Tempat Wisata

Air Terjun Telalang Jaya: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Menjelajahi keindahan alam Kabupaten Merangin sepertinya tidak ada habisnya. Kawasan yang dikenal sebagai geopark dan rafting experience ini masih menyimpan banyak potensi wisata. Contohnya adalah Air Terjun Telalang Jaya yang juga sering disebut sebagai Air Terjun Tujuh Bidadari.

Dengan tujuh tingkat air terjun dan kolam pemandian di setiap tingkatnya, Air Terjun Telalang Jaya memiliki nuansa eksotis. Selain itu air terjun ini sangat alami seolah keindahannya masih terjaga dengan lebatnya hutan belantara. Suara gemericik airnya yang jernih akan memukau siapapun dengan pesona air terjun ini.

Air Terjun Telalang Jaya

Secara administratif, Air Terjun Telalang Jaya terletak di Desa Telentam, Kecamatan Tabir Barat, Kabupaten Merangin, Jambi. Lokasinya berjarak sekitar 85 kilometer dari kota Bangkok dan membutuhkan dua jam perjalanan untuk mencapai air terjun ini. Wisatawan juga bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor, namun sepeda motor lebih mudah dan cepat.

Sesampainya di Desa Telentim, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berkendara melewati hutan dan melintasi jembatan gantung. Kondisi jalan masih berupa jalan setapak, lebih mudah dilalui dengan sepeda motor. Jika membawa mobil, wisatawan juga harus memarkirnya di pemukiman penduduk dan menuju air terjun dengan berjalan kaki.

Keajaiban Air Terjun Telalang Jaya

Jalan menuju air terjun cukup menantang dan mengasyikkan, juga medan yang harus dilalui tidak mudah. Air terjun ini juga sangat cocok bagi para petualang yang senang menjelajahi keindahan alam liar. Tidak jarang wisatawan menjelajahi medan yang cukup ekstrim ini dengan sepeda atau trail bike.

Rasa lelah pun seakan terbayar saat wisatawan tiba di lokasi air terjun Telalang Jaya. Air terjun tujuh tingkat yang airnya jernih menawarkan panorama penat. Suara gemericik airnya pun menggoda wisatawan untuk segera terjun ke air tawar dan mandi. Suasana asri saling melengkapi dan membuat wisatawan betah dan menikmati air terjun dalam waktu yang lama.

Air Terjun Telalang Jaya

Air Terjun Telalang Jaya memiliki tujuh tingkatan dengan karakteristik dan keindahan yang berbeda. Di setiap tingkat terdapat kolam alami berisi air yang bisa digunakan untuk mandi. Keindahan air terjun ini semakin sempurna dengan adanya berbagai bebatuan yang bisa ditemukan di sekitar air terjun.

Menurut mitos yang dipercaya masyarakat setempat, air terjun ini sering dijadikan tempat pemandian para bidadari turun dari kahyangan. Konon setiap bidadari memiliki tempat favoritnya masing-masing, bahkan air terjun ini memiliki tujuh tingkat beserta kolamnya. Karena itulah tempat ini juga sering disebut sebagai “Air Terjun Tujuh Bidadari”.

Wisatawan dapat menikmati panorama yang tersaji di setiap tingkatan air terjun. Jaraknya pun bervariasi dari level ke level antara 2 hingga 100 meter. Untuk menuju ke setiap level, pengunjung harus menyusuri jalan setapak, mendaki tebing berbatu dan juga menaiki tangga kayu yang dibangun oleh penduduk setempat.

Di sepanjang sungai tempat air terjun mengalir, Anda juga akan menemukan beberapa titik dengan beting terlarang untuk melindungi stok ikan. Turis juga tidak diperbolehkan mengambil ikan dan tunduk pada hukum umum untuk pelanggaran. Pada waktu-waktu tertentu, masyarakat setempat mengadakan panen ikan besar-besaran.

Air Terjun Telalang Jaya sebenarnya merupakan objek wisata baru di Kabupaten Merangin. Pengunjung masih tenang, karena masih banyak yang belum mengetahui bahwa ada air terjun seindah yang satu ini di Merangin. Namun panorama yang ditawarkan sungguh indah dan memanjakan mata. Dikombinasikan dengan pelestarian lingkungan alam dan udara sejuk.

