Berita Wisata

6 Wisata Bukit di Banyuwangi, Tempat memanjakan mata

Jika Anda senang menjelajahi pemandangan alam di dataran tinggi di Kabupaten Banyuwangi, ada sejumlah wisata untuk mendaki bukit.

Menikmati keindahan alam tidak harus mendaki gunung, ada sejumlah bukit di Banyuwangi yang menawarkan panorama Selat Bali, perkebunan, taman bunga, dan pegunungan. Bahkan ada wisata yang menawarkan kolam di atas bukit dengan panorama pedesaan.

Berikut ini adalah wisata panjat tebing di Banyuwangi yang wajib Anda coba.

1. Bukit Wisata Puncak Asmoro

6 Wisata Bukit di Banyuwangi, Tempat memanjakan mata di ketinggian  Puncak Asmoro/Instagram.com @acheromabwx

Berikutnya adalah bukti wisata Puncak Asmoro. Anda dapat yakin bahwa jika Anda pergi ke sana, Anda tidak akan kecewa. Sesampainya di puncak bukit dari Wisata Puncak Asmoro, Anda akan melihat hamparan berbagai bunga yang sengaja ditanam dan terawat.

Tak hanya itu, Anda juga bisa melihat panorama Selat Bali dari tengah hamparan bunga. Wisata Puncak Asmoro terletak di lingkungan Kacang Asri, Desa Gombeng, Gombengsari, Kecamatan Kalipuro.

Untuk menuju ke sana, Anda akan melewati jalan tanah di desa dengan pemandangan kebun kopi. Sesampainya di sana, Anda harus memarkir sepeda di bawah lalu naik ke atas bukit.

Wisata yang dikelola sendiri oleh masyarakat sekitar ini menyediakan gazebo, toilet, dan tempat duduk untuk menikmati keindahan alam.

Baca Juga : 10 Wisata Pantai Banyuwangi Yang Tak Kalah Indah Dari Bali

2. Candi Gumuk Hijau (GGC)

6 Wisata Bukit di Banyuwangi, Tempat memanjakan mata di ketinggian  Candi Gumuk Hijau/Instagram.com @Greengumukcandi

Candi Gumuk Hijau adalah sebuah menara bukit di Banyuwangi yang terkenal dengan kolam renangnya di puncak dengan pemandangan yang indah. Selama kunjungan Anda, Anda bisa berenang di kolam sambil menikmati panorama Selat Bali.

Candi Gumuk Hijau terletak di Dusun Gumuk Candi, RT 03 RW 04, Kecamatan Songgon. Cukup membayar tiket masuk Rp 10 ribu untuk anak-anak dan Rp 15 ribu untuk dewasa, Anda sudah bisa menikmati keindahan panorama alam di atas bukit.

Sirkuit yang cocok untuk liburan keluarga ini buka mulai pukul 08.00 hingga 17.00. Kolam renang yang tersedia cukup lengkap, dari anak-anak hingga dewasa.

3. Bukit Mondoleko

6 Wisata Bukit di Banyuwangi, Tempat memanjakan mata di ketinggian  Bukit Mondoleko/Instagram.com @devioctaviani87

Bukit Mondoleko terletak di kawasan persawahan, Desa Sragi, Kecamatan Songgon. Untuk menuju ke sana, Anda harus melintasi persawahan, hutan pinus penduduk dan menyeberangi sungai. Cukup berat memang, tapi rasa lelah itu akan terbayar saat sudah sampai di puncak bukit.

Dari atas Bukit Mondoleko, Anda akan disuguhi pemandangan taman yang dilatarbelakangi oleh Pegunungan Raung. Tak hanya itu, jalur mendaki Bukit Mondoleko juga terdapat Gua Jepang. Dari arah awal, lokasi bukit berada di jalan yang lurus, sedangkan jika ada belokan ke kanan berarti menuju ke arah goa.

4. Bukit Sewu Sambang

6 Wisata Bukit di Banyuwangi, Tempat memanjakan mata di ketinggian  Sewu Sambang/Instagram.com @samdawus

Apalagi Bukit Sewu Sambang merupakan tempat untuk menikmati keindahan kota dan Selat Bali yang sangat populer di Banyuwangi. Terletak di kawasan Perhutani, Lingkungan Papring, Kecamatan Kalipuro, bukit ini memiliki ketinggian 200 meter di atas permukaan laut.

Sesampainya di puncak, Anda akan melihat keindahan Selat Bali di sebelah timur, Pegunungan Ijen di sebelah barat, sedangkan di sebelah utara terdapat tebing dan pegunungan Taman Nasional Baluran.

Lokasi wisata Sewu Sambang berada di Kalipuro, berbatasan dengan desa Ketapang dan desa Papring. Dari kawasan perkotaan Banyuwangi, Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 30 menit. Namun, dengan jalan yang sempit, Anda hanya bisa sampai ke sana dengan kendaraan roda dua.

Wisata yang dijalankan oleh masyarakat sekitar ini juga menawarkan penyewaan tenda, lengkap dengan kayu untuk membuat api unggun.

Untuk masuk ke dalamnya, Anda hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 5 ribu. Dengan harga tiket yang murah, Anda bisa mendapatkan banyak fasilitas mulai dari gazebo untuk bersantai, mushola dan toilet. Dari tempat parkir Anda cukup berjalan ke atas bukit dan menikmati pemandangan indah dari atas sana.

5. Bukit Watudodol

6 Wisata Bukit di Banyuwangi, Tempat memanjakan mata di ketinggian  Bukit Watu Dodol/Instagram.com @ludviyatus

Bukit Watu Dodol juga menjadi spot favorit untuk mengagumi pemandangan Selat Bali dari ketinggian. Apalagi bukit ini memang berada di tepi Selat Bali, tepatnya bersebelahan dengan obyek wisata Watu Dodol, Dusun Gumukremuk, Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro.

Bukit Watu Dodol juga menjadi spot favorit untuk mengabadikan momen matahari terbit sambil menikmati pemandangan dari kursi yang tersedia. Anda bisa mendapatkan gambaran matahari terbit dengan siluet patung Gandrung raksasa yang berdiri di sana.

Di bukit Anda juga akan menemukan makam yang konon adalah makam Syekh Maulana Ishak dan Putri Sekardadu. Jika Anda beruntung, Anda juga akan menemukan lutung hitam di sana. Bukit Watudodol adalah kawasan KPH Perhutani Banyuwangi utara.

6. Bukit Teletubies

6 Wisata Bukit di Banyuwangi, Tempat memanjakan mata di ketinggian  Bukit Teletubbies/ Instagram.com @theosspr

Berikutnya adalah Bukit Teletubbies di Jl. Grajagan, Sawah, Glagahagung, Kabupaten Purwoharjo. Seperti namanya, bukit ini ditumbuhi rerumputan seperti di film Children’s Teletubbies.

Bukit ini banyak dikunjungi pecinta berkuda dan mendirikan tenda untuk menginap. Akses ke sana saat ini masih gratis.

Jika Anda memiliki rencana liburan ke Pulau Merah, Alas Purwo atau Pantai Grajakan, Anda bisa singgah di bukit ini untuk bersantai.

Baca Juga: 7 Hutan Mangrove di Banyuwangi, Wisata Sambil Belajar Konservasi Alam

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: jatim.idntimes.com

Related Articles

Back to top button