Tempat Wisata

Air Terjun Tangse: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Kabupaten Pidie tidak hanya membanggakan beberapa pantainya yang indah, namun juga pesona alam dibalik tebing-tebing yang menjulang tinggi. Di Dataran Tinggi Pidie terdapat tempat wisata unik berupa air terjun cantik yang menjadi tempat favorit para pengendara untuk bersantai sambil berkendara. Air terjun ini dikenal dengan nama Air Terjun Tangse.

Air Terjun Tangse sangat unik karena letaknya tepat di pinggir Jalan Beureuneun-Geumpang. Air terjun yang jatuh langsung dari atas tebing pinggir jalan menciptakan fenomena unik yang seolah menjadi oase bagi pengendara yang melintas. Keindahan alam sekitar berupa persawahan dan pepohonan hijau yang rindang juga menjadi pemandangan yang sangat memanjakan mata.

Air Terjun Tangse

Secara geografis, Air Terjun Tangse terletak di Jalan Beureuneun-Geumpang, Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh. Untuk menikmati keindahan air terjun ini, wisatawan harus menempuh perjalanan setidaknya 70 kilometer atau sekitar dua jam perjalanan darat dari ibu kota Kabupaten Pidie, Kota Sigli. Pemudik kini harus menempuh perjalanan 4 jam dari Banda Aceh.

Jalur menuju air terjun ini cukup beraspal dan mulus. Namun jika menggunakan kendaraan pribadi, wisatawan harus lebih berhati-hati karena kondisi jalan yang berkelok dan banyak perbukitan. Selain itu, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk mengunjungi Air Terjun Tangse saat cuaca sedang tidak bersahabat karena sering terjadi longsor dan dapat membahayakan keselamatan wisatawan.

Di sepanjang jalan menuju air terjun, wisatawan disuguhi pemandangan alam yang indah berupa hijaunya pepohonan, areal perkebunan, dan persawahan milik warga. Pemandangan alam ini akan selalu menemani wisatawan dan menghilangkan rasa bosan selama perjalanan. Udaranya yang sejuk dan bebas polusi serta sangat menyehatkan untuk dihirup menunjukkan betapa indahnya alam Aceh.

Pesona Air Terjun Tangse

Suara gemericik air yang jatuh dari sisi tebing seolah menciptakan tirai air alami yang menyejukkan mata. Segarnya air yang menghantam bebatuan menciptakan melodi yang menenangkan. Kehadiran Air Terjun Tangse di pinggir jalan raya selalu menarik perhatian para pengendara, baik untuk menikmati keindahannya maupun sekedar istirahat saat berkendara.

Air Terjun Tangse tidak seperti air terjun pada umumnya, karena ketinggian air terjun ini hanya sekitar 5 meter. Seiring bertambahnya jumlah air, air terjun ini seolah menampakkan keindahannya dengan beberapa aliran air terjun mengalir di kanan dan kiri air terjun utama. Hal ini menciptakan latar alam yang indah di antara kendaraan yang melintas.

Air Terjun Tangse

Air terjun ini mengalir ke sungai di seberang jalan. Tempat wisata ini tidak hanya menyuguhkan keindahan air terjun saja, namun juga panorama alam sekitar yang mempesona berupa hamparan sawah hijau luas dan tebing-tebing kokoh yang menjulang tinggi. Rimbunnya pepohonan pun seolah ikut menyumbang kesempurnaan tempat ini.

Saat musim durian dimulai, Anda akan menemukan penjual durian spontan di sekitar Air Terjun Tangse. Wisatawan bisa mencicipi lezatnya durian khas Kabupaten Pidie sambil menikmati keindahan air terjun. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati secangkir kopi panas di kedai-kedai sekitar air terjun untuk sekadar menghangatkan tubuh yang menggigil.

Air yang mengalir melalui Air Terjun Tangse berasal dari mata air pegunungan yang sangat jernih dan segar. Bahkan airnya jernih sehingga wisatawan bisa langsung meminum airnya. Namun perlu kehati-hatian saat menuruninya karena bebatuannya terkena air dan cukup licin. Selalu berhati-hati dalam melangkah karena jika terpeleset wisatawan bisa terjatuh ke sungai.

