Tempat Wisata

Pantai Watu Kodok, pantai yang indah dan camping seru di Gunung Kidul Jogja

Pantai di area surgasebuah Wisata selatan Yogyakarta ini memiliki berbagai hal yang membuatnya menarik. Hamparan pasir putih bersih berpadu serasi dengan birunya laut.

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kelor Kidul, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; map: Cek lokasi

Wilayah selatan Daerah Istimewa Yogyakarta menawarkan berbagai pesona lautan. Gunung Kidul menyimpan jutaan keindahan laut yang sangat-sangat mahal jika dibiarkan begitu saja. Ada berbagai jenis pantai di sana, beberapa di antaranya bahkan cukup ikonik. Seperti Pantai Watu Katak yang sangat indah ini.

Begitu sampai di lokasi wisata bahari, pengunjung akan merasa seperti berada di tempat yang sangat jauh dan asri. Bahkan ada yang bilang kalau pantai yang satu ini hampir mirip dengan kebanyakan pantai di Pulau Dewata. Pantai berpasir putih langsung menyapa setiap orang yang datang ke sana, baik sekedar singgah atau berlama-lama menikmati alamnya.

Namun, seperti tempat-tempat lain di daerah tersebut, pantai ini juga memiliki keanekaragaman karang yang cukup besar di daerah tersebut. Karang dengan vegetasi hijau di atasnya wajib ditemukan saat mengunjungi objek wisata ini. Berbagai hal juga bisa dilakukan pengunjung untuk lebih memeriahkan suasana.

Atraksi Pantai Watu Kodok

Atraksi Pantai Watu KatakKredit foto: Facebook Dicky Irawan

1. Batu karang yang terlihat seperti katak

Banyak batu menutupi daerah itu, beberapa di antaranya berbentuk seperti katak. Itulah mengapa tempat ini disebut Pantai Watu Kodok. Ini adalah bahasa Jawa yang berarti “Pantai Batu Katak”.

Ini adalah daya tarik yang paling menonjol dari objek wisata. Keberadaan rangkaian karang yang seolah membentuk suatu hal yang unik menjadi ciri khas yang akhirnya menjadi judul situs tersebut. Banyak orang datang ke sana hanya untuk melihat secara langsung seperti apa bentuk bebatuan yang menyerupai amfibi ini.

Batu itu tampak indah dihiasi dengan berbagai vegetasi hijau yang berdiri di atasnya. Ditambah dengan pasir di sekitarnya yang membuatnya sangat-sangat menarik untuk dilihat sebagai sesuatu yang menakjubkan.

Untuk alasan ini, bagi banyak orang, ini adalah latar belakang yang sempurna untuk foto yang mereka ambil. Keberadaan Batu Katak sebenarnya membuat tempat wisata di Gunung Kidul ini menjadi primadona bagi banyak orang.

2. Pasir putih lembut

Pantai Watu Kodok memiliki pasir yang sangat bersih dan rapi di seluruh areanya. Pemandangan inilah yang sering menarik orang untuk datang langsung ke sana. Ada banyak faktor yang membuat kawasan berpasir di tempat ini sangat diminati masyarakat.

Salah satu faktornya adalah pasir terlihat bersih di sana, dibuktikan dengan tidak adanya kotoran atau hanya setitik di antara pasir yang berwarna-warni. Faktor lainnya adalah dengan adanya pasir ini, pengunjung bisa puas bermain-main dengan media tersebut.

Area berpasir ini sebenarnya cukup luas bagi wisatawan yang datang untuk bersenang-senang bersama teman atau keluarga yang diundang. Berkunjung ke pantai memang tidak akan lengkap jika tidak mencoba pasirnya dengan telanjang kaki. Jika ingin memakai sepatu, sentuhan pasir dengan kulit tetap terasa nyaman.

Pasir di tempat ini terasa begitu lembut. Jarang ditemukan kerikil tajam yang terkadang berbahaya. Hal ini membuat sangat nyaman bagi semua pengunjung ke tempat ini. Anda dapat dengan bebas dan sepenuhnya menjelajahi pasir dan daerah sekitarnya, yang juga menarik untuk dijelajahi.

