Tempat Wisata

Air Terjun Tanggedu, air terjun eksotik di Sumba Timur yang dijuluki Twin Canyon

Air Terjun Tanggedu di Sumba Timur adalah Air terjun eksotik ini dijuluki Twin Canyo karena menyerupai pesona Green Canyon dengan airnya yang biru jernih dikelilingi tebing kapur yang hijau.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Ndapayami, Kec. Kanatang, Kab.Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur; Map: Periksa lokasinya

Air Terjun Tanggedu merupakan salah satu tempat wisata di Sumba Timur, NTT yang wajib dikunjungi. Keindahan alamnya sungguh luar biasa, aliran airnya sangat jernih. Limpasannya sangat deras karena tidak bersifat musiman.

Tebing tempat mengalirnya air ini terlihat sangat eksotis dan mempesona dengan garis-garis alaminya. Objek wisata alam ini tidak pernah sepi, ratusan wisatawan dari berbagai daerah datang setiap harinya.

Jumlahnya meningkat drastis saat musim liburan. Selain keindahan dan pesona air terjun, suasana di sekitar objek wisata juga terasa sangat asri. Sejuk dan menyegarkan, itulah perasaan yang didapat saat berada di sana.

Saking indahnya hingga beberapa pengunjung membandingkannya dengan Green Canyon. Julukan Twin Canyon diambil dari dua sungai utama yang membanjiri kolam tersebut.

Tebing-tebing eksotis tidak hanya menjadi tempat mengalirnya air, tetapi juga menjadi pembatas hingga berakhir di hilir.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Daya tarik Air Terjun Tanggedu

Daya Tarik Air Terjun Tanggedu SumbaFoto oleh Bayu Agung di Google Maps

Setiap tempat wisata pasti mempunyai daya tariknya masing-masing, begitu pula dengan air terjun eksotis yang satu ini. Mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa tempat ini selalu ramai pengunjung. Alasan-alasan berikut ini pasti akan meyakinkan Anda dan membuat Anda ingin segera mengunjungi lokasi tersebut!

1. Sabana Hijau

Anda akan menerima atraksi tersebut sebelum Anda tiba di lokasi utama. Dalam perjalanan Anda, Anda akan menemukan padang rumput yang luas.

Namanya padang savana Sumba Timur terkenal dengan panorama alamnya. Di sini cukup unik karena warnanya berbeda-beda tergantung waktu kunjungan.

Sabana di kawasan wisata Air Terjun Tanggedu hijau menyegarkan saat musim hujan. Rerumputan indah yang cukup tinggi menemani Anda selama perjalanan.

Saat musim kemarau warna hijaunya menjadi kekuningan sehingga terlihat eksotis. Kontur perbukitan membuat pemandangan semakin indah, apalagi beberapa pohon juga turut menghiasinya.

2. Air jernih yang menyegarkan

Biru dan jernih, inilah daya tarik selanjutnya yang Anda dapatkan. Cat air ini mampu menghipnotis semua wisatawan. Seolah tak sadarkan diri, mereka mendekati aliran air tersebut dan ingin merasakan kesegarannya.

Meski debit air yang mengalir cukup tinggi, namun tidak mempengaruhi kejernihan air dan tetap stabil. Ketinggian Air Terjun Tanggedu di Sumba Timur memang tidak mencapai puluhan meter, namun pesonanya tak tertandingi.

Kalau berkunjung saat musim hujan, warnanya akan agak hijau. Keduanya tetap jelas, bahkan dari kedalaman tertentu pun Anda bisa melihat alasannya. Untuk menikmati keindahan ini, Anda bisa merantai diri ke tebing.

3. Dihiasi tebing-tebing yang eksotis

Jika pada umumnya air terjun hanya dibatasi oleh dua tebing di sisi kanan dan kiri, kali ini berbeda. Tumpukan bebatuan tebing membuat tampilannya semakin indah bak lukisan alam yang indah.

Tebing tersebut membatasi air yang jatuh ke dalam cekungan dan juga berfungsi sebagai pembatas hingga mengalir ke hilir. Garis-garis alami memberi kesan eksotik, beberapa bagian tampil bertingkat. Tebing ini juga memisahkan Air Terjun Tanggedu di beberapa tempat.

Untuk mencapai suatu tempat dari tempat lain, terdapat sepotong kayu yang dapat digunakan sebagai peralihan. Keindahannya semakin terlihat seiring mengalirnya air melalui bebatuan tebing ini. Suara alam terdengar sangat jelas, gemericik air menenangkan hati.

4. Suasana nyaman dan sejuk

Sama halnya dengan air terjun di tempat lain yang biasanya dihiasi dengan tumbuh-tumbuhan hijau. Begitu pula dengan Air Terjun Tanggedu yang tebing utamanya menjulang setinggi puluhan meter dan ditumbuhi pepohonan rimbun.

Hal ini membuat suasana menjadi lebih nyaman dan sejuk. Karena lokasi wisata alam ini jauh dari perkotaan, kualitas udaranya sangat bagus.

5. Kolam renang alami

Daya tarik Air Terjun Tanggedu di Sumba Timur selanjutnya adalah kolam alaminya. Ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan apa yang Anda temukan di tempat lain.

