Tempat Wisata

Air Terjun Tiu Kelep: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Air Terjun Tiu Kelep merupakan air terjun yang berada di kaki Gunung Rinjani. Lokasinya dekat dengan Air Terjun Sendang Gile. Sebagai pembuka, Sendang Gile merupakan destinasi wisata yang cocok karena dekat dengan pintu masuk. Jika Anda melangkah lebih jauh, Anda akan menikmati pemandangan Tiu Kelep yang menakjubkan. Air terjun ini terkenal dengan keindahannya dan memiliki ketinggian 42 meter. Dalam bahasa Sasak, air terjun ini “Tiu” artinya kolam renang dan “Kelep” artinya terbang. Dalam kombinasi itu bisa berarti Flying Pool.

Itu karena busa beterbangan. Sama seperti wisata air terjun lainnya, lokasinya cukup jauh ke pedalaman dan memberikan nuansa yang sangat alami. Penuh dengan lumut hijau dan tanaman hijau di sekelilingnya. Sangat cocok bagi Anda yang ingin merasakan air terjun bernuansa alam. Selain itu, air terjun ini layak untuk dikunjungi karena lokasinya yang dekat dengan objek wisata lain di kawasan Gunung Rinjani.

Daya Tarik Air Terjun Tiu Kelep:

1. Mitos Air Terjun Tiu Kelep

Sama seperti Gunung Rinjani dan Danau Segara Anaknya yang konon dikendalikan oleh Dewi Anjani, Air Terjun Tiu Kelep memiliki mitos tersendiri yang diyakini penduduk setempat. Namun, berendam di air bisa membuat tubuh lebih segar. Mencuci muka atau mandi juga dipercaya bisa membuat awet muda.

2. Nada lebih alami

Sesampainya di air terjun, Anda akan melihat papan dengan tulisan berwarna merah bertuliskan “Welcome to Tiu Kelep” yang menandakan bahwa Anda telah sampai di tempat tujuan. Kesan pertama air terjun ini tentu saja apa yang mengelilinginya. Di mana-mana terlihat pepohonan hijau, rerumputan hijau, lumut hijau, bahkan bebatuan di sana sangat licin sehingga memberikan kesan yang lebih alami. Di sana Anda bisa merasakan udara yang sejuk, serta air yang dingin dan segar. Oleh karena itu disarankan untuk membawa minuman hangat seperti kopi.

3. Petualangan hutan selama 2 jam

Sebelum mencapai tujuan, wisatawan harus terlebih dahulu menaklukkan hutan dalam perjalanannya. Para wisatawan biasanya terlebih dahulu melewati hutan untuk memasuki kawasan Air Terjun Tiu Kelep, yang dipandu oleh pemandu khusus. Hati-hati di sepanjang jalan, terutama dengan dahan yang tajam dan bebatuan yang licin. Perjalanan biasanya memakan waktu 1-2 jam.

4. Taman bermain air

Tentunya saat ke air terjun jangan lupa untuk bermain air. Tidak hanya menyuguhkan pemandangan yang memukau, Air Terjun Tiu Kelep juga menawarkan pengalaman bermain air yang tak terlupakan. Kolam air di dasar air terjun ini cukup dalam sehingga cocok bagi Anda yang ingin berendam di dalamnya. Percikan air yang jatuh dari ketinggian 42 meter pun memiliki dampak tersendiri bagi kenikmatan Anda. Tak jarang Anda bahkan bisa melihat pelangi kecil, yang diakibatkan oleh percikan air dan juga sinar matahari.

5. Tempat merilekskan tubuh

Suasana sejuk menjadikan Air Terjun Tiu Kelep tempat yang tepat untuk merilekskan tubuh dari kerja keras sehari-hari. Dikelilingi oleh hutan yang hijau, pastinya memberikan udara yang sejuk. Selain itu, suara percikan air merangsang otak untuk rileks. Anda dapat mencoba menyebarkan tikar di sekitar area tersebut dan duduk di sana. Namun ingat untuk memperhatikan lingkungan terlebih dahulu, karena keberadaan hewan mematikan tidak dapat diprediksi.

Fasilitas Air Terjun Tiu Kelep:

Sayang sekali tidak ada fasilitas di air terjun Tiu Kelep. Hanya tanda selamat datang dan air terjunnya saja yang terlihat, tapi untuk kedepannya belum tahu. Bicara soal fasilitas, Anda bisa menemukannya di kawasan Air Terjun Sendang Gile, tak jauh dari Air Terjun Tiu Kelep. Di sana Anda akan menemukan warung-warung kecil yang menawarkan minuman dan makanan. Dapat dikatakan bahwa Tiu Kelep bukanlah tujuan wisata utama di daerah tersebut karena Gunung Rinjani menjadi pusat perhatian. Oleh karena itu, di kawasan jalur pendakian Gunung Rinjani terdapat fasilitas seperti penginapan, hotel, stand dan keperluan transportasi.

Biaya masuk ke air terjun Tiu Kelep

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang

(Diperbarui Mei 2023)

Jam Buka Air Terjun Tiu Kelep:

Lokasi jalur Tiu Kelep:

Lokasi air terjun ini berada di Bayan, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, tepatnya di kawasan Gunung Rinjani. Butuh waktu 45 menit untuk sampai ke sini dari Sendang Gile, sedangkan untuk sampai ke Sendang Gile membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari pintu masuk pendakian. Jadi kalau datang dari jauh harus ke titik pendakian dulu, lalu Sendang Gile, baru Air Terjun Tiu Kelep.

Pintu masuk pendakian ada di Desa Senaru. Dibutuhkan sekitar 2,5 jam untuk mencapai dari Batam. Datang dari kota Lombok, ikuti jalur pantai menuju kawasan Pantai Senggigi atau Bukit Malibu. Berkendara dari sana biasanya memakan waktu 2 jam dan menawarkan pemandangan yang indah.

Anda yang sedang berlibur di Lombok dan ingin merasakan keseruan wisata air terjun tidak boleh lupa untuk mampir ke Air Terjun Tiu Kelep. Keindahan alam dan sejuknya udara patut untuk dirasakan.

Peta lokasi Air Terjun Tiu Kelep

Tips mengunjungi Air Terjun Tiu Kelep

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Air Terjun Tiu Kelep lebih menyenangkan dan berkelas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik mengunjungi Air Terjun Tiu Kelep adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Air Terjun Tiu Kelep bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Air Terjun Tiu Kelep.

Galeri Foto Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu KelepAir Terjun Tiu Kelep Sumber: instagram.com/nouvaildibram/Air Terjun Tiu KelepAir Terjun Tiu Kelep Sumber: instagram.com/yasminewarsame/Pesona Air TerjunMenikmati keindahan air terjunMandi di bawah air terjunberburu foto

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button