Tempat Wisata

Air Terjun Pelaruga: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Salah satu kegiatan yang paling menyenangkan adalah liburan, apalagi jika ditemani oleh orang-orang tersayang seperti keluarga, teman dekat, bahkan pasangan. Saat ini jika berbicara tentang destinasi liburan, anda tidak perlu repot untuk bepergian ke tempat yang jauh bahkan ke luar negeri, karena di negara kita sendiri atau bahkan di kota anda sudah banyak sekali destinasi wisatanya. Liburan kini menjadi kebutuhan dan penat yang kita rasakan setiap hari membuat orang semakin mencari tempat untuk menyegarkan pikiran. Bagi anda yang berdomisili di Sumatera Utara lebih tepatnya di Kabupaten Langkat terdapat berbagai jenis wisata dan salah satu tempat wisata alam yang tidak boleh dilewatkan adalah Air Terjun Pelaruga.

Obyek wisata Air Terjun Pelaruga sendiri memiliki lokasi tepatnya di Jl. Sungai Wampu, Rumah Galuh, Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Jika Anda menyukai wisata alam terbuka, terutama yang berhubungan dengan air, tempat ini wajib Anda kunjungi, baik bersama pasangan, keluarga, atau sahabat. Wisatawan juga sering datang ke sini untuk daya tarik Air Terjun Pelaruga yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Suasana alam sekitar dengan pepohonan dan tanaman yang tumbuh subur memastikan udara yang bersih dan sejuk, membuat pikiran Anda segera rileks.

Perairan air terjun Pelaruga ini mampu memukau siapa saja. Dengan warnanya yang bening kebiruan, pengunjung pasti tidak sabar untuk bermain cepat di dalam air. Destinasi wisata air ini juga lebih dikenal dengan sebutan Pelaruga karena terletak di desa Rumah Galuh dan juga dijaga serta dilestarikan oleh komunitas pemandu wisata alam bernama Pelaruga. Padahal, sebenarnya nama tempat ini adalah Air Terjun Teroh-teroh yang artinya “di bawah” dalam bahasa Batak. Tempat ini dinamakan Teroh-teroh karena air disini berasal dari mata air yang sangat jernih dan bersih.

Di sana, wisatawan biasanya mencoba terjun ke air dari atas tebing untuk merasakan sensasi menantang yang mungkin belum pernah mereka alami sebelumnya. Anda juga bisa menikmati segarnya air di Air Terjun Pelaruga sambil menikmati panorama alam yang indah. Selain itu, bagi Anda yang ingin menguji nyali bisa mengikuti body rafting, di mana Anda menyelam ke dalam air mengikuti arus.

Fasilitas di Air Terjun Pelaruga

Sedangkan fasilitas yang ada di kawasan wisata Pantai Pidakan tidak terlalu banyak atau lengkap, namun ada beberapa yang bisa anda temukan seperti di antaranya;

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas.

– Bilik atau tempat makan

Bermain air berjam-jam sambil menikmati pemandangan dijamin bikin lapar. Tak perlu bingung jika tidak sempat atau lupa menyiapkan bekal. Di sekitar objek wisata ini Anda akan menemukan warung-warung yang dikelola penduduk setempat yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Paviliun

Berkat paviliun yang dibangun di sana, Anda bisa duduk santai bersama keluarga sambil menikmati pemandangan air terjun yang jernih, pepohonan dan alam yang indah.

– Akomodasi

Di sekitar kawasan wisata Air Terjun Pelaruga, bagi Anda yang sedang mencari penginapan bisa mencari penginapan yang sesuai dengan budget dan kebutuhan.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga telah disediakan di sana, sehingga Anda tidak perlu repot mencari toilet di luar kawasan wisata.

Berburu foto di air terjun Pelaruga

Jika Anda sedang berlibur bersama keluarga, teman atau pasangan, Anda pasti harus membawa kamera, karena siapa yang tidak ingin mengabadikan pemandangan berbeda yang bisa Anda lihat di sepanjang jalan? Foto juga bisa berfungsi sebagai pengingat saat Anda pulang nanti. Seperti di Air Terjun Pelaruga, wisatawan dimanjakan dengan pemandangan alam seperti air terjun yang mengalir di atas bebatuan, warna airnya yang kebiruan dan jernih, tumbuhan dan pepohonan yang tumbuh subur di sekitarnya. Hampir setiap sudut objek wisata ini bisa menjadi backdrop foto yang cantik dan Instagrammable. Kemudian Anda juga bisa mengabadikan momen sambil berenang dan bermain air atau body rafting.

Bagaimana menuju ke Air Terjun Pelaruga

• Melalui Udara : Sesampainya di Bandara Kuala Namu, Anda dapat langsung memulai perjalanan dengan kendaraan bermotor dengan rute Jl. melanjutkan. Jalan Tol Medan-Kuala Namu – Jl. Tol Belmera – Tj. Mulia – Jl. Cemara-Jl. Veteran – Tol Medan-Binjai – Jl. Megawati – Jl. Lintas Sumatera – Jl. Gajah Mada – Jl. Diponegoro – Jl. Cendrawasih-Jl. Jadilah Lepan – Jl. Jamin Ginting – Jl. Nama Ukur Telagah

• Melalui jalur laut : Sesampainya di pelabuhan Belawan, anda dapat langsung melanjutkan perjalanan dengan kendaraan bermotor melalui jalur : Jl. R. Pelabuhan-Jl. Tol Belmera – Tj. Mulia – Jl. Cemara-Jl. Veteran – Tol Medan-Binjai – Jl. Megawati – Jl. Lintas Sumatera – Jl. Gajah Mada – Jl. Diponegoro – Jl. Cendrawasih-Jl. Jadilah Lepan – Jl. Jamin Ginting – Jl. Nama Ukur Telagah

• Melalui Darat: Dari pusat kota Medan Anda hanya perlu mengikuti rute berikut: Jl. Guru Patimpus – Jl. Gatot Subroto – Jl. Lintas Sumatera – Jl. Gajah Mada – Jl. Diponegoro – Jl. Cendrawasih-Jl. Jadilah Lepan – Jl. Jamin Ginting – Jl. Nama Ukur Telagah

Biaya masuk ke Air Terjun Pelaruga

  • Biaya masuk: Rp 50.000

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka air terjun Pelaruga

Peta lokasi air terjun Pelaruga

Tips mengunjungi air terjun Pelaruga

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Air Terjun Pelaruga semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Air Terjun Pelaruga adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Air Terjun Pelaruga bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Air Terjun Pelaruga.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Air Terjun Pelaruga.

Galeri foto air terjun Pelaruga

Air terjun PelarugaTempat foto di atas batuBerenang di bawah air terjunberburu fotoGunakan pelampung

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button