Hanya saja jika dilihat airnya tidak banyak yang jernih dan berwarna kebiruan. Pastinya menyegarkan, sayang sekali jika tidak menyempatkan diri untuk mandi atau berendam.

Menariknya lagi terdapat beberapa kolam yang bisa digunakan untuk berenang atau bermain air. Anda juga bisa berenang di salah satunya yang cukup dalam.

Setidaknya ada 5 kolam alami yang semuanya berarus. Ukuran dan kedalamannya bervariasi, namun yang paling populer adalah kolam yang berada tepat di bawah air terjun.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Tanggedu SumbaFoto oleh Alfredo Joseph Yulianto di Google Maps

Meski jauh dari perkotaan, namun kawasan wisata Air Terjun Tanggedu masih mudah dijangkau. Sambungan jalan bagus, sebagian besar beraspal. Dekati saja tempat wisata berupa tanah dan bebatuan tersebut.

Jaraknya juga tidak terlalu lama, hanya beberapa menit berkendara. Jarak dari Taman Kota Waingapu atau pusat kota diperkirakan 50 kilometer. Pada kecepatan kendaraan normal, Anda dapat berkendara dalam waktu 1 jam 30 menit.

Anda bisa menggunakan jalur Jalan Matawai Amahu karena cukup mudah. Menggunakan aplikasi Google Maps bisa sangat membantu. Secara administratif, air terjun cantik ini terletak di Desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, NTT.

Biaya masuk dan jam buka

Harga tiket masuk Air Terjun Tanggedu di Sumba Timur tergolong murah dan dijamin tidak menguras dompet. Hanya dikenakan biaya 5.000 rupiah untuk pengunjung. Biaya tersebut memungkinkan Anda menikmati semua keindahan alam yang disuguhkan.

Selain itu, tentunya terdapat berbagai aktivitas menarik yang melengkapi keseruan liburan. Biaya tambahan hanya berlaku bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi. Siapkan uang 2.000 rupiah jika membawa sepeda motor dan 5.000 rupiah untuk mobil.

Total biaya maksimal yang akan Anda keluarkan hanya 10.000 rupiah saja, sangat terjangkau. Silakan kunjungi kami sesuai jam buka kami yaitu pukul 08.00 hingga 17.00 WITA.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Air Terjun Tanggedu SumbaFoto oleh David di Google Maps

Untuk melengkapi pembahasan mengenai air terjun berjuluk “Twin Canyon” ini kami berikan informasi aktivitas apa saja yang bisa Anda lakukan. Tergantung selera Anda, tapi Anda bisa menjadikan inspirasi berikut sebagai aktivitas utama Anda di situs.

Pendakian seru ke air terjun Tanggedu

Sebelum sampai di air terjun, Anda bisa melakukan aktivitas yang sangat seru. Apalagi jika tidak melibatkan penelusuran rute menuju objek wisata tersebut.

Jarak yang harus ditempuh dari tempat parkir kurang lebih 3 kilometer. Jaraknya lumayan jauh, tapi dijamin seru. Selama perjalanan anda akan selalu ditemani keajaiban alam yang indah dan menakjubkan.

Menikmati eksotisme dan keindahan alam

Air Terjun Tanggedu di Sumba Timur sangat mempesona baik dari segi alam maupun lokasi utamanya. Sabana adalah keindahan pertama yang akan Anda temukan.

Sesampainya di air terjun, pemandangan semakin eksotis dengan air yang mengalir melalui bebatuan tebing. Perasaan heran otomatis muncul, disadari atau tidak.

Berenang dan bermain air

Mengunjungi air terjun rasanya kurang lengkap jika tidak melakukan aktivitas air. Selain itu, Air Terjun Tanggedu relatif aman meski arusnya agak deras. Pastikan memilih kolam yang dangkal jika Anda tidak pandai berenang.

Anda juga bisa sekedar bermain air di pinggirnya dan merasakan kesegaran airnya, dijamin tak kalah serunya.

Bersantai di tepi sungai

Aktivitas menarik berikutnya di Kawasan Wisata Air Terjun Tanggedu adalah bersantai di tepian sungai. Bersantai di rumah mungkin terasa familiar, namun bisa juga membosankan dan monoton.

Namun terlihat berbeda bila bersantai di sini, karena selalu diiringi pemandangan yang indah. Suara alam yang merdu, perpaduan gemericik air dan angin menyapa pepohonan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Air Terjun Tanggedu SumbaFoto oleh David di Google Maps

Faktanya, tidak ada fasilitas yang akan Anda temukan di kawasan air terjun. Semuanya terkonsentrasi di kawasan pemukiman, termasuk tempat parkir. Terdapat juga warung atau restoran untuk mengisi kembali perbekalan.

Ada juga toilet dan tempat ibadah, silakan gunakan jika perlu. Terdapat area tempat duduk dan beberapa paviliun di sepanjang jalan.

Bagi sebagian wisatawan, menghabiskan waktu liburannya dengan mengunjungi wisata alam mungkin masih menjadi pilihan utama. Secara umum biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar dibandingkan dengan konsep wisata lainnya.

Seperti Air Terjun Tanggedu, Anda tak perlu berhemat dulu untuk menikmati segala pesona yang ditawarkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button