Tempat Wisata

Pantai Kesirat, bumi perkemahan favorit dan panorama matahari terbenam di Gunung Kidul Jogja

Wisata laut di wilayah Yogyakarta memang terkenal dengan keindahannya yang beragam. Salah satunya adalah Pantai Kesirat yang terletak di kawasan Gunung Kidul.

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Karang, Girikarto, Kec. Jaws, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; map: Cek lokasi

Berbeda dengan kawasan pantai lainnya di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta, Pantai Kesirat memiliki keunikan tersendiri yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Kawasan tebing tinggi yang menjadi tempat wisata pantai ini menawarkan berbagai keindahan pemandangan yang berbeda.

Hal inilah yang menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengunjungi tempat wisata di pantai ini. Di pantai Anda dapat melakukan berbagai kegiatan menarik. Salah satu kegiatan yang paling diminati wisatawan adalah berkemah.

Tidak hanya aktivitas menarik di kawasan pantai, fasilitas yang memadai juga menjadi nilai tambah yang dimiliki oleh wisata pantai. Dengan segala kelebihan yang ditawarkan, pantai ini wajib masuk dalam daftar kunjungan Anda selama berada di Yogyakarta.

Atraksi Pantai Kesirat

Pemandangan di Pantai KesiratKredit foto: Google Maps Wisata Jogja21

1. Berada di ketinggian tebing laut

Masyarakat sekitar Pantai Kesirat menyebut tempat wisata ini sebagai tanjung ketimbang pantai. Hal ini terjadi karena tempatnya sendiri berada di atas tebing yang cukup tinggi. Pemandangan dari laut terlihat lebih indah dari atas.

Wisatawan yang belum pernah mengunjungi tempat wisata pantai yang satu ini pasti akan penasaran karena tempatnya yang cukup unik. Meski disebut pantai, Anda tidak akan menemukan pantai dengan pantai berpasir di sini seperti pantai-pantai lain pada umumnya.

Inilah salah satu daya tarik utama bagi wisatawan yang penasaran dengan lokasi pantainya. Tidak hanya wisatawan lokal saja yang sering mengunjungi tempat wisata pantai ini. Wisatawan dari luar daerah pun rela menempuh jarak yang cukup jauh untuk sampai ke kawasan pantai yang unik ini.

2. Pesona keindahan pemandangan alam yang memikat mata

Meskipun tidak ada pemandangan pantai dengan pasir putih seperti kawasan pantai lainnya di Gunung Kidul, Anda akan menemukan keindahan yang berbeda di pantai ini. Dari ketinggian tebing Anda bisa melihat laut lepas dengan visibilitas yang lebih besar.

Tak hanya itu, tebing-tebing yang landai pun akan terlihat semakin indah karena banyaknya tanaman yang tumbuh di area tersebut. Jenis tumbuhannya pun bermacam-macam, mulai dari pohon yang cukup besar hingga tumbuhan kecil berwarna hijau dan coklat. Pemandangan ini akan terlihat semakin indah saat langit cerah dan berawan.

Keindahan unik pantai Kesirat ini mampu memikat mata setiap orang yang melihatnya. Tak jarang wisatawan yang datang ke kawasan pantai rela melakukan perjalanan jauh hanya untuk melihat keindahan alam yang mempesona ini.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Kesirat

Alamat Pantai KesiratKredit foto: Google Maps Opik Tri Handono

Pantai ini sendiri terletak di Desa Karang yang masih termasuk dalam wilayah Kecamatan Panggang, Gunung Kidul. Rute yang bisa Anda tempuh untuk mencapai tempat wisata pantai ini bisa melalui jalan-jalan kota atau kawasan pesisir selatan Kota Yogyakarta.

Namun, untuk memudahkan pemahaman, terutama bagi Anda yang datang dari luar kota, jalur dari pusat kota menjadi pilihan yang tepat. Jika Anda keluar dari Malioboro Pedestrian Mall, Anda bisa menuju ke selatan hingga tiba di jalan yang cukup lebar bernama Ring Road.

Kemudian belok kiri dan ikuti rute tersebut hingga menemukan traffic light berwarna merah dengan pemandangan perbukitan Gunung Kidul di depannya. Setelah melewati lampu merah masuk ke Jalan Piyungan yang mulai menanjak dan beberapa tikungan cukup tajam.

Setelah melewati jalan berbukit-bukit yang khas, kendaraan Anda akan melewati jalan yang lebih kecil menuju kawasan Saptosari di kawasan Playen. Baru kemudian daerah pedesaan akan muncul setelah Anda mencapai daerah desa Girikarto.

Jika Anda mengikuti jalan desa menuju ke timur, perjalanan panjang berakhir di sebuah pintu masuk yang ditandai dengan nama pantai yang menjadi tujuan Anda. Akan ada petugas Coast Guard di pintu masuk yang akan memberikan tiket masuk.

