Tempat Wisata

Pantai Sedahan Gunung Kidul – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, aktivitas, lokasi & harga tiket Pantai Sedahan salah satu pantai menawan di Girisubo, Gunung Kidul, Jogja. Pantai berpasir putih di antara perbukitan karang dengan berbagai panorama alam yang memanjakan mata.

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Pendovo, Yepitu, Kec. Girisubo, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; map: Cek lokasi

Memang tidak ada habisnya untuk mengunjungi setiap tempat wisata yang memiliki kekhasan tersendiri di kota Yogyakarta. Pantai Sedahan merupakan salah satu destinasi wisata yang namanya mulai populer di kalangan wisatawan. Terletak di kawasan Gunung Kidul, pantai ini memiliki pesona tersendiri.

Pemandangan pasir putih yang bertebaran di pantai ini terlihat begitu indah saat terkena sinar matahari. Tak hanya itu, ombak yang tidak terlalu besar menambah kesan eksotis pantai ini. Wisatawan yang datang akan betah dalam suasana tenang.

Jika Anda berencana untuk menghabiskan waktu liburan Anda di kota Gudeg ini, maka pantai ini menjadi salah satu pilihan yang harus ada dalam daftar Anda. Berikut adalah beberapa informasi tentang pantai untuk dijadikan referensi sebelum berkunjung.

Atraksi Pantai Sedahan

Tempat Wisata di Pantai SedahanKredit foto: Google Maps Husein Arbi

1. Perkemahan terbaik

Kondisi pantai yang landai dan dikelilingi tebing kapur membuat spot ini cocok untuk camping. Suasana yang sedikit lebih sepi dari aktivitas pengunjung menjadi alasan lain mengapa pantai ini cocok untuk berkemah.

Bagi Anda yang suka berkemah di luar ruangan, pantai ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Suasana pantai akan menjadi pengalaman baru bagi Anda dalam kegiatan camping ini, apalagi melakukannya bersama teman atau keluarga.

Ada banyak aktivitas malam hari yang bisa Anda lakukan saat berkemah di kawasan pantai ini. Salah satu yang sering dilakukan adalah menyalakan api unggun sambil memainkan musik dengan memetik gitar.

Namun sebelum mendirikan tenda di kawasan pantai ini, Anda perlu membayar biaya sewa tenda sebesar Rp 5000. Ada juga jasa sewa tenda bagi wisatawan yang tidak membawa berbagai perlengkapan camping.

2. Suasana tenang seperti di pantai pribadi

Letaknya yang berada di antara dua tebing kapur membuat Pantai Sedahan terlihat seperti pantai pribadi. Wisatawan yang berkunjung ke sana bisa bermain dengan bebas di pasir atau berjemur di bawah sinar matahari di pagi hari.

Suara ombak dapat menenangkan jiwa dan perasaan Anda. Karena tempat wisata ini tergolong baru di kalangan wisatawan dari luar daerah, suasana pantai ini terkesan lebih tenang dibandingkan pantai-pantai lain di Gunung Kidul.

Tak jarang wisatawan terpikat dengan suasana tenang pantai berpasir putih ini. Anda harus mengunjungi tempat wisata ini jika Anda mencari tempat yang jauh dari keramaian dan hiruk pikuk kota.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Sedahan

Harga tiket Pantai SedahanSumber gambar: Google Maps Valisca Ulir

Terletak di Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Wisata pantai ini membutuhkan usaha yang lebih untuk mencapai lokasinya. Jalan pegunungan di kawasan Gunung Kidul dikenal dengan tikungan tajam dan beberapa tikungan terjal.

Namun jangan khawatir, kondisi jalan yang Anda lewati dalam perjalanan menuju Pantai Sedahan ini sudah beraspal. Dengan demikian, kendaraan pribadi seperti mobil atau motor bisa digunakan untuk mencapai tempat-tempat wisata di pantai ini.

