Tempat Wisata

Air Terjun Roro Kuning: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kita bersyukur hidup di negeri yang sangat kaya akan sumber daya alam di berbagai daerah dari Sabang sampai Merauke. Maka dari itu, tidak heran jika banyak destinasi wisata menarik di Indonesia, baik yang buatan maupun yang alami. Ada satu kabupaten di provinsi Jawa Timur yaitu Nganjuk. Salah satu destinasi liburan favorit masyarakat, Nganjuk memiliki banyak tempat wisata dan pesonanya tak terbantahkan. Lokasinya yang berada di dataran tinggi juga menciptakan suasana sejuk dan sejuk di kota ini, membuat banyak orang betah menghabiskan waktu di Nganjuk. Salah satu destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan adalah Air Terjun Roro Kuning.

Air Terjun Roro Kuning merupakan salah satu objek wisata air terjun di Jawa Timur yang terletak di Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk. Sedikit cerita yang diceritakan oleh warga sekitar disana apakah penamaan Air Terjun Roro Kuning ini sendiri sesuai dengan cerita Misteri Roro Kuning Nganjuk. Konon nama air terjun ini berasal dari kisah Dewi Ruting dan Dewi Roro Kuning. Dewi Ruting adalah putri kerajaan Dhoho sedangkan Dewi Roro Kuning adalah putri kerajaan Kadiri. Nama asli Ruting adalah Dewi Kilisuci sedangkan Roro Kuning adalah Dewi Sekartaji. Sayangnya, ketika kedua putri cantik itu jatuh sakit, tidak ada yang bisa menyembuhkan mereka di kerajaan. Karena penyakitnya sendiri, Runting mengalami sakit kuning dan Roro Kuning mengalami penyakit gondok dan kulit. Untuk mencari cara menyembuhkan diri, kedua putri raja berjalan kaki melewati hutan belantara, naik turun gunung, akhirnya tiba di lereng Gunung Wilis di desa Bajulan. Sambil merenungkan nasibnya, Resi Darmo dari Padepoan bertemu dengan Ringin Putih di Desa Bajulan. Di sini kedua putri itu akhirnya dirawat oleh Resi sakti dan diberi ramuan tradisional. Dengan persiapan daun tersebut, penyakit putri raja akhirnya sembuh. Selama proses penyembuhan, putri Runting dan Kuning sering mandi di air terjun yang kemudian diabadikan oleh para Resi sebagai nama air terjun tersebut.

Sesampainya di objek wisata ini, Anda bisa melihat patung Roro Kuning di pintu masuk. Seluruh tubuh arca berwujud wanita dicat kuning keemasan. Di depan patung terdapat prasasti dengan nama tempat wisata ini, Roro Kuning. Warna patung yang kuning hanyalah simbol dari seorang wanita bernama Roro Kuning. Patung ini tidak hanya melambangkan tetapi juga melestarikan sejarah air terjun Roro Kuning yang terkenal hingga saat ini.

Air Terjun Roro Kuning menjadi daya tarik wisata karena keindahan tempat yang berada di perbukitan memberikan suasana yang sejuk dan sejuk. Selain itu, Anda bisa melihat pohon pinus di kawasan ini. Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini terutama saat liburan lebaran atau liburan sekolah. Di tempat ini Anda juga bisa melakukan kegiatan seru yaitu berwisata atau berkemah.

Fasilitas di Air Terjun Roro Kuning

Bicara soal fasilitas, di tempat wisata Air Terjun Roro Kuning ini kamu akan menemukan fasilitas yang bisa kamu gunakan, seperti:

– perjalanan keluar

Selain bermain-main di kawasan air terjun atau sungai, Anda juga bisa melakukan aktivitas outbond di sana yang menantang namun seru dan mengasyikkan.

– Kolam renang

Anda yang ingin merasakan berenang di kawasan perbukitan bisa mencoba kolam renang di Air Terjun Roro Kuning bersama keluarga.

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas.

– Bilik atau tempat makan

Bermain-main di area air terjun selama berjam-jam pasti akan membuat perut Anda terasa lapar. Tak perlu bingung jika tidak sempat atau lupa menyiapkan bekal. Di sekitar objek wisata ini Anda akan menemukan warung-warung yang dikelola penduduk setempat yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Paviliun

Berkat paviliun yang dibangun di sana, Anda bisa duduk santai sambil menikmati indahnya pemandangan air terjun, hamparan pohon pinus yang hijau, dan birunya langit.

– tempat perkemahan

Di sekitar kawasan air terjun, bagi anda yang ingin bermalam bisa mencoba sensasi outdoor camping yang dijamin seru banget.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga telah disediakan di sana, sehingga Anda tidak perlu repot mencari kamar kecil di luar area air terjun.

Berburu foto di Air Terjun Roro Kuning

Bagi Anda yang hobi fotografi, berburu foto di Air Terjun Roro Kuning pasti seru karena tempat wisata ini luas dan menawarkan pemandangan yang indah. Pepohonan seperti pinus dan lain-lain yang mengelilingi air terjun juga turut menyumbang indahnya panorama alam yang tercipta. Dengan latar belakang air terjun yang mengalir deras dan langit cerah, Anda akan mendapatkan foto-foto menakjubkan yang bisa langsung Anda unggah ke berbagai media sosial Anda. Selain itu, kamu juga bisa mengabadikan momen saat bermain outbond karena banyak momen seru yang bisa kamu gunakan untuk berfoto. Kolam renang di Air Terjun Roro Kuning juga bisa Anda gunakan sebagai spot foto. Di tempat ini juga dimungkinkan untuk berfoto selfie, sehingga Anda bisa mendapatkan foto-foto menarik yang bisa Anda unggah ke berbagai media sosial. Dengan cara ini Anda dapat berkontribusi untuk membuat objek wisata ini dikenal banyak orang.

Baca juga: Dr. Museum Soetomo, berwisata sekaligus belajar sejarah oleh Dr. Soetomo

Akses jalan menuju Air Terjun Roro Kuning

Rute Air Terjun Roro Kuning dapat dicapai dengan melewati salah satu dari empat kabupaten yang mengelilingi Kabupaten Nganjuk, yaitu Kabupaten Jombang di sebelah Timur, Kabupaten Bojonegoro di sebelah Utara, Kabupaten Kediri di sebelah Barat dan Kabupaten Ponorogo di sebelah Selatan. Jalan menuju lokasi cukup bisa dilalui untuk berbagai jenis kendaraan.

Biaya masuk ke Air Terjun Roro Kuning

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

Dan anda juga perlu menyiapkan uang untuk biaya parkir karena tiket masuk diatas belum termasuk biaya parkir untuk masing-masing sepeda motor atau mobil. (Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Air Terjun Roro Kuning

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore

Tips liburan ke Air Terjun Roro Kuning

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Air Terjun Roro Kuning semakin menyenangkan dan berkelas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Air Terjun Roro Kuning adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Air Terjun Roro Kuning bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Air Terjun Roro Kuning.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Air Terjun Roro Kuning.

Galeri Foto Air Terjun Roro Kuning

Selamat datang di Air Terjun Roro Kuning
Air Terjun Roro Kuning
Kolam renang roro kuning
fasilitas istirahat
Mandi di bawah air terjun
Spot foto di bawah air terjun

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button