Untuk bisa masuk ke wisata pantai di kawasan Gunung Kidul sendiri, wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk dengan harga yang agak mahal. Salah satu wisata pantai yaitu Pantai Kesirat hanya memungut biaya bagi wisatawan yang ikut sebesar Rp 5.000 per orang. Harga ini cukup murah bahkan untuk wisatawan yang datang dari luar daerah.

Aktivitas menarik di pantai Kesirat

Aktivitas di Pantai KesiratSumber Gambar: Google Maps San Sandra

1. Berkemah

Kawasan pantai ini memang terkenal sebagai tempat yang strategis untuk mendirikan tenda. Dikatakan strategis karena keadaan dataran dan daratannya terlihat terjal, bahkan tidak terjal.

Jika Anda ingin berkemah di tempat wisata tepi pantai ini, Anda tidak perlu membayar sewa lapangan. Segala perlengkapan dan perlengkapan untuk camping bisa kamu persiapkan terlebih dahulu dari rumah. Meski ada persewaan tenda di tempat ini, akan lebih baik jika Anda membawa sendiri agar lebih aman dan nyaman.

Kebutuhan pakaian seperti jaket tebal atau selimut tidak boleh ketinggalan di tas Anda. Karena pada malam hari suhu di tempat-tempat tersebut bisa mencapai kurang dari 20 °C. Hal ini disebabkan oleh angin malam dari laut, yang membawa serta kelembaban yang lebih tinggi daripada angin laut pada siang hari.

2. Memancing Batu

Diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, rock fishing berarti memancing di daerah berbatu. Ya, memang benar jika membayangkan sebuah daerah dengan bebatuan pantai yang cukup besar untuk dijadikan tempat memancing.

Sebenarnya ada banyak bebatuan di sisi timur pantai ini. Tempat ini menjadi spot populer bagi wisatawan yang memiliki hobi memancing ikan besar. Lokasi yang relatif ekstrim ini tidak menyurutkan semangat para pemancing ini untuk pengalaman memancing yang berbeda di lokasi Pantai Kesirat ini.

Jenis ikan yang sering ditemukan secara individu sangat beragam. Mulai dari bonito yang cukup besar hingga ikan kecil seperti bawal yang bisa Anda bawa pulang dan disajikan sebagai santapan lezat. Ikan yang lebih kecil adalah pilihan umpan yang baik jika Anda berencana untuk membawa pulang beberapa ikan besar.

Bebatuan yang menjadi alasnya terlihat semakin licin saat terkena gelombang air yang mencapai ketinggian tertentu. Jadi bagi Anda yang tertarik merasakan nuansa memancing di kawasan tersebut, cobalah memakai sepatu bersol tebal.

3. Istirahat bersama keluarga atau teman

Menghabiskan waktu luang bersama keluarga atau teman menjadi aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di kawasan pantai yang indah ini. Suasana pantai yang tenang sangat cocok sebagai tempat bersantai bersama keluarga atau teman.

Dengan meletakkan tikar di bawah pohon yang rindang, panas matahari tidak langsung mengenai kulit Anda. Jangan lupa makanan yang Anda bawa sebelumnya untuk melengkapi keceriaan Anda mengisi istirahat bersama keluarga atau teman.

Penginapan murah di sekitar pantai

Akomodasi di sekitar pantaiSumber gambar: Facebook Rumajar Everdsen

1. Keluarga angkat di Truntum

Akomodasi terdekat dari Pantai Kesirat adalah Truntum Homestay. Pada waktunya, Anda dapat berkendara sekitar 20-25 menit dari pantai. Area penginapan terlihat lebih bagus ketika ada taman di halaman depan.

2. Keluarga angkat Wiloso

Suasana tenang yang ditawarkan Wiloso Homestay menjadi daya tarik tersendiri bagi Anda yang menyukai akomodasi yang menawarkan ketenangan. Harga sewa tiap kamar juga cukup murah.

3. Akomodasi di Pantai Gesing

Daya tarik utama dari penginapan sederhana ini adalah dekorasinya yang bergaya paviliun, cocok untuk bersantai di sore hari. Meski terletak di tempat wisata pantai lain di kawasan Girikarto, penginapan ini termasuk salah satu yang paling dekat dengan pantai.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Kesirat Gunung Kidul

Fasilitas Pantai KesiratKredit foto: Google Maps Ayi Susanto

Untuk fasilitas yang ada di kawasan pantai ini bisa dikatakan cukup lengkap. Dengan beberapa restoran yang bisa Anda temukan dengan mudah di tempat-tempat wisata tersebut. Hidangan yang ditawarkan juga beragam, namun yang menjadi andalan adalah olahan seafood dengan cita rasa lezat yang mampu membuat lidah bergoyang.

Selain itu, fasilitas lain seperti toilet atau kamar mandi terletak di salah satu area dekat pintu masuk. Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi saat berkunjung ke pantai ini, tersedia lahan parkir yang cukup luas untuk memarkir kendaraan roda empat maupun roda dua.

Demikian informasi mengenai Pantai Kesirat yang bisa anda jadikan sebagai tempat wisata pilihan untuk liburan anda. Di kawasan pantai yang berada di atas ketinggian ini, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button