Tempat Wisata

Pesona Air Terjun Pelaruga, Keindahan Alam Tersembunyi di Langkat

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: JL. Sungai Wampu, Rumah Galuh, Kec. Sei Bingai, Kab.Langkat, Sumatera Utara; map: Cek lokasi

Air Terjun Pelaruga adalah salah satu dari sekian banyak wisata alam yang ada di Langkat, provinsi Sumatera Utara. Air terjun yang dikelilingi hutan rindang menjadikan tempat wisata alam ini sangat cocok bagi wisatawan yang lelah dengan suasana kota yang sibuk. Dengan hutan hijau yang lebat dan air yang biru jernih, wisatawan akan melupakan rasa lelahnya.

Air yang mengalir di sepanjang sungai dan air terjun ini berasal langsung dari mata air yang tidak jauh dari tempat wisata, jadi jangan heran jika warnanya biru dan sangat segar untuk diminum. Bagi wisatawan yang mencoba lompat dari tempat yang cukup tinggi untuk menguji adrenalin, perasaan segar sangat terasa saat tubuh berendam di air sungai.

Wisata alam air terjun Pelaruga tidak hanya menawarkan kesegaran air sungai dan rindangnya hutan. Namun, karena hutan yang rindang dan lebat ini, banyak hewan yang bisa ditemukan di sini, seperti beberapa jenis burung yang hinggap di pepohonan. Kicau burung, gemericik air terjun dan suara angin yang bertiup di antara pepohonan menciptakan suasana damai.

Daya tarik air terjun Pelaruga

Objek Wisata Air Terjun PelarugaSumber gambar: Instagram @mytrails_2you

Dari namanya saja semua orang akan menyimpulkan bahwa daya tarik wisata alam ini adalah air terjunnya. Dan memang benar air terjun dan keindahannya menjadi daya tarik utama dari tempat wisata alam ini. Namun tidak hanya itu, berikut ini beberapa tempat wisata alam lainnya di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

1. Air Terjun

Kekuatan utama dari wisata alam ini sebenarnya adalah air terjun. Keindahan air terjun yang berpadu dengan airnya yang begitu segar dan biru jernih membuat tempat wisata alam ini mengundang para wisatawan terutama yang menyukai wisata sungai dan air terjun akan sangat bersemangat untuk datang.

Bukan tanpa alasan kesegaran airnya menjadi daya tarik wisata alam air terjun Pelaruga. Hal ini karena wisatawan dapat melakukan banyak aktivitas di sepanjang sungai dari air terjun.

2. Air Tawar

Tidak hanya air terjunnya saja yang indah. Seperti yang disebutkan, air di sepanjang sungai begitu segar dan indah untuk dilihat. Air yang datang langsung dari mata air yang tidak jauh dari tempat air terjun membuatnya sangat segar untuk mandi, bermain air atau bahkan meminumnya.

3. Hutan

Selanjutnya adalah hutan di sekitar Air Terjun Pelaruga. Pepohonan yang tinggi dan rindang di sekitar air terjun memberikan udara segar. Suara burung yang hinggap di pepohonan dan angin yang membelai pepohonan menambah kesan damai dan menghilangkan stres bagi wisatawan yang datang ke tempat ini.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket masuk air terjun Pelaruga

Alamat Air Terjun PelarugaSumber gambar: Google Maps Rudy Wibowo

Air Terjun Pelaruga terletak di Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Langkat. Atau tepatnya di Jl. Sungai Wampu, Sei Bingai, Rumah Galuh. Jaraknya 50 kilometer dari ibu kota Sumatera Utara yaitu Kota Medan, yang memakan waktu sekitar 1 jam 40 menit dengan kendaraan bermotor.

Untuk jalur menuju tempat wisata alam ini bisa dimulai dari pusat kota Medan, lalu ambil jalur menuju Kota Binjai, lalu menuju Namoukur. Dari Namoukur, ambil rute menuju Wisata Alam Pelaruga di jl. Danau.

Untuk tiket masuk wisata air terjun sebesar Rp 10.000 per orang. Dengan jam buka dari pukul 08:00 hingga 17:00. Tiket tersebut belum termasuk parkir, sedangkan harga parkir di tempat wisata alam ini adalah Rp 3.000 untuk kendaraan roda 2 dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda 4.

Aktivitas menarik di air terjun Pelaruga

Aktivitas Air Terjun PelarugaKredit foto: Google Maps Kata Sembiring

Ada beberapa hal menarik yang bisa dilakukan di taman ini. Hampir semua aktivitas air dapat dilakukan di sepanjang sungai. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di tempat wisata alam ini.

1. Fitur air

Yang pertama jelas-jelas bermain air, mulai dari mandi, mandi, bermeditasi di bawah suara air terjun hingga lompat dari ketinggian dan keseruan menyelam ke perairan sungai. Jangan lupa gunakan pelampung agar para wisatawan bisa bermain dengan aman di tempat wisata alam ini.

