Tempat Wisata

Pantai Congot Kulon Progo – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, aktivitas, lokasi & harga tiket Pantai Congot Sebuah Objek perjalanan Populer di Setan, Kulon ProgoDi Yogyakarta. m.pantaimemberikan pandangan alam yang indah hijau dan menjadi tempat favorit Pemancing.

harga tiket: Rp3.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: J L. Congot Strand, Cage, Anchor, Kec. Temon, Kab.Kulon Progo, DI Yogyakarta; map: Cek lokasi

Pantai Congot merupakan destinasi wisata di sebelah barat Jogja yaitu Kulon Progo. Terletak di antara dua pantai lainnya yaitu Glagah dan Bugel Peni, Congot banyak dikunjungi pengunjung saat musim liburan. Meski berada di wilayah paling barat pulau Jawa, pantai ini masih menjadi salah satu dari sejumlah pantai eksotis yang ada.

Pantai ini merupakan salah satu pantai di Kulon Progo yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Inilah salah satu daya tarik yang dimiliki Congot. Maka tak heran jika destinasi wisata yang satu ini menjadi destinasi yang paling direkomendasikan oleh wisatawan yang datang ke sini.

Selama liburan di Pantai Congot Anda akan menemukan banyak spot foto menarik yang memang sengaja disediakan oleh pengelola pantai ini. Spot foto tersebut tentunya akan menjadi spot foto yang instagramable, terutama bagi para wisatawan muda. Jangan lupa untuk selalu mengabadikan momen berlibur dengan wisata yang satu ini.

Atraksi Pantai Congot

Atraksi Pantai CongotKredit foto: Google Maps Tria W

Tempat memancing pertama tersedia

Ada banyak spesies ikan yang menghuni perairan Congot. Pengunjung yang menyukai aktivitas yang satu ini juga bisa melakukannya selama liburan di pantai ini. Anda bisa membawa peralatan memancing yang biasa Anda gunakan saat memancing. Warga sekitar Congot juga menjual umpan yang biasa digunakan oleh para pemancing.

Perlu diketahui bahwa pantai ini merupakan pertemuan Sungai Bogowonto. Sungai ini termasuk jenis sungai yang terbentuk dari air tawar. Ini juga menjadi alasan utama mengapa Congot menjadi tempat memancing terbaik karena banyak ikan air tawar yang hidup bebas di pantai ini dan aman untuk memancing.

2. Makanan Laut Kuliner

Setelah lelah memancing di Pantai Congot seharian, Anda bisa menikmati kuliner seafood yang ditawarkan di sana. Banyak warung, juga restoran, yang umumnya diperuntukan bagi pengunjung. Anda bisa menikmati olahan seafood Kulon Progo yang lezat.

Sebagian masyarakat di sekitar Congot berprofesi sebagai pembuat kolam. Ikan dan udang segar terutama tumbuh di pantai ini. Maka tak heran jika olahan seafood di sana sangat segar dan manis. Menyantap seafood khas Congot sambil menikmati keindahan pantai pasti akan sangat mengasyikkan.

3. Kawasan hutan mangrove

Ada satu tempat menarik yang sayang untuk dilewatkan di pantai ini, yaitu hutan mangrove. Pada tahun 1980-an, kawasan Congot digunakan sebagai kawasan yang ditanami hutan mangrove. Penanaman ini tidak hanya dimaksudkan untuk mencegah abrasi dan erosi pantai, tetapi juga untuk menarik pengunjung.

Untuk mengunjungi ruang terbuka hijau ini, Anda bisa menyeberangi jembatan yang dibangun oleh warga sekitar. Jembatan ini terbuat dari bambu dan menjadi spot foto populer bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Hijaunya hutan bakau menambah kesan alam yang rindang dan asri dengan semilir angin yang sejuk.

Alamat dan rute menuju lokasi Pantai Congot

Alamat Pantai CongotSumber Gambar: Google Maps Adhikara Ridhar Vaherza

Congot merupakan salah satu provinsi wisata bahari di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya di Dusun Pasir Mendit, Jetis yang masih berada di kawasan Kulon Progo. Selama liburan di Jogja, tidak ada salahnya untuk mampir ke destinasi wisata yang satu ini sambil menghabiskan waktu liburanmu.

Bagi Anda yang sedang berlibur di wisata yang satu ini dan ingin berkendara langsung melalui Jogja, rute pertama Anda adalah ke Jalan Wates. Setelah Wates Anda akan diarahkan ke Monumen Paying Nyi Ageng Serang. Jika Anda berhasil menemukan patung tersebut, Anda bisa langsung menuju Purworejo.

Tidak berhenti sampai di situ, Anda juga akan melewati Stasiun Wates saat sampai di Purworejo. Selanjutnya Anda akan menemukan perempatan yang biasa disebut oleh pengunjung Congot sebagai Jalan Y. Pilih jalur kiri dan ikuti jalan tersebut hingga Anda menemukan Jembatan Congot. Maka Anda tinggal mengikuti semua petunjuk yang dipasang dengan sengaja untuk sampai ke pantai ini.

Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi karena akses jalan menuju Congot cukup baik dan memiliki penerangan yang cukup pada malam hari. Untuk menghindari kemacetan saat musim liburan, sangat disarankan untuk berangkat lebih awal atau lebih awal. Komunitas pantai ini pasti akan booming saat musim liburan.

Harga Tiket Masuk Pantai Congot Kulon Progo

Harga Tiket Masuk Pantai Congot Kulon ProgoKredit foto: Google Maps Akhdan Shafwi

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Pantai Congot sebagai tempat liburan bersama keluarga, tidak perlu khawatir dengan biaya masuk ke pantai ini yang mahal. Anda hanya perlu membayar Rp3.000,00 per orang. Tentu saja harganya sangat murah dan tidak begitu sebanding dengan indahnya pemandangan pantai ini.

