Tempat Wisata

Liburan seru di taman bunga Cibubur

taman bunga cibubur – Anda yang tinggal di kawasan Cibubur Depok mungkin sudah mengetahui salah satu destinasi wisata yang paling populer yaitu Taman Bunga Cibubur Wiladatika. Taman wisata yang satu ini paling populer bagi masyarakat Depok.

Meski sering disebut sebagai Taman Bunga Cibubur, ternyata lokasi tempat wisata yang satu ini sebenarnya berada di Kecamatan Cimanggis, Depok. Perlu Anda ketahui juga bahwa nama Taman Bunga Wiladatika merupakan singkatan dari Widya Mandala Krida Bakti Pramuka.

Karena lokasi taman bunga ini tidak jauh dari lokasi perkemahan Cibubur. Bagi Anda yang mendambakan wisata alam yang sejuk, taman bunga Wiladatika ini adalah pilihan yang tepat.

Taman Cibubur WiladatikaTaman Cibubur Wiladatika

Sebelum mengenal lebih jauh objek wisata Taman Bunga Cibubur ini, ada baiknya Anda mengetahui sejarah singkat taman yang satu ini. Dimana sebenarnya taman bunga Wiladatika ini sudah dibuka sejak tahun 1980.

Peresmian taman bunga ini datang terlambat. Suharto sebagai Presiden ke-2 Republik Indonesia. Taman bunga ini banyak dikunjungi wisatawan dari Depok dan Jakarta sejak diresmikan. Bahkan ada wisatawan dari daerah lain yang penasaran dengan taman bunga ini.

Taman Bunga Wiladatika memiliki luas sekitar 15 hektar yang digunakan sebagai taman dan tempat permainan drive. Dengan usia yang cukup tua, taman ini ternyata memiliki vegetasi yang cukup rimbun.

Bahkan, Anda bisa dengan mudah menemukan pohon berkayu besar yang tumbuh lebat dan hijau. Kondisi ini membuat taman bunga ini semakin menarik karena keindahannya, dijamin nyaman dan cocok sebagai tempat liburan keluarga.

Lokasi dan alamat taman bunga cibubur

Bagi Anda yang berada di luar daerah Depok atau dari daerah Depok, Anda bisa mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Taman bunga ini terletak di Jalan Jambore No 1, Cimanggis Depok, atau tepatnya di dekat pintu tol Cibubur.

Rute menuju taman bunga Cibubur

Bagi Anda yang ingin berwisata ke taman bunga ini, Anda bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan angkutan umum, Anda dapat menggunakan angkutan umum 121 dan K44 dari Terminal Kampung Rambutan atau bus AC42 dari Tanjung Priok.

Tiga bentuk transportasi umum akan membawa Anda ke halte Melia Cibubur RSU. Selain itu, Anda dapat berjalan kaki sekitar 4 menit dari terminal bus menuju kawasan wisata Taman Bunga Wiladatika. Sedangkan jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa menuju ke Gerbang Tol Cibubur karena lokasi objek wisata ini tidak jauh dari gerbang tol.

Peta ke taman bunga Cibubur

Aktivitas seru di Taman Bunga Cibubur

Setibanya di kawasan Taman Bunga Cibubur, Anda akan disambut oleh udara di sekitar taman yang begitu sejuk dan asri karena kawasan wisata ini dekat dengan Cibubur Junction. Tempat wisata ini tidak hanya memiliki udara yang sejuk, tetapi juga memiliki taman bunga yang sangat indah dan ditumbuhi pepohonan yang hijau.

Gua Mini di Taman Bunga WiladatikaGua Mini di Taman Bunga Wiladatika

Untuk melengkapi keindahan taman ini, pengelola juga menanam bunga hias warna warni di area taman bunga ini. Sebenarnya taman bunga ini bisa dikategorikan sebagai objek wisata lama di kawasan Jakarta. Bahkan, tempat wisata ini tidak hanya diberkahi dengan taman bunga, tetapi juga gua mini, air mancur, dan air terjun buatan.

Di area Taman Bunga Cibubur juga terdapat rumah Jepang yang bisa membuat kunjungan ke taman ini semakin seru. Sebagai salah satu destinasi wisata favorit keluarga, Taman Bunga Wiladatika juga menawarkan taman bermain untuk anak-anak agar buah hati Anda bisa bermain dengan bebas.

