Tempat Wisata

Air Terjun Pengantin : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Setiap kali Anda merasa lelah di tempat kerja atau hal-hal lain, pasti Anda memikirkan hiburan yang menyenangkan, baik itu berdua saja dengan keluarga atau teman-teman Anda. Namun tidak sedikit yang menyarankan untuk tidak pergi berlibur karena kebanyakan berpikir bahwa Anda selalu harus mengeluarkan banyak uang untuk berlibur. Ada berbagai jenis tempat wisata di dekat Anda yang tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menikmatinya. Apalagi jika Anda tinggal di Ngawi, sebuah kabupaten di Jawa Timur. Anda tidak perlu berkendara jauh dari kota untuk beristirahat sejenak setelah seharian bekerja. Ada beberapa tempat wisata di Ngawi yang bisa Anda kunjungi dengan biaya murah, seperti Air Terjun Pengantin.

Air Terjun Pengantin merupakan salah satu tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Dusun Besek, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, masih di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Meski Ngawi tidak sepopuler kabupaten lain di Jawa Timur seperti Surabaya, Malang, atau Banyuwangi, bukan berarti Anda tidak bisa menikmati wisata alam, sejarah, atau religi yang menarik. Tidak ada salahnya mengunjungi Ngawi jika Anda merencanakan liburan dalam waktu dekat. Pastikan Air Terjun Pengantin masuk dalam daftar tempat wisata yang akan Anda kunjungi.

Air Terjun Pengantin atau masyarakat setempat menyebutnya “ATP” merupakan salah satu air terjun unik yang ada di provinsi Jawa Timur. Objek wisata ini unik karena air terjun ini tercipta dari aliran lahar Gunung Lawu sedangkan yang lainnya merupakan mata air asli setempat. Terlepas dari legenda dan koeksistensinya, mungkin latar belakang yang berbeda inilah yang menyebabkan masyarakat di sana menyebutnya Air Terjun Pengantin maupun laki-laki dan perempuan.

Air terjun pengantin ini memiliki mitos yang berasal dari sejarah masyarakat setempat yang mengatakan bahwa ada sepasang kekasih yang berkumpul. Ternyata hubungan mereka bertahan lebih lama sebelum mereka berhasil mencapai pelaminan. Nah, mitos juga mengatakan bahwa jika seorang pria dan wanita berkumpul dan kemudian menyentuh air terjun pengantin itu, hubungan mereka akan bertahan lebih lama. Itu juga mitos, benar atau tidak. Yang terpenting, kami hanya percaya bahwa pasangannya adalah Tuhan yang memutuskan, bukan mitos.

Di air terjun ini, Anda bisa menyegarkan pikiran dari segala penat dan stres sehari-hari dengan mengagumi pemandangan indah pepohonan di sekitarnya, serta air terjun yang indah. Anda juga bisa mendirikan kemah untuk merasakan nikmatnya tidur di tengah alam.

Fasilitas di Bridal Falls

Dengan pengelolaan yang baik, objek wisata ini dinilai memiliki beberapa fasilitas pendukung yang memadai seperti:

– Kantin

Di sana Anda juga akan dimanjakan dengan banyaknya penjual makanan dan minuman, baik dengan masakan lokal maupun umum. Harganya juga ramah kantong dan tidak terlalu mahal.

– Masjid

Berlibur atau berwisata ke suatu tempat hendaknya tidak menyebabkan kita meninggalkan shalat atau ibadah. Oleh karena itu bagi anda yang ingin sholat disana telah disediakan mushola yang cukup nyaman.

– Area parkir

Bagi Anda para wisatawan yang datang menggunakan kendaraan pribadi tidak perlu khawatir soal parkir karena tempat wisata ini juga memiliki lahan parkir yang cukup luas untuk kendaraan pengunjung.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga ada di kawasan Air Terjun Pengantin, jadi bagi anda yang ingin menggunakan kamar kecil tidak perlu mencari lagi karena di lokasi ini terdapat dua kamar kecil yang bisa anda gunakan.

– Akomodasi

Bagi Anda yang membutuhkan tempat menginap atau sekedar beristirahat, ada beberapa hotel dan penginapan di kawasan ini yang bisa Anda pilih.

Berburu foto di Bridal Waterfall

Anda yang menyukai alam sekitar dan juga menyukai fotografi dijamin akan menyukai tempat ini karena disini anda tidak hanya bisa menikmati udara segar yang sejuk tanpa polusi, tapi juga menikmati pemandangan alam yang menakjubkan. Begitu pertama kali mendaki, Anda akan melihat deretan pepohonan di hutan di kanan dan kirinya yang menjadi sasaran jepretan kamera Anda. Setelah mencapai air terjun pertama, Anda bisa berhenti sejenak untuk mengistirahatkan kaki, menarik napas dalam-dalam, dan bermain-main di sungai di bawah air terjun sambil memotret air terjun setinggi 40 kaki yang mengalir indah.

Baca juga: Van Den Bosch Bull, Berwisata sambil menikmati eksotisme salah satu peninggalan sejarah Jawa Timur

Akses jalan menuju Air Terjun Pengantin

Datang dari Madiun, Magetan, Ngawi, ambil saja rute Ngawi-Paron-Jogorogo-Pasar Ngrambe. Dari pasar Ngrambe, ambil jalan setapak menuju desa Hargomulyo. Atau pertigaan 100 meter sebelah timur pasar Ngrambe di selatan sampai pertigaan SDN Hargomulyo 2. Dari pertigaan, cukup berjalan lurus sekitar 500 meter. Ikuti rambu ke pintu masuk.

Atau bisa naik bus Jaya Agung jurusan Ngawi-Ngrambe dari Terminal Kertonegoro Ngawi. Atau Anda bisa naik minibus kecil yang turun di pasar Ngrambe dan dari sana naik ojek ke lokasi.

Biaya masuk ke Air Terjun Pengantin

  • Biaya masuk: Rp 7.000/orang

(Diperbarui Mei 2023)

Jam operasional air terjun pengantin

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore

Tips liburan ke Air Terjun Pengantin

Jadikan liburan Anda dan keluarga semakin menyenangkan dan berharga di Air Terjun Pengantin. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Air Terjun Pengantin adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Air Terjun Pengantin bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa agen perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Bridal Waterfall.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Bridal Waterfall.

Galeri Foto Bridal Falls

Selamat datang di Bridal Falls
Sendang Kahuripan
tempat foto
Keindahan Air Terjun Pengantin
Tempat foto terbaik
Berkemah di Air Terjun Pengantin

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button