Tempat Wisata

7 Tempat Jogging di Semarang, Fasilitas Olahraganya Lengkap!

Tempat joging di Semarang – Tentu Anda tahu salah satu kota di Indonesia tepatnya di Jawa Tengah yaitu Semarang. Namun, mungkin masih ada sebagian orang yang belum mengetahui tentang salah satu kota terbesar di Indonesia ini.

Kebanyakan orang mengatakan bahwa cuaca di kota ini tidak jauh berbeda dengan cuaca di Jakarta atau Surabaya yang bisa dikatakan panas terik. Memang benar kota Semarang pada siang hari sama panasnya dengan kota Jakarta dan Surabaya.

Meskipun cuaca di kota Semarang cukup panas, namun masih ada beberapa petak lokasi yang sejuk dan asri. Sehingga sangat cocok untuk anda sebagai tempat jogging di Semarang pada pagi atau sore hari.

Tempat joging di Semarang

Berikut rekomendasi tempat jogging di Semarang yang bisa Anda pilih sebagai tempat pembakaran lemak:

1. Lapangan Simpang Lima Semarang

Lapangan Simpang Lima SemarangLapangan Simpang Lima Semarang

Ini sebenarnya adalah pusat dari Car Free Day Semarang yang dimulai pada hari Minggu dari jam 6 pagi sampai jam 9 pagi. Persimpangan ini tidak hanya ramai dengan orang-orang yang berolahraga, tetapi ada beberapa kelompok masyarakat yang memanfaatkan kesempatan ini untuk berkumpul dengan anggotanya.

Anda juga bisa mengikuti senam aerobik massal yang tentunya lebih menyenangkan. Selain itu, banyak juga pedagang kaki lima yang berlomba-lomba menjual dagangannya kepada pengunjung.

Beberapa komunitas yang menunjukkan eksistensinya seperti komunitas penyayang binatang yang memamerkan hewan peliharaannya kepada orang yang lewat.

Kunjungi juga: 41 Destinasi Wisata Terpopuler di Semarang

2. Tingginya air di Kanal Barat

Pasang naik Kanal Barat dalam hitungan detikPasang naik Kanal Barat dalam hitungan detik

Saat akhir pekan tiba, Kanal Banjir Barat dipadati orang. Kawasan yang fungsi utamanya sebagai penangkal banjir ini kini menjadi tempat populer bagi warga sekitar untuk berolahraga, terutama jogging atau jogging.

Kawasan ini dulunya merupakan kawasan rerumputan tinggi yang rimbun dan menjadi rumah bagi banyak spesies ular, namun kini berubah menjadi tempat yang populer bagi warga untuk menghabiskan pagi atau sore hari untuk berolahraga atau sekedar bersantai.

Kunjungi juga: 49 tempat makan enak di Semarang

3. Taman Tugu Muda Semarang

Taman Tugu Muda Semarang via GenpiTaman Tugu Muda Semarang via Genpi

Taman yang satu ini pasti sudah dikenal oleh para wisatawan. Karena taman ini merupakan taman yang letaknya bersebelahan dengan salah satu tempat wisata terkenal di Semarang yaitu Lawang Sewu dan juga Museum Mandala Bhakti.

Tentunya setiap wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini akan singgah sebentar di taman yang satu ini. Ingatlah bahwa taman memorial ini adalah tempat untuk mengenang para pahlawan yang telah berlaga di medan perang selama lima hari di Semarang.

Pada malam hari, taman monumen ini digunakan oleh anak muda untuk berfoto dengan lampu warna-warni. Taman ini juga cocok sebagai tempat jogging di Semarang yang juga modern.

4. Taman Sampangan

Taman Sampangan via Dotsemarang.blogspotcomTaman Sampangan via Dotsemarang.blogspot.com

Taman Sampangan merupakan salah satu ruang terbuka hijau yang diresmikan pada tahun 2013. Taman Sampangan, sesuai dengan namanya, terletak di kawasan Sampangan atau dulunya merupakan pasar tradisional.

Di taman ini terdapat berbagai fasilitas seperti bangku, area wifi atau bahkan area bermain yang sangat digemari oleh anak-anak. Tentunya karena taman ini tergolong taman baru, pepohonan yang ada masih belum rimbun dan rindang untuk dijadikan tempat jogging di Semarang.

Namun, taman ini juga cukup ramai, terutama di sore hari atau di akhir pekan. Taman ini juga terkadang digunakan oleh masyarakat untuk berkumpul untuk kumpul-kumpul.