3. Pemandangan yang sangat indah

Atraksi batu katakKredit foto: Facebook Discover Indonesia

Sebenarnya hampir sama dengan kebanyakan tempat di sana, Pantai Watu Kodok juga memiliki pemandangan yang sangat bagus. Mengarah langsung ke Samudera Hindia, formasi pantainya cukup indah untuk menciptakan sudut pandang yang menawarkan gambar yang menakjubkan.

Ditambah dengan pemandangan alam yang berbeda yang terlihat sangat menarik dan membuat pemandangan semakin mempesona. Deretan pasir putih berpadu apik dengan birunya laut yang mengelilinginya, memberikan tampilan yang tak terlupakan. Karena itu, sebagian orang menyamakan tempat ini dengan pantai-pantai di Bali.

Semua itu semakin indah dengan hadirnya sejumlah karang. Beberapa karang tampak menjorok ke laut dan seolah menambah keunikan pemandangan laut. Karang di wilayah selatan pulau Jawa memang cukup ikonik, namun kerap menambah keindahan pantai.

Semua keindahan lanskap menyatu dengan cakrawala biru yang melindunginya. Terkadang langit yang menaungi itu berubah warna menjadi jingga saat matahari terbenam. Saat itu suasana menjadi damai. Pemandangan berubah 180 derajat karena terlihat begitu eksotis.

4. Areanya cukup luas

Hal ini juga sering mengundang banyak orang untuk lebih tertarik datang ke Pantai Watu Kodok. Area berpasir di sana terlihat cukup luas untuk dijadikan tempat wisata. Selain itu, mereka juga bebas melakukan berbagai hal yang membuat liburan semakin menyenangkan.

Kawasan pantai ini sebenarnya relatif lebih luas dibandingkan dengan berbagai pantai yang ada di kawasan ini. Makanya banyak yang tertarik untuk mampir. Tempat ini mampu menampung banyak pengunjung yang ingin menyerap suasana tempat itu.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Watu Kodok

Alamat Pantai Watu KatakKredit foto: Facebook Discover Indonesia

Lokasi pantai ini berada di kawasan Tanjungsari yang merupakan bagian dari Gunung Kidul. Pantai Watu Kodok dekat dengan beberapa pantai lain seperti Drini dan juga Panjang. Lokasinya juga tidak jauh dari Pantai Sanglen yang berada di sebelah barat objek wisata yang memiliki ikon unik berupa batu karang berbentuk katak.

Jarak dari lokasi ke ibu kota Yogyakarta sekitar 70 kilometer. Total panjang perjalanan yang harus diperhitungkan adalah sekitar dua jam. Rute yang akan dilalui cukup sederhana dan tidak harus melalui tempat-tempat tertentu. Ikuti Jalan Panembahan di salah satu kota besar di Indonesia. Setelah itu, belok ke area Brigjen Katamso setelah melewati perempatan.

Pergi ke timur dengan kendaraan yang dikemudikan, mencapai persimpangan dan berbelok ke Jalan Kolonel Sugiono. Setelah sampai di pertigaan, belok kendaraan ke Jalan Sisingamangaraja. Ikuti jalan sampai Anda mencapai Imogiri barat. Dari sana, pengunjung harus melanjutkan perjalanan ke kawasan Gunung Kidul dan tiba di Jalan Pantai Selatan.

Pengunjung cukup mengikuti arah yang sama untuk mencapai Pantai Baron. Namun, jika ada rambu meminta belokan, wisatawan harus terus berjalan di jalan utama. Lanjut ke Pantai Indrayanti. Sebelum Anda tiba, Anda akan menemukan papan petunjuk yang cukup jelas untuk mengarahkan Anda ke pantai.

Tiket Masuk Pantai Watu Katak Gunung Kidul

Harga tiket FroschsteinKredit foto: Instagram oleh Wahyu Indraswati

Biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan akses penuh ke situs ini hanya sekitar 5.000 untuk setiap pengunjung. Harganya memang sangat murah. Namun, jika Anda ingin berkemah, ada biaya tambahan.

