Berita Wisata

IPB: Wisata selam di Indonesia terlindungi dari kerusakan ekosistem

Hanya 28,6% terumbu karang yang dapat dimanfaatkan untuk wisata selam.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Potensi wisata selam di Indonesia cukup besar, namun terhambat oleh kerusakan ekosistem. Meski lebih dari 70% spesies terumbu karang dunia terdapat di Indonesia, namun hanya 28,6% yang dapat dimanfaatkan untuk wisata selam karena rusaknya ekosistem.

“Jalan yang tepat untuk pemulihan adalah konservasi ekosistem laut yang mendukung wisata bahari, salah satunya wisata menyelam untuk melihat terumbu karang yang beraneka ragam dan indah,” ujar guru besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dari Institut Pertanian Bogor itu. (IPB) Prof. Fredinan Yulianda dalam presentasi daringnya di Bogor, Jawa Barat, Kamis (20/10/2022).

Ia mengatakan, perilaku masyarakat selama ini yang masih sering mencemari perairan laut cukup merusak ekosistem laut, sehingga daya dukung ekonomi kelautan menjadi kurang optimal. Selain itu, kata dia, pembangunan berbasis lahan melalui penimbunan atau reklamasi juga berdampak karena dapat mengurangi luasan laut dangkal tempat tumbuhnya terumbu karang.

“Kegiatan ekonomi lainnya, seperti mengupas laut untuk menangkap ikan, juga merusak ekosistem laut,” katanya.

Menurut Fredinan, konservasi yang dilakukan dengan baik akan menyeimbangkan lingkungan laut dan kegiatan ekonomi masyarakat. Edukasi konservasi kepada masyarakat, instansi dan pengusaha pariwisata perlu ditingkatkan karena pertumbuhan karang membutuhkan waktu ratusan tahun.

Ia mengatakan dari 17.000 pulau kecil, Indonesia memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia dan jumlah garis pantai dengan tipe perairan dangkal yang mendukung keberadaan terumbu karang mencapai 99.000, juga memiliki 16.671 pulau yang dipenuhi dengan banyak terumbu karang di sekitarnya.

“Keanekaragaman saat ini menjadi aset utama ekowisata dengan mengutamakan sumber daya alam ekosistem terumbu karang,” ujarnya.

sumber: Antara

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button