Rumah Tradisional Jepang via YoutubeRumah Tradisional Jepang via Youtube

Permainan taman bermain meliputi ayunan, jungkat-jungkit, perosotan dan permainan anak lainnya. Selain itu, ada terowongan berbentuk siput yang juga bisa menjadi tempat bermain anak-anak.

Untuk menambah keseruan perjalanan ke Taman Bunga Cibubur, pengelola juga menyediakan rumah jamur berbentuk kartun. Tak hanya wahana untuk anak-anak, di kawasan objek wisata ini juga terdapat beberapa seluncuran air yang bisa dinikmati oleh orang dewasa.

Wahana air termasuk bola pantai, perahu air, dan becak mini. Bagi Anda yang hanya ingin menikmati keindahan taman bunga wiladatika sambil menemani buah hati Anda, Anda bisa duduk di kursi yang dilengkapi payung untuk bersantai.

Kunjungi juga: Obyek Wisata Keluarga Kebun Buah Mekarsari, Bogor

Fasilitas di Area Taman Bunga Wiladatika

Tempat wisata Taman Bunga Wiladatika ini menawarkan fasilitas yang cukup lengkap agar wisatawan merasa nyaman dan betah. Fasilitas di kawasan objek wisata ini antara lain perahu air, becak mini, kolam renang, sepeda dan taman bermain.

Ada juga fasilitas untuk sesi foto atau pemotretan yang disediakan oleh pengelola dengan pembayaran biaya yang telah ditentukan sebelumnya. Ada juga fasilitas penunjang lainnya di taman ini, mulai dari toilet, tempat parkir hingga mushola.

Wisata Keluarga di Taman Bunga Wiladatika Cibubur DepokWisata Keluarga di Taman Bunga Wiladatika Cibubur Depok

Tiket Masuk Taman Bunga Wiladatika

Untuk memasuki kawasan taman bunga Wiladatika, wisatawan hanya membayar satu tiket dengan harga yang terjangkau, yakni Rp 8.000 per orang untuk pengunjung umum. Sedangkan pengunjung Pramuka akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 4.000 per orang.

Jika mengajak rombongan minimal 50 orang, ada diskon khusus tiket masuk. Namun, jika wisatawan ingin menikmati wahana seperti perahu air, becak mini, dan bola pantai, mereka harus membayar Rp 10.000 per orang.

Sedangkan jika ingin menikmati keseruan berenang dan bermain air, Anda bisa membayar tiket masuk kolam renang sebesar Rp25.000. Wahana seperti Playgorund gratis. Ada biaya Rp 5.000 untuk menyewa sepeda.

Untuk informasi lebih lanjut, lihat daftar harga tiket di bawah ini:

  • Kolam renang: Rp25.000
  • Polo air: Rp 10.000
  • Becak mini: Rp 10.000
  • Perahu Air: Rp 10.000
  • Sepeda: Rp 5.000
  • Untuk foto pernikahan: Rp 275.000
  • Iklan Foto: Rp 550.000
  • Foto amatir: Rp 100.000
  • Syuting film: Rp 2.500.000

Lihat juga: Daftar taman bunga matahari di Indonesia

Akomodasi di area taman bunga Wiladatika

Bagi Anda yang ingin menginap dan menghabiskan lebih banyak waktu, parkir di dekatnya taman bunga cibubur lebih baik tidak khawatir. Karena di sekitar kawasan wisata ini banyak terdapat penginapan mulai dari homestay hingga hotel berbintang.

Tentunya masing-masing penginapan ini menawarkan fasilitas yang nyaman untuk beristirahat. Untuk masalah sewa akomodasi di kawasan wisata ini cukup terjangkau.

Cukup dengan membayar mulai dari 200.000 rupiah per malam, Anda sudah bisa mendapatkan akomodasi yang nyaman dengan fasilitas yang lengkap. Tentunya Anda bisa memilih penginapan yang sesuai dengan budget agar liburan Anda tetap ramah kantong.

****

Demikian pencanangan wisata taman bunga Cibubur sebagai destinasi wisata keluarga populer yang bisa menjadi referensi Anda.

Bagi Anda yang tinggal di daerah Depok atau dari daerah lain dan ingin berlibur ke Depok, sempatkan untuk mengunjungi Taman Bunga Wiladatika. Karena ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan dan didukung dengan fasilitas yang cukup lengkap membuat liburanmu semakin seru dan menyenangkan. Artikel terkait: Liburan Seru di Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button