3 dan City Park 2 lainnya yang terletak di Techno Park.

Masuk ke taman ini gratis, hanya dikenakan biaya parkir. Bagi mereka yang bertanggung jawab untuk kegiatan komersial seperti: menembak dan shooting fotomaka pengunjung harus memberikan izin tertulis.

Karena lokasinya yang berada di kawasan perkotaan, taman ini mudah diakses baik dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. BSD City Park buka mulai pukul 06:00 hingga 18:00 dan dapat diakses melalui gerbang di Jl Letnan Sutopo. Taman ini juga bisa dilalui dari pusat tanaman hias di Jl Raya Victor.

Jika Anda datang dari arah Cikokol, Anda bisa menggunakan angkutan B07 melalui wilayah Serpong, Muncul dan Kalideres untuk jalurnya. Kemudian Anda bisa turun di Technopark atau di gerbang utama, tidak masalah. Jika Anda datang dari Jakarta dengan komuter, Anda bisa turun di Stasiun Serpong terlebih dahulu dan naik B07. Di luar itu, instruksinya sama seperti yang disebutkan di atas.

Artikel terkait: Pantai Sambolo, Banten, sebuah properti wisata alam yang mempesona

Atraksi Taman Kota BSD

BSD City Park patut dipuji karena menawarkan kenyamanan di tengah keramaian dan padatnya aktivitas perkotaan. Tak heran jika taman ini ramai di akhir pekan dan saat musim liburan.

Begitu memasuki area taman, Anda akan disambut oleh jembatan yang mirip dengan yang ada di Kebun Raya Bogor. Jembatan Merah menghubungkan dua wilayah yang dipisahkan oleh sungai di antara keduanya. Jangan terburu-buru melintasi jembatan ini.

Jembatan merah di hutan BSD di atas KabartangselJembatan merah di hutan BSD di atas Kabartangsel

Coba lihat DAS di sana yang sangat menarik untuk dijadikan spot foto. Deretan DAS panjang yang dihiasi pepohonan dan rerumputan di kiri dan kanan tidak membosankan untuk dilihat.

Selain itu, taman ini terawat dengan baik dengan sekitar 60 spesies tanaman dan 3.000 pohon. Baik pohon meranti, pohon bintaro, pohon beringin dan pohon nyamplung ada di sana. Di bagian belakang terdapat banyak pedagang yang menjual berbagai tanaman hias yang sangat menarik.

Tanaman seperti mawar, anggrek dan bonsai juga diperdagangkan. Hal ini tentunya akan membangkitkan minat para pecinta tanaman hias khususnya ibu rumah tangga.

Taman BSD tidak hanya untuk orang dewasa, tetapi juga dilengkapi dengan area bermain untuk anak-anak. Bahkan ada kelas bertani untuk si kecil. Anda bisa piknik santai di sana, menikmati kicauan burung dan jangan lupa untuk melihat anak-anak bermain. Lengkap, kan?

Bagi penyuka olahraga, BSD City Park juga sering dijadikan tempat jogging karena memilikinya jalan joging itu cukup panjang, itu 1 km jauhnya.

Anda bisa menggunakan fasilitas ini pada pagi, siang atau malam hari. Hebatnya, ada juga pengukur jarak, yang sangat membantu pelari mengukur seberapa jauh mereka telah melakukan perjalanan dan seberapa cepat mereka dapat berlari. Untuk penggemar juga ada bar yang berguna untuk latihan beban tubuh latihan jalanan.

Ada juga area refleksi di taman untuk orang tua yang mungkin ingin melakukan pijat refleksi. Anda cukup bertelanjang kaki dan mulai berjalan melalui kerikil, yang disusun untuk meningkatkan aliran darah. Selain itu, sering diadakan latihan Tai Chi gratis selama musim liburan.

Bagi anak muda yang suka camping, bisa juga digunakan di kawasan Taman Kota BSD. Anda juga bisa jalan-jalan saja dan jika lelah, istirahatlah di beberapa kursi yang ada.

Selain fasilitas di atas, BSD Park juga memiliki paviliun, rumah pohon, dan jalur sepeda. Ada juga danau buatan seluas hampir 2 hektar.

Taman Kota BSD melalui Panduan PerjalananGazebo di BSD City Park via Guide

Selain danau buatan, di taman ini juga terdapat air terjun buatan. Praktis keduanya bisa menciptakan nuansa alam dan tampilan serta panorama yang eksotis.

Wisatawan yang datang dapat bersantai di kursi taman yang disediakan untuk menambah kenyamanan pengunjung.

Tak heran banyak wisatawan mengunjungi taman ini untuk menikmati pemandangan dan panorama di hutan yang indah ini.

Sedangkan gazebo-gazebo yang tersedia juga bisa digunakan sebagai tempat piknik, makan atau sekedar hang out bersama rombongan. Selain itu, ada juga rumah pohon unik yang tak kalah menarik.

Oh iya sobat bisa menggunakan semua fasilitas yang ada disini secara gratis alias gratis sama sekali. Rumah pohon bisa menjadi taman bermain yang bagus untuk anak-anak.

Apakah Anda mulai lapar? Jika Anda tidak punya waktu untuk memasak makan siang dari rumah, jangan khawatir karena ada warung atau warung makan di area taman ini. Dan buka dari pagi hingga malam. Jadi Anda tidak perlu khawatir menjadi emosional karena Anda mulai lapar.

Fungsi utama taman ini sebagai paru-paru kota tampaknya teralihkan oleh kebutuhan akan acuan bagi penghuninya yang telah sibuk bekerja selama seminggu.

Tempat ini memang sangat cocok dijadikan sebagai sarana refreshing. Selain itu, taman ini juga dapat digunakan sebagai ruang edukasi dan makanan yang berfungsi sebagai laboratorium bagi tumbuhan dan pepohonan di sekitar hutan ini.

Oh iya sob, masih banyak juga tempat wisata lain di dekat BSD City Park lho, mulai dari Scientia Park, AEON Mall hingga Ocean Park yang bisa melayani wisatawan lokal maupun mancanegara.

Fitur Taman Kota BSD

Selain berfungsi sebagai taman bermain dan wisata, taman ini juga dapat digunakan sebagai laboratorium botani. Fungsi lainnya adalah untuk melindungi tanah agar tetap subur dan menjaga daerah aliran sungai dari pencemaran.

Tips dan Saran untuk Berlibur di BSD City Park

Ada beberapa saran dan tips bagi anda yang ingin berkunjung ke taman BSD ini, yaitu:

  1. Jangan datang ke taman setelah hujan karena akan sangat licin dan cukup berlumpur. Karena di sana utamanya adalah lahan yang sesuai dengan fungsi taman, yaitu sebagai daerah resapan air.
  2. Buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan oleh pengelola atau bawalah kantong kresek kecil sebagai tempat untuk membuang sampah
  3. Anda bisa membawa bekal dari rumah jika ingin piknik, atau jika tidak ingin repot, beli saja sembako dari warung-warung yang sudah tertata rapi di depan taman. Jangan berharap melihat penjaja di taman karena mereka tidak diizinkan masuk untuk menjaga kebersihan area.

****

Demikian ulasan mengenai Taman Kota Serpong Damai di Tangerang. Anda bisa berwisata ke sana bersama pasangan, teman atau keluarga. Datanglah setelah berjam-jam beroperasi dan biarkan rasa lelah Anda hilang di sana.

Nikmati deretan pepohonan yang rindang dan sejuk di tengah udara kota yang pengap. Semoga bermanfaat dan selamat bersenang-senang.

Juga jangan lewatkan: Atraksi objek wisata Taman Hutan Raya Banten

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button