Jika Anda membawa kendaraan sendiri ke lokasi ini, Anda juga harus menambah biaya parkir yang harus dibayar. Bagi anda yang membawa mobil harus merogoh kocek sebesar Rp 5.000. Namun, hanya untuk kendaraan roda dua saja sekitar 3.000-an.

Aktivitas menarik di Pantai Watu Kodok

Aktivitas Pantai Watu KatakSumber gambar: Google Maps Theresia Dew

1. Berkemah

Memang, tempat ini menjadi salah satu pilihan untuk berkemah di antara sekian banyak pantai di selatan Yogyakarta. Tak heran, karena pengunjung bisa mendirikan tenda di berbagai tempat di area berpasir yang luas. Liburan jadi lebih menyenangkan bersama teman-teman.

Berkemah di sana juga merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Pengunjung bisa mendirikan tenda di area berpasir yang jauh dari pantai, terutama saat bulan purnama saat air laut naik lebih tinggi dari sebelumnya.

2. Nikmati momen indah dan menenangkan

Objek wisata laut selalu memberikan kesan tersendiri bagi setiap orang yang mengunjunginya. Begitu juga di Pantai Watu Katak. Perpaduan berbagai bentang alam yang tersebar di seluruh area ini sangat indah dan semakin menyejukkan ketika angin bertiup di atasnya.

Ada beberapa pohon di tepi pantai. Untuk itu, sangat menarik untuk beristirahat sejenak menikmati panorama yang disajikan. Istirahat di tempat ini akan memberikan kesan yang baik di hati.

3. Melihat matahari terbenam

Saat-saat ketika matahari terbenam adalah sesuatu yang dinanti-nantikan. Tempat ini cukup indah ditambah dengan sentuhan cahaya yang akan memukau semua mata di langit yang menaungi itu. Warna cakrawala tidak lagi biru muda tetapi berubah menjadi merah-oranye.

Ini adalah momen yang sangat cocok untuk mencari foto di sana lebih intensif. Bahkan, berbagai titik cocok sebagai latar belakang untuk gambar potret yang diambil. Semua ini menjadi lebih eksotis ketika sektor swasta sedang berjalan.

Penginapan murah di sekitar pantai

Akomodasi Pantai Watu KatakSumber gambar: Google Maps Theresia Dew

1. Homestay di Sundak Indah

Karena jarak antara kedua objek ini cukup kecil, tempat ini bisa menjadi rekomendasi yang cocok. Dengan harga yang cukup murah, pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas di dalamnya.

2. Hotel desa drini

Ada kurang dari satu kilometer antara akomodasi dengan harga terjangkau ini dan lokasi pantai yang indah ini. Tergantung pada jumlah orang yang menginap, tipe kamar yang berbeda dapat disewa. Meski sederhana, tapi tempat ini cukup cozy.

3. Pondok Sembrodo

Properti ini cocok untuk mereka yang membawa anak kecil karena terdapat area bermain khusus. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati hal-hal lain yang tersedia seperti: B. restoran di dalam. Harga sewa per malamnya tidak terlalu mahal, yang menjadikannya pilihan yang sempurna.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Watu Kodok Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai Watu KodokSumber gambar: Twitter Satriavan

Pantai Watu Kodok memiliki beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh para pengunjungnya. Meski belum lengkap, setidaknya ada beberapa kios toilet dan mushola untuk umat Islam.

Selain itu, ada juga beberapa paviliun tempat wisatawan bisa beristirahat. Tempat parkir yang luas dan beberapa penjual makanan juga terlihat di dekatnya.

Berkunjung ke Yogyakarta selalu meninggalkan kesan yang tak terlupakan. Dari sekian banyak pantai yang ada di Gunung Kidul, Pantai Watu Kodok bisa menjadi pilihan yang tepat untuk liburan bersama teman atau kerabat lainnya, dengan berbagai keunikan pemandangan yang menghiasi tempat tersebut.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button