Tempat Wisata

Keindahan Air Terjun Muara Jaya, Pesona Air Terjun Eksotis di Majalengka

harga tiket: Rp15.000, Waktu aktif: 07.00-16.00, Alamat: Desa Argamukti, Kecamatan. Argapura, Kab.Majalengka, Jawa Barat; map: Cek lokasi

Salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi selanjutnya adalah Curug Muara Jaya. Wisata alam di daerah Majalengka memiliki keindahan dan pesona alam yang paling banyak dilirik wisatawan. Tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik pada hari biasa maupun hari libur.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang menakjubkan dalam perjalanan menuju objek wisata ini. Pemandangan luas dari keindahan alam yang belum terjamah pasti akan memanjakan mata semua pengunjung.

Selain itu, air terjun Muara Jaya ini memiliki 2 tingkat yang sangat menakjubkan untuk dilihat. Ketinggian air terjun juga cukup tinggi di sini yaitu 60 meter untuk air terjun utama. Sedangkan air terjun kedua memiliki ketinggian lebih rendah yaitu 13 meter. Berbagai jenis pohon rindang tumbuh di sekitar air terjun, menambah nilai alam dari air terjun ini.

Daya Tarik Curug Muara Jaya

Objek wisata air terjun Muara JayaKredit foto: Instagram Endar Nugraha

1. Air terjun bertingkat

Keunikan lain yang bisa ditemukan di air terjun Muara Jaya yang memiliki 2 tingkat atau biasa disebut dengan riam. Seperti yang sudah disebutkan, kedua air terjun di sini memiliki ketinggian yang berbeda. Air terjun utama tingginya sekitar 60 meter. Tentu saja cukup tinggi untuk sebuah air terjun dari proses alam.

Dengan keunikan tersebut, tak heran jika air terjun ini mampu memukau banyak pengunjung. Tak sedikit yang rela berbasah-basah untuk menikmati kesegaran air di sini.

2. Hamparan alam yang luas dan mempesona

Dalam perjalanan menuju Curug Muara Jaya, pengunjung disuguhi pemandangan alam dan pepohonan yang rindang. Selain itu, pesona air terjun dan bebatuan kecil hingga besar di bawah air terjun, yang mengalirkan air jernih dan segar, memberikan kesan yang tidak salah lagi.

Pengunjung bisa melihat rimbunnya pepohonan rindang dengan mata telanjang. Rasakan alam bumi tanpa debu dan polusi. Pemandangan dedaunan hijau yang rimbun dan udara alam yang menakjubkan akan menenangkan pikiran.

3. Udara yang sangat sejuk

Salah satu hal yang dicari pengunjung saat berada di alam bebas adalah kesejukan dan keindahan alam. Tempat wisata alam ini menawarkan udara alam yang sejuk dan dapat menenangkan pikiran. Karena lokasinya sangat jauh dari kota, polusi tidak mungkin terjadi.

Pengunjung dapat menikmati udara sejuk dengan menikmati sensasi dinginnya air terjun dan keindahannya, serta pemandangan alam yang menakjubkan. Dengan banyaknya pepohonan yang rindang, kebun sayur yang luas, karena tanah disana sangat subur.

4. Penyediaan Camping Arena

Daya Tarik Curug Muara JayaKredit foto: Instagram @lekiwae

Arena ini dirancang bagi pengunjung yang ingin merasakan kesegaran alam dan dinginnya hutan pada malam hari di sekitar Curug Muara Jaya. Pada malam hari terasa dingin disertai suara alam dan gemericik air terjun.

Jika Anda berkemah, jangan lupa untuk membawa perlengkapan berkemah seperti senter, jaket tebal, kantong tidur, kasur, dan tenda. Karena pada malam hari suhu disana terasa sangat dingin. Jangan lupa membawa kompor dan korek api untuk membuat kopi panas sebagai penghangat tubuh.

5. Gedung Pendopo

Ada dua bangunan Pendopo, satu besar dan satu kecil. Gedung ini bernama Gedung Pertemuan Muara Jaya. Bangunan ini terletak tidak jauh dari lokasi air terjun dan digunakan sebagai rest area bagi pengunjung.

Jadi anda tidak perlu khawatir ketika selesai bermain dan menikmati pemandangan Air Terjun Muara Jaya, sudah disediakan tempat untuk istirahat. Selain bersantai dan menikmati pemandangan alam, pengunjung juga dapat menikmati beberapa kuliner yang ditawarkan di beberapa warung terdekat.

Alamat dan rute menuju lokasi Air Terjun Muara Jaya

Alamat air terjun Muara JayaKredit foto: Google Maps Boedax Baragajoel

Air Terjun Muara Jaya terletak di Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka. Lebih tepatnya terletak di desa Apuy, desa Argamukti. Akses jalan menuju tempat wisata ini terletak di jalan utama Majalengka – Cikijing, tepatnya di kecamatan Maja. Perjalanan dapat dilanjutkan ke arah timur dimana desa Argalingga berada.

Perlu diketahui, kondisi jalan di sini cukup sempit, menanjak dan berkelok-kelok cukup tajam, sehingga sangat menyulitkan kendaraan untuk mendahuluinya. Beberapa aspal rusak dan banyak batu dan lubang terlihat di 2 km terakhir di desa Aigalingga juga.

