Tempat Wisata

Curug Cijalu, Keajaiban Air Terjun Alami Indah Penuh Mitos di Subang

harga tiket: Rp20.000, Waktu aktif: 07.30-17.00 WIB, Alamat: Cipancar, Serangpanjang, Pusakamulya, Kec. Kiarapedes, Kab.Subang, Jawa Barat; map: Cek lokasi

Curug Cijalu merupakan objek wisata air terjun alami yang wajib anda kunjungi saat berada di Subang. Wisata ini memiliki pemandangan yang indah dan suara air terjun yang bisa membuat lelah, bosan dan bosan. Dan juga bisa menenangkan pikiran sejenak karena lelah beraktivitas.

Air terjun ini memiliki ketinggian hingga 70 meter. Pada hari yang cerah, pengunjung dapat melihat Waduk Jati Besar dan kota Purwakarta dan Subang. Pasalnya, lokasi air terjun ini mencapai ketinggian sekitar 1300 meter di atas permukaan laut. Menariknya, tempat wisata ini juga termasuk dalam Cagar Alam Gunung Burangrang.

Curug Cijalu sudah cukup lama dibuka atau diresmikan sejak 1 September 1984. Air terjun ini memiliki kolam yang sangat besar dimana Anda bisa berenang atau bermain air. Saluran airnya juga tidak terlalu besar, jadi kamu bisa bermain air di bawah dengan nyaman. Air terjun ini berjarak 300 meter dari tempat parkir dan pengunjung harus berjalan kaki untuk mencapai tempat tersebut.

Daya Tarik Wisata Curug Cijalu

Objek wisata air terjun CijaluSumber gambar: Twitter Informasi Perjalanan Online

1. Mitos

Dulunya bernama Curug Cikondang, namun setelah seorang juara sakti datang ke tempat ini, namanya berubah menjadi Curug Cijalu. Curug artinya air terjun dan ci artinya air dan path artinya laki-laki.

Di dekat air terjun ini ada air terjun lain tetapi aliran airnya lebih lancar yang disebut air terjun Putri. Orang-orang menggambarkan bahwa keduanya adalah sepasang kekasih, yang memunculkan berbagai mitos.

Sejak wisata air terjun ini pertama kali dibuka. Banyak pengunjung yang datang ke tempat wisata ini, terutama warga Indramayu sendiri. Caranya adalah dengan mandi atau bermeditasi di air terjun ini.

Seiring berjalannya waktu, karena sering dikunjungi warga Indramayu, tempat wisata ini menjadi sangat populer dan menarik pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, ada mitos lain yang sangat umum, yaitu cepat mencari pasangan dengan mandi di air terjun.

Meski mitos tersebut belum terbukti kebenarannya, namun banyak orang yang mempercayai mitos tersebut. Dengan adanya mitos tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung sehingga banyak wisatawan yang berbondong-bondong mengunjungi wisata ini. Entah sekedar menikmati pemandangan atau berendam di air terjun.

2. Tampilan Keren

Ada banyak pohon di air terjun ini yang membuat udara terlihat bersih. Selain itu, menambah keindahan di sekitar air terjun Curug Cijalu ini. Di pagi hari, air terjun ini sangat berkabut, sehingga terlihat dingin dan juga sejuk bagi pengunjung. Sedangkan keindahan kota Subang dapat dilihat dari ketinggian air terjun pada siang hari. Cukup menarik, bukan?

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Curug CijaluPhoto Credit: Instagram Wisata Alam Air Terjun Cijalu

Tempat wisata populer di Jawa Barat ini terletak di Kecamatan Subang, Kecamatan Serangpanjang, tepatnya di kawasan Sipancar. Jaraknya 37 km dari pusat kota dan memakan waktu 1 jam dengan mobil. Gunakan google maps atau rambu-rambu di jalan untuk mempermudah perjalanan Anda.

Rute yang bisa anda gunakan untuk menuju objek wisata Air Terjun Cijalu adalah jika anda datang dari Purwakarta maka pilihlah arah selatan dengan jarak tempuh sekitar 40 kilometer dari tujuan. Jika dari Bandung memakan waktu yang cukup lama karena harus menempuh jarak 63 kilometer.

Setelah tiba di Subang, berkendara melewati Winayasa di sana. Saat sampai di pertigaan, belok kiri menuju alun-alun dan Pasar Winayasa, lalu lurus ke Kecamatan Serangpanjang. Kemudian ambil jalur kiri untuk sampai ke gerbang masuk Curug Cijalu.

Di pintu masuk ini terdapat petugas tiket yang digunakan untuk membayar tiket. Setelah itu Anda harus menempuh jalan pedesaan yang berjarak sekitar 3 kilometer dari tempat parkir. Setelah memarkir kendaraan, Anda bisa berjalan kaki menuju air terjun sepanjang 300 meter.

Untuk menuju ke tempat wisata ini, Anda bisa menempuhnya dengan kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil. Anda juga dapat menggunakan transportasi umum seperti bus, tetapi hanya mencapai pusat kota. Karena jalan yang akan ditempuh cukup mudah, Anda bisa menggunakan alat transportasi pribadi ini.

Jika menggunakan bus, Anda bisa menyewa ojek untuk sampai ke tujuan. Namun, layanan publik seperti ojek kurang efektif saat hari libur karena tidak banyak tersedia. Perjalanan Anda akan lebih nyaman jika menggunakan kendaraan pribadi karena tidak perlu bergerak.

Biaya masuk objek wisata

Tiket masuk Air Terjun CijaluKredit foto: Google Maps Assyaft Alfarel

Anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli tiket wisata ini. Cukup membayar Rp 20.000 per orang. Selain biaya tambahan untuk parkir kendaraan, harganya juga bervariasi. Biaya parkir kendaraan bermotor sekitar 2000 rupiah.

