Tempat Wisata

Air Terjun Yeh Labuh, air terjun yang indah dengan panorama alam yang menakjubkan di Bali

harga tiket: Bebas, Waktu aktif: 08.00–05.00 WITA, Alamat: Selumbung, Kec. Manggis, Cab.Karangasem, Bali; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Air Terjun Yeh Labuh merupakan salah satu tempat yang bisa anda kunjungi saat liburan di Bali. Air jernih dan udara sejuk membuat semangat lebih segar!

Selama ini pulau Bali dikenal menawarkan berbagai macam objek wisata pantai. Namun ternyata pulau dewata ini juga memiliki banyak objek wisata air terjun yang indah. Salah satunya adalah objek wisata Air Terjun Yeh Labuh yang terletak di kawasan Karangasem.

Keindahan alam air terjun ini dapat dinikmati setelah perjalanan dan cukup menantang bagi para petualang, tidak heran jika objek wisata air terjun yang satu ini masih terlihat sangat alami. Rasa lelah akan terbayar lunas dengan kesegaran air terjun dan indahnya pemandangan sekitar.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan wisatawan saat berkunjung ke air terjun ini. Apa sih daya tarik wisata air terjun di Karangasem Bali ini? Bagaimana menuju ke tempat wisata ini? Yuk simak informasi lebih lengkap tentang Yen Labuh!

Daya tarik yang dimiliki Air Terjun Yeh Labuh

Daya Tarik Air Terjun Yeh Labuh di BaliKredit foto: Google Maps Haryo Wibhisono

Meski berada di pedalaman dan memiliki jalur yang cukup menantang, namun lokasi objek wisata air terjun ini ternyata cukup ramai dikunjungi. Ini tentu saja karena daya tarik wisata air terjun. Berikut beberapa tempat wisata Yeh Labuh!

1. Air Terjun yang Mempesona

Yeh Labu merupakan air terjun yang terdiri dari dua tingkatan yakni Air Terjun Tibu Kresek di bawah dan Air Terjun Tibu Tengah di atas dengan ketinggian 35 meter. Kedua tingkatan air terjun ini jaraknya tidak terlalu jauh atau hanya berjarak sekitar 10 menit saja.

Aliran airnya yang tidak terlalu deras dengan sisi kanan dan kiri yang dipenuhi pepohonan hijau membuat air terjun ini terlihat begitu menawan. Bebatuan alami di kolam dan air terjun juga membuatnya semakin cantik.

2. Keindahan alam di sekitar air terjun yang cantik

Air Terjun Yeh Labuh dikelilingi oleh banyak pepohonan hijau. Bisakah Anda bayangkan? Suasana di sekitar air terjun pasti terlihat sangat bagus! Cocok untuk refreshing dan menenangkan sejenak melupakan aktivitas sehari-hari yang berat.

Karena lingkungannya masih asri, terkadang Anda bisa mendengar kicauan burung. Kicauan burung dan suara air terjun menambah suasana alam yang menenangkan.

3. Udara sejuk dan menyejukkan

Air terjun ini sangat cocok bagi wisatawan yang penat dengan kehidupan kota. Di tempat wisata yang satu ini, mata disuguhi pemandangan alam yang menyejukkan dan asri. Selain itu, udara di kawasan wisata ini cukup sejuk dan terasa nyaman.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Yeh Labuh BaliKredit foto: Google Maps Andriy Maygutyak

Di manakah lokasi Air Terjun Yeh Labuh? Destinasi wisata ini berada di kawasan Dudun Siig, Desa Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali. Jika Anda datang dari Bandara Ngurah Rai Bali, silakan berkendara langsung menuju Desa Manggis yang memakan waktu sekitar 1 jam 27 menit.

Kemudian dilanjutkan dari desa Manggis dengan mengikuti Google Maps atau petunjuk arah lainnya untuk menuju ke lokasi air terjun ini. Lokasinya memang cukup sulit ditemukan, apalagi bagi pengunjung yang tidak terbiasa dengan kawasan tersebut.

Rute menuju tempat wisata air terjun ini cukup menantang bagi jiwa petualang para wisatawan. Air terjun ini bisa dicapai dengan mengikuti jalur yang cukup menantang, menyeberangi sungai bahkan mendaki beberapa tebing yang cukup tinggi.

