Tempat Wisata

Air Terjun Parangloe Gowa – Atraksi, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

harga tiket: Rp5.000; map: Cek lokasi
Alamat: Belapunranga, Kec. Parangloe, Kab.Gowa, Sulawesi Selatan.

Terletak di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Air Terjun Parangloe menyuguhkan pemandangan deretan bebatuan yang memiliki anak tangga saat mengalir bersama air. Oleh karena itu, air terjun ini juga dikenal sebagai air terjun anak tangga dan air terjun anak tangga, karena bentuk air terjunnya berupa susunan atau bidang bebatuan. Bentuknya yang seperti ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Air Terjun Parangloe disebut-sebut sebagai air terjun terindah di Gowa berkat susunan bebatuan yang menumpuk rapi. Suasana air terjun ini masih cukup alami karena lokasinya yang belum banyak diketahui orang. Selain alami, suasana hening yang begitu damai juga bisa dengan mudah kita temukan saat wisatawan memutuskan untuk berlibur ke sini.

Dengan struktur air terjunnya yang unik dan lokasinya yang alami dengan suasana yang tenang, menarik wisatawan untuk datang ke sini. Terutama para wisatawan yang mendambakan liburan dengan panorama air terjun yang indah disertai dengan suasana yang tenang dan alami. Wajib dikunjungi bagi Anda yang sedang mencari destinasi liburan wisata.

Atraksi air terjun Parangloe

Daya tarik air terjun ParangloeKredit foto: Google Maps Noor Fithriya

Tempat wisata dengan debit air hingga 20 meter ini juga memiliki daya tarik yang bisa menjadi poin tambahan bagi anda yang berencana datang kesini.

1. Lokasi berada di tengah hutan belantara

Air terjun di Gowa ini berada di tengah hutan belantara. Hingga udara yang sejuk menjadi hal yang mudah ditemukan wisatawan di sini. Deretan pepohonan hijau menyambut wisatawan dari tempat parkir hingga kawasan sekitar Air Terjun Parangloe. Dalam perjalanan menuju air terjun, wisatawan ditemani barisan pepohonan hijau seolah-olah sedang berada di alam bebas.

Lokasinya yang seolah berada di tengah hutan belantara, menciptakan suasana asri yang bisa dirasakan begitu dekat. Oleh karena itu sangat cocok sebagai tempat bersantai dari hiruk pikuk kota. Pepohonan hijau yang menjulang tinggi di sisi air terjun juga menambah kesan alami seperti dekorasi indah yang diciptakan oleh alam. Gimana, tertarik liburan ke sini?

2. Dilengkapi gazebo dan warung makan

Jika berbicara tentang objek wisata, tentu tidak lengkap jika mengabaikan keberadaan warung makan. Serta pendopo dan warung makan yang bisa wisatawan temukan di air terjun ini. Menghadirkan udara sejuk karena lokasinya yang berada di tengah hutan belantara membuat wisata kuliner berpotensi menjadi hal yang baik jika dilakukan di sini. Wisatawan yang datang tidak akan merasa lapar.

Selain warung makan yang menjadi tujuan wisatawan pecinta kuliner, kawasan Air Terjun Parangloe juga dilengkapi dengan pendopo. Anjungan yang berdiri di lokasi ini menawarkan pemandangan air terjun dengan pepohonan rindang yang terlihat begitu indah. Wisatawan yang berlibur ke sini akan merasakan liburan yang berkualitas dengan hadirnya pendopo dan warung makan serta suasananya.

3. Keindahan suguhan air terjun

Daya tarik utama sekaligus daya tarik yang mempengaruhi jumlah pengunjung di sini adalah keindahan air terjunnya. Tidak ada kata lain yang bisa menggambarkan tempat ini secara detail selain kata “indah”. Juga karena keindahan yang ditawarkan, Parangloe disebut-sebut sebagai air terjun terindah di Gowa oleh wisatawan yang berkunjung. Itu tentu saja fakta.

Air terjun tetes air tawar ini memiliki ketinggian 20 meter dengan keunikannya. Memang tidak unik karena air terjun ini memiliki struktur batu yang dirangkai menanjak seiring aliran air yang mengalir melewatinya. Hal ini menjadi tujuan para pengunjung karena pemandangan indah seperti itu belum tentu ditemukan di destinasi wisata air terjun lainnya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun ParangloeSumber gambar: Google Maps Waka Ru

Air Terjun Parangloe termasuk salah satu tempat wisata yang paling populer, meski lokasinya masih tergolong sepi. Sesuai dengan namanya, air terjun dengan pemandangan indah ini terletak di Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, tepatnya di desa Bori. Wisatawan dapat menempuh jarak hingga 20 km dari Kota Makassar. Rute yang dilalui juga terdiri dari dua akses jalan menuju air terjun.

Rute pertama adalah memulai perjalanan dari pusat Kota Makassar. Setelah wisatawan tiba di Makassar, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Gowa. Wisatawan dapat melakukan perjalanan melalui Desa Malino yang terletak di Kecamatan Tinggimoncong. Sampai kami tiba di Bendungan Bili Bili dengan luas bendungan 384,40 km2.

