Tempat Wisata

Air Terjun Suwono: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Saat berlibur ke suatu tempat, kebanyakan dari kita pasti mencari mall atau tempat yang “nyaman” dan ber-AC, dengan banyak penjual makanan dan minuman atau toko yang menjual berbagai jenis barang. Tapi tentu kita sudah terbiasa, apalagi di kota-kota besar yang banyak mall di sana-sini. Sesekali Anda butuh istirahat di tempat yang berhubungan dengan alam, jauh dari kebisingan kota dan udara yang tercemar. Ada sebuah tempat wisata di Ngawi yang bisa Anda kunjungi jika berencana berlibur dalam waktu dekat. Dan destinasi wisatanya adalah Air Terjun Suwono.

Air Terjun Suwono merupakan destinasi wisata di Dusun Ngetrep, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Ngawi, Jawa Timur. Bagi Anda yang ingin merasakan sejuknya udara pegunungan ditemani pemandangan yang indah, Anda bisa datang ke tempat yang satu ini. Segala penat dan penat dijamin hilang begitu sampai di Air Terjun Suwono.

Tempat wisata di lereng Gunung Lawu ini menyuguhkan pemandangan air terjun yang sangat mempesona. Meski agak terpencil dan tersembunyi, justru itu yang disukai wisatawan karena sesampainya di sana tidak perlu melihat banyak keramaian dan bisa menikmati panorama di sekitar air terjun dengan lebih leluasa.

Beruntung kondisi air terjun di sini juga tidak separah air terjun lainnya, airnya mengalir menuruni bebatuan yang berkilauan diterpa sinar matahari. Suara gemericik air juga menambah rasa sejuk, apalagi lokasinya yang berada di lereng gunung membuat Anda bisa mendengar kicauan berbagai burung di sekitar Anda. Mencapai air terjun memang tidak mudah, harus menempuh jalan yang berkelok-kelok dan menanjak, namun semua jerih payah itu langsung terbayar begitu sampai di sana.

Para pecinta wisata alam akan sangat menikmati Air Terjun Suwono karena di sini Anda akan menemukan pemandangan hijau yang indah sejauh mata memandang, Anda juga dapat melakukan beberapa kegiatan menyenangkan seperti mandi dan bermain air di sungai di bawah air terjun atau mendirikan kemah. . Bermalam di Air Terjun Suwono akan menjadi pengalaman tersendiri karena Anda tidak hanya dapat menikmati pemandangan yang indah di siang hari, tetapi juga dapat melihat bintang-bintang yang indah di malam hari, karena lokasi air terjun ini jauh dari polusi cahaya di tengahnya, terlihat jelas dari kota.

Fasilitas di Air Terjun Suwono

Karena letaknya yang agak terpencil dan tersembunyi, objek wisata ini belum banyak dijamah oleh pemerintah setempat. Maka jangan heran jika fasilitas penunjangnya masih sedikit seperti tempat parkir mobil Den, tentunya bisa anda gunakan untuk memarkirkan kendaraan bermotor anda jika diperlukan. Anda membawa kendaraan sendiri, jangan khawatir, karena tempat parkir ini juga memiliki penjaga, area untuk berkemah, bagi yang suka berkemah, Anda dapat membawa peralatan berkemah di tempat ini dan menginap di sana dengan api unggun.

Diharapkan Pemerintah Kabupaten Ngawi dapat lebih memperhatikan objek wisata Air Terjun Suwono kedepannya, karena tempat ini memiliki potensi besar untuk menghasilkan tambahan pendapatan daerah jika pemerintah ingin membangun beberapa fasilitas tambahan agar masyarakat lebih tertarik. Kesana.

Berburu foto di air terjun Suwono

Apakah Anda menyukai wisata alam dan seni fotografi? Maka tempat ini wajib kamu datangi saat berkunjung ke Ngawi. Karena letaknya yang berada di lereng gunung, Air Terjun Suwono dikelilingi oleh hutan dengan tumbuhan yang lebat dan rindang. Anda dapat menggunakan ini sebagai latar belakang untuk mengambil foto dengan teman-teman Anda. Selain Anda yang membawa kamera waterproof, Anda bisa mendekat ke air terjun untuk mengabadikan panorama air terjun lebih dekat lagi. Jika sudah puas dengan foto yang banyak, jangan lupa untuk menguploadnya di media sosial, karena dengan begitu kamu bisa membantu memperkenalkan objek wisata ini ke banyak orang.

Baca Juga: Water Park Tirtonirmolo, Wisata Air Seru dan Asyik di Ngawi

Akses jalan menuju Air Terjun Suwono

Anda yang ingin ke Air Terjun Suwono bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil karena belum ada angkutan umum yang bisa mengantarkan Anda ke sana. Berasal dari Madiun, Magetan, Ngawi. Silakan ambil rute Ngawi-Paron-Jogorogo-Ngrambe. Di pertigaan pasar Ngrambe, ambil arah Hargomulyo. Lebih tepatnya di pertigaan belokan timur 100 meter, lurus ke selatan hingga sampai di SDN HARGOMULYO 2. Belok kanan di pertigaan depan SDN HARGOMULYO 2 Anda dan ikuti rambu Air Terjun Suwono yang sudah terpasang hingga mencapai loket masuk.

Datang dari Widodaren, Jl. Raya Solo-Surabaya, Anda harus menempuh rute melalui terminal Gendingan-Walikukun-Pasar Ngrambe. Lalu ambil arah Hargomulyo. Belok kanan di pertigaan SDN HARGOMULYO 2 dan ikuti petunjuk Air Terjun Suwono hingga sampai di loket masuk.

Biaya masuk ke Air Terjun Suwono

  • Biaya masuk: Rp 15.000/orang

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam Buka Air Terjun Suwono

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore

Tips berlibur di Air Terjun Suwono

  • Persiapkan stamina karena jalur menuju air terjun cukup jauh
  • Kenakan sepatu yang nyaman dan tidak licin
  • Jangan lupa bawa makanan dan minuman sendiri
  • Jangan mencemari area sekitar air terjun
  • Hati-hati saat bermain di bawah air terjun karena bebatuannya cukup licin

Galeri foto Air Terjun Suwono

Air terjun Suwono di Ngawi
Keindahan Air Terjun Suwono
berburu foto
Potret Air Terjun
Fasilitas lengkap di area air terjun

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button