Tempat Wisata

Air Terjun Tande: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Air Terjun Tande merupakan salah satu air terjun yang wajib dikunjungi saat Anda berada di Kepulauan Riau. Air terjun ini terletak di lereng Gunung Tanda yang bersebelahan dengan Gunung Daik. Air Terjun Tande terletak sekitar 5 km dari pusat Kota Daik, ibu kota Kabupaten Lingga. Hingga saat ini, air terjun tersebut menjadi sumber air bagi warga Daik.

Pesona Air Terjun Tande

Potret Air Terjun Tande

Air Terjun Tande menyimpan keindahan alam yang sangat indah. Terdiri dari beberapa tingkatan yang memberikan tampilan air terjun yang menakjubkan. Suasana hutan alami menanti Anda dalam perjalanan menuju air terjun.

Sepanjang perjalanan Anda mungkin menjumpai berbagai jenis flora dan fauna seperti: B. Hutan Karbon, Hutan Kapur, Keruwing, Pakis Staghorn dan masih banyak lagi. Anda juga akan melintasi sungai yang sangat jernih sehingga rasa lelah Anda akan teralihkan oleh suara gemericik air sungai.

Selain panorama alam yang indah, Anda juga akan disuguhkan dengan bangunan bersejarah yang ada di hutan pegunungan Tanda. Anda melewati gerbang kompleks Istana Damnah. Disana Anda bisa melihat replika Istana Damnah, aset sejarah Kesultanan Lingga, Kamar 44 dan Museum Cahaya Linggam.

Jika merasa lelah di tengah perjalanan, Anda bisa beristirahat di rumah pohon di tepi sungai. Aliran sungai yang sangat jernih serta pesona bebatuan alam menambah kealamian alam dan membuat rasa lelah anda langsung hilang. Tiba di Air Terjun TandeKesegaran air terjun bisa Anda rasakan dengan memercikkan air di pinggir air terjun.

Anda juga bisa menikmati keindahan air terjun dengan duduk bersantai di pinggir air terjun atau bisa juga dengan berenang di kolam yang berada di bawah air terjun. Suara gemericik air yang jatuh dari atas diiringi nuansa hutan yang sangat alami dan pepohonan rindang akan membuat Anda betah berlama-lama berada di tempat ini.

Fasilitas Air Terjun Tande

Terdapat kolam air jernih di bawah air terjun. Anda bisa memanfaatkan kolam tersebut untuk berenang dan menikmati kesegaran air terjun alami. Selain itu, terdapat rumah pohon di tepian sungai yang menjadi tempat istirahat pengunjung yang lelah.

Baca Juga: Berenang sambil menikmati kesejukan dan kejernihan Air Terjun Resun

Berburu foto di tur ini

Keindahan air terjun Tande

Tak lengkap rasanya bila berkunjung ke suatu tempat wisata namun melewatkan momen berburu foto. Air Terjun Tande Menawarkan keindahan alam yang mempesona sehingga cocok dijadikan sebagai spot fotografi, terutama bagi Anda yang gemar memotret. Sebelum sampai di air terjun, Anda bisa mengambil foto-foto dalam perjalanan menuju air terjun.

Jalur menuju air terjun ini juga menyuguhkan pemandangan yang sayang untuk dilewatkan. Artinya, Anda bisa mengambil foto di antara pepohonan yang rindang. Sesampainya di air terjun, Anda bisa berfoto di bebatuan sekitar atau di tempat lain yang tak kalah menarik sebagai spot foto.

Tips berwisata ke Air Terjun Tande

Jika Anda ingin mengunjungi Air Terjun Tande, sebaiknya persiapkan segala perlengkapan yang diperlukan. Perjalanan menuju tengah air terjun memakan waktu sekitar 1,5 jam. Oleh karena itu, Anda harus membawa beberapa minuman agar Anda tidak mengalami dehidrasi selama perjalanan.

Pastikan tubuh Anda sehat agar perjalanan Anda lancar. Jangan lupa membawa kamera karena Air Terjun Tande menawarkan panorama yang indah sehingga cocok dijadikan tempat berfoto.

peta

Akses menuju Air Terjun Tande

Untuk sampai ke sana Air Terjun Tande, Anda perlu melakukan perjalanan dengan kapal feri dari Tanjung Pinang ke Kecamatan Lingga. Perjalanan selanjutnya adalah melalui jalur darat, baik menggunakan mobil maupun sepeda motor.

Biasanya ada ojek di sekitar pelabuhan yang akan mengantarkan Anda ke tempat tujuan. Sesampainya di pintu masuk, Anda harus berjalan menyusuri jalan setapak selama kurang lebih 1,5 jam untuk sampai ke air terjun.

Jam buka Air Terjun Tande dan harga tiket

Air Terjun Tande dapat diakses pengunjung kapan saja. Namun akses jalan raya mengharuskan pengunjung berkendara melewati hutan belantara, sehingga sangat disarankan untuk mengunjungi Air Terjun Tande pada pagi hingga sore hari. Sejauh ini belum ada informasi mengenai harga tiket yang harus dibayar untuk mengikuti wisata Air Terjun Tande.

Demikian uraian singkat mengenai tempat wisata Air Terjun Tande Letaknya di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau. Tempat ini menjadi rekomendasi menarik untuk ditambahkan ke destinasi wisata Anda.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button