Tempat Wisata

Pantai Dlodo Tulungagung – atraksi, aktivitas liburan, lokasi dan harga tiket

Pemandangan, aktivitas liburan, lokasi & harga tiket – Pantai Pantai Dlodoalam yang indah dan pantai yang indah di Tulungagung yang layak untuk dikunjungi. Pantai terpanjang dengan ombak tinggi dan pasir coklat bersih.

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Rejosari Kalidawir, Dlodo, Panggungkalak, Kec. Pucang Laban, Kab.Tulungagung, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Tulungagung merupakan salah satu daerah yang memiliki garis pantai dengan pantai yang indah. Salah satunya adalah Pantai Dlodo, destinasi wisata di pesisir barat Pucanglaban, Tulungagung. Pesona keindahannya tak pernah membuat kawasan wisata ini sepi dari wisatawan. Apalagi di akhir pekan atau saat musim dimulai, pengunjung akan ramai di pantai ini.

Sebagian orang mungkin belum begitu familiar dengan tempat wisata yang satu ini. Di bawah ini Anda akan menemukan informasi menarik tentang objek wisata Pantai Dlodo, harga tiket, fasilitas dan rute menuju wisata bahari.

Pemandangan Dlodo di pantai

Tempat wisata Pantai Dlodo PantaiKredit foto: Google Maps Pangeran Ndawoel

Pantai ini merupakan salah satu objek wisata pantai yang menawarkan sejuta pesona. Memiliki banyak pesona dengan pemandangan yang indah dan unik seperti di bawah ini.

1. Pantai Panjang

Pantai yang indah ini terkenal dengan garis pantainya yang panjang. Wisatawan dapat berjalan kaki hingga 2 km untuk menyusuri pantai dari ujung ke ujung. Hamparan pantainya cukup luas, dengan beberapa sisi membentuk busur yang bagus.

Garis pantai yang panjang di tempat-tempat wisata sering digunakan untuk berbagai kegiatan wisata. Pasir pantainya juga cukup bersih, sehingga nyaman bagi pengunjung untuk bermain di area pantai.

2. Ombak yang ideal untuk berselancar

Tempat wisata di Dusun Dlodo ini tidak hanya memiliki garis pantai yang panjang tetapi juga terkenal dengan ombaknya yang tinggi. Ketinggian ombak di Pantai Dlodo sekitar 7 meter dan bisa lebih tinggi saat air pasang.

Ombak yang tinggi di pantai ini sangat ideal untuk kegiatan selancar atau surfing. Ombak pantai ini bisa mencapai ketinggian 12 meter pada waktu-waktu tertentu, seperti saat supermoon.

3. Pantai dengan gurun pasir

Daya tarik yang membuat tempat ini banyak diminati wisatawan yang penasaran dan peminatnya adalah adanya gumuk pasir yang cukup luas. Gurun pasir yang cukup tinggi ini dilalui wisatawan sebelum sampai di lokasi pantai. Hamparan pantai di sini kini cukup luas untuk para wisatawan bermain.

Uniknya, di pantai Dlodo Anda bisa menemukan pasir dengan dua warna berbeda. Pasir pantainya memiliki warna agak kecoklatan. Di salah satu sisi pantai terdapat gumuk pasir dengan warna hitam pekat.

Keberadaan gumuk pasir telah muncul secara alami, menciptakan lanskap gurun yang unik. Anda juga bisa menemukan kepiting kecil yang sering membuat lubang pasir di beberapa sisi pantai.

4. Ada sungai di pantai

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai Dlodo PantaiSumber gambar: Google Maps alexa pradi

Selain alam gurun pasir, wisatawan juga bisa menemukan keunikan lain, yaitu adanya sungai di pinggir pantai. Menawarkan pemandangan genangan air payau yang tidak umum di pantai lain.

Aliran air yang melengkung ke arah pantai merupakan pemandangan yang mempesona. Arusnya cukup tenang dengan ketinggian air hanya setinggi orang dewasa. Beberapa ikan kecil juga sering berenang di tempat bertemunya air tawar sungai dan air asin Laut Dlodo.

Panorama teluk yang terdapat di pantai ini berada di sisi barat. Kawasan ini menawarkan pemandangan yang indah dengan perbukitan hijau di sekitarnya.