Rute dari pusat kota Yogyakarta memakan waktu sekitar 2 jam, jadi persiapkan jauh-jauh hari kondisi fisik kendaraan Anda. Setelah semuanya siap, rute pertama yang akan Anda lewati adalah kawasan Jalan Brigen Katamso.

Setelah menemukan perempatan di ujung jalan, kendaraan Anda akan diarahkan untuk berbelok ke kiri menuju Jalan Kolonel Sugiono. Banyak jalan di kota Gudeg ini menggunakan nama-nama pahlawan kemerdekaan, sehingga nama-nama jalan tersebut dapat dengan mudah dihafal oleh masyarakat umum.

Segera Anda akan tiba di persimpangan yang mengarah ke selatan dan utara. Pilih jalan yang menuju ke selatan untuk melanjutkan rute sebelumnya dengan memasuki area jalan yang akan membawa Anda ke daerah Imogiri.

Sebelum memasuki kawasan Imogiri yang terletak di Kabupaten Bantul, kendaraan Anda akan melintasi jalan lingkar yang merupakan jalan lintas provinsi. Setelah memasuki kawasan Imogiri Barat, kondisi jalan selanjutnya mulai menanjak dan berbelok tajam.

Sampai Anda mencapai petunjuk arah menuju kawasan pantai tujuan Anda sebelumnya, kendaraan Anda akan melewati beberapa destinasi wisata pantai lainnya. Dan perjalanan panjang Anda berakhir di gerbang depan yang bertuliskan Pantai.

Harga tiket masuk kawasan Pantai Sedahan sendiri relatif murah, hanya dipungut biaya Rp 5000 per orang di pantai.

Aktivitas Seru di Pantai Sedahan

Kegiatan Rekreasi di Pantai SedahanKredit foto: Google Maps Arya Yulian Kondor

1. Memancing di Bukit Karang

Di kawasan wisata Pantai Sedahan, Anda bisa menikmati aktivitas menarik seperti memancing. Berbagai jenis ikan besar menjadi target utama Anda saat memancing di kota pantai di kawasan Girisubo ini.

Alat pancing yang perlu Anda siapkan harus khusus untuk ikan air asin dan berukuran satu ukuran lebih besar dari pancing biasa. Ikan kecil yang masih hidup biasanya dijadikan makanan atau umpan untuk menarik perhatian ikan yang akan ditangkap.

Selain ikan yang cukup besar untuk dibawa pulang dan dimasak sebagai lauk di rumah, Anda juga bisa menenangkan diri sejenak. Dengan kesabaran dalam menangkap ikan, pikiran Anda akan terlatih untuk fokus dan melupakan masalah lain.

2. Berenang & bermain air

Mengunjungi salah satu wisata pantai tidak lengkap tanpa bermain air atau berenang untuk merasakan kesegaran air laut. Di pantai ini, wisatawan bisa berenang di sepanjang pantai atau ke bagian yang lebih jauh.

Karena ombak lautnya tidak terlalu besar, wisatawan bisa mencoba berenang ke daerah yang lebih jauh dari pantai. Perasaan saat ombak menerpa tubuh Anda tentu akan berbeda dengan saat Anda hanya berenang di tepi pantai.

Sebelum Anda berniat menghabiskan waktu liburan dengan berenang di pantai, jangan lupa untuk berganti pakaian. Setelah menyelesaikan kegiatan ini, Anda dapat menggunakan fasilitas seperti ruang ganti atau toilet untuk berganti pakaian.

3. Berburu foto keren

Aktivitas seru di Pantai SedahanSumber gambar: Google Maps Mahfud Rispanto

Dengan pemandangan Pantai Sedahan yang indah, Anda akan terhanyut oleh pesona warna air laut yang biru kehijauan. Apalagi saat deburan ombak menerpa pasir pantai yang putih, sungguh keindahan alam yang tiada duanya.

Tak lupa lensa kamera siap mengambil foto Anda dalam posisi menghadap ke laut lepas. Foto yang dihasilkan, mengambil background pemandangan laut yang indah, bisa dijadikan konten untuk kebutuhan media sosial Anda.

