Tempat Wisata

Air Terjun Tegan Kiri: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Provinsi Jambi ternyata masih menyimpan banyak keindahan alam yang tersebar di beberapa kabupaten seperti Kabupaten Bungo. Di kawasan ini terdapat berbagai air terjun eksotik yang masih terjaga kealamiannya. Tak hanya cantik, terdapat juga air terjun yang sarat akan cerita mistis, namun justru menarik rasa penasaran wisatawan untuk berkunjung. Air terjun tersebut adalah Air Terjun Tegan Kiri.

Air Terjun Tegan Kiri memang bukan tempat wisata yang asing bagi masyarakat setempat. Setiap minggunya air terjun ini dibanjiri pengunjung dari dalam dan luar negeri. Konon di air terjun ini sering terdengar tangisan para gadis di balik suara air yang jatuh ke bebatuan. Meski demikian, kisah mistis tersebut tidak menyurutkan semangat wisatawan untuk berkunjung ke air terjun tersebut.

Air Terjun Tegan Kiri

Secara geografis Air Terjun Tegan Kiri terletak di Desa Rantau Pandan, Kecamatan Rantau Pandan, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Untuk menikmati keindahan air terjun ini, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 30 kilometer dari Muara Bungo. Perjalanan menuju air terjun memakan waktu kurang lebih 45 menit.

Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil. Kondisi jalan menuju Air Terjun Tegan Kiri cukup baik meskipun beberapa bagian mulai rusak dan berlubang. Sayangnya, belum ada angkutan umum yang bisa mengantarkan wisatawan menuju air terjun tersebut.

Pesona Air Terjun Tegan Kiri

Air terjun yang tingginya sekitar 10 meter ini sangat indah dan cocok menjadi tujuan liburan keluarga saat menjelang akhir pekan. Airnya yang sangat jernih dan dingin akan menghilangkan rasa lelah Anda setelah menempuh perjalanan jauh menuju air terjun di Kabupaten Bungo ini.

Dahulu air terjun ini pertama kali ditemukan oleh suku Anak Dalam dan diceritakan kepada seluruh penduduk desa. Saat air terjun ditemukan, bunga bangkai pun tumbuh tak jauh dari lokasi. Keturunan suku Anak Dalam kini menjadi penjaga air terjun Tegan Kiri dan terdiri dari dua keluarga. Mereka menjaga pintu masuk air terjun dan tempat parkir air terjun.

Air Terjun Tegan Kiri

Mata air Air Terjun Tegan Kiri sendiri berasal dari perbukitan sehingga sangat segar dan dapat dikonsumsi langsung oleh wisatawan. Lingkungan sekitar air terjun juga masih alami dan asri dengan tanaman hijau subur menambah keindahan air terjun. Selain sebagai tempat wisata yang populer bagi warga sekitar, warga juga memanfaatkan air terjun ini sebagai sumber air untuk kebutuhan sehari-hari.

Tepat di bawah Air Terjun Tegan Kiri terdapat kolam alami yang tercipta dari curahan air terjun tersebut. Kolam ini sering dijadikan tempat berenang para wisatawan, karena selain jernih dan segar, airnya juga tidak terlalu dalam sehingga cukup aman. Tak jarang banyak wisatawan yang ingin merasakan sensasi gemericik air dengan berdiri langsung di bawah air terjun.

Terkait cerita gadis menangis menangis di air terjun, penduduk setempat percaya bahwa dahulu kala ada dua orang gadis yang datang ke air terjun sambil membawa bunga pemakaman. Kedua gadis itu meninggal di lokasi air terjun. Warga pun meyakini suara tangis tersebut berasal dari arwah kedua gadis tersebut.

Kebenarannya masih diragukan, dan cerita ini diturunkan secara turun temurun oleh nenek moyang warga sekitar. Terlepas dari kisah mistisnya yang membuat bulu kuduk berdiri, Air Terjun Tegan Kiri tetap mampu menunjukkan pesonanya dan menarik wisatawan.

