Tempat Wisata

Base G Beach Jayapura – Atraksi, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Tanjung Ria, Kec. Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua; map: Cek lokasi

Obyek wisata milik Papua tidak pernah kekurangan mendapatkan komentar yang baik dari pengunjungnya. Pengunjung datang tidak hanya dari daerah, tetapi juga dari luar negeri. Bukti bahwa Papua memiliki objek wisata yang memukau adalah Pantai Base G Jayapura dengan pemandangan yang berfungsi seperti obat untuk menghilangkan penat.

Pantai ini memiliki butiran kecil pasir putih halus. Pasir ini membentang dari ujung ke ujung pantai. Sambutan pemandangan laut yang biru dapat memukau siapa saja yang melihatnya. Tak puas hanya dengan itu, perbukitan berbukit-bukit menjulang tinggi dengan warna hijau sejuknya menghiasi tepian pantai ini. Ini menakjubkan!

Bukan hanya pesonanya yang menarik wisatawan asing ke pantai ini. Pantai Base G memiliki nilai sejarah yang menarik. Nama asli pantai ini adalah Pantai Tanjung Ria. Itu pernah menjadi pangkalan Sekutu selama Perang Dunia II. Huruf G di akhir nama pantai berasal dari alfabet ke-7, yang berarti markas Sekutu ke-7.

Atraksi Pantai Base G

Objek wisata yang dimiliki oleh Base G. BeachSumber gambar: Facebook NusaTrip

Pemandangan pantai yang mempesona didukung oleh nilai sejarahnya yang sangat jelas hingga saat ini, tidak heran jika pantai ini menjadi tujuan wisata yang populer. Seperti di surga, wisatawan bisa menghilangkan penat dengan melihat pemandangan yang disuguhkan. Berwisata ke sini, wisatawan tidak akan menyesal karena berbagai atraksinya yang menarik.

1. Camilan Panorama Pantai

Hal pertama dan utama yang diincar oleh jutaan objek wisata pantai ini adalah panoramanya. Lain halnya ketika mengunjungi sebuah desa, di mana wisatawan akan disambut dengan tarian khas daerah tersebut. Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Base G akan disambut dengan dekorasi alamnya yang unik. Pasir putih yang lembut dan air laut yang biru serta perbukitan yang indah.

2. Kelimpahan ikan

Tidak hanya panoramanya yang layak untuk dikagumi. Kelimpahan ikan di sini juga berkontribusi pada panorama pantai. Berbagai jenis ikan dengan berbagai ukuran hidup di perairan sekitar pantai ini. Biota laut di sini tidak hanya melimpah tetapi masih sangat terjaga dan bersih, jauh dari tangan perusak alam.

3. Gulungan ombak yang tenang

Berbeda dengan pantai lain yang memiliki ombak besar, Pantai Base G memiliki struktur ombak yang relatif kecil. Deburan ombak yang tenang sangat kontras dengan pemandangan indah dari pantai. Busa putih yang terbawa deburan ombak membelai lembut pasir putih pantai.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Base G. BeachKredit foto: saluran Google Maps BabyD

Sudahkah Anda memasukkan Pantai Base G dalam daftar tempat untuk dikunjungi? Jika iya, maka langkah selanjutnya adalah mencari tahu alamat lengkap dan rute menuju destinasi Miniature Paradise. Pantai ini terletak di Kota Jayapura, tepatnya di Kecamatan Jayapura Utara, Desa Tanjung Ria, Papua. Situs ini berjarak kurang lebih 10 km dari Kabupaten Jayapura Utara.

Akses jalan yang dilalui pengunjung sangat sederhana. Waktu tempuh dari Kota Jayapura Utara kurang lebih 17 menit. Wisatawan yang datang dari luar daerah dapat menghabiskan waktu yang cukup lama mengingat jarak yang ditempuh juga cukup jauh. Yaitu selama 80 menit berkendara jika wisatawan memulai perjalanan dari Bandara Sentani.

Wisatawan dapat memulai perjalanan dari Jalan Kinsa di Kota Jayapura Utara kemudian berbelok ke kiri menuju Jalan M. Yamin. Dari Jalan M. Yamin, wisatawan bisa berbelok ke kiri lagi menuju Jalan Sujarwo Condronegoro. Setelah itu, arahkan kendaraan ke kiri menuju Jalan Tanjung Ria IV. Dari sini wisatawan bisa mengikuti rute untuk sampai ke Pantai G Base.

