Tempat Wisata

Pantai Ngiroboyo Pacitan – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket

Pemandangan, aktivitas liburan, lokasi & harga tiket Pantai Ngiroboyo salah satu tempat wisata pantai yang menawan di pacitan jawa timur. Pantai di ujung Sungai Maron ini memiliki pasir hitam dan pemandangan yang indah.

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kalak, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Daerah Jawa Timur memiliki potensi wisata yang tak ada habisnya untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Ngiroboyo, pantai yang didominasi pasir hitam di Desa Sendang, Kecamatan Donorejo, Pacitan. Wisatawan yang datang tidak hanya terpesona oleh keindahan pantai yang dikelilingi tebing kapur. Namun juga karena suasana pantai yang relatif lebih tenang dibandingkan pantai-pantai lain di Jawa Timur.

Bagi Anda yang merencanakan liburan di pantai ini, ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan. Tidak hanya itu, lokasinya yang mudah ditemukan, sehingga memudahkan pengunjung untuk menemukan tempat wisata ini. Di bawah ini adalah informasi tentang wisata pantai.

Daya Tarik Pantai Ngiroboyo

Atraksi Pantai NgiroboyoSumber gambar: Google Maps Hardianto saja

1. Khas pantai selatan dengan pemandangan yang indah

Di sepanjang bagian selatan pulau Jawa banyak terdapat deretan objek wisata pantai pasir hitam. Pantai Ngiroboyo yang juga merupakan salah satu pantai selatan Jawa memiliki keunikan ini.

Pada siang hari saat matahari sedang terik, pancaran sinarnya membuat butiran pasir terlihat mengkilat. Bahkan tak jarang wisatawan yang datang ke pantai ini mengatakan pasirnya terlihat seperti mutiara hitam yang berkilauan.

Pemandangan lain yang akan menemani kedatangan Anda di pantai ini adalah deretan tebing kapur di sebelah barat. Rerumputan yang tumbuh subur di area tebing membuat pemandangan semakin hijau dan asri.

2. View Point Bukit Ngiroboyo

Ada view point di dekat Pantai Ngiroboyo yang terletak di atas bukit kapur yang menjulang tinggi. Ada sebuah bangunan menyerupai pendopo khas Yogyakarta yang berada di tepi tebing sisi selatan.

Wisatawan bisa melihat pesona pantai di bawah ini dari sudut pandang yang berbeda. Pantai pasir hitam yang landai akan terlihat semakin mempesona seiring deburan ombak yang mengitari bibir pantai.

Dari ketinggian ini Anda dapat mengambil beberapa gambar berupa pemandangan pantai atau laut lepas. Anda dapat mengambil latar belakang langit yang cerah dengan lautan luas yang langsung menuju ke Samudera Hindia.

3. Pesona Sungai Maron

Keindahan Ngiroboyo tidak bisa dipisahkan dari Sungai Maron karena letaknya yang berada di ujung sungai yang terkenal ini. Sungai ini memiliki panorama yang mempesona dan menjadi primadona saat musim kemarau, karena pada musim kemarau seperti ini air Sungai Maron terlihat lebih jernih dan bersih.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Ngiroboyo

Alamat Pantai NgiroboyoKredit foto: Google Maps Woro Ayu Anggraeni

Pantai ini terletak di Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Dengan banyak pilihan itinerary, mulai dari jalur Pantai Watu Karung hingga jalur wisata ke Goa Gong.

Namun jalur yang sering ditempuh wisatawan adalah jalur wisata Goa Gong dengan kondisi jalan yang cukup baik. Berawal dari pusat kota yang berjarak 32 km dengan waktu tempuh satu jam perjalanan, perjalanan Anda akan membawa Anda naik turun jalan yang berkelok-kelok.

Setelah bertemu dengan jalur Sungai Maron, lanjutkan perjalanan Anda melalui jalan di tepi sungai. Kemudian Anda akan menemui jalan dengan tikungan tajam, setelah itu Anda akan memasuki Jalan Pantai Ngiroboyo.

Anda akan melihat pintu masuk pantai setelah Anda melewati bukit hijau dengan beberapa bangunan berdiri di sana. Sangat disarankan jika Anda bepergian dengan kendaraan roda dua karena kondisi jalan di beberapa tempat tidak begitu bagus.

Tiket masuk kawasan pantai ini dibandrol dengan harga yang murah dimana hanya Rp 5.000 saja sudah bisa masuk ke kawasan wisata cantik ini. Harganya yang murah membuat pantai ini wajib masuk dalam daftar destinasi yang akan Anda kunjungi selama berada di Pacitan.

Destinasi budget ini tentu tidak akan menguras kantong Anda. Selain itu, lokasi ini mudah diakses dengan kendaraan pribadi.

Aktivitas Seru di Pantai Ngiroboyo

Aktivitas seru di Pantai NgiroboyoSumber Gambar: Google Maps Herlin Utami

1. Memancing

Kegiatan yang membutuhkan kesabaran ini bisa menjadi salah satu kegiatan mengisi waktu luang di hari libur. Apalagi jika Anda mengunjungi salah satu pantai di Pacitan yang banyak terdapat spot memancing yang akan Anda temukan.

Karena dekat dengan sungai, ada dua spot sekaligus yang bisa Anda gunakan sebagai spot memancing. Jika Anda memilih pantai dengan ikan air asin, pancing yang disiapkan harus lebih besar. Serta menggunakan udang atau umpan ikan kecil lainnya.