Sesampainya di tempat tersebut, Anda akan menemui pertigaan lalu memilih arah kiri yang mengarah ke Ruajagaluh melewati kecamatan Sindang dan Garaswatu yang merupakan jalan alternatif menuju tempat wisata. Setelah itu belok kanan menuju desa Argamukti dimana air terjun Muara Jaya berada.

Perjalanan tidak sampai disini, jarak dari pertigaan minimal 2 km dari desa Argamukti. Dan akses ke tempat cukup sempit, aspalnya rusak dan ada beberapa lereng yang terjal.

Bagi pengunjung yang ingin bepergian dengan kendaraan umum, Anda dapat menggunakan angkutan umum dari kota Majalengka seperti L-300 atau Elf yang menuju ke Maja. Setelah sampai di kecamatan Maja, berhenti di area pasar dan cari pertigaan tepat di sebelah terminal bus. Kemudian ambil jalan kiri menuju Gunung Ciremai hingga sampai di Desa Argamukti.

Perjalanan selanjutnya bisa dilanjutkan dengan mobil pick up. Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 4000 untuk menuju ke tempat dekat air terjun.

Jika bingung, ada alternatif lain yaitu menggunakan ojek yang juga tersedia di pasaran. Biaya kendaraan Ojek sekitar Rp 10.000 per penumpang. Selanjutnya masuk ke desa Argamukti dan bertemu pertigaan, lalu ambil arah menuju air terjun. Dibutuhkan setidaknya 5 menit.

Sesampainya di tempat tersebut Anda tinggal melanjutkan perjalanan melalui jalan kecil namun beraspal dan berjarak sekitar 300 meter.

Tiket Masuk Air Terjun Muara Jaya Majalengka

Tiket masuk Air Terjun Muara JayaSumber gambar: Google Maps Akhmad Hidayat

Saat memasuki objek wisata seperti Curug Muara Jaya, pengunjung harus membayar tiket masuk. Harga tiketnya pun bervariasi, untuk tiket dewasa mulai Rp 15.000 per orang, tiket khusus anak-anak seharga Rp 5.000 per orang.

Ada juga biaya parkir sepeda motor sebesar Rp 3.000 per unit dan biaya parkir sepeda motor sebesar Rp 5.000 per unit. Selain itu, air terjun ini juga menawarkan tempat berkemah bagi pecinta alam dengan harga tiket Rp 20.000 per orang.

Jam operasional buka 24 jam sehari untuk pengunjung camping, jika pengunjung tidak camping harus kembali ke puncak pada pukul 17.30.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Curug Muara Jaya

Aktivitas air terjun Muara JayaKredit foto: Google Maps Nana Mulyana

1. Fitur air yang sangat menyegarkan

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan saat berada di air terjun ini adalah bermain air di bawah air terjun yang mengalir. Air terjunnya sangat jernih, rapi dan menyegarkan. Tidak jarang pengunjung bermain air terjun di sana.

Jangan lupa membawa baju ganti karena baju bisa basah terkena air. Serta perlengkapan mandi seperti sabun, sampo dan handuk untuk kenyamanan Anda.

2. Taman bermain anak

Melengkapi air terjun Muara Jaya ini adalah taman bermain anak-anak yang bisa Anda temukan dalam perjalanan menuju air terjun. Jadi, jika Anda datang bersama keluarga, Anda bisa memanjakan anak-anak Anda dengan permainan di tempat ini.

3. Berkemah

Bagi pecinta alam, air terjun ini menawarkan arena khusus untuk berkemah. Jarak menuju lokasi air terjun tidak terlalu jauh. Menuruni tangga Anda akan diberikan petunjuk untuk sampai ke perkemahan.

Pengunjung bisa merasakan betapa tenang dan dinginnya alam di malam hari. Gemericik air terjun bersama dengan suara alam lainnya. Ini cocok ketika liburan telah tiba.

4. Berburu foto

Berburu foto menjadi salah satu hal wajib bagi pengunjung untuk mengabadikan kenangan manis agar tidak terlupakan. Terutama kaum milenial yang sedang berburu spot foto menarik.

Air terjun yang indah ini menawarkan spot foto dengan menawarkan pemandangan yang luas dan dedaunan hutan yang hijau dan rimbun. Ditambah dengan spot foto background air terjun, air terjun akan memberikan nilai estetika tersendiri.

Fasilitas yang tersedia di Curug Muara Jaya Majalengka

Fasilitas Air Terjun Muara JayaKredit foto: Google Maps Herry R. Taufik

Beberapa fasilitas dan fasilitas di tempat wisata ini dinilai sangat lengkap dan memadai. Terdapat tempat parkir yang sangat luas, mushola, balai pertemuan/gedung pendopo, panggung hiburan untuk acara pertemuan, arena permainan anak, toilet umum dan bumi perkemahan.

Perjalanan menuju tempat air terjun ini juga cukup aman. Ada juga warung makan untuk mengisi perut yang kosong dengan air putih setelah bermain. Jadi Anda tidak perlu kelaparan saat berwisata di air terjun ini.

Itulah sedikit ulasan tentang wisata alam Curug Muara Jaya di Majalengka. Keindahan air terjun ini sangat layak untuk dimasukkan dalam daftar wisata saat liburan tiba. Semoga informasi yang saya berikan dapat menginspirasi, khususnya bagi para wisatawan yang ingin singgah di tempat wisata tersebut.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button