Tempat Wisata

Desa Budaya Betawi Setu Babakan (Harga & Review Tiket)

Desa Budaya Betawi Setu Babakan (Strategi)Desa Budaya Betawi Setu Babakan (Strategi)

Desa Budaya Betawi Setu Babakan atau juga dikenal dengan Desa Wisata Desa Betawi adalah tempat wisata yang didedikasikan untuk suku Betawi sebagai tempat penciptaan budaya tradisional.

Tempat wisata ini terbuka untuk umum. Pengunjung yang datang ke sini bisa belajar banyak hal, terutama tentang budaya Betawi, baik melalui peninggalan fisik maupun tak berwujud. Anda tertarik berkunjung ke sini? Lihat peringkatnya!

Rating Tempat Wisata Desa Budaya Betawi Setu Babakan

Kampung Budaya Betawi Setu Babakan (upkpbb)Kampung Budaya Betawi Setu Babakan (upkpbb)

alamat : J L. Moch Kahfi II, RT.13/RW.8, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
map : klik disini
jam buka : 09.00 – 15.00 WIB
Biaya masuk : Rp 20.000,00

Sejauh ini, belum banyak desa wisata di Indonesia. Namun, Desa Wisata Desa Betawi ini sudah dirintis.

Dengan konsep yang unik, Kampung Wisata Kampung Betawi ini bahkan berhasil meraih juara pertama sebagai Kampung Wisata Terbaik di Indonesia Tourism Village Award 2021 dalam kategori CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability).

Pengunjung yang datang ke sini tidak akan bosan karena Desa Budaya Betawi Setu Babakan menawarkan berbagai macam zona dan atraksi menarik, antara lain:

1. Zona Statis

Ada beberapa wahana di zona statis ini untuk Anda jelajahi antara lain:

A. Museum Betawi

Museum Betawi (tagar)Museum Betawi (tagar)

Museum Betawi di Desa Budaya Betawi Setu Babakan bertempat di sebuah bangunan berlantai dua. Di dalam, barang-barang dari masa lalu yang digunakan oleh orang Betawi dipajang. Mulai dari pakaian adat Betawi, kesenian tradisional Betawi yaitu ondel – ondel, informasi tentang makanan khas Betawi, produk budaya Betawi, alat musik tradisional, perabotan rumah tangga Betawi, alat kerja hingga replika transportasi.

Lukisan juga dipajang di dinding. Anda juga dapat menemukan lukisan orang-orang terkenal di museum ini, seperti lukisan wajah aktor Betawi tua Benjamin Sueb, lukisan wajah komposer Ismail Marzuki dan beberapa tokoh Betawi terkenal.

Semua hal yang dipamerkan di Museum Betawi akan membangkitkan ingatan pengunjung tentang Betawi Tempo Doeloe.

Atau ingin mengunjungi museum dengan konsep modern? Anda bisa pergi ke Museum Moja. Baca ulasannya: Museum Moja, museum paling instagramable di Jakarta

Baca juga: Museum MACAN: Wisata Seni Menarik di Kota Jakarta

B. Amfiteater

Amfiteater (Majalah Travellink)Amfiteater (Majalah Travellink)

Amfiteater ini merupakan arena terbuka di Kampung Budaya Setu Babakan, yang biasanya digunakan sebagai tempat pertunjukan hiburan, arena pertunjukan seni, atau tempat berbagai kegiatan lainnya.

Amfiteater berkapasitas 600 orang dengan kursi penonton berbentuk tribun. Panggung utama berada di tengah arena, tepinya adalah kolam ikan.

Selain melihat pertunjukan budaya, wisatawan juga dapat mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh pengelola Kampung Budaya Betawi Setu Babakan. Kegiatan tersebut meliputi latihan menari, memainkan alat musik Betawi, pelatihan pencak silat, pelatihan membatik, pelatihan teater, dan pelatihan gambang kromong.

C. Kolam ikan

Tambak (Metrotempo)Tambak (Metrotempo)

Ada kolam ikan, yang tidak hanya berfungsi sebagai kolam ikan untuk melihat keindahan ikan, tetapi juga bisa menjadi tempat terapi ikan. Terapi ikan sendiri diketahui menawarkan banyak manfaat mulai dari pereda nyeri sendi dan rematik hingga terapi saraf.

Karena terapinya sendiri tidak bisa dilakukan untuk banyak orang sekaligus. Namun hanya dibatasi untuk 7 orang dengan durasi 10 menit per sesi.

Sebelum memulai terapi ikan, Anda harus mencuci kaki terlebih dahulu agar akuarium tetap bersih. Sedangkan pengunjung dengan riwayat penyakit kulit atau diabetes dilarang mencoba terapi ikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sekaligus memberikan kenyamanan bagi peserta terapi.

D. Agrowisata

Agrowisata Setu Babakan (Kompas Wisata)Agrowisata Setu Babakan (Kompas Wisata)

Selain wisata budaya, pengunjung juga dapat menikmati wisata pertanian atau agrowisata di Kampung Budaya Betawi Setu Babakan. Areal perkebunan yang dijadikan lokasi agrowisata terletak di pelataran tempat wisata dan homepage masyarakat.

Jenis tumbuhan yang ditemukan sangat beragam mulai dari melinjo, mangga, kweni, rambutan, kecapi, jambu biji, jamblang, krendang, buni, nangka, nam-nam, jambu mete, alpukat, kiwi, cempedak, bacang, jengkol hingga petai. Pengunjung dapat mengambil hasil pertaniannya dengan membayar biaya pemeliharaan agrowisata sebesar Rp10.000.

