Tempat Wisata

Air Terjun Cunca Wulang: Harga Tiket Masuk, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Air Terjun Cunca Wulang merupakan destinasi wisata yang cukup populer di Labuhan Bajo Flores. Wisata air terjun ini bertempat di kawasan hutan Mbeiling, salah satu kawasan yang berbentuk lautan. Kawasan tersebut berada di dekat Labuan Bajo dan ditetapkan sebagai Hutan Wisata. Karena di kawasan hutan Mbeiling banyak sekali potensi wisata yang bisa dikembangkan.

Air Terjun Cunca Wulang

Salah satu potensi wisata yang menarik adalah Air Terjun Cunca Wulang. Dalam tafsirnya, Cunca artinya makan air terjun sedangkan Wulang artinya bulan. Arti yang dimaksud dari nama ini adalah air terjun yang terlihat dari atas seolah-olah jatuh dari bulan.

Daya Tarik Air Terjun Cunca Wulang :

Air Terjun Cunca Wulang berada di ketinggian sekitar 200 m di atas permukaan laut. Alhasil, udara di sekitar air terjun sangat sejuk. Sesampainya di pintu gerbang air terjun yaitu Desa Wersawe, pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan menelusuri hutan atau berjalan kaki. Di sini pengunjung dipandu oleh pemandu penduduk setempat dengan biaya 50.000 per hari.

Perjalanan menuju tempat wisata Air Terjun Cunca Wulang berjarak 1-2 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Medan yang harus dilalui berupa semak belukar hampir sampai betis. Di pinggiran perjalanan, pengunjung disuguhkan latar belakang alam berupa persawahan yang hijau dan subur. Meski harus naik turun tanjakan, perjalanan akan terasa sangat seru.

Kawasan wisata Air Terjun Cunca Wulang terlihat seperti wisata Green Canyon di Jawa Barat dalam sekejap. Sungai mengalir di antara bebatuan dan tebing besar. Bagi yang baru pertama kali berkunjung ke tempat ini mungkin bingung di mana letak air terjunnya, namun suara air yang jatuh akan mengantarkan kaki Anda ke tempat tujuan.

Aliran air di kawasan wisata ini memiliki kedalaman sedang dan tidak terlalu dangkal. Oleh karena itu, kawasan air terjun ini bisa digunakan untuk berenang atau mandi. Airnya yang sangat jernih dan segar membuat badan lebih rileks setelah sekian jam mendaki.

Namun ada juga beberapa titik yang cukup dalam, jadi harus berhati-hati. Biasanya pemandu memberikan petunjuk agar Anda bisa mandi atau berenang di tempat yang aman.

Bagi yang ingin melihat air terjun yang mengalir deras dan deras bisa berkunjung saat musim hujan. Namun air sungai tidak terlihat seindah aliran hijau biasanya. Hal ini disebabkan pengaruh air hujan yang menyebabkan aliran air cenderung keruh.

Musim lalu pengunjung akan melihat air terjun yang mengalir sangat sedikit. Namun air yang jatuh terlihat sangat jernih dan sangat indah. Karena airnya yang mengalir berwarna hijau, pemandangan alam yang disajikan menyerupai wisata Green Canyon yang sudah populer beberapa tahun ini.

Bebatuan yang mengelilingi air terjun juga aman dan tidak memiliki ujung yang tajam. Turis biasanya menggunakannya untuk melompat dari batu ke dasar sungai. Namun, bagi Anda yang ingin terjun diharapkan terlebih dahulu meminta saran kepada pemandu agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan karena membahayakan keselamatan.

Fasilitas Air Terjun Cunca Wulang:

Tidak ada penjual makanan atau restoran di kawasan wisata ini. Kami menyarankan Anda yang ingin mengunjungi tempat ini untuk membawa minuman atau makanan sendiri agar tidak mengalami kendala di awal perjalanan.

Pemandu wisata biasanya membawa Anda melalui wisata air terjun dan gua. Bagi Anda yang berencana mengunjungi gua sebaiknya membawa senter karena penerangan di sana sangat minim.

Masyarakat yang tinggal di sekitar tempat wisata cukup ramah. Mereka biasanya menjual air kelapa muda kepada pengunjung yang lelah setelah menempuh perjalanan jauh, mendaki, berenang, atau lompat tebing. Jangan khawatir, meski penjualnya sedikit, harga air kelapa segar ini sangat terjangkau.

Tiket masuk Air Terjun Cunca Wulang

  • Biaya masuk: Rp 20.000/orang
  • Biaya Pemandu/Guide: Rp 65.000

(Diperbarui Mei 2023)

Jam Buka Air Terjun Cunca Wulang:

  • Buka setiap hari dari jam 6 pagi sampai jam 5 sore

Lokasi dan Rute Air Terjun Cunca Wulang:

Wisata Air Terjun Cunca Wulang di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Posisi air terjun cantik ini berada di sebelah timur Labuan Bajo, sekitar 26 km. Pengunjung dapat melakukan perjalanan dengan Trans Flores. Sesampainya di Czechonbo, Anda bisa belok kiri menuju desa Wersawa. Setelah itu Anda bisa berjalan sekitar 4 km menuruni bukit. Meski agak jauh, platform yang akan dilalui mudah dijangkau.

Air Terjun Cunca Wulang merupakan tempat wisata di Nusa Tenggara Timur yang sangat populer dengan pemandangan alamnya yang menakjubkan. Tempat wisata ini bahkan disebut-sebut mirip dengan Green Canyon Tour yang sudah beberapa tahun populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pengunjung tidak hanya bisa menikmati pemandangan di Air Terjun Cunca Wulang, tetapi juga melanjutkan perjalanan melewati air terjun yang sangat menarik. Dibutuhkan sekitar 30 menit untuk mencapai puncak air terjun. Namun, waktu yang melelahkan akan terbayar dengan nuansa keindahan alam yang benar-benar menakjubkan yang hanya bisa dilihat begitu sampai di puncak.

Peta lokasi Air Terjun Cunca Wulang

Tips Mengunjungi Air Terjun Cunca Wulang

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Air Terjun Cunca Wulang semakin menyenangkan dan berkelas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik mengunjungi Air Terjun Cunca Wulang adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Air Terjun Cunca Wulang bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan tubuh tetap prima saat berlibur di Air Terjun Cunca Wulang.

Galeri foto Air Terjun Cunca Wulang

Air Terjun Cunca WulangAir Terjun Cunca Wulang Sumber : instagram.com/gotravelly/Air Terjun Cunca WulangAir Terjun Cunca Wulang Sumber : instagram.com/pesonaairterjunindonesia/Selamat datang di Air Terjun Cunca WulangAkses masuk ke air terjunPotret turis mancanegara di Air Terjun Cunca WulangLokasi Jembatan ke Air TerjunPotret keindahan air terjun

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button