Fasilitas air terjun Tegan Kiri

Fasilitas penunjang wisata di Air Terjun Tegan Kiri masih sangat kurang. Di sini wisatawan hanya akan menemukan tempat parkir yang cukup luas dan pos penjagaan di pintu masuk air terjun. Selain itu, masih belum tersedia fasilitas lain seperti kamar mandi, toilet, tempat sampah, musala atau musholla untuk pelayanan.

Sebelum wisatawan mencapai air terjun, mereka harus menuruni tangga beton. Untungnya tangga tersebut masih dalam kondisi baik. Bagi yang ingin mengunjunginya, wisatawan sebaiknya mempersiapkan bekal terlebih dahulu. Sebab di sekitar air terjun sulit ditemukan warung atau pedagang yang menjajakan makanan.

Baca juga:

Jika wisatawan ingin bermalam harus kembali terlebih dahulu ke ibu kota Kabupaten Bungo. Masih belum ada penginapan di sekitar air terjun, namun ada beberapa pilihan penginapan yang bisa dipilih di pusat Kabupaten Bungo, mulai dari hotel berbintang dua. Mengunjungi Air Terjun Tegan Kiri bisa menjadi pilihan menarik menjelang akhir pekan. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di air terjun.

Menikmati keindahan air terjun

Air Terjun Tegan Kiri menawarkan keindahan alam namun tetap terlindungi dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Di sini Anda akan dimanjakan dengan suara airnya yang jernih dan sangat segar. Anda bisa menikmati keindahan air terjun dan alam yang masih lestari, dengan pepohonan hijau memenuhi sekeliling air terjun.

Terdapat kolam di bawah air terjun yang bisa Anda gunakan untuk mandi dan berenang. Disekitarnya terdapat bebatuan yang sering digunakan wisatawan untuk terjun ke dalam kolam. Jika ingin merasakan sensasi pantulan alam, Anda bisa berdiri langsung di bawah suara air terjun dan menikmati setiap tetes air yang jatuh ke tubuh Anda. Tempat wisata ini juga sangat cocok jika ingin menyegarkan diri dan melupakan sejenak kehidupan sehari-hari.

Perburuan Foto

Bagi para pemburu panorama alam, Air Terjun Tegan Kiri bagaikan surga dan menawarkan berbagai objek indah untuk difoto. Di tempat ini Anda bisa mengabadikan air terjun setinggi 10 meter yang diiringi suara gemuruh air yang menenangkan jiwa. Menurut informasi, di sekitar air terjun juga terdapat bunga bangkai yang dapat difoto dengan kamera.

Anda bisa mengabadikan setiap momen bersama teman dan keluarga dengan berfoto selfie. Anda bisa memanfaatkan air terjun sebagai latar belakang pengambilan foto. Bebatuan sungai di sekitar air terjun sangat fotogenik dan bisa dimanfaatkan. Tempat ini juga sangat cocok jika Anda ingin mengambil foto prewedding bersama pasangan tercinta.

Jam buka Air Terjun Tegan Kiri dan tarif masuknya

Untuk memasuki Air Terjun Tegan Kiri, wisatawan harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 per orang. Biaya parkir dikenakan Rp per kendaraan. 5.000. Anda bisa berkunjung pada jam buka pagi hingga sore hari untuk menikmati keindahan objek wisata Air Terjun Tegan Kiri.

Baca juga:

Tips menuju Air Terjun Tegan Kiri

  • Pertama, amati cuaca sebelum mengunjungi air terjun.
  • Jika cuaca sedang hujan sebaiknya jangan memaksakan diri untuk datang karena jalannya licin dan cukup berbahaya.
  • Membawa perbekalan seperti makanan dan minuman dari rumah.
  • Bawalah pakaian ganti jika Anda berencana untuk bermain air di air terjun.
  • Jagalah kebersihan air terjun dengan selalu membuang sampah pada tempatnya.
  • Jangan merusak keindahan air terjun dan segala isinya.

Galeri foto Air Terjun Tegan Kiri

Potret air terjun Tegan Kiri
Bermain di air terjun
Spot foto di pinggir air terjun
Keajaiban air terjun
Berburu foto di air terjun

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button