Tempat Wisata

Air Terjun Bayang Sani – atraksi, aktivitas, lokasi dan harga tiket

Air Terjun Bayang Sani – atraksi, aktivitas, lokasi dan harga tiket

Air Terjun Bayang Sani, air terjun eksotik super jernih di pesisir selatan, mengundang wisatawan dengan pesona alamnya yang memukau dan peninggalan sejarah yang menarik.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Koto Berak, Kec. Bayang, Kab.Pesisir Selatan, Sumatera Barat; Map: Periksa lokasinya

Air Terjun Bayang Sani merupakan destinasi alam di Sumatera Barat yang memiliki banyak pesona yang ditawarkan. Para tamu dapat melihat setiap sudut yang ada di kawasan wisata ini karena sangat menarik. Faktanya, destinasi populer ini memiliki dua tingkat air terjun yang berbeda. Inilah keistimewaan air terjun ini.

Objek wisata ini juga dikenal memiliki bebatuan yang cukup besar di sekitar air terjunnya. Namun jika ingin berenang tidak perlu takut karena batunya tidak akan jatuh. Terdapat juga tumbuhan dan pepohonan liar yang menambah kesejukan kawasan.

Suara air jatuh dapat Anda dengar sepanjang tur. Saat menyentuh dan bermain, wisatawan merasakan kejernihan air. Selain itu, destinasi ini juga terbilang sebagai air terjun terbesar di Sumatera Barat dan menjadi destinasi yang wajib dikunjungi.

Objek wisata yang ditawarkan Air Terjun Bayang Sani

Daya Tarik Air Terjun Bayang SaniFoto dari Google Maps/George 8

Sejarah pariwisata

Air Terjun Bayang Sani mempunyai sejarah yang menjadikan destinasi ini banyak dikenal masyarakat. Pada masa penjajahan Belanda, banyak wisatawan yang mandi di air terjun indah ini. Belanda bahkan memberi nama wisata ini Wellcome.

Dari zaman dahulu hingga saat ini, objek wisata alam ini masih menyediakan tempat yang nyaman dan membuat kunjungan semakin menyenangkan.

Siapa pun yang ingin mencuci di sana bisa merasakan bersihnya air. Selain itu, sumber airnya masih alami karena berasal langsung dari pegunungan dan mengalir melalui bebatuan besar.

Air terjun jernih

Objek wisata mempesona dengan kejernihan air terjunnya ini tidak pernah sepi. Wisatawan yang berlibur juga sengaja membawa perlengkapan seperti baju ganti dan jaket pelampung untuk berenang. Namun diketahui terdapat jasa penyewaan ban untuk umum di kawasan air terjun.

Siapa pun bisa merasakan dinginnya air jika berhati-hati saat berenang. Wisatawan juga perlu mengunjungi langsung dua tingkat air terjun yang berbeda. Objek wisata ini menarik karena tidak semua air terjun memiliki tingkat keindahan yang beragam.

Keindahan tempat itu

Sebagian besar lahan di Air Terjun Bayang Sani sengaja digunakan sebagai tempat budidaya tanaman. Di kawasan tersebut Anda dapat melihat berbagai jenis pepohonan dengan tumbuhan liar yang hijau. Selain itu, tidak jauh dari air terjun terdapat perkebunan dan persawahan milik penduduk setempat dan tumbuh segar karena selalu dirawat.

Tamu yang datang pada sore hari sebaiknya mencoba berjalan di sudut mana pun untuk melihat panorama secara langsung. Selain itu, tempat yang indah juga menjadi subjek yang bagus untuk gambar yang ingin difoto. Rasakan sejuknya angin saat mencari spot foto alam berupa tanaman yang rimbun.

Alamat dan rute menuju lokasi air terjun

Alamat Air Terjun Bayang SaniFoto: Google Maps/Dudung Hartono

Air Terjun Bayang Sani terletak di Nagari KotoBaru, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Pendakian menuju objek wisata indah ini mudah dan menawarkan banyak atraksi alam.

Pemandangan taman, sawah, dan pegunungan melengkapi destinasi ini. Air terjun cantik ini selalu menjadi pilihan liburan karena terlihat ramai meski di hari biasa.

Akses menuju objek wisata populer ini dapat dilakukan melalui Jalan Selayo Padang. Lanjutkan perjalanan hingga mencapai Jalan Padang Basi. Perjalanan memakan waktu kurang lebih 2 jam.

Langsung menuju ke Jalan Lintas Barat Sumatra dan nikmati jutaan panorama yang tersedia. Kemudian wisatawan perlu berbelok ke Jalan Raya Ganting dan tak jauh dari situ Anda akan melihat lokasi air terjun.

Sesampainya di gerbang masuk, Anda harus melanjutkan dengan berjalan kaki. Di sana Anda bisa melihat ada dua jalur menuju air terjun tingkat kedua dan ketiga.

Pengunjung dapat memilih rute sesuai kesukaannya untuk merasakan pesona alam. Pastikan juga Anda datang saat cuaca cerah karena jika hujan maka perjalanan akan sulit.

Biaya masuk wisata alam

Air terjun cantik ini tergolong tempat rekreasi dan cocok untuk bertemu sanak saudara. Selain itu, tiket masuk yang harus dibayar hanya Rp 5.000 saja, berlaku untuk semua orang.

Biasanya tidak ada perubahan harga meskipun Anda datang ke sana pada akhir pekan. Air terjun ini buka hingga sore hari dan tidak dikenakan biaya tambahan untuk menjelajah.