5. Pemandangan indah Pulau Pandan

Di salah satu sisi pantai Dlodo terdapat gundukan karang yang cukup tinggi. Penduduk setempat menyebutnya Pulau Pandan. Keberadaan bukit dengan pepohonan hijau ini semakin menambah pesona pantai ini.

Pemandangan yang begitu indah akan terlihat saat matahari terbit. Dilihat dari satu sisi seolah-olah matahari muncul dari balik bukit karang atau pulau pandan ini.

Suasana romantis dan tenang sangat terasa saat langit berwarna kuning keemasan di atas pantai ini. Cocok untuk pasangan muda yang ingin menikmati pemandangan pantai yang romantis.

6. Pemandangan pohon kelapa

Pantai Dlodo di Tulungagung juga menawarkan pemandangan pantai tropis dengan deretan pohon kelapa. Saat memasuki area pantai, wisatawan berjalan di sepanjang jalan yang ditumbuhi pohon kelapa yang tinggi.

Pemandangan pohon kelapa yang indah juga menambah pesona pantai, terutama di dekat sungai payau. Kehadiran pohon-pohon ini tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah, tetapi juga menciptakan suasana yang lebih sejuk di sekitar pantai.

Alamat, Lokasi, Rute & Harga Tiket Masuk Pantai Dlodo Pantai

Tiket masuk pantai DlodoKredit foto: Google Maps Sanny Octavia Kusnadi

Pantai yang bisa dikunjungi kapan saja ini terletak di Dusun Dlodo. Lokasinya cukup mudah dijangkau. Jalan yang bisa digunakan untuk mencapai pantai ini cukup bagus.

Saat Anda berada di dekat Pasar Ngunung, pergilah ke selatan menuju Pucanglaban. Beberapa petunjuk arah mengemudi juga telah disediakan agar wisatawan dapat dengan mudah mencapai Pantai Dlodo, Tulungagung, Jawa Timur. Anda dapat mengikuti petunjuk untuk memudahkan perjalanan Anda dari Pucanglaban ke resor pantai.

Objek wisata ini dikenal sebagai salah satu destinasi liburan murah. Pengunjung yang memasuki kawasan pantai hanya dikenakan biaya parkir sekitar Rp 5.000. Wisatawan yang ingin mengunjungi pantai ini sebaiknya menggunakan sepeda motor karena lebih mudah dijangkau. Setelah membayar tiket masuk, wisatawan bisa menikmati pantai dan bermain di sana dengan puas.

Hal menarik yang bisa dilakukan di pantai Dlodo

Aktivitas menarik di pantai Dlodo PantaiSumber gambar: Google Maps Desa Rejosari

1. Nikmati pemandangan matahari terbit

Salah satu kegiatan yang menarik bagi pengunjung Pantai Dlodo adalah menikmati pesona keindahan saat matahari terbit. Wisatawan dapat menikmati pemandangan terbaik pantai ini saat matahari terbit dari sisi barat Pulau Pandan.

Anda akan melihat pemandangan Pulau Pandan yang indah dengan kilauan langit berwarna merah keemasan. Semakin indah dengan pantulan di permukaan air laut.

2. Bermain di pantai

Jika Anda mengunjungi area pantai, bermain di pantai cukup aman. Namun, wisatawan harus memperhatikan keadaan tinggi gelombang. Anda bisa bermain air di sekitar pantai sambil menikmati alam sekitar.

3. Berenang

Aktivitas seru dan menyenangkan untuk menikmati objek wisata ini adalah berenang di pantai. Jika Anda menjelajah sedikit ke tengah, Anda bisa merasakan kegembiraan saat tubuh Anda ditarik ke arah pantai oleh ombak. Pastikan jarak berenang aman agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Bermain di Sine Bay

Keberadaan kolam air yang cukup dangkal di Teluk Sine bisa dimanfaatkan pengunjung Pantai Dlodo untuk bermain. Airnya yang cukup jernih dan bersih membuat nyaman bagi anda yang suka bermain permainan air.

Bagi pengunjung yang datang bersama pasangan, jalan-jalan santai di kawasan air payau ini juga bisa menjadi momen yang sangat romantis. Ditambah angin sepoi-sepoi yang membawa udara segar.

5. Ambil foto

Pemandangan yang indah dan unik dari kawasan objek wisata Pantai Dlodo tentu sayang untuk dilewatkan begitu saja. Jika Anda berlibur di pantai ini, jangan lupa membawa kamera atau perlengkapan fotografi.

Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini bisa berfoto di banyak tempat indah yang ada disana. Beberapa tempat terbaik untuk berfoto adalah di dekat gumuk pasir, di kolam air payau dan tentunya di area pantai dekat Pulau Pandan.

6. Mencari hewan pantai

Kegiatan ini cocok untuk wisatawan yang datang bersama anak-anak. Area pantai masih cukup terjaga sehingga Anda bisa menemukan beberapa hewan pasir pantai yang khas.

Di Pantai Dlodo Anda bisa pergi mencari kepiting dan kepompong bersama anak-anak. Biasanya hewan-hewan kecil ini kabur saat wisatawan mendekat. Ini bisa menyenangkan, terutama untuk anak-anak kecil.

7. Berselancar

Pantai yang menawarkan ombak yang cukup tinggi ini merupakan tempat yang ideal untuk berselancar. Para peselancar yang ingin menekuni hobinya bisa mencoba menaklukkan ombak yang biasanya setinggi 7 meter di pantai ini.

Penginapan murah dekat Pantai Dlodo Pantai

Penginapan murah dekat Pantai Dlodo PantaiSumber gambar: Google Maps m Crez

Pilihan akomodasi di sekitar pantai masih cukup terbatas. Akomodasi terdekat adalah di Pantai Sine, yaitu sekitar 30 menit dari Pantai Dlodo. Anda juga dapat memilih akomodasi di sekitar Kabupaten Tulungagung sebagai berikut.

1. Hotel Srikandi

Salah satu akomodasi yang terjangkau adalah Hotel Srikandi. Anda dapat beristirahat di kamar yang nyaman dengan fasilitas standar seperti tempat tidur, meja, TV dan AC.

2. Hotel Mulya Jaya

Ada juga pilihan akomodasi lain di Tulungagung seperti Hotel Mulya Jaya. Fasilitas kamar yang nyaman bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk beristirahat setelah mengunjungi pantai ini dan tempat wisata pantai lainnya di Tulungagung.

3. Hotel Gita Puri

Akomodasi dengan fasilitas yang cukup lengkap ditawarkan oleh Gita Puri Hotel Tulungagung. Anda bisa memesan kamar untuk istirahat atau menginap dengan harga per malam yang masih terjangkau.

4. Sultan Guest House

Kamar yang nyaman juga ditawarkan oleh penginapan di Tulungagung ini, namanya Sultan Guesthouse. Situs ini masih berada di kawasan Tulungagung yang tidak jauh dari Pantai Dlodo.

5. Crown Victoria Hotel Tulungagung

Bagi Anda yang menginginkan akomodasi dengan fasilitas yang lebih lengkap dan modern, hotel yang satu ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Crown Victoria Hotel Tulungagung dikenal sebagai salah satu akomodasi terbaik yang mudah diakses dari Pantai Dlodo.

Fasilitas kamar nyaman dengan AC dan juga dilengkapi dengan TV layar datar. Harga per malamnya tidak terlalu mahal, meski akomodasinya cukup modern.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Dlodo Tulungagung

Fasilitas Pantai Dlodo TulungagungKredit foto: Google Maps Dyah Ayu Chumaira

Tidak banyak fasilitas di area pantai, hanya beberapa warung makan yang tersedia. Kios-kios ini juga terkadang tidak buka. Namun saat musim liburan Anda akan menemukan banyak warung makan yang menjual berbagai macam makanan dan minuman.

Jika anda berlibur di pantai ini pada hari biasa atau weekdays, sebaiknya anda membawa bekal makanan sendiri. Jangan lupa untuk menimbun minuman agar tetap terhidrasi saat bermain di pantai, apalagi saat cuaca cukup panas.

Fasilitas lain di sekitar pantai adalah toilet atau ruang ganti. Setelah bermain air atau basah-basahan, Anda bisa menggunakan ruang ganti dengan membayar sekitar Rp 3.000 per orang.

Itulah beberapa informasi menarik tentang tempat wisata Pantai Dlodo. Daya tarik dan akses yang mudah membuat kawasan ini selalu dikunjungi wisatawan. Meski fasilitasnya masih terbatas, tidak menyurutkan wisatawan untuk bersenang-senang berlibur di Pantai Dlodo.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button