Tempat Wisata

Kebun Raya Kuningan, destinasi wisata populer untuk liburan keluarga

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 08.00-16.00 WIB Alamat: Desa Padabeunghar, Kec. Pasawahan, Kab.Kuningan, Jawa Barat; map: Cek lokasi

Kebun Raya Kuningan merupakan salah satu destinasi dengan berbagai macam bunga langka dan warna yang berbeda. Dengan keindahan pemandangannya, banyak menarik pengunjung dari berbagai daerah dan turis asing. Tempat wisata ini terletak di kaki Gunung Ciremai, sehingga pemandangan Laut Jawa dan Kota Cirebon dapat terlihat dengan baik.

Destinasi wisata ini merupakan salah satu keindahan alam terbesar di Indonesia. Karena memiliki luas 156 hektar dan terdapat 23.000 jenis tumbuhan. Dan unik dengan beragam tema bebatuan. Ciri khas tanaman ini adalah berbunga dan daunnya berwarna kuning, karena didominasi warna kuning maka disebut juga taman kuningan.

Meski destinasi wisata ini masih dalam tahap pengembangan, jangan khawatir karena Anda akan disuguhi pemandangan yang indah. Banyak pepohonan mengelilingi tempat wisata ini dan terdapat kolam yang disebut danau alam. Dan bagian barat Kebun Raya Kuningan dilalui oleh Sungai Cipari yang menambah keindahan wisata tersebut.

Daya Tarik Kebun Raya Kuningan

Atraksi Kebun RayaKredit foto: Instagram Komar_resas

Kebun raya ini merupakan kebun raya terbesar di Indonesia dan memiliki banyak daya tarik bagi pengunjung. Jika ke Desa Kuningan belum mengunjungi tempat wisata yang satu ini rasanya belum lengkap.

1. Tanaman berwarna-warni

Daya tarik utama dari objek wisata kuningan ini adalah banyaknya jenis bunga yang beraneka warna. Dan tempat yang terbentang begitu jauh dengan banyak spot foto.

2. Batu artistik

Kebun raya di Kuningan ini memiliki berbagai jenis batuan vulkanik yang besar dan lokasinya sangat artistik sehingga akan terlihat lebih bagus sebagai spot foto dan muncul di media sosial Anda.

3. Keindahan pepohonan dan aliran sungai di area tersebut

Karena terletak di kaki gunung, di sekelilingnya terdapat banyak persawahan, serta pepohonan di sekitarnya dan Sungai Cipari. Hal ini juga dapat menambah keindahan pemandangan dan daya tarik objek wisata tersebut.

Alamat dan rute menuju lokasi Kebun Raya Kuningan

Alamat Kebun Raya KuninganKredit foto: Instagram Generation Pesona Indonesia

Bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini namun tidak mengetahui jalannya, caranya cukup mudah, anda bisa cek google maps atau rambu jalan yang terlampir.

Kebun raya ini terletak di Jawa Barat, Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Dibutuhkan setidaknya 20 menit dari kota Kuningan yang berjarak 38 km dan jalannya cukup mudah diakses dengan kendaraan pribadi. Bagi Anda yang berada di luar kota dan takut tersesat, Anda bisa menggunakan Google Maps.

Rute menuju tempat ini melewati kecamatan Pasawahan, setelah itu jalannya menanjak dan berkelok-kelok. Perjalanan juga membutuhkan tenaga dan sangat melelahkan, namun dimanjakan dengan keindahan panorama sekitarnya.

Jika setelah beberapa saat Anda melihat batu vulkanik yang sangat besar di jalan. Itu adalah tanda bahwa mereka akan segera tiba di tempat tujuan. Setelah sampai di gerbang depan, butuh waktu lama untuk mencapai tempat parkir mobil wisata.

Sebagai sarana transportasi menuju Kebun Raya Kuningan, kendaraan pribadi seperti mobil dan motor bisa digunakan untuk membuat perjalanan Anda lebih nyaman. Jika Anda menggunakan transportasi umum, Anda juga dapat melakukannya, tetapi hanya sampai Anda berhenti di terminal bus kota atau tujuan tujuan.

Karena kondisi jalan yang sangat sempit, bus akan kesulitan untuk lewat. Setelah itu, Anda bisa menggunakan jasa ojek yang tersedia di sekitar lokasi untuk sampai ke tempat tujuan.

Biaya masuk ke Brass Botanic Garden

Tiket masuk Kebun Raya KuninganKredit foto: Google Maps Sang Petualang

Untuk menikmati tempat wisata ini, Anda tidak perlu khawatir dengan biaya masuknya. Karena sangat terjangkau untuk semua kalangan. Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar 10.000 hingga 20.000 per orang. Biaya parkir belum termasuk biaya parkir sendiri, tarifnya 5.000 untuk sepeda motor dan 10.000 untuk mobil.

Dari Senin hingga Minggu Anda dapat mengunjungi dan menjelajahi semua tempat menarik di Kebun Raya Kuningan. Dan untuk jam bukanya sendiri dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore hanya tutup. Anda dapat menghabiskan sepanjang hari menikmati keindahan alamnya.

