Tempat Wisata

Alif Stone Park, nikmati keajaiban alam bebatuan prasejarah di Natuna

Alif Stone Park, nikmati keajaiban alam bebatuan prasejarah di Natuna
harga tiket: Rp 10.000 Waktu aktif: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Sempang, Kec. Bunguran Timur, Cab.Natuna, Kepulauan Riau; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Alif Stone Park merupakan destinasi wisata alam di Natuna dengan pesonanya yang memukau. Destinasi wisata ini sangat digemari oleh wisatawan lokal maupun mancanegara karena keindahan alamnya. Pengunjung terus berdatangan setiap hari, entah karena penasaran atau ingin menikmati panorama alam.

Wisata hits ini memiliki formasi batuan granit yang berdiri tegak di atas lautan biru menciptakan pemandangan yang sangat menakjubkan. Batu granit ini memiliki bentuk yang unik dan menarik sehingga sering dijadikan bahan foto yang instagramable. Karena terletak di kawasan pesisir, tempat ini juga menawarkan panorama pantai pasir putih dan air laut yang jernih.

Soal fasilitas, tak perlu khawatir, ada berbagai fasilitas yang bisa digunakan para pengunjung. Misalnya, taman bermain anak, tempat perkemahan, restoran, dan toko suvenir. Wisatawan juga dapat menikmati aktivitas air seperti snorkeling, diving, dan memancing di sekitar kawasan wisata.

Daya tarik Taman Batu Alif

Atraksi Taman Batu AlifKredit foto: Google Maps Agung Setiadi

Nama Taman Batu Alif tidak sembarangan karena ada satu batu yang berdiri tinggi di atas batu lainnya. Batu tersebut memiliki bentuk lonjong sehingga menyerupai huruf arab Alif. Dari segi daya tarik tentunya bukan hanya formasi batuan yang unik saja, namun masih banyak lagi yang harus anda ketahui.

1. Formasi bebatuan yang unik

Daya tarik utama mengapa wisata bahari ini banyak dikunjungi wisatawan terletak pada keunikan formasi bebatuannya. Dilihat dari kejauhan, formasi batuan tersebut menyerupai pulau-pulau kecil di tengah laut. Batuan ini terbentuk oleh erosi laut yang terjadi selama ribuan tahun menciptakan struktur yang indah dan mengesankan.

Lokasi tepi pantai membuatnya terasa seperti dunia yang jauh dari kehidupan sehari-hari. Bagi pecinta foto, wisata indah ini menawarkan banyak tempat menarik untuk berfoto. Formasi batuan yang unik dan keindahan alam yang menakjubkan menjadikan pengalaman yang tak terlupakan dan membuat bidikan yang bagus.

2. Pantai yang indah dan alami

Selain formasi bebatuan yang unik dan mempesona, Alif Stone Park memiliki daya tarik keindahan pantainya secara keseluruhan. Air lautnya berwarna biru dan jernih, sehingga dasarnya terlihat jelas. Ombak di sini terbilang tenang, bahkan bisa dibilang tidak ada ombak yang tinggi sama sekali. Hanya ombak kecil yang mengalir santai menuju pantai menemani liburan Anda.

Karena letaknya tidak jauh dari pantai, airnya tidak terlalu dalam. Pengunjung tidak hanya bisa berdiri di atas bebatuan yang tersusun tidak beraturan, tetapi juga merasakan kesejukan airnya. Meski ada beberapa batu besar dan tinggi, memanjatnya tidak akan sulit karena pengelola membangun tangga permanen dan menghubungkan batu-batu itu dengan jembatan.

3. Keindahan alam yang mempesona

Tak bisa dipungkiri, semua pesona Alif Stone Park Natuna terletak pada keindahannya. Selain bebatuan yang eksotis dan laut yang mempesona, tempat ini dipenuhi deretan pohon kelapa yang tertata rapi. Keberadaan pohon ini memberikan kesan hijau dan menyegarkan. Keindahan yang akan Anda terima selama berkunjung ke sini lengkap.

Nuansa coklat tua didapat dari batu granit dengan berbagai ukuran, warna biru dari air laut yang jernih, dan hijau menyegarkan dari pepohonan. Mengunjungi tempat ini dijamin membuat hati Anda semakin cerah dan cerah. Selain itu, suasananya yang rindang, angin sepoi-sepoi yang berhembus akan membuat Anda betah berlama-lama mencari spot foto.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Alif Stone ParkKredit foto: Google Maps Eka Handa

Alif Stone Park sebenarnya berada di pesisir atau salah satu kawasan pesisir. Namun menuju ke lokasi tidak sulit karena akses jalan sangat bagus. Anda bisa datang dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Namun untuk menghemat waktu dan juga menghemat biaya, lebih baik menggunakan kendaraan pribadi.