Bahkan pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi tidak perlu khawatir soal parkir. Ada area khusus yang didedikasikan untuk pengunjung yang membawa kendaraan. Untuk biaya parkir sendiri, pengelola Congot mengenakan tarif Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda 4.

Seolah tidak puas dengan hal tersebut, pihak pengelola pun menawarkan wisata bahari dengan harga hanya Rp 10.000. Dengan uang tersebut, Anda akan diajak menjelajahi perairan Congot dengan menaiki perahu yang sengaja disewakan. Berkeliling dengan perahu memang menyenangkan jika dilakukan di sore hari.

Aktivitas Seru di Pantai Congot

Aktivitas Seru Pantai CongotKredit foto: Google Maps ghuron zaida

1. Berfoto di jembatan api

Pengunjung yang pernah berkunjung ke Pantai Congot pasti sudah tidak asing lagi dengan jembatan api. Namanya api, tapi bukan berarti api kan? Jembatan ini terletak di hutan mangrove yang dibudidayakan di sana.

Terbuat dari potongan bambu dan sengaja dibentuk menyerupai Menara Eiffel di Paris, jembatan ini menjadi salah satu spot foto paling populer. Banyak pengunjung biasanya mengambil beberapa foto di jembatan yang satu ini.

2. Nikmati fenomena matahari terbenam

Menyaksikan sunset di wisata pantai liburan sudah menjadi hal yang wajib dilakukan. Juga selama liburan Anda di Congot Anda dapat menikmati indahnya matahari terbenam di sore hari.

Bagaimanapun, sambil menyantap hidangan seafood yang lezat khas masyarakat sekitar Congot, akan sangat seru melihat indahnya matahari terbenam di pantai ini. Semilir angin pasti akan menambah suasana pantai yang sesungguhnya.

3. Memancing

Aktivitas seru di Pantai CongotSumber Gambar: Google Maps Adhikara Ridhar Vaherza

Salah satu daya tarik Pantai Congot adalah tersedianya spot pemancingan bagi wisatawan. Jika Anda hobi memancing, tentunya Anda juga bisa melakukannya saat berlibur di pantai ini.

Sebagian besar ikan yang menghuni perairan Congot adalah ikan air payau. Hal ini karena Laut Congot merupakan titik pertemuan dengan Sungai Bogowonto yang merupakan air tawar. Dijamin rasa ikannya akan segar dan sangat manis.

4. Mengamati aktivitas para nelayan

Aktivitas menarik lainnya yang tentunya tidak boleh Anda lewatkan adalah menyaksikan para nelayan congot pulang ke rumah setelah mengejar ikan. Pemandangan seperti ini tentunya sudah menjadi hal yang lumrah saat akhir liburan di pantai, tak terkecuali saat berkunjung ke Congot.

Nelayan biasanya mengajak pengunjung untuk melihat hasil tangkapannya. Anda akan menemukan berbagai jenis ikan di Fisherman’s Road. Mulai dari ikan air asin, ikan air tawar, bahkan ikan yang biasa hidup di air payau.

5. Berjalan-jalan di hutan bakau

Sebagai aktivitas terakhir, Anda bisa berjalan-jalan di sekitar kawasan hutan mangrove. Mengelilingi hutan bakau sudah menjadi hal yang lumrah bagi pengunjung yang datang dari perkotaan.

Nuansa hutan bakau berpadu dengan hijaunya dedaunan menciptakan suasana yang nyaman dan santai. Ini sangat cocok bagi Anda yang berkunjung ke Congot untuk bersantai dan menghindari stres.

Penginapan murah dekat pantai

Nenek WatesSumber gambar: Twitter Panorama dari Kulon Progo

1. Omah Wates

Penginapan ini rekomendasi untuk ujung Pantai Congot. Terletak di Tawangsari, sangat asri, nyaman dan berkonsep tradisional. Tentu saja, jika Anda mendapatkan peringkat hingga lima bintang, Anda dapat menggunakannya sebagai referensi.

2. Wisma Lovina

Wisma Lovina menawarkan para tamunya akses langsung ke pantai. Suasana penginapan yang bersih dan nyaman menjadi nilai tambah bagi penginapan yang satu ini. Staf layanan juga sangat ramah, yang membuat masa menginap lebih menyenangkan.

3. Hotel Cordia Yogyakarta

Cordia menawarkan fasilitas mewah bagi pengunjung Congot, termasuk kamar ber-AC. Hotel ini juga menawarkan Wi-Fi gratis selama 24 jam. Jika Anda memutuskan untuk tinggal di Cordia, Anda dijamin akan menemukan apa yang Anda cari.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Congot Kulon Progo

Fasilitas Pantai Congot Kulon ProgoKredit foto: Google Maps toni rahadinoto

Pengunjung yang datang ke pantai ini dapat menikmati berbagai fasilitas yang telah disediakan. Fasilitasnya juga cukup lengkap, antara lain toilet, mushola dan tempat parkir mobil. Semua fasilitas ini juga terpelihara dengan baik.

Fasilitas penunjang lainnya seperti persewaan perahu, pemandu wisata dan akomodasi dapat dengan mudah ditemukan di objek wisata ini. Restoran dan restoran juga tersedia di sekitar lokasi pantai ini.

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi Pantai Congot?. Jangan lupa untuk menyiapkan kacamata hitam untuk melindungi mata Anda dari sinar matahari. Juga, gunakan tabir surya dan tabir surya untuk menjaga kulit dari penggelapan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button