Sedangkan bagi yang menggunakan mobil akan dikenakan tarif Rp 5.000. begitu juga untuk busnya sendiri dikenakan tarif Rp 15.000.

Waktu operasional wisata Curug Cijalu ini adalah Senin hingga Minggu pada pukul 07:30 pagi hingga pukul 17:00 sore. Cukup panjang kan? Oleh karena itu, Anda bisa mandi, berendam, atau sekedar merenungi pemandangan di sekitar objek wisata ini sepuasnya.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Curug Cijalu

Aktivitas Air Terjun CijaluSumber Gambar: Google Maps Husnul Kh

Di tempat wisata ini, setiap libur panjang dan akhir pekan selalu dipadati pengunjung. Ada saja aktivitas yang mereka lakukan karena keunikan dan keindahan wisata ini, yang selalu bisa digunakan untuk kegiatan outdoor dan lain-lain.

1. Berkemah

Karena suasana di tempat wisata ini sangat kondusif untuk kegiatan outdoor, masyarakat dan pelajar biasanya menjadikan tempat ini untuk camping bersama. Pasalnya, Air Terjun Curug Cijalu ini bersifat opsional. Karena ada zona air terjun, zona perkemahan, zona pendakian dan zona hutan.

Sedangkan wisatawan biasanya melakukan tamasya di kawasan tersebut dengan bermalam. Jadi Anda bisa menikmati pemandangan air terjun dan mendengarkan suara gemericik air yang menghantam bebatuan. Ada juga suara burung dan serangga bergiliran. Ada biaya 20.500 rupiah untuk kamp ini.

2. Mendaki

Setelah meninggalkan tempat parkir dan memasuki jalan menuju air terjun ini, Anda akan disuguhkan panorama kebun teh yang indah dan menarik. Selain udara yang semakin dingin, jalur mulai menanjak setelah melewati tangga dari bebatuan yang terbelah. Area trekkingnya cukup mudah karena memiliki kemiringan yang sangat jelas. Untuk jarak Sekitar 300 meter dari tempat parkir.

3. Potret Diri

Dalam perjalanan ke air terjun dari tempat parkir. Anda akan melihat banyak pemandangan alam yang indah seperti perkebunan teh dan pepohonan yang rindang. Oleh karena itu, abadikan momen tersebut dengan berfoto selfie dengan latar belakang lanskap.

Tidak cukup hanya dengan mengabadikan momen saat berada di Air Terjun Cijalu atau Air Terjun Putri. Ini adalah komitmen bagi Anda yang senang berfoto dan bisa digunakan untuk diunggah ke media sosial.

4. Fitur air

Aktivitas di Curug CijaluKredit foto: Instagram Hafiz RP Pratama

Jika anda mengunjungi air terjun ini tapi tidak bermain air, rasanya kurang lengkap karena objek wisata ini kebanyakan berupa air. Di Curug Cijalu dan Curug Putri Anda bisa bermain air. Keduanya merupakan air terjun, yang membedakan hanya ukuran kolam dan volume serta ketinggian air.

Biasanya pengunjung lebih suka bermain air di Curug Cantik karena kolamnya lebih besar sehingga bisa muat banyak orang. Anda tidak perlu khawatir jika membawa anak-anak karena kedalaman air terjun ini juga bertahap dari dangkal hingga dalam. Namun, kedalamannya masih dalam batas wajar, karena hanya mencapai dada orang dewasa.

Bagian terdalam ada di bawah air terjun. Jadi Anda harus berhati-hati dan mengawasi si kecil agar tetap aman di pinggir jalan. Daerah air terjun ini memiliki udara yang sangat dingin yang membuat anda merinding.

5. Menikmati Keindahan Curug Putri

Curug Putri sangat dekat dengan air terjun Curug Cijalu yang hanya berjarak sekitar 100 meter dari tempat parkir. Sebaliknya, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan debit airnya tidak terlalu besar. Ditambah banyak bebatuan yang bertebaran di sekitar air terjun ini bisa menambah keindahan air terjun.

6. Menikmati keindahan air terjun

Selain permainan air dan pemandian, air terjun ini juga menawarkan panorama alam yang indah dan menarik. Dengan udara sejuk yaitu sekitar 18-26 derajat Celcius.

Fasilitas yang tersedia di Curug Cijalu Subang

Fasilitas di Curug Cijalu SubangKredit foto: Google Maps Rangga Sofiansyah

Obyek wisata Curug Cijalu ini memiliki fasilitas penunjang antara lain parkir area wisata untuk sepeda motor dan mobil serta angkutan umum. Di pintu masuk ada penjaga atau loket untuk membeli tiket. Ada juga mushola dan kamar mandi.

Ada juga jalur pendakian dengan tempat berteduh. Ada juga tempat duduk dan istirahat serta stand makanan. Jadi tidak perlu membawa bekal dari rumah.

Kawasan tersebut juga dilengkapi dengan tempat sampah agar pengunjung tidak sembarangan membuang sampah dari kemasan makanan yang telah mereka beli.

Di tempat wisata ini juga terdapat toko cinderamata dimana Anda dapat menemukan oleh-oleh seperti daster dan kaos darah khas. Selain itu, bisa juga digunakan sebagai pakaian ganti setelah bermain air di air terjun.

Itulah beberapa pembahasan mengenai tempat wisata Air Terjun Cijalu yang sangat populer di Subang. Selain pemandangannya yang indah, ada juga mitos yang sangat menarik tentang cepat mendapatkan pasangan jika mandi di air terjun ini. Oleh karena itu bagi anda para jomblo wajib mencobanya dengan mengunjungi wisata ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button