Namun, jika Anda memilih sungai sebagai tempat memancing, cukup umpan dengan cacing atau lumut hijau untuk mendapatkan ikan. Anda dapat menggunakan jenis batang apapun, bahkan yang sederhana seperti bambu tipis.

2. Menyusuri sungai dekat pantai

Lokasi Pantai Ngiroboyo yang berbatasan dengan salah satu sungai terpanjang di Jawa Timur ini menawarkan banyak aktivitas menarik lainnya untuk dilakukan. River tubing adalah kegiatan yang populer bagi wisatawan pantai dan sungai.

Menggunakan ban karet dan alat pengaman seperti pelampung dan helm, Anda akan diajak berjalan menyusuri sungai yang berujung di pantai. Kegembiraan meningkat ketika arus sungai lebih kuat, ban karet Anda mungkin menabrak sisi sungai saat menikung.

Jangan panik jika itu terjadi karena sisi sungai sebagian besar adalah tanah daripada batu keras yang tajam. Karena jika Anda melakukan aktivitas ini, Anda juga bisa bertemu dengan turis lain yang berasal dari kota lain.

Ban karet dan semua perlengkapan lainnya disediakan oleh pemerintah. Cukup dengan harga sewa Rp 10.000 per jam, Anda sudah bisa menjadikan kegiatan ini seru.

3. Berkemah

Jika Anda berjiwa petualang maka Anda harus mencoba aktivitas ini di Pantai Ngiroboyo. Tempat yang dimaksudkan untuk mendirikan tenda terletak di bagian utara pantai, tepat di area perkemahan.

Bermalam di kawasan tersebut, udara dingin akan menyergap tubuh saat malam tiba. Angin laut bertiup lebih kencang saat tengah malam. Jadi persiapkan pakaian atau jaket hangat terlebih dahulu untuk melindungi diri dari hipotermia.

Selain kebutuhan pakaian dan tenda untuk camping, penting juga untuk menyiapkan makanan. Anda bisa memilih makanan dan minuman instan sebagai bekal saat camping karena mudah disiapkan dan tidak membutuhkan bahan lain.

Ketika Anda bangun di pagi hari, sinar matahari yang hangat menyambut awal hari. Agar tubuh lebih segar setelah bangun tidur, berjemur sangat baik untuk kesehatan kulit Anda.

Penginapan murah terdekat dari Lokasi Pantai Ngiroboyo

Penginapan murah terdekat dari Lokasi Pantai NgiroboyoSumber Gambar: Google Maps Tunjung Sekarwangi

1. Villa Roemah K

Penginapan pertama yang tidak jauh dari Pantai Ngiroboyo adalah Roemah K Villa. Mengusung tema tradisional Jawa, penginapan ini dibangun menyerupai bangunan Joglo dengan desain interior.

Nuansa Jawa akan Anda rasakan saat memasuki ruang utama penginapan ini. Dimana meja dan kursi sederhana digunakan untuk menyambut tamu, dengan model TV vintage di salah satu sisinya.

Harga sewa tiap kamar cukup murah, dengan ukuran tiap kamar luas. Tempatnya nyaman dan bersih, penginapan ini sering digunakan oleh para pengendara sepeda yang melewati kota untuk beristirahat.

2. Hotel Sekar Wangi

Hotel yang satu ini berada di dekat sungai Maron yang mengalir langsung ke pantai. Parkir kendaraan yang disediakan cukup luas, bahkan mobil tamu bisa diparkir tepat di depan hotel.

Fasilitas di setiap kamar lengkap, mulai dari AC, televisi hingga kamar mandi bersih. Pemandangan di luar tentu saja Sungai Maron. Di pagi hari, sinar matahari yang hangat mengalir melalui jendela kamar Anda.

3. Homestay Selancar Pacitan

Berjarak sekitar 12 km dari pantai Ngiroboyo dan memakan waktu sekitar 30 menit dari penginapan ke tempat wisata. Homestay ini menjadi langganan wisatawan luar daerah karena akses jalan menuju penginapan yang mudah.

Karena ruang utama memiliki dua tingkat, tamu homestay dapat melihat pemandangan laut dari lantai paling atas. Selain itu, taman depan penginapan ini juga luas, sehingga kendaraan kelas bus bisa diparkir disini.

Fasilitas di Pantai Ngiroboyo Pacitan

Fasilitas Pantai Ngiroboyo PacitanKredit foto: Google Maps Sholeh Kurniawan

Beberapa fasilitas yang telah disediakan pengelola untuk wisatawan pantai antara lain kamar mandi yang bisa digunakan lengkap dengan sambungan air bersih. Selain itu, ada paviliun bambu yang tersebar di sepanjang pantai.

Gazebo yang nyaman ini bisa Anda gunakan untuk bersantai, sekedar menikmati sejuknya angin laut. Tempat ibadah seperti mushola juga terletak di depan, persis di dekat tempat parkir kendaraan.

Demikian informasi dari pantai yang namanya kini mulai dikenal wisatawan luar daerah. Suasana tenang dan pemandangan yang ditawarkan Pantai Ngiroboyo membuat semua orang betah berada di tempat wisata ini. Jadi jangan lupa untuk mengunjungi destinasi wisata yang satu ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button