Selain itu, wisatawan bisa menuju jalur kedua. Wisatawan dapat menemukan kantor desa 200 meter dari pusat desa Malino. Kemudian lanjutkan ke pintu masuk di sebelah kantor kotamadya. Wisatawan harus menempuh perjalanan hingga 2 km untuk sampai ke pusat air terjun. Rute ini juga bisa ditempuh dengan roda dua.

Biaya masuk objek wisata

Tiket Masuk Air Terjun ParangloeKredit foto: Google Maps Didit S

Keindahan alam yang disuguhkan khusus kepada para pengunjung inilah yang membuat Air Terjun Parangloe begitu menarik. Bahkan, wisatawan yang berkunjung ke sana tidak hanya berasal dari daerah Gowa tetapi juga dari luar daerah. Banyak wisatawan yang datang dari luar daerah hanya untuk merasakan keindahan alam yang disuguhkan air terjun ini. Dan kau?

Wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi air terjun ini dapat memesan dana sebesar 200.000 rupee sebagai biaya untuk mengunjungi situs tersebut. Mengingat banyak wisatawan yang datang dari luar daerah memilih bus sebagai alat transportasi untuk menuju air terjun. Dengan dana tersebut, wisatawan dapat melakukan perjalanan dengan bus dari pusat Kota Makassar menuju Desa Malino.

Aktivitas seru di air terjun

Aktivitas seru di Air Terjun ParangloeKredit foto: Google Maps JuNa Sport

1. Cari petunjuk di tengah hutan belantara

Wisatawan yang ingin merasakan keindahan sejati air terjun ini bisa melakukan segala aktivitas tracking. Karena lokasinya yang belantara, aktivitas trekking cocok dilakukan di sini. Bahkan mengingat wisatawan harus berkendara 2 km dari pemerintahan desa untuk sampai ke air terjun. Jadi tracking disini sangat tepat bila hal ini dilakukan.

Bebatuan yang cukup curam dan licin merupakan hal yang lumrah saat berwisata di sini. Wisatawan juga dapat menemukan kayu yang jatuh, yang sedikit menghambat perjalanan, tetapi itu tidak masalah, bahkan bisa disebut kesenangan itu sendiri. Suasana alam yang sejuk dan dikelilingi pepohonan hijau yang tinggi membuat teman-teman baik di perjalanan.

2. Wisata kuliner di atas paviliun

Air terjun di Gowa ini juga dilengkapi stand makanan dan gazebo. Keberadaan warung makan di sini menjadikan Parangloe sebagai air terjun yang tidak ketinggalan wisata kulinernya. Sangat cocok untuk Anda pecinta kuliner yang ingin merasakan sensasi berbeda saat makan dengan pemandangan alam.

Wisatawan bisa mencoba berbagai jajanan yang dijual di warung makan di sini. Aktivitas makan lebih terlihat saat dilakukan di atas paviliun yang disediakan. Pemandangan keindahan air terjun membuat momen makan semakin berkesan. Jadi, wisatawan yang tertarik mengunjungi air terjun ini tidak perlu khawatir dengan keberadaan warung makan.

3. Rasakan kesegaran air terjun

Wisatawan yang ingin merasakan kesegaran Air Terjun Parangloe yang sesungguhnya bisa bermain air di bawahnya. Namun, kehati-hatian adalah sesuatu yang perlu diperhatikan oleh wisatawan. Karena air terjun ini sudah beberapa kali memakan korban. Sehingga wisatawan bisa lebih berhati-hati dengan tidak melanggar larangan tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Fasilitas Air Terjun Parangloe

Fasilitas Air Terjun ParangloeKredit Foto: Pemburu Google Maps Mimin

Karena lokasinya yang agak jauh dari pusat Kota Makassar dan berada di pedesaan, fasilitas di sini hanya seadanya. Lokasinya yang terpencil dengan sedikit turis juga merupakan faktor penyebab mengapa fasilitas di Air Terjun Parangloe sederhana. Selain itu, air terjun ini juga tidak kalah dengan representasi lanskap.

Ada beberapa fasilitas umum seperti stand makanan yang dilengkapi dengan gazebo. Warung-warung yang ada disini menjual berbagai jenis jajanan yang bisa dijadikan penambah rasa lapar. Keberadaan warung makan yang ada disini menjadi suguhan bagi para wisatawan yang penat setelah mengejar destinasinya.

Selain warung makan, air terjun ini juga dilengkapi pendopo dimana pengunjung bisa duduk santai sambil makan. Gazebo ini memiliki pemandangan air terjun yang sangat bagus dengan formasi bebatuan yang semakin bertambah. Sehingga wisatawan mendapatkan dua fasilitas umum di sini.

Itulah beberapa hal menarik tentang Air Terjun Parangloe. Air terjun yang menawarkan pesona keindahan yang tidak perlu diragukan lagi. Bentuk dekorasi alam yang dihadirkan oleh air terjun ini memberikan pesona tersendiri yang patut untuk dipuja. Lokasinya yang tenang dengan jumlah pengunjung yang tidak ramai juga menjadi tambahan saat berlibur ke sini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button