Tempat Wisata

Brown Canyon, Tebing Batuan yang Mempesona di Semarang Seperti Grand Canyon

Brown Canyon, wisata bukit indah yang menjadi tujuan para pecinta fotografi di Semarang. Grand Canyon yang menakjubkan seperti tebing berbatu menarik untuk Anda jelajahi saat liburan.

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Rowosari, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah; map: Cek lokasi

Brown Canyon sedang dicintai sekarang. Tambang yang masih aktif ini tiba-tiba menjadi tujuan wisata populer, incaran para penggiat foto. Meski hanya terdiri dari tebing-tebing yang menjulang tinggi, namun panorama eksotis tempat ini sukses memikat wisatawan dan dijuluki Grand Canyon-nya Indonesia.

Semarang selalu identik dengan wisata sejarah dan bangunan tua. Namun Brown Canyon yang tidak memiliki nilai sejarah, kini menjadi objek wisata yang diperhitungkan dengan matang di sana. Keindahan panoramanya berhasil menarik pengunjung baik dari dalam maupun luar kota. Wisatawan asing juga tertarik untuk mengunjungi tempat ini.

Pada awalnya, tempat ini hanyalah puncak bukit untuk proyek pertambangan yang telah ada selama beberapa dekade. Perbukitan dan tanah situs ini sering digali, sehingga tebing-tebing yang kini menjulang mulai terbentuk akibat proses penggalian dan transformasi alam sekitarnya. Tanpa sengaja, pemandangan tebing berwarna pasir tersebut menarik perhatian dan menjadi viral berkat media sosial.

Atraksi Brown Canyon

Atraksi Brown CanyonSumber gambar: Twitter finemo

Tempat ini adalah daerah perbukitan biasa, bukan objek wisata. Namun, kemiripan kontur tebing terjal dengan wisata Grand Canyon Amerika membuatnya menjadi tempat yang banyak diburu untuk fotografi. Liputan media sosial akhirnya mengubah tempat ini menjadi tujuan wisata. Berikut beberapa tempat wisata yang bisa Anda temukan di Brown Canyon.

1. Spot foto yang unik dan indah

Secara umum, tujuan pengunjung datang ke sini adalah untuk mengambil foto yang indah dan unik. Anda dapat mengambil foto narsis dengan Latar Belakang tebing terjal yang menjulang tinggi di sini. Ini adalah tempat foto yang populer bagi pengunjung. Ambil foto sempurna di antara dua tebing tinggi dengan sedikit teknik foto untuk menghias akun Anda media sosial Anda.

Selain dua tebing tinggi, ada satu lagi tebing besar yang juga sering dijadikan spot foto. Para pecinta fotografi biasanya menggunakan kamera wide-angle untuk mendapatkan hasil jepretan dengan panorama yang lebih luas.

Dibantu dengan adanya bebatuan besar yang bisa Anda gunakan sebagai penunjang, spot foto ini bisa diambil dari berbagai sudut dan menghasilkan foto yang indah dan menawan.

Spot foto lainnya adalah sawah di sekitar area pertambangan.

2. Kolam alami

Daya tarik Brown CanyonKredit foto: Instagram Explore Semarang

Keberadaan kolam dengan tepi memanjang menjadi salah satu daya tarik lokasi Brown Canyon. Area di sekitar kolam sering dipadati pengunjung. Karena keberadaan kolam ini menjamin kesejukan di tengah pasir dan bebatuan yang kering.

Kolam ini adalah fasilitas cerukan yang tidak disengaja. Selama musim hujan, cekungan besar di tebing dipenuhi air hujan. Seiring waktu, sebuah kolam muncul, yang sekarang populer di kalangan wisatawan. Meski hanya berupa kolam hujan, spot ini menjadi spot favorit pengunjung untuk menunggu matahari terbenam.

Dari tepi kolam Anda bisa menikmati indahnya sunset dan kesejukan kolam alami. Perpaduan indah di tengah tebing yang berdiri megah tinggi. Pilihan keindahan alam yang hanya bisa Anda temukan di sini.

3. Pepohonan di Tebing

Mengingat tempat ini awalnya berbukit, maka tidak heran jika di puncak tebing banyak terdapat pepohonan. Karena tebing merupakan transformasi dari bukit setelah mengalami proses penambangan atau penggalian.