Keunikan Air Terjun Tangse memang patut dilestarikan karena sangat jarang kita jumpai fenomena air terjun yang berada tepat di pinggir jalan. Tak jarang pengendara yang melintas menyempatkan diri untuk berfoto selfie di bawah air terjun.

Fasilitas Air Terjun Tangse

Sayangnya fasilitas di Air Terjun Tangse sangat kurang. Tidak ada fasilitas seperti toilet, musala untuk salat, atau tempat parkir yang aman. Biasanya wisatawan hanya memarkir kendaraannya di pinggir jalan dekat air terjun. Jika ingin beribadah, pengunjung bisa menemukan masjid dan musala di sepanjang Jalan Beureuneun-Geumpang.

Namun wisatawan tidak perlu khawatir jika merasa lapar karena di sekitar air terjun ini terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan minuman. Wisatawan bisa menikmati berbagai makanan seperti ikan bakar, mie instan, mie aceh atau bahkan kopi dan teh panas untuk melepas dahaga sehabis perjalanan.

Baca juga: Pantai Mantak Tari, pantai pasir hitam indah bernutrisi

Jika ingin bermalam, wisatawan bisa menyewa akomodasi di kawasan Tangse yang letaknya sangat dekat dengan air terjun ini. Jika Anda melewati Jalan Beureuneun-Geumpang, mengunjungi Air Terjun Tangse bisa menjadi pilihan yang menarik. Di bawah ini berbagai jenis aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di tempat ini.

Nikmati keindahan alam

Jika Anda menyempatkan diri mengunjungi Air Terjun Tangse, Anda akan menjumpai air terjun mini dengan gemericik airnya yang jernih dan segar. Air terjun ini terlihat eksotis karena terletak di pinggir jalan dan tepat di dinding tebing berbatu. Anda bisa menikmatinya dengan beristirahat di warung-warung sekitar air terjun dan minum secangkir kopi.

Tak hanya air terjunnya yang indah, Anda juga akan disuguhi pemandangan alam sekitar berupa persawahan, perkebunan, dan pepohonan hijau rindang yang memanjakan mata. Meski dengan keterbatasan fasilitas yang ada, namun tempat ini sangat alami dan asri sehingga sangat cocok untuk refreshing saat menjelang akhir pekan.

Perburuan Foto

Ibarat sebuah kewajiban, saat berada di Air Terjun Tangse Anda harus mengabadikannya dalam sebuah foto. Banyak wisatawan yang mampir ke air terjun ini selalu menyempatkan diri untuk memotret keindahan air terjun ini. Anda juga bisa berpose di depan kamera dengan latar belakang air terjun indah ini.

Selain itu, Anda juga bisa mengabadikan keindahan alam sekitar yang aduhai. Pemandangan alam yang ditawarkan Dataran Tinggi Pidie sungguh mempesona dan layak untuk difoto. Apalagi jika Anda seorang fotografer yang menyukai pemandangan alam. Perhatikan sudut yang tepat agar foto Anda terlihat lebih mengesankan dan menawan.

Jam buka dan biaya masuk Air Terjun Tangse

Kunjungan dapat dilakukan kapan saja karena saat ini tidak ada batasan jam buka. Tiket masuk ke Air Terjun Tangse ini benar-benar gratis, jadi gratis.

Baca juga: 250 Tempat Wisata di Aceh Paling Menarik Yang Wajib Dikunjungi

Peta lokasi Air Terjun Tangse

Tips berwisata ke Air Terjun Tangse

  • Berhati-hatilah saat mengendarai kendaraan pribadi menuju air terjun ini karena jalannya berkelok-kelok dan seringkali memiliki tanjakan yang ekstrim.
  • Sebaiknya kenakan pakaian hangat karena udara di tempat ini cukup dingin.
  • Jangan lupa membawa kamera untuk memotret keindahan air terjun.
  • Jagalah kebersihan air terjun dan jangan mengotori tempat wisata ini dengan sampah.
  • Jaga kelestarian air terjun dengan tidak merusak apa pun yang ada di dalamnya.
  • Berdoalah sebelum berangkat agar perjalananmu lancar dan sesuai rencana.

Galeri Foto Air Terjun Tangse

Potret Air Terjun Tangse
Spot foto di bawah air terjun
Mandi di bawah air terjun
Berburu foto di bawah air terjun
Potret udara air terjun pinggir jalan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button