Tempat Wisata

7 Wisata Tarakan Terbaik dan Terpopuler di Kalimantan Timur

wisata Tarakan – Mendengar kata Tarakan pasti membawa kembali kenangan tentang Kalimantan. Tarakan adalah sebuah kota di pulau kecil dan pusat administrasi Kalimantan Timur. Saat ini Tarakan menduduki peringkat 17 kota terkaya dari seluruh kota di Indonesia. Kota Tarakan terdiri dari 4 kecamatan yang masing-masing adalah Kecamatan Tarakan Barat, Kecamatan Tarakan Tengah, Kecamatan Tarakan Timur dan Kecamatan Tarakan Utara.

Di Tarakan sendiri, selain banyak mencatat sejarah sebagai tempat kerajaan, tempat berkumpulnya nelayan dan tempat penjajah Belanda mengambil minyak Indonesia, Tarakan memiliki potensi wisata yang sangat menguntungkan. Banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun internasional. Namun sayangnya tempat ini belum begitu populer.

[artikel number=3 tag=”kalimantan”]

Untuk membantu pemerintah menjadikan pariwisata Indonesia internasional, dolanyok.com telah menyusun 7 wisata terbaik di Tarakan.

Pantai Amal Tarakan

Pantai Amal Tarakan

Charity Beach adalah pantai paling populer di kota Tarakan. Lokasi Pantai Amal berada di Kecamatan Tarakan Timur. Yang unik, Pantai Amalgam sendiri sebenarnya terdiri dari 2 pantai, yang pertama adalah Pantai Amal Baru dan Pantai Amal Lama. Kedua pantai ini berdekatan satu sama lain dan menghadap ke timur sehingga Anda dapat menikmati matahari pagi karena bagian timur pulau ini tidak terhalang oleh pulau lain. Anda tidak hanya bisa melihat sisi cerahnya, tetapi juga menikmati keindahan air laut yang jernih dan makanan khas masyarakat setempat.

Pantai tanah kuning Tarakan

Pantai pedesaan kuning

Pasir lautnya membentang lebih dari 1 km sebelah timur Kalimantan, yaitu di Pantai Tanah Kuning. Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat bagus, ombak yang cukup tenang dan air yang sangat jernih. Untuk menuju pantai ini dari Pulau Tarakan, Anda bisa menggunakan speedboat atau pesawat perintis. Pantai

Museum Roemah Boendar Tarakan

Museum Rumah Bundar

Dilihat dari namanya, museum ini sudah ada sejak zaman Belanda. Museum ini melestarikan berbagai dinasti peninggalan Belanda dan Jepang. Museum ini terletak di sebelah kantor DPRD Tarakan dan tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata edukasi terpopuler di Kalimantan Timur yaitu Tarakan.

Bunker Budaya Jepang di Bandara Juwata

Istana Jepang Tarakan

Tarakan adalah tempat pertama yang dikunjungi penjajah Jepang dan Belanda. Maka tidak heran jika pulau ini memiliki banyak peninggalan berupa dinasti yang masih eksis hingga saat ini. Bunker Jepang adalah salah satu dari banyak yang tersisa. Bunker Jepang sekarang menjadi tempat wisata bagi penduduk lokal dan asing. Lokasi bunker budaya Jepang ini berada di dekat Bandara Juwata.

Tempat wisata TK

7 Wisata Tarakan, Kalimantan Timur 1

Jika Anda ingin wisata edukasi untuk anak-anak, Anda bisa datang langsung ke day care center. Di tempat ini, Anda bisa melihat berbagai tanaman langka yang langsung dirawat dan dirawat oleh pemerintah Tarakan Timur. Lokasi pembibitan berada di Kecamatan Tarakan Timur.

Hutan Mangrove Tarakan

Mangrove Tarakan

Sebagai kawasan yang didominasi perairan, Pulau Tarakan juga menawarkan wisata hutan mangrove yang mempesona. Dan tempat ini menjadi tempat wisata paling populer di Tarakan. Hutan mangrove yang terjaga dengan baik dan bersih, maka tak heran jika wisatawan lokal hilir mudik di tempat ini untuk menikmati kesejukan alam.

Taman Oval Lapangan

Taman Oval Lapangan

Oval Fields Park adalah tempat wisata di Tarakan tengah. Penduduk kota sering menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat ini. Karena lokasinya yang berada di pusat kota, Anda juga bisa menikmati kuliner di sekitar taman.

Yah mungkin itu saja yang bisa saya katakan, apakah Anda pernah ke Tarakan? Coba share pengalaman kamu di kolom komentar atau ingin menambahkannya ke list wisata Tarakan, kamu bisa menghubungi kami melalui kontak. Sayangnya saya belum tahu di mana turnya kuliner di Tarakan populer, jadi tidak bisa dipesan. Saya harap informasi ini bermanfaat.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Back to top button