2. Arung Jeram

Selanjutnya adalah arung jeram di sepanjang aliran sungai. Sambil menaiki perahu atau ban, wisatawan juga bisa merasakan keseruan merasakan aliran air sungai dari air terjun.

Anda tidak perlu takut karena arus air sungainya tidak terlalu kuat, sehingga aman bagi wisatawan yang hanya mencoba merasakan sensasi berarung jeram. Namun tetap gunakan pelampung agar tetap aman saat bermain.

3. Memancing

Bagi yang hobi memancing, bisa juga merasakan pengalaman memancing di sungai ini. Tidak seperti memancing di laut. Cukup untuk menghilangkan stres ditambah dengan suara alam, bagaimanapun, akan membuat wisatawan lebih rileks.

4. Menyelam

Ada tempat yang tenang cocok untuk wisatawan yang ingin menyelam. Pada titik ini sungai mengalir sangat lambat dan tampak mengalir. Sangat cocok bagi mereka yang ingin menyelam dan melihat dasar sungai.

5. Menikmati aliran air terjun Pelaruga dan hutan sekitarnya

Aktivitas di Air Terjun PelarugaKredit Foto: Facebook Travel Medan Com

Wisatawan yang tidak ingin bermain air dapat bersantai dan menikmati keindahan air terjun yang indah ini serta hutan belantara yang mengelilinginya. Bersantai dan menikmati semua keindahan alam ini membuat wisatawan sejenak melupakan kesibukan dan suasana hiruk pikuk kota.

6. Berkemah

Kegiatan selanjutnya adalah berkemah atau bermalam di sekitar objek wisata alam ini. Wisatawan yang menyukai alam dan suka berkemah bersama teman atau keluarga bisa mencoba menghabiskan malam di alam terbuka dengan suara air terjun mengiringi keheningan malam. Ini akan membuat pengalaman berkemah berbeda.

7. Ambil foto

Kegiatan wajib yang harus dilakukan warga modern saat bepergian, baik di mana saja, bahkan saat liburan, adalah fotografi. Saat Anda datang ke Air Terjun Pelaruga, Anda bisa bermain air dan menikmati keindahan alam terbuka dengan berfoto. Baik itu bersama pasangan, keluarga, atau teman Anda. Jadi jangan lupa untuk membawa kamera Anda jika Anda merencanakan liburan di tempat ini.

Fasilitas Air Terjun Pelaruga Langkat

Tanaman Air Terjun PelarugaKredit foto: Google Maps Rojali Sembiring

Tidak hanya wisata alam yang indah untuk dinikmati atau aliran air terjun yang segar dan jernih, namun ada beberapa fasilitas tambahan yang mendukung wisata alam Air Terjun Pelaruga untuk menarik lebih banyak wisatawan untuk berlibur di tempat wisata alam ini. Berikut beberapa fasilitas yang bisa ditemukan di tempat wisata alam ini.

1. Tempat parkir

Tempat wisata alam ini memiliki tempat parkir yang cukup luas dimana wisatawan dapat memarkir kendaraannya. Anda tidak perlu takut untuk memarkir kendaraan di sini karena ada petugas yang menjaga kendaraan wisatawan hingga tempat wisata tutup pada pukul 17.00 WIB.

2. Restoran

Terdapat warung makan bagi wisatawan yang lapar dan ingin mencari rezeki, baik itu makanan berat maupun snack. Tempat wisata alam ini juga memiliki rokok dan kopi bagi yang ingin mencarinya. Jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya agar wisata alam ini dapat dilestarikan dan dinikmati oleh wisatawan lainnya.

3. Paviliun

Selanjutnya ada gazebo atau tempat duduk tertutup bagi wisatawan untuk bersantai dan menikmati liburannya. Gazebo ini dapat menampung hingga 5 orang dewasa dan berfungsi sebagai rak bagasi saat wisatawan bermain air atau bersantai bersama orang terdekat.

4. Toilet umum

Jika wisatawan sudah puas bermain air, mereka bisa berganti pakaian di toilet umum ini. Atau bagi wisatawan yang ingin buang air besar dan kecil juga bisa ke WC umum. Ada 2 jenis toilet di tempat wisata alam ini yaitu toilet pria dan toilet wanita untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Akomodasi

Ada beberapa penginapan di sekitar air terjun yang bisa digunakan wisatawan untuk bermalam saat lelah bermain air seharian. Harganya juga terjangkau, mulai dari Rp 200.000 per malam.

Air Terjun Pelaruga merupakan tempat liburan yang cocok bagi wisatawan yang merasa pusing dan stres akibat pekerjaan atau hiruk pikuk kota. Dengan suara gemericik air terjun dan pepohonan di sekitarnya, segala penat bisa terobati. Sangat cocok juga untuk liburan bersama keluarga, pasangan atau teman. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button