Tempat Wisata

Air Terjun Leke Leke, pesona keindahan air terjun eksotis di Tabanan

harga tiket: Rp 25.000 Waktu aktif: 08.00-17.00 WITA, Alamat: Antapan, Kec. Baturiti, Cab.Tabanan, Bali; map: pemeriksaan situs

Air Terjun Leke-Leke Bali bisa dijadikan objek utama saat Anda berada di Pulau Dewata. Keindahannya begitu memanjakan mata, penuh dengan tumbuh-tumbuhan hijau yang tumbuh subur di sekitar pekarangan. Dibandingkan objek wisata pantai memang tidak begitu ramai, namun pengunjung datang setiap hari.

Bali dikenal sebagai pulau yang memiliki banyak pantai, masing-masing dengan karakteristik yang berbeda dari pesonanya. Turis mancanegara lebih mengenal Tabanan Bali dibandingkan dengan negara tuan rumahnya, yaitu Indonesia. Namun faktanya bukan hanya pantai yang menjadi satu-satunya tujuan wisata, air terjun juga menjadi bagian darinya.

Dari sekian banyak air terjun yang Anda miliki, sepertinya Air Terjun Leke Leke harus Anda kunjungi jika ingin mendapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Air Terjun Kipuan Kebo lebih dikenal warga setempat karena dulunya digunakan sebagai tempat mandi dan minum kerbau setelah mereka menjalankan tugasnya menghidupi para petani.

Daya Tarik Air Terjun Leke Leke

Daya Tarik Air Terjun Leke LekeKredit foto: Google Maps Pilar Roda Diez

Ketinggian persis air terjun di Bali ini masih belum diketahui. Namun jika dilihat sepintas sepertinya ketinggian yang dimiliki mencapai beberapa puluh meter. Dinamakan Air Terjun Leke-Leke Bali karena akses menuju lokasi cukup berliku dan terjal. Beragam atraksi juga dimiliki, tentunya tak lepas dari keindahan alam yang penuh pesona.

1. Keindahan Air Terjun Leke Leke

Air terjun cantik ini tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal saja, wisatawan mancanegara juga sering terlihat berkunjung. Beberapa dari mereka bahkan kembali karena apa yang mereka dapatkan selama kunjungan mereka cukup mengesankan. Ngomong-ngomong, ada banyak hal bagus untuk dilihat, yang utama adalah air terjunnya sendiri.

Limpasan air yang mengalir cukup deras kemudian menimbulkan suara gemuruh saat menerjang bebatuan di bawahnya. Percikan air tak terhindarkan, dari jarak beberapa meter masih bisa membasahi tubuh. Sementara tebing-tebing yang menjulang seolah mengapit dan melindungi setiap keindahan yang dimiliki.

Di kaki air terjun Leke-Leke Bali terdapat ceruk yang cukup luas yang sekilas terlihat seperti gua. Sayangnya, wisatawan tidak diperbolehkan mengaksesnya karena tidak ada akses jalan untuk mendekatinya. Namun satu tampilan saja sepertinya sudah lebih dari cukup untuk mendapatkan kecantikan yang nyaris sempurna.

2. Suasana yang menyenangkan dan damai

Mengunjungi air terjun eksotis di Bali ini cocok jika Anda sedang membawa beban berat saat ini. Bukan hanya keindahan yang didapat, tapi juga suasananya yang sejuk dan asri. Hal ini disebabkan banyaknya pohon rindang yang tumbuh subur baik di kota utama maupun saat berkendara.

Dalam perjalanan menuju lokasi, jalan setapak sangat teduh karena ditumbuhi pohon payung. Begitu juga saat anda tiba di lokasi utama Air Terjun Leke Leke Bali, banyak sekali tumbuhan hijau yang selalu menemani setiap pemandangan. Di tebing, misalnya, tumbuhan liar, terutama tanaman anggur, menutupi seluruh dinding.

3. Tersedia spot fotografi

Daya tarik lain air terjun Leke-LekeSumber Gambar: Google Maps Emma Leung

Atraksi lain yang akan Anda temukan di sini adalah spot foto. Bagi yang suka selfie untuk mendokumentasikan atau pamer di media sosial, keberadaan tempat ini membuat mereka semakin mantap untuk berkunjung. Tempat yang dimaksud adalah di dekat pintu masuk yang sebagian berupa taman bunga yang tertata rapi.

Selain itu, ada juga spot-spot liar yang tak kalah menarik untuk dijadikan latar foto. Misalnya jembatan gantung yang terbuat dari bambu dengan pemandangan sungai yang indah. Tentunya setibanya di resort utama, spot yang paling diminati adalah Air Terjun Leke-Leke Bali itu sendiri.

4. Kolam air jernih

Hampir semua air terjun di nusantara memiliki kolam. Fungsinya untuk menyimpan air sementara sebelum akhirnya kembali ke sungai. Kolam ini terbentuk secara alami karena tergerus aliran air yang jatuh dari bawah. Saat mengunjungi air terjun eksotis ini, Anda juga akan menemukan sebuah kolam.