Wisata indah ini berlangsung di Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Dari pusat kota Natuna Anda harus menempuh jarak sekitar 17 kilometer. Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh rute ini kurang lebih 40 menit. Silakan ke Desa Selemam jika saat ini Anda berada di pusat kota.

Kemudian ikuti jalan utama atau jalan raya yang akan membawa Anda ke Pantai Teluk Selahang. Di ujung jalan, belok kanan dan ikuti jalan utama Jalan Raya Sepempang. Tempat wisata yang anda tuju berjarak sekitar 4 kilometer, lokasinya ada di kiri jalan. Jika kesulitan, carilah rambu-rambu yang tersebar di beberapa tempat.

Biaya masuk ke objek wisata

Dikenal dengan nama Taman Batu Alif, destinasi wisata ini terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia. Mengunjungi tempat ini awalnya gratis saat pertama kali diperkenalkan ke publik. Namun kali ini Anda harus membayar untuk menikmati segala pesona dan keindahannya. Tidak mahal, hanya 10.000 rupiah untuk pengunjung yang datang.

Dibandingkan dengan apa yang Anda dapatkan nanti, biaya masuknya sangat murah. Selain itu, kamu bisa melakukan banyak aktivitas di dalamnya, yang utama adalah fotografi. Selanjutnya untuk tiket masuk, siapkan biaya tambahan untuk biaya parkir. Sepeda motor dikenakan tarif 2.000 rupiah dan mobil 5.000 rupiah.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Kegiatan menarik Alif Stone ParkKredit foto: Google Maps Misuro Anwari

Taman Batu Alif tidak hanya memiliki satu daya tarik yang menarik wisatawan. Alasan lainnya adalah banyaknya kegiatan yang bisa dilakukan. Karena sebagian yang ada di sini berkaitan dengan keindahan, aktivitas tidak jauh dari fotografi sambil menikmati pesona alam.

1. Berantai sambil menikmati keindahan alam

Salah satu aktivitas yang paling direkomendasikan di sini adalah menikmati keindahan alam yang mempesona. Anda dapat berjalan-jalan di area tersebut dan menikmati pemandangan indah yang ditawarkan alam. Selain itu, tentunya Anda juga bisa duduk santai di bebatuan sambil menikmati suasana tenang dan damai, jika cuaca memungkinkan.

Seperti yang Anda ketahui, tempat ini berada di area terbuka atau outdoor. Berada di pantai membuatnya semakin panas saat cuaca sedang panas. Nikmati eksotisme susunan bebatuan yang menarik, pemandangan hijau dari pepohonan dan juga jernihnya air laut yang menyejukkan jiwa.

2. Menyusuri pantai dengan perahu

Aktivitas menarik selanjutnya di Alif Stone Park adalah jalan-jalan menyusuri pantai. Tidak banyak pasir di pantai, hampir semuanya berupa bebatuan dengan ukuran berbeda. Anda bisa menyusuri pantai dengan perahu yang disediakan pengelola. Tentu tidak gratis, Anda harus membayar sesuai kesepakatan yang dibuat sebelumnya.

3. Berburu spot foto

Dengan keindahan alamnya yang spektakuler, tempat ini bisa menjadi tempat yang tepat untuk mengambil foto yang indah dan menawan. Tempat paling populer adalah gugusan granit yang eksotis. Yang Anda butuhkan hanyalah pose kecil untuk menangkap bidikan menawan, serahkan sisanya pada keindahan alam.

Fasilitas yang tersedia

Fasilitas Taman Batu AlifKredit foto: Google Maps Muhammad Baihaqi Lubis

Fasilitas di Alif Stone Park sebenarnya tidak selengkap tempat lain yang pernah Anda kunjungi. Namun beberapa fasilitas penting ada disini, salah satunya adalah tempat parkir. Selain itu, ada juga warung yang menawarkan berbagai menu makanan dan minuman, meski jumlahnya tidak banyak. Untuk keperluan buang air besar, Anda bisa meminta bantuan pemilik toko.

Wisata dengan daya tarik selalu menjadi incaran para pelancong dari berbagai daerah. Selain itu, daya tariknya adalah keindahan alam dan batuan eksotis yang unik, seperti Alif Stone Park Natuna. Jika Anda berkesempatan untuk berkunjung, jangan lupa untuk menjaga dan melestarikan alam agar generasi mendatang dapat menikmatinya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button