Tempat Wisata

Air Terjun Sigura Gura: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Setelah berhari-hari bekerja atau setelah bergelut dengan masalah sekolah dan hal lainnya, terkadang kita membutuhkan sesuatu yang disebut refreshing untuk menyegarkan pikiran dan menghilangkan penat. Stres juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kita merencanakan liburan yang bisa Anda lakukan sendiri, bersama keluarga, pasangan atau sahabat. Liburan seru pun tidak perlu mengeluarkan banyak biaya lho, karena ada berbagai jenis tempat wisata yang tidak memerlukan tiket masuk alias gratis. Jika anda berencana untuk berwisata ke pulau Sumatera khususnya Sumatera Utara, anda bisa mengunjungi objek wisata air terjun yang keindahannya menakjubkan yaitu Air Terjun Sigura Gura. Sumatera Utara dapat memenuhi keinginan Anda untuk menikmati keindahan, terutama pemandangan alam yang indah. Ada banyak tempat wisata alam yang tidak boleh Anda lupakan. Beberapa di antaranya bahkan dikenal di luar negeri.

Air terjun Sigura-gura sendiri terletak di kecamatan Toba Samosir, Medan. Medan tidak hanya terkenal dengan Danau Toba atau Pulau Samosir, Air Terjun Sigura Gura juga menjadi salah satu destinasi wisata unggulan yang tidak pernah sepi terutama saat liburan. Dan juga para wisatawan yang datang berasal dari berbagai daerah bahkan dari luar negeri.

Air terjun ini juga menyandang gelar air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 250 meter, bahkan melebihi ketinggian air terjun Madakaripura yang hanya 200 meter atau air terjun Payakumbuh (150 meter). Disana wisatawan yang datang sangat dimanjakan dengan pemandangan indah air terjun yang mengalir, suara air terjun dan tentunya sejuknya udara disana bisa membuat siapapun yang menikmatinya tidak ingin pergi. Selain itu, pepohonan yang mengelilingi air terjun Sigura-gura tampak rindang dan subur menambah keindahan tempat wisata ini.

Dari kejauhan air terjun ini terlihat seperti air terjun raksasa yang menarik karena airnya jatuh ke sungai di bawahnya. Ternyata air di air terjun Sigura-gura ini berasal dari Sungai Asahan. Dan selain pemandangan alamnya yang tak kalah indahnya dengan tempat wisata di luar negeri, lomba arung jeram tingkat nasional dan internasional biasanya diadakan di air terjun Sigura Gura. Anda yang menyukai tantangan bisa mencoba mengikuti lomba arung jeram. Selain berkesempatan menikmati kesegaran Air Terjun Sigura-gura, Anda juga bisa memenangkan hadiah yang menggiurkan.

Karena debit airnya yang deras, pengunjung tidak disarankan untuk mandi di sungai di Air Terjun Sigura-gura karena berisiko hanyut terbawa arus sungai. Namun jika ingin bermalam, Anda bisa mendirikan kemah untuk menikmati indahnya suasana objek wisata ini lebih lama.

Fasilitas di Air Terjun Sigura Gura

Jika Anda memiliki masalah fasilitas, beberapa fasilitas yang ada di objek wisata Air Terjun Sigura-gura bisa Anda temukan saat berlibur ke sana bersama teman atau keluarga.

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas.

– Bilik atau tempat makan

Terkadang banyak wisatawan yang tidak sempat membawa perbekalan atau bahan makanan dari rumah karena sibuk atau pelupa. Kini Anda tidak perlu takut kelaparan di Air Terjun Sigura Gura. Di kawasan depan objek wisata ini, Anda akan menjumpai warung-warung penduduk setempat yang menjajakan makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Paviliun

Dengan membangun beberapa paviliun di Air Terjun Sigura-gura, Anda bisa duduk santai menikmati pemandangan air terjun raksasa yang mengalir deras, pemandangan pepohonan dan tumbuhan, atau bahkan burung liar yang beterbangan.