Jika Anda tidak menyukai banyak pengunjung, Anda bisa berkunjung pada hari biasa, yaitu dari Senin hingga Jumat. Namun jika anda menyukai keramaian maka pilihlah weekend atau sabtu dan minggu karena pada hari tersebut pengunjung bisa membludak 2 kali lipat bahkan lebih.

Kegiatan menarik di Kebun Raya Kuningan

Daya Tarik Kebun Raya KuninganSumber Gambar: Google Maps Rifal Mushafa Dzikri

1. Piknik

Berada di ketinggian 870 meter di atas permukaan laut di kaki Gunung Ciremai, kebun raya Kuningan ini memiliki udara yang sangat sejuk. Dan sangat cocok untuk rekreasi alam. Jika Anda berlibur ke sini bersama keluarga besar, Anda bisa duduk santai sambil piknik dan menikmati pemandangan alam bersama mereka.

2. Kegiatan Outbound

Tempat ini dipilih karena banyak terdapat pepohonan sehingga terlihat seperti hutan dan cocok untuk kegiatan outbound. Untuk kegiatan ini mereka biasanya datang dengan rombongan. Serta jadwal perjalanan mereka serta melakukan pelatihan dasar dari institusi.

Kegiatan outbound ini selain untuk bersantai dan menikmati pemandangan, juga untuk mempererat tali persaudaraan antar anggota kelompok. Karena akan berisi banyak acara seperti game dan lain-lain, pasti akan menyenangkan.

3. Menginap di perkemahan

Pengunjung lokal dan internasional juga bisa menginap di Kebun Raya Kuningan. Karena selain tempat wisata yang indah, ada juga bumi perkemahan. Selain itu, wisata ini cocok bagi Anda yang suka tidur di luar ruangan.

Selain itu juga terdapat cottage dengan desain seperti rumah panggung dan konsep yang digunakan adalah eco-design. Koleksi bangunannya sangat unik untuk dijadikan sebagai akomodasi. Selain itu, juga sangat menarik untuk berfoto selfie.

4. Jelajahi koleksi tanaman yang berbeda

Menjelajahi tempat wisata ini, pengunjung akan menjumpai 114 petak tanaman di departemennya. Taman kuningan ini dibagi menjadi sembilan zona dengan berbagai jenis tanaman. Dan jumlah tumbuhan yang terdaftar di kawasan wisata menarik ini sekitar 23 ribu jenis.

5. Berfoto di Kuningan Park

Aktivitas di kebun rayaSumber gambar: Twitter Sebuah catatan

Disusun secara jelas dan tematis dengan beragam tanaman. Batuan vulkanik yang sama besarnya secara artistik. Fotografi adalah suatu keharusan bagi generasi milenial saat ini.

6. Kagumi panoramanya

Jika kita melihat ke kejauhan kita bisa melihat perbukitan, banyak pepohonan dan lingkungan taman dan sekitarnya yang asri dan rindang. Misalnya saja taman endemik Ciremai, taman batu dan taman Awi, atau bisa juga disebut taman bambu. Dan persawahan di sekitarnya juga bisa menjadi daya tarik wisata tambahan bagi Kebun Raya Kuningan.

Di taman kuningan ini, jika menuju ke spot patung kuda, pengunjung akan disuguhi pemandangan 360 derajat di sekitar taman kuningan ini. Sehingga Anda dapat melihat topografi yang berbukit dan memiliki ketinggian 490 – 870 meter di atas permukaan laut dengan bagian batuan vulkanik. Di sisi barat kebun raya ini kita bisa melihat sungai Cipari.

7. Menghirup udara segar

Dengan adanya Kebun Raya Kuningan dapat membantu 45% kawasan lindung di Jawa Barat. Keberadaan pepohonan yang asri dan rindang dapat berperan sebagai lumbung oksigen bagi kebutuhan oksigen di Indonesia. Selain itu, ada fungsi lain dari penyerapan karbon dioksida, yang bertujuan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

Saat memasuki kawasan ini, pengunjung dapat menghirup udara segar dan sejuk untuk menciptakan efek relaksasi bagi pengunjung.

Fasilitas di Kebun Raya Kuningan

Fasilitas di Kebun Raya KuninganKredit foto: Instagram Kuningan Endah

Selain tempat yang estetis, objek wisata Kuningan Park ini juga memiliki fasilitas penunjang seperti tempat parkir kendaraan, motor dan mobil, mushola untuk beribadah para pengunjungnya. Toilet umum yang bisa digunakan oleh banyak orang.

Dan ada spot foto instagramable yang ramah milenial. Ada juga toko di tempat wisata. Serta area camping yang bisa digunakan untuk acara group agency. Ada juga penginapan jika ingin bermalam. Terdapat juga ruang pertemuan dan gazebo, serta tempat duduk untuk istirahat sejenak.

Meskipun tidak banyak fasilitas pendukung di taman kuningan ini. Namun masih banyak tempat yang menarik dan indah untuk dikunjungi, sehingga bisa memanjakan mata Anda saat melihatnya.

Demikian pembahasan tempat-tempat instagramable, itinerary ke tempat tersebut, harga tiket, serta aktivitas yang bisa dilakukan dan fasilitas yang tersedia di Kebun Raya Kuningan. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai alam dan ingin bersantai bersama keluarga dan teman-teman.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button