Latar belakang hijau di tebing yang menjulang tinggi menjadi subjek foto yang menarik untuk diabadikan. Apalagi dipadukan dengan langit biru cerah. Pesona yang tak terbantahkan.

4. Rute ekstrim

Rute yang harus Anda tempuh untuk menuju situs Brown Canyon cukup sulit. Karena ini adalah daerah perbukitan, sebagian besar jalan masih terjal. Bagi yang suka motocross off-roadrute ini akan menjadi tantangan yang menyenangkan.

Pengendara sepeda motor bisa langsung masuk ke jalur tebing, kondisi jalan lebih datar, namun debu beterbangan ke jalan dan menutupi jalan menjadi tantangan tersendiri. Daerah ini dikenal dengan penambangan pasir, lumpur, dan batuan padat, sehingga debu pasti ada di mana-mana. Bahkan ban sepeda motor terendam debu setebal 10 cm.

Bagi pengendara, tantangan datang dari bebatuan di area penambangan sebelum memasuki area tebing. Untuk itu disarankan menggunakan mobil yang belum dimodifikasi dan cocok untuk medan terjal.

Alamat dan rute menuju situs Brown Canyon

Alamat Brown CanyonKredit foto: Google Maps Feri Dwi Musli

Tempat ini berjarak 2 kilometer arah selatan stasiun TVRI, yaitu di kawasan Rowosari, Kota Semarang. Lokasinya cukup jauh dari pusat kota Semarang, Jawa Tengah. Jika ingin kesana disarankan menggunakan kendaraan roda dua atau jeep. Mengingat akses jalan yang tidak terlalu bagus karena merupakan area pertambangan, maka tidak disarankan menggunakan mobil mewah apalagi apartemen.

Jangan lupa untuk menggunakan masker atau buff, serta kacamata untuk menghindari debu. Karena tempat ini memang merupakan tambang pasir yang berdebu. Oleh karena itu, lebih baik jika Anda berkunjung di luar jam penambangan dan menghindari kebisingan, truk yang lewat, dan banyak debu di udara.

Rute yang bisa Anda tempuh untuk menuju Brown Canyon dari Semarang bagian timur adalah melalui Jalan Fatmawati menuju Ketileng. Lanjutkan di jalur kiri menuju Klipang Golf. Dari sana, berkendara ke jembatan Besi ke pertigaan, lalu belok kanan, setelah 2 kilometer Anda akan mencapai tebing berbatu ini.

Bagi yang datang dari arah Solo atau Yogya bisa melalui jalur Banyumanik. Berkendara ke Tembalang untuk menuruni area Sigar Bencah. Saat sampai di perempatan Pasar Meteseh, ambil jalan lurus untuk sampai ke Brown Canyon. Jika Anda mengalami kesulitan, Anda dapat mengambil bantuan aplikasi panduan dan bertanya kepada penduduk setempat.

Tiket Masuk Brown Canyon Semarang

Harga tiket Brown CanyonKredit foto: Facebook Malaria House

Untuk menikmati keindahan Brown Canyon, pengunjung tidak dikenakan biaya masuk. Karena kawasan ini bukan kawasan wisata resmi. Tidak ada pengelolaan, baik dari pemerintah maupun dari pihak swasta. Namun, beberapa kali terjadi pungutan liar sebesar lima ribu rupiah per sepeda motor. Biasanya pengunjung datang pada sore hari untuk menghindari kebisingan penambangan dan pungutan liar.

Tidak ada jam operasional khusus di lokasi Brown Canyon, tetapi karena ini adalah lokasi penambangan aktif, sebaiknya berkunjung pada sore hari setelah jam berakhir atau saat penggalian selesai. Agar tidak mengganggu proses penambangan dan liburan Anda juga tidak akan terganggu oleh aktivitas para penambang.