Fasilitas Air Terjun Telalang Jaya

Tempat wisata ini masih dikelola secara mandiri oleh Kelompok Sadar Wisata Telalang Jaya. Fasilitas umum untuk mempromosikan pariwisata masih sangat terbatas. Jalur menuju air terjun cukup menuntut dan sulit dilalui, sehingga terkadang wisatawan enggan untuk mengunjunginya. Pemerintah juga tidak ikut campur dalam pembangunan air terjun ini.

Untungnya, ada jembatan gantung yang memungkinkan wisatawan menyeberangi sungai. Selain itu, terdapat tangga mudah di sekitar air terjun, sehingga memudahkan wisatawan untuk menaiki tangga tersebut. Toilet, mushola, dan ruang ganti belum dibangun di dekatnya.

Di sekitar air terjun, traveler akan kesulitan menemukan penjual makanan, jadi sebaiknya siapkan perbekalan sebelum berangkat. Wisatawan dapat memarkir kendaraannya di dekat air terjun, namun bagi yang membawa mobil dapat memarkirnya di Desa Telentam. Ada beberapa alternatif hotel di Bangkok yang bisa digunakan untuk wisatawan luar kota.

Baca juga: Air Terjun Segerincing, air terjun eksotis dengan warna pelangi

Saat berada di Merangin, Anda bisa menyempatkan diri untuk datang ke Air Terjun Telalang Jaya. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di air terjun ini.

Menikmati keindahan air terjun

Pesona Air Terjun Telalang Jaya memang sangat memukau dan bisa membuat Anda terkagum-kagum. Di sini Anda akan disuguhkan keindahan air terjun tujuh tingkat dan kolam alami dengan air yang jernih dan segar. Anda bisa merasakan airnya dengan mandi dan memanjakan diri di bawah gemercik air terjun.

Anda bisa menggunakan bebatuan besar di sekitar air terjun sebagai pijakan untuk melompat ke dalam kolam. Suasana alam yang disediakan sangat cocok untuk bersantai, refreshing dan menghilangkan penat di pikiran. Tempat ini juga cocok bagi anda yang menyukai petualangan dan menikmati keindahan alam.

berburu foto

Air Terjun Telalang Jaya juga bisa kamu jadikan sebagai destinasi hunting foto. Apalagi jika Anda suka menjelajah alam dan mencari objek-objek indah untuk difoto. Keindahan air terjun ini sangat layak untuk diabadikan dengan kamera. Tempat ini menawarkan tempat-tempat menarik dengan keindahan berbeda yang akan memuaskan hasrat Anda untuk fotografi.

Jika Anda sedang merencanakan pemotretan prewedding, air terjun di Kabupaten Merangin ini juga bisa menjadi alternatif anti-mainstream. Alam yang asri dan awas dipadukan dengan fenomena air terjun menjadikan tempat ini sangat instagrammable. Anda bisa berfoto selfie di beberapa tempat menarik, seperti di atas batu, di kolam alami, atau tepat di bawah pancuran.

Baca juga: 235 Tempat Wisata di Jambi Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Biaya masuk ke Air Terjun Telalang Jaya

  • Biaya Masuk: Rp 5.000/orang (tidak termasuk parkir)

(Pembaruan Agustus 2023) *Harga dapat berubah

Jam buka Air Terjun Telalang Jaya

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi hingga 6 sore

Tips Wisata ke Air Terjun Telalang Jaya

  • Periksa kondisi cuaca sebelum Anda pergi dan jangan pastikan untuk berkunjung jika hujan atau mendung.
  • Anda bisa menyewa pemandu dari penduduk desa agar tidak tersesat di hutan.
  • Anda dapat menggunakan sepeda motor atau sepeda trail untuk akses yang lebih mudah ke air terjun.
  • Kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman untuk memudahkan perjalanan Anda.
  • Berhati-hatilah saat memanjat batu atau menaiki tangga di air terjun karena sangat licin.
  • Jaga lingkungan alam dan bantu melestarikannya dengan tidak merusak alam.
  • Bawalah kantong plastik untuk menyimpan sisa makanan yang Anda bawa.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button