Cara terbaik berwisata ke Yeh Labuh adalah dengan mengajak rombongan teman atau keluarga. Tujuannya adalah untuk membantu satu sama lain untuk berjalan di jalan yang menuntut ini.

Biaya masuk wisata alam

Tiket Air Terjun Yeh Labuh BaliKredit foto: Facebook Eka Yuliantari

Pengunjung dapat memasuki kawasan wisata Air Terjun Yeh Labuh setiap saat. Namun sebaiknya datang saat cuaca cerah dan mulailah menelusuri lokasi air terjun pada pagi atau dini hari.

Saat memasuki kawasan wisata air terjun ini, setiap wisatawan harus membayar tiket masuk. Harga tiket masuk wisata air terjun di Karangasem ini adalah Rp 5.000 per orang.

Aktivitas menarik di Air Terjun Yeh Labuh

Aktivitas Air Terjun Yeh Labuh BaliKredit foto: Google Maps Boby Bahar

Selain menikmati pesona keindahan Air Terjun Yeh Labuh Bali sambil duduk santai, masih banyak aktivitas seru lainnya yang bisa Anda lakukan. Berikut beberapa aktivitas liburan yang bisa dilakukan selama berkunjung ke sini!

1. Berenang dan bermain di bawah air terjun

Yeh Labuh merupakan air terjun yang memiliki debit air yang tidak terlalu deras sehingga cocok sebagai tempat permainan air. Kolam di bawah air terjun yang menyerap aliran air ini juga bisa digunakan untuk berenang.

Pastikan untuk selalu berhati-hati saat bermain di sekitar air terjun ini. Ini karena beberapa bebatuan tersebar tidak merata di sekitar air terjun.

2. Tracking di sekitar air terjun

Selain bersenang-senang di bawah air terjun, asyik juga menjelajahi objek wisata ini. Wisatawan bisa melihat keindahan alam yang masih asri dan menghirup udara segar.

Bahkan, aktivitas tracking ini juga dilakukan dari jalan utama menuju lokasi air terjun. Tracking wisata akan terasa menyenangkan dan menantang dengan track atau jalur yang akan dilalui. Sebaiknya kenakan sepatu yang nyaman agar pengejaran ke air terjun terasa lebih nyaman.

3. Berburu foto

Tentunya saat mengunjungi suatu objek wisata, kamera harus selalu bersama Anda untuk mengabadikan setiap momen liburan. Kawasan Air Terjun Yeh Labuh bisa menjadi tempat yang cocok untuk hunting foto dengan tema alam.

Aliran air terjun dari ketinggian yang tinggi bisa dijadikan background instagramable. Selain itu, foto di kolam air terjun yang dihiasi bebatuan alam juga terlihat estetik. Rerimbunan pepohonan yang mengelilingi air terjun tentunya memberikan nuansa alami pada foto yang dihasilkan.

Jika ingin hunting foto, jangan lupa membawa perlengkapan yang sesuai. Berburu foto bisa dilakukan dengan kamera digital atau kamera handphone. Saat membawa perlengkapan foto, harap berhati-hati agar tidak terjatuh atau bahkan masuk ke dalam air.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas air terjun Yeh Labuh BaliKredit foto: Saluran Sederhana Google Maps

Meski berada di tempat yang cukup sulit dijangkau, kawasan objek wisata Air Terjun Yeh Labuh tetap menawarkan berbagai fasilitas. Di bawah ini adalah beberapa fasilitas yang tersedia bagi wisatawan Yeh Labuh yaitu:

  • area parkir
  • kamar mandi atau toilet
  • warung makan
  • tempat atau pos peristirahatan

Selain itu, di kawasan sekitar objek wisata Yeh Labuh juga tersedia penginapan dengan harga terjangkau. Jika ingin mengunjungi tempat wisata lain di dekat Yeh Labuh, tidak ada salahnya menyewa penginapan terlebih dahulu agar tidak terlalu lelah.

Fasilitas di air terjun ini memang belum terlalu lengkap. Jadi, pastikan Anda memiliki peralatan yang cukup. Misalnya kotak P3K, baju ganti, makanan ringan dan berat, minuman dan sebagainya.

Air Terjun Yeh Labuh merupakan salah satu wisata air terjun menawan di Bali yang masih terlihat sangat alami dan masih alami karena belum banyak pengunjung. Meski rutenya cukup melelahkan, keindahan Yeh Labuh bisa mengobati penat dan menyegarkan pikiran!

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button