Saat mengunjungi tempat ini, jadikan keselamatan sebagai prioritas. Selain truk yang lewat, waspadai bebatuan besar dan saat sepeda motor melintasi jalur tebing. Kondisi debu yang berat seringkali menyebabkan ban sepeda motor selip, lepas. Berkendara dengan kecepatan sedang dan pastikan kendaraan Anda dalam kondisi optimal saat Anda berkunjung.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Brown Canyon

Aktivitas Brown CanyonSumber gambar: Google Maps Dina Nabella

1. Bersantai di tepi kolam renang

Hiburan favorit pengunjung situs Brown Canyon adalah duduk dan bersantai di tepi kolam alami. Menikmati sejuknya udara sambil memandangi indahnya tebing-tebing yang menjulang tinggi dengan warna coklat yang eksotis dan pepohonan yang tumbuh diatasnya, semakin sempurna panorama yang memanjakan mata.

Dari tepi kolam ini Anda juga bisa menikmati pemandangan yang indah matahari terbenam saat sore hari. Momen luar biasa yang perlu diabadikan melalui lensa kamera Anda untuk disimpan sebagai memori.

2. Ambil foto

Tujuan utama pengunjung datang ke situs Brown Canyon adalah untuk berfoto dengan objek-objek alam yang ada di area tersebut atau menggunakannya sebagai background selfie. Bahkan tak jarang kedua mempelai melakukan pemotretan di lokasi ini sebelum pernikahan.

Lokasi syuting paling umum di taman alam populer ini biasanya berada di belakang area pertambangan. Area yang lebih datar dan tidak terlalu berdebu. Dari sini Anda juga bisa melihat matahari terbenam. Kegiatan fotografi sangat populer di sini karena tempat ini memiliki pesona keindahan tersendiri.

3. Ikuti proses penambangan secara langsung

Karena penambangan ini masih beroperasi, Anda bisa melihat langsung proses penambangannya. Hiruk pikuk eskavator dan truk yang melintas menjadi pemandangan unik di tengah indahnya pemandangan Brown Canyon.

4. Nikmati keindahan alam

Lokasinya yang cukup jauh dari kota membuat tempat ini begitu cocok untuk menenangkan diri sambil menikmati keindahan alam yang disuguhkan. Tentu saja, Anda hanya mendapatkan kedamaian dan ketenangan ini di sore hari, ketika proses pencarian selesai. Anda bisa menikmati sore hari di bawah tebing yang berdiri berdampingan seolah membingkai matahari terbenam.

Anda juga bisa menikmati akumulasi perbukitan yang mulai membentuk tebing dengan beberapa tanaman di sisinya, ditemani langit sore yang rindang dan semilir angin yang sejuk memberikan ketenangan dan menghilangkan penat. Keindahan alam yang tidak akan Anda temukan di tempat lain.

Fasilitas yang tersedia di Brown Canyon

Fasilitas Brown CanyonKredit foto: Google Maps Windyo Laksono

Seperti yang disebutkan dalam ulasan di atas, tempat ini bukanlah objek wisata resmi. Belum ada pihak terkait yang mengelola tempat ini sebagai destinasi wisata. Situs ini merupakan area penambangan pasir, batu dan urukan yang masih beroperasi. Oleh karena itu, tidak ada fasilitas umum atau fasilitas penunjang bagi pengunjung yang datang.

Pengunjung yang datang ke sini hanya akan mendapatkan pemandangan alam, objek foto dan tempat-tempat yang bisa dijadikan background foto selfie. Juga tidak ada ruang khusus untuk parkir kendaraan. Beberapa alat berat penambang juga diparkir sembarangan di area penambangan.

Semua pengunjung yang datang diharapkan membawa barang-barang kebutuhan pokok seperti obat-obatan, air minum, persediaan makanan, tisu kering dan basah, masker, topi dan kacamata untuk keamanan dan kenyamanan Anda. Karena di sini tidak ada toko atau warung yang menawarkan obat-obatan atau kebutuhan pribadi bahkan makanan dan minuman.

Ini dia kilas balik lengkap Brown Canyon Hills Tour yang saat ini sedang hits dan menjadi objek wisata populer di kalangan milenial. Keindahan alam Indonesia yang tidak kalah dengan keindahan wisata luar negeri. Semoga ulasan ini cukup untuk memberi Anda kesan tentang wisata ini. Pastikan Anda sudah mempersiapkan diri baik secara fisik maupun dengan perbekalan sebelum menuju ke sini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button