Selain suasana keindahan pantai yang akan menjadi latar foto Anda, area tebing yang mengelilingi pantai juga patut dicoba karena pesonanya. Tebing kapur tinggi yang terlihat seperti cakar kepiting menciptakan latar belakang yang unik.

Keberadaannya yang menjorok ke tengah laut membuat tebing tersebut terlihat seperti melayang di atas permukaan laut. Beberapa tanaman dan tanaman kecil tumbuh menutupi tebing, membuat tebing ini terlihat hijau dari kejauhan.

4. Trekking ke tebing karang

dapatkah kamu melacak di pantai? Bisa jadi jika Anda berada di kawasan Pantai Sedahan. Anda bisa melewati jalur tebing yang dibuat oleh warga sekitar untuk sampai ke jalan menanjak tebing.

Tidak butuh waktu lama untuk perjalanan Anda melewati jalur ini, setelah beberapa menit puncak tebing akan terlihat di depan mata Anda. Begitu sampai di puncak, Anda bisa melihat pemandangan pantai di bawah dari sudut pandang yang berbeda.

Udara yang Anda hirup akan terasa berbeda saat berada di atas tebing tersebut. Sangat disarankan untuk mengenakan jaket atau pakaian tebal karena hawa dingin akan menemani Anda saat berada di atas tebing.

Akomodasi anggaran terdekat ke pantai

Akomodasi hemat terdekat dengan pantaiKredit foto: Google Maps Cah Kalong

1. Akomodasi dan restoran ROOSYTA

Mengakses area properti dengan pemandangan laut ini hanya berjarak 2,6 km dari Pantai Sedahan. Jika Anda menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat, perjalanan menuju penginapan ini memakan waktu sekitar 20 menit.

Harga sewa tiap kamar juga murah, sehingga penginapan ROOSYTA ini menjadi pilihan banyak wisatawan. Fasilitas yang ditawarkan tidak kalah dengan penginapan mewah lainnya dimana setiap kamar memiliki AC berkualitas tinggi.

2. Guesthouse Widya Loka

Penginapan ini menjadi pilihan yang tepat jika Anda sedang berlibur bersama keluarga dan mencari tempat menginap. Rata-rata kamar memiliki ukuran yang luas, sangat baik untuk pergerakan aktif anak-anak di dalam kamar.

Ada juga dua kamar yang bisa dipilih, yaitu lantai satu dan lantai atas. Jika Anda memilih lantai atas untuk akomodasi, keindahan pesona pantai akan terlihat dari luar jendela kamar tidur. Matahari menembus kamar Anda di pagi hari.

3. Pondok Keedrombo

Di urutan terakhir ada sebuah penginapan sekaligus warung makan Keedrombo Cottage yang berjarak 3,3 km dari pantai yang dikelilingi tebing. Penginapan sederhana ini menawarkan harga sewa kamar per malam yang menarik.

Kondisi tempatnya rapi, akan bernilai lebih dari penginapan. Selain bisa bermalam di kamar dengan fasilitas sanitasi ini, Anda juga bisa memesan beberapa menu khas Gunung kidul.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Sedahan Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai Sedahan Gunung KidulSumber Gambar: Google Maps Arya the Sneakerhead Pirates

Seperti wisata pantai pada umumnya, objek wisata ini menawarkan beberapa fasilitas bagi para wisatawannya. Mulai dari tempat parkir, toilet, ruang ganti hingga mushola untuk beribadah umat Islam, bangunannya dalam kondisi baik.

Anda juga dapat menemukan warung makan yang menyajikan banyak menu, terutama menu khas Gunung Kidul. Anda bisa menikmati sajian tersebut sambil merenungkan keindahan pantai selatan Yogyakarta.

Demikian informasi mengenai Pantai Sedahan di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta. Keindahan alam dengan pasir putihnya yang memanjakan mata menjadi hal menarik yang wajib kamu kunjungi selama liburan di kota pelajar ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button