2. Zona dinamis

Rumah Adat Setu Babakan Betawi (Kompas)Rumah Adat Setu Babakan Betawi (Kompas)

Di zona ini Anda akan menemukan rumah-rumah tradisional Betawi yang melekat erat dengan nilai-nilai budaya yang tidak akan luntur. Ada berbagai jenis rumah tradisional Betawi yaitu rumah panggung, rumah gudang, rumah joglo dan juga rumah bapang.

Rumah Adat Betawi juga disewakan sebagai homestay. Pengunjung yang suka menikmati suasana malam hari di Kampung Budaya Betawi Setu Babakan bisa menginap di homestay ini dengan harga sewa mulai dari 1 juta rupiah per malam. Hanya saja tidak semua orang bisa menyewa secara langsung, harus ada izin pengelolanya terlebih dahulu.

Ada juga masjid dengan arsitektur Betawi yang disebut Masjid Baitul Makmur. Biasanya, berbagai kegiatan keagamaan seperti pengajian atau sholat berjamaah dilakukan di sini dari pagi hingga sore.

Ada juga paket wisata religi. Pengunjung dapat berwisata atau berziarah ke beberapa makam yang ada, yaitu Makam Ratu Nyi Ros Kembang Pandan Wangi dan Makam Dato.

3. Pelayaran danau

Desa Setu Babakan BetawiDesa Setu Babakan Betawi

Kampung Budaya Betawi Setu Babakan terletak di kawasan Setu Babakan. Setu Babakan adalah sebuah danau yang luas dengan udara yang sejuk dan segar, sehingga terlihat seperti oase di tengah panasnya udara Jakarta.

Danau ini juga cukup luas, disekitarnya terdapat beberapa tempat duduk dengan meja dan pemandangan danau. Sangat cocok sebagai tempat bersantai dan bersantai. Anda juga bisa berjalan-jalan menikmati indahnya suasana di sekitar danau.

Danau Setu Babakan juga memiliki beberapa atraksi air yang menarik seperti bermain bebek, perahu dayung dan perahu naga. Harga yang harus dibayar pengunjung yang tertarik menikmati seluncuran air mulai dari Rp10.000 per jam atau tiga putaran.

4. Wisata kuliner dan oleh-oleh

Makan di Kampung Budaya Setu Babakan (inews)Makan di Kampung Budaya Setu Babakan (inews)

Perburuan wisata kuliner juga tidak boleh dilewatkan. Jika ingin menikmati berbagai makanan khas Betawi, Anda bisa datang langsung ke Restoran Betawi di Kompleks Kampung Budaya Betawi Setu Babakan.

Menunya banyak mulai dari Soto Betawi, Kerak Telor, Laksa, Es Selendang Mayang hingga aneka kue dan jajanan Betawi.

Di Jakarta sendiri cukup banyak tempat untuk mencari wisata kuliner. Misalnya, jika Anda kurang puas berburu wisata kuliner di sini, Anda bisa datang ke Petak Enam di Chandra yang memiliki banyak tenant kuliner, atau Pantjoran Chinatown PIK yang menjual berbagai macam masakan khas China.

Membaca : Petak Six at Chandra, wisata kuliner baru yang wajib dikunjungi di Jakarta

Baca juga: Pantjoran Chinatown PIK, pusat kuliner Cina di Jakarta

Anda juga bisa berbelanja berbagai merchandise di Gift Center – by Setu Babakan Kampung Budaya Betawi. Anda bisa menemukan kaos Jakarta, gantungan kunci, mug, pensil, souvenir, miniatur Kampung Budaya Setu Babakan, miniatur Jakarta dan lain sebagainya.

5. Atraksi selama naik kereta tertutup atau menunggang kuda

Tempat Wisata di Desa Budaya Setu Babakan (youtube)Tempat Wisata di Desa Budaya Setu Babakan (youtube)

Karena arena desa ini luas, Anda dapat berkeliling dengan kereta atau kuda. Objek wisata ini merupakan sarana transportasi tradisional sebagai fasilitas pelayaran wisata di Kampung Budaya Betawi ini. Tarif per jam adalah Rp 50.000.00.

Jika Anda bepergian ke sini, jangan lupa untuk mengambil foto. Jika tidak membawa kamera sendiri, Anda bisa menggunakan jasa foto yang menawarkan jasa atraksi wisata dengan harga mulai dari Rp 25.000.00.

Kalau mau foto lebih cantik juga bisa sewa baju Betawi mulai dari baju Keancang atau Baji Encim, Baju Kakak dan Non, Baju Pangsi dan Baju Sadarah dengan harga Rp 350.000,00 per jam.

6. Fasilitas wisata

Desa Budaya Betawi Setu Babakan (Indonesia)Desa Budaya Betawi Setu Babakan (Indonesia)

Ada berbagai macam fasilitas wisata yang disediakan oleh pengelola untuk wisatawan diantaranya:

  • Parkir Kendaraan
  • ruang sholat
  • ampiteater
  • tempat bermain anak-anak
  • warung makan dan minum
  • toko suvenir dan banyak lagi

Wisata apa lagi yang ada di Jakarta?

Selain berwisata di Kampung Budaya Betawi Setu Babakan yang memiliki banyak wahana menarik bagi wisatawan, Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata di Jakarta lainnya. Wisata alam di Jakarta juga direkomendasikan. Membaca : 10 tempat wisata alam di jakarta yang cocok untuk wisata akhir pekan

Baca juga: 31 Tempat Wisata di Jakarta Yang Wajib Dikunjungi

Bagi Anda yang berada di Jakarta dan ingin mengetahui lebih jauh tentang Kampung Betawi dan berbagai peninggalan masa lalu, Anda bisa datang langsung ke Kampung Budaya Betawi Setu Babakan. Dapatkan pengalaman wisata yang menarik di sana.

Source: anekatempatwisata.com

Related Articles

Back to top button