Tempat Wisata

Area INTAKO: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Setelah seharian bekerja atau berkutat dengan masalah sekolah dan hal-hal lainnya, terkadang kita membutuhkan sesuatu yang disebut penyegaran untuk menyegarkan pikiran dan menghilangkan penat. Stres juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kita merencanakan liburan yang bisa Anda lakukan sendiri, bersama keluarga, pasangan atau sahabat. Liburan seru tidak harus mengeluarkan banyak biaya lho? Jika Anda berencana untuk berwisata ke Jawa Timur khususnya Sidoarjo, Anda bisa datang ke daerah yang memiliki keunikan tersendiri yaitu kawasan INTAKO.

Kawasan INTAKO merupakan salah satu wisata belanja yang bisa Anda temukan di Jl. Kludan Raya Tanggulangin, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Jika Anda termasuk orang yang suka berbelanja, terutama membeli tas atau dompet, Anda bisa langsung datang ke bagian INTAKO di mana Anda bisa menemukan berbagai jenis tas atau dompet yang terbuat dari bahan yang berbeda. Kreasi dan juga kreativitas para seniman tas asal Desa Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo ini patut diperhatikan, apalagi di tengah banyaknya barang produksi China lainnya. Pengrajin lokal kami membuktikan bahwa mereka masih mampu menghasilkan berbagai jenis kerajinan kulit yang dapat dijual langsung di rumah mereka.

Tempat produksi tas di Tanggulangin juga sudah ada sejak lama dan setiap harinya tidak pernah sepi pengunjung yang hanya ingin melihat-lihat atau berbelanja tas.

Di bagian INTAKO Tanggulangin Anda tidak hanya akan menemukan tas sekolah atau tas wanita, tetapi juga banyak tas pria, dompet pria, koper, tas kerja, tas untuk hang out dan lainnya. Antara lain ikat pinggang, jaket, sepatu, tas olahraga, semuanya terbuat dari kulit imitasi dan kulit alami. Namun, kulit buatan paling sering digunakan, karena harganya jauh lebih murah daripada kulit alami.

Perkembangan sentra kerajinan tas dan dompet Tanggulangin dimulai pada tahun 1960-an ketika sebagian besar masyarakat Kedensari menjadi pekerja lepas di sebuah perusahaan koper di Surabaya. Lalu ada beberapa orang, salah satunya adalah Alm.H.Abd.Rochman, yang mencoba membuka usaha kopernya sendiri dari karton tebal yang dilapisi kulit sapi polos dan diikat dengan lem kanji. Pada tahun 1970-an banyak pengusaha koper di Surabaya yang memesan koper dari Tanggulangin. Tak hanya Surabaya, pengusaha asal Semarang, Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta juga banyak yang memesan koper dan tas dari Tanggulangin. Dari sinilah lahir para profesional baru yang akhirnya mendirikan koperasi usaha pada tahun 1975.

Fasilitas di kawasan INTAKO

Sedangkan fasilitas yang ada di kawasan objek wisata INTAKO tidak terlalu banyak atau lengkap, ada beberapa yang bisa anda temukan seperti:

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas.

– Bilik atau tempat makan

Jam belanja dijamin bikin lapar. Tak perlu bingung jika tidak sempat atau lupa menyiapkan bekal. Di kawasan sekitar Anda bisa menemukan warung penduduk setempat yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Paviliun

Jika dibangun paviliun di sana, Anda bisa duduk santai sambil menunggu keluarga berbelanja.

– Akomodasi

Di kawasan ini, Anda yang membutuhkan akomodasi bisa menemukan yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga telah disediakan di sana, sehingga Anda tidak perlu repot mencari kamar kecil di luar area INTAKO.

Berburu foto di area INTAKO

Meski kawasan objek wisata ini tidak terlalu luas dan bukan wisata alam lainnya, Anda tetap bisa memanjakan hobi fotografi dengan menikmati pemandangan dari berbagai toko yang menjual aneka tas dan dompet handmade. Ada juga spot menarik favorit pengunjung yang bisa Anda jadikan latar belakang foto bersama teman atau keluarga. Ia berada di depan para pengrajin tas yang bisa langsung Anda lihat. Jika sudah puas mendapatkan banyak foto, Anda bisa mengunggahnya ke berbagai media sosial. Dengan begitu, Anda dapat membantu untuk lebih memperkenalkan objek wisata bersejarah ini kepada masyarakat luas agar mereka tertarik untuk berkunjung.

Baca Juga: Pantai Teleng Ria, Wisata Piknik Desa Cemara

Akses jalan menuju kawasan INTAKO

Salah satu tempat wisata belanja terkemuka di Jawa Timur ini sangat mudah dijangkau karena terletak di jalan raya Malang-Sidoarjo dan hanya beberapa meter dari jalan raya Malang-Surabaya (melalui jalan tol). Sekitar 20 km dari Bandara Internasional Juanda.

Terutama bagi anda yang ingin melihat Lumpur Lapindo di Porong akan rindu jika tidak mampir ke Sentra Kerajinan Kulit Tanggulangin, karena jaraknya hanya sekitar 100 meter dari Wisata Lumpur Lapindo.

Jam buka dan biaya masuk kawasan INTAKO

Jam buka objek wisata belanja ini biasanya dari pukul 08.00 hingga larut malam. Setiap hari, termasuk akhir pekan dan hari libur nasional. Pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk, cukup membayar tiket parkir.

Tips liburan di kawasan INTAKO

  • Jangan lupa untuk menyiapkan uang Anda
  • Perhatikan barang bawaan Anda
  • Jangan mencemari lingkungan
  • Persiapkan kendaraan pribadi Anda

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button