– Akomodasi

Jika Anda dan keluarga berencana untuk menghabiskan satu atau dua malam tetapi tidak ingin berkemah, ada beberapa tempat menginap yang tidak terlalu mahal.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga telah disediakan di sana, sehingga Anda tidak perlu repot mencari kamar kecil di luar area air terjun.

Berburu foto di air terjun Sigura Gura

Berkunjung ke tempat wisata alam yang indah tidak akan lengkap rasanya jika Anda lupa membawa kamera. Saat berlibur, wajib untuk membawa kamera, baik itu ponsel atau kamera profesional yang memungkinkan Anda mengambil foto. Di tempat wisata Air Terjun Sigura-gura ini terdapat beberapa spot foto menarik yang bisa Anda dan keluarga gunakan. Misalnya, jika Anda sedang berjalan menyusuri jalan menuju air terjun, pastikan membawa kamera dan pegangan yang baik agar Anda dapat mengambil gambar dan tidak jatuh. Selain itu, Anda juga bisa berfoto selfie atau meminta seseorang untuk mengabadikan momen saat Anda tiba di dekat air terjun setinggi 250 meter ini. Di sekitar air terjun panoramanya tidak kalah indah, pepohonan dan tanaman tumbuh subur di sana yang menghijau membuat suasana semakin asri. Adanya burung liar yang beterbangan kesana-kemari juga bisa dijadikan sasaran jepretan kamera. Jangan lupa untuk mengunggah foto Anda di berbagai media sosial.

Bagaimana menuju Air Terjun Sigura Gura

• Melalui Udara : Sesampainya di Bandara Kuala Namu, Anda dapat langsung memulai perjalanan dengan kendaraan bermotor dengan rute Jl. melanjutkan. Jalan Tol Medan – Jl. Lintas Sumatera – Jl. Yos Sudarso – Jl. Jend Sudirman-Jl. Lintas Tengah Sumatera – Jl. Tarutung – Jl. Persimpangan Sigura Gura – Air Terjun Sigura Gura

• Melalui jalur laut : Sesampainya di pelabuhan Belawan, anda dapat langsung melanjutkan perjalanan dengan kendaraan bermotor melalui jalur : Jl. R. Pelabuhan-Jl. Tol Belmera – Jl. Jalan Tol Medan Kuala Namu – Jl. Lintas Sumatera – Jl. Yos Sudarso – Jl. Jend Sudirman-Jl. Lintas Tengah Sumatera – Jl. Tarutung – Jl. Persimpangan Sigura Gura – Air Terjun Sigura Gura

• Jalur darat: Dari pusat kota Anda tinggal mengikuti rute berikut: Jl. Guru Patimpus – Jl. Gatot Subroto – Jl. Kapten Maulana Lubis – Jl. Balai Kota – Jl. Prof HM Yamin Sh – Jl. Perintis Kemerdekaan – Jl. Tol Belmera – Jl. Jalan Tol Medan Kuala Namu – Jl. Lintas Sumatera – Jl. Yos Sudarso – Jl. Jend Sudirman-Jl. Lintas Tengah Sumatera – Jl. Tarutung – Jl. Persimpangan Sigura Gura – Air Terjun Sigura Gura

Tiket masuk air terjun Sigura-gura

  • Biaya masuk: Rp 10.000

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka air terjun Sigura-gura

Peta lokasi air terjun Sigura Gura

Tips mengunjungi Air Terjun Sigura Gura

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Air Terjun Sigura-gura semakin menyenangkan dan berkelas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik mengunjungi Air Terjun Sigura-gura adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Air Terjun Sigura-gura bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar kondisi tubuh tetap prima saat berlibur di Air Terjun Sigura Gura.

Galeri foto Air Terjun Sigura Gura

Selamat datang di Air Terjun Sigura Gura
Air Terjun Sigura GuraJalan naik turun dan berliku menuju air terjunTempat foto terbaikKeindahan Air Terjun Sigura GuraSuasana pengunjung ramaiMandi di bawah air terjun

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button