Selain itu, juga banyak digunakan untuk kegiatan lainnya. Menjadi tempat berkumpulnya orang-orang, tak pelak lagi banyak pedagang yang menjajakan dagangannya di pinggiran taman ini.

Kunjungi juga: 7 Tempat Wisata Paling Hits Untuk Keluarga di Semarang

5. Taman Srigunting

Taman Srigunting via Tripadvisor - 7 tempat jogging di Semarang dengan fasilitas olahraga lengkap!Taman Srigunting melalui Tripadvisor

Taman Srigunting adalah salah satu spot di kawasan kota tua Semarang. Terletak di Jalan Letjend Suprapto 32 Kawasan Kota Lama atau di sebelah kiri Gereja Bleduk dan sudah dibangun sejak zaman penjajahan Belanda.

Dulu, pada zaman Belanda, taman ini digunakan sebagai panggung parade berupa parade plein. Namun, kini telah menjadi ruang terbuka hijau berupa taman dan digunakan sebagai tempat berkumpul atau kegiatan masyarakat.

Anda bisa berlari atau melakukan aktivitas lainnya. Anda dapat bersepeda melalui taman di pagi atau sore hari untuk menikmati pemandangan dan suasana sejuk.

Kompetisi Tarung Tri GOR ke-6

GOR Tri Fighting Competition Foto oleh Johan Surya - 7 jogging track di Semarang, fasilitas olahraganya lengkap!Lomba Tarung GOR Tri Foto oleh Johan Surya

Rekomendasi tempat jogging di Semarang yang direkomendasikan Wisataseru.com selanjutnya adalah GOR Tri Lomba Juang yang terletak di Jalan Tri Lomba Juang Mugassari.

Tri Competition Juang GOR ini bisa Anda jadikan pilihan tempat berlatih bersama keluarga atau pasangan. Tempatnya mudah diakses dari semua orang di seluruh pelosok kota Semarang.

GOR Tri Lomba Juang sendiri baru diresmikan pada Januari 2017, tempat ini memiliki fasilitas olahraga yang cukup banyak, bisa dibilang sangat memadai.

Anda bisa memilih gor ini sebagai tempat berolahraga tubuh, baik itu ingin jogging atau berolahraga dengan fasilitas yang tersedia.

Anda tidak akan dikenakan biaya atau biaya apapun untuk berolahraga di sini. Tak jarang, tempat ini juga menjadi pilihan berbagai komunitas untuk berolahraga secara massal, sehingga di sini Anda bisa menemukan komunitas olahraga yang berbeda.

Jika Anda datang ke Gor ini bisa menjadi pilihan daripada pergi ke gym yang membutuhkan langganan bulanan. Di sini Anda bisa menikmati jogging track khusus yang cukup padat.

Juga jangan lewatkan: 27 Kafe Paling Populer di Semarang

7. Buang Tembalang

Undip Tembalang via Skyscrapercity - 7 tempat jogging di Semarang, fasilitas olahraganya lengkap!Hapus Tembalang melalui Skyscrapercity

Tempat joging terakhir di Semarang yang direkomendasikan Wisataseru.com adalah Undip Tembalang. Tentunya tempat ini sangat familiar bagi mahasiswa Universitas Diponegoro, karena tempat ini merupakan salah satu lapangan olahraga yang sering digunakan oleh mahasiswa dan juga warga sekitar.

Undip Tembalang memiliki area yang sangat luas, sehingga sangat cocok digunakan sebagai tempat membakar kalori secara gratis.

Tak heran banyak orang memilih Undip Tembalang sebagai tempat lari atau jogging. Tak jarang, tempat ini juga dipilih sebagai tempat bersepeda. Jika Anda suka jogging bahkan bersepeda, Anda bisa datang ke Undip Tembalang.

Dan yang kerennya, Undip Tembalang sangat mendukung untuk membantu kamu joging dengan maksimal.

Menyimpulkan

Bahkan, spot joging di Semarang cukup banyak yang menjadi favorit warga Semarang. Namun selain lapangan dan taman, di Semarang Anda juga bisa mengunjungi tempat fitnes yang bisa digunakan untuk kegiatan olahraga, misalnya Tri Competition Juang Semarang. Namun, ini memberi Anda kesempatan untuk berlatih olahraga seperti jogging atau bulu tangkis.

Demikian laporan tempat joging di Semarang yang direkomendasikan Wisataseru.com untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Periksa juga: 10 Tempat Wisata di Dataran Tinggi Semarang

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button