Di kawasan Air Terjun Bayang Sani juga terdapat tempat parkir berbayar yang disesuaikan dengan jumlah kendaraan yang parkir di lokasi. Khusus yang datang dengan mobil harus membayar parkir sebesar Rp 8.000.

Kemudian kartu retensi untuk bus dikenakan biaya Rp10.000 dan untuk sepeda motor Rp3.000. Biasanya kawasan ini selalu ramai karena para tamu sering kali membawa kendaraan sendiri dibandingkan menggunakan angkutan umum.

Jika tidak membawa bekal apa pun, Anda tentu bisa mampir ke stand jajanan tersebut. Tak perlu khawatir karena harga kulinernya mulai dari Rp 10.000 dengan porsi besar.

Selain itu, objek wisata cantik ini juga memiliki toko persewaan bagi wisatawan yang ingin menyewa ban. Budget sewanya Rp 5.000 dan ban ini bisa digunakan untuk berenang selama kunjungan Anda.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Air Terjun Bayang SaniFoto: Google Maps/Toe Lank

1. Berkemah

Air Terjun Bayang Sani bisa dimanfaatkan wisatawan untuk berkemah. Tak jauh dari air terjun terdapat area khusus jika ingin mendirikan tenda.

Saat berkemah, para tamu tentunya harus menyiapkan kayu bakar untuk api unggun dan makanan. Pastikan Anda mendapatkan izin terlebih dahulu dan menjaga alam setelah kembali dari berkemah.

2. Nikmati pemandangannya

Berbagai pemandangan yang jarang ditemui membuat air terjun ini dikenal luas. Setiap hari ada saja orang yang berlibur ke destinasi indah ini.

Nikmati pemandangan panorama air terjun bertingkat dua dan tiga. Konon, air yang masih berasal dari pegunungan ini tentu memiliki kejernihan yang memukau mata.

3. Bermain air

Air terjunnya tidak terlalu dalam sehingga semua orang betah bermain di sana. Kebanyakan wisatawan kerap menghabiskan waktunya dengan berenang atau sekedar mandi.

Bahkan air yang sangat dingin pun bisa meredakan nyeri rematik. Selain itu, Anda juga bisa melihat air yang bersih sambil bermain karena destinasi ini terkenal masih sangat alami.

4. Piknik di Air Terjun Bayang Sani

Wisatawan yang mencari tempat rekreasi alam untuk piknik datang ke objek wisata alam ini. Tempat luas yang dikelilingi bebatuan besar ini sering dijadikan objek wisata kuliner.

Anda bisa membawa perbekalan sebanyak-banyaknya asalkan tempat tetap bersih setelah piknik. Jadikan kegiatan ini sebagai momen liburan yang menyenangkan.

5. Ambil foto

Air Terjun Bayang Sani dianggap sebagai objek wisata dan menawarkan beragam latar belakang alam. Siapa pun yang datang pasti ingin berburu spot foto di setiap sudutnya.

Anda bisa menaiki dua atau tiga tingkat menuju air terjun untuk mendapatkan lingkungan yang berbeda. Bebatuan besar yang mengelilingi air terjun menjadi objek yang sering difoto.

6. Santai

Setiap orang yang mengunjungi destinasi mempesona ini sering duduk di pendopo. Tempat ini memang cocok untuk bersantai saat sedang sibuk.

Wisatawan juga bisa menjelajahi dua tingkat air terjun yang berbeda. Hirup udara sejuk sambil memandang sudut kanan dan kiri yang dipenuhi tanaman hijau.

7. Beli kuliner

Wisatawan yang ingin mencicipi olahan otentik masyarakat setempat harus mampir ke warung tersebut. Kuliner dengan cita rasa yang berbeda-beda dapat ditemukan di sepanjang kios-kios yang menjualnya.

Mereka bahkan menawarkan makanan ringan untuk menemani Anda bersantai. Biasanya wisatawan juga membawa kuliner tersebut sebagai oleh-oleh saat pulang dari air terjun.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas air terjun Bayang SaniFoto: Google Maps/Ryan.Rsudar

Air Terjun Bayang Sani dikenal sebagai destinasi wisata lengkap dengan beragam fasilitas yang memadai. Toilet khusus pengunjung tersedia di dekat air terjun dan terlihat cukup luas.

Siapapun yang bermain air bisa membersihkan diri di kamar mandi. Persewaan peralatan bermain seperti ban mudah ditemukan di sekitar air terjun.

Kursi-kursi berjejer rapi bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana wisata. Bahkan kursi ini dikelilingi tanaman hijau yang sejuk saat disentuh.

Siapapun yang membawa bekal juga wajib piknik di kursi yang telah disediakan. Anda bisa memanfaatkan lahan yang luas khusus untuk memarkir kendaraan tamu Anda dan tidak perlu khawatir karena biaya penyimpanannya murah.

Warung dengan beragam kuliner yang lezat tidak sulit ditemukan karena banyak warga sekitar yang menjualnya. Selain itu, setiap warung dilengkapi dengan meja dan kursi yang nyaman untuk memanjakan perut Anda.

Untuk menjaga alam, banyak tong sampah bertebaran. Kemudian tempat ibadah masih belum tersedia karena sebagian besar lahannya tertutup pepohonan.

Demikianlah informasi lengkap mengenai Air Terjun Bayang Sani yang akan membuat liburan Anda menyenangkan. Wisatawan tidak diperkenankan membuang sampah sembarangan saat bermain di sana.

Juga, bawalah anggaran dan peralatan yang diperlukan sebelum kunjungan Anda. Selama berlibur di Air Terjun Bayang, ciptakan momen seru bersama orang-orang terdekat yang Anda ajak kesana.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button