Meski tidak terlalu luas, airnya sangat jernih dan enak dipandang. Warna air kolam terlihat biru di bagian tengah ini. Sementara itu, tandannya cukup rata di bagian pinggirnya yang berwarna coklat. Terdapat bebatuan dengan berbagai ukuran di sekeliling kolam menambah kesan eksotis dan mempesona.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Leke-LekeSumber Gambar: Google Maps Katarina Manalu

Air Terjun Leke-Leke Bali terletak di Kabupaten Tabanan, tepatnya di Desa Antapan, Kecamatan Baturiti. Jarak dari Denpasar lumayan jauh, kami butuh waktu lama untuk sampai di tempat itu. Estimasi jarak yang dimaksud adalah 55 kilometer, dibutuhkan waktu minimal 1 jam 30 menit untuk mencapainya saat kondisi jalan normal.

Rute tercepat adalah melalui Jalan Raya Denpasar, lalu ke Jalan Perean Tengah. Silakan ke Jalan Mekarsari, lalu Jalan Baturiti dan Jalan Gunung Agung. Rute selanjutnya menuju Jalan Antapan lalu ke kanan menuju Jalan Swadaya.

Mengunjungi Air Terjun Leke-Leke Bali lebih baik diakses melalui jalan utama karena lebih mudah. Setelah sampai di Jalan Swadaya, lanjutkan perjalanan menuju Pura Beji Banjar Kerobokan. Tempat tujuan wisata hanya berjarak sekitar 400 meter dari titik ini, harap mengacu pada rambu-rambu jalan agar lebih mudah.

Biaya masuk ke Air Terjun Leke Leke

Tiket masuk Air Terjun Leke LekeKredit foto: Google Maps Luh Ayu

Setelah sampai di lokasi, silahkan cari tempat parkir yang nyaman, lalu siapkan uang sebagai tiket masuk. Untuk harga tiketnya sendiri terbilang cukup mahal dibandingkan tempat wisata yang sama di tempat lain. Anda harus merogoh kocek sebesar 25.000 rupiah untuk satu pengunjung.

Untuk wisatawan mancanegara selisih harga tiket air terjun Leke-Leke Bali dua kali lipat yaitu 50.000 rupiah. Meski cukup mahal, pengalaman serunya dijamin tidak akan mengecewakan. Selain itu, dengan harga tersebut Anda mendapatkan berbagai fasilitas penting seperti tongkat kayu yang akan digunakan selama perjalanan menuju lokasi.

Aktivitas menarik di Air Terjun Leke Leke

Aktivitas Air Terjun Leke LekeSumber gambar: Twitter Eunice https://twitter.com/euniceapril

Daya tarik bukan satu-satunya alasan mengapa suatu objek wisata selalu dikunjungi wisatawan. Selain itu, aktivitas juga menjadi faktor yang tidak kalah penting, semakin ramai ketika banyak hal seru yang bisa dilakukan. Berkaitan dengan hal tersebut, Air Terjun Leke-Leke Bali cocok untuk kegiatan berikut ini!

1. Pelacakan ke lokasi

Aktivitas seru menanti Anda begitu turun dari kendaraan menuju gerbang depan. Perjalanan memakan waktu sekitar 15 menit dengan medan yang cukup terjal. Anda juga akan diberikan tiang penjejak sebelum turun tajam untuk berjaga-jaga. Selama perjalanan, Anda akan selalu ditemani oleh keindahan alam yang mempesona, sehingga tidak membosankan.

2. Menikmati pemandangan alam

Obyek wisata yang kita bicarakan termasuk dalam kategori wisata alam, sehingga banyak sekali keindahan yang bisa di temukan. Menikmatinya adalah kegiatan wajib, bahkan jika Anda melakukannya secara tidak sengaja. Atraksi yang paling menakjubkan adalah air terjun Bali Leke-Leke yang airnya mengalir cukup deras.

3. Mandi dan berenang

Banyak wisatawan tidak hanya menikmati pesonanya, tetapi juga tergiur untuk berenang dan bermain air. Penduduk setempat menganggap air terjun yang indah ini sebagai situs suci, jadi sebaiknya menjunjung tinggi etika lokal. Jika Anda tidak bisa berenang, ada baiknya Anda bermain air di tepi kolam sambil menginjak bebatuan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas air terjun Leke-LekeFoto oleh Google Maps Roelof Coetzee https://www.google.com/maps/contrib/103776047605644328663

Air Terjun Leke Leke dikelola dengan baik oleh warga setempat, sehingga selalu dirawat hingga sekarang. Untuk itu, fasilitas pendukungnya juga banyak seperti toilet bersih, lahan parkir yang luas dan beberapa stand wisata kuliner. Selain itu, Anda bisa menyewa penginapan berupa bungalow yang letaknya tidak jauh dari air terjun.

Cukup sekian ulasan kami mengenai tempat wisata di Bali yang penuh dengan keindahan. Apa yang kami berikan di atas tidak lebih dari gambaran singkat sebelum Anda mengunjungi situs. Jika Anda ingin merasakan keseruan yang sesungguhnya, silahkan tambahkan Air Terjun Leke-Leke Bali ke daftar kunjungan liburan Anda berikutnya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button