Sedangkan wisatawan yang datang dari luar daerah dan turun di Bandara Sentani dapat memulai perjalanan di Bandara Jalan Sentari kemudian berbelok ke kiri menuju Jalan Raya Abepura. Saat sampai di bundaran, ambil jalan ke Jalan Ardipura Raya. Melanjutkan perjalanan ke Jalan Dr. Sam Ratulangi, untuk sampai ke Jalan Tanjung Ria IV, belok kanan sampai ketemu tempat.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Base G. Biaya masuk pantaiKredit Foto: Google Maps Mc_Ephend Srava Cabva

Mengunjungi Pantai Base G tidak perlu mengeluarkan biaya banyak karena pantai ini memiliki tiket masuk yang sangat murah. Bahkan Anda yang sebenarnya sudah pensiun pun bisa masuk ke pantai ini dengan bebas karena tiket masuknya yang ramah. Cocok juga untuk kamu yang berjiwa hemat tapi ingin liburan pantai.

Hanya dengan Rp 5000 hingga Rp 10.000, wisatawan sudah bisa melihat panorama indah yang disuguhkan dengan indahnya pantai ini. Wisatawan yang membawa kendaraan pribadi juga akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 20.000 untuk kendaraan roda 2 dan Rp 50.000 untuk kendaraan roda 4. Karena kawasan ini masih dikelola oleh pemerintah kota.

Aktivitas seru di G Base Pantai Beach

Aktivitas Seru di G Base Pantai BeachKredit foto: Instagram gwl

1. Alami matahari terbit yang luar biasa

Tak heran jika banyak wisatawan datang ke Pantai Base G di pagi hari, karena semua orang menunggu matahari terbit yang akan hadir dengan sendirinya dengan cara yang menakjubkan. Langit yang gelap berubah menjadi warna ungu-oranye terlihat begitu indah dengan pesona ombak laut yang tenang. Kicauan burung dari lereng bukit juga akan menghiasi suasana.

2. Memancing berlimpah

Memancing adalah kegiatan yang sangat menarik bagi sebagian orang, mungkin Anda juga. Berkunjung ke sini adalah pilihan yang sangat cocok jika Anda seorang pemancing sejati. Wisatawan bisa memancing di sini dengan berlimpah. Dalam berbagai jenis dan ukuran. Wisatawan juga ditemani oleh penduduk setempat yang juga menikmati memancing.

3. Berenang santai di pantai

Ombak di Pantai Base G tidak terlalu besar. Karena pemecah gelombang, 1 km dari bibir pantai, dibangun oleh pengelola. Jadi ombak di Pantai Base G tidak terlalu besar. Wisatawan bisa berenang di pantai. Karena disini cukup lebar pada kedalaman rendah.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi di dekat Pantai Base GSumber gambar: Google Maps Arno Febrianto

1. BEISSJI Hotel Inn

BESISSJI INN Hotel dekat dengan pantai Base G. Kedekatan ini berpengaruh baik pada view yang disuguhkan. Dari lantai empat hotel ini, wisatawan dapat dengan nyaman menikmati pemandangan kota Jayapura Utara yang menghadap pantai pada malam hari. Suara deburan ombak di malam hari akan menjadi alunan musik alam yang indah.

2. Hotel Tirta Mandala

Tirta Mandala Hotel memiliki fasilitas yang sangat menarik bagi wisatawan yaitu kolam renang. Kolam renang di hotel ini cukup besar dan bisa menampung banyak pengunjung. Tidak hanya kolam renang yang wajib dikunjungi, restoran di hotel ini juga cukup unik. Restoran di Hotel Tirta Mandala berada tepat di atas air.

3. Edotel Yotefa menghadap ke Jayapura

Menginap di hotel dekat pantai berarti Anda tidak perlu khawatir kehilangan koneksi internet. Edotel Yotefa View Jayapura menawarkan fasilitas Wi-Fi yang stabil bagi pengunjungnya. Sekali lagi, Anda akan menemukan kebersihan di setiap sudut hotel. Tak ketinggalan desain eksterior bangunan yang didominasi warna putih.

Tersedia fasilitas area pantai

Fasilitas di Base G. StrandSumber gambar: Google Maps Eko B Christian

Lokasi pantai yang dekat dengan Kota Jayapura, serta akses jalan dan jalan masuk yang mudah membuat fasilitas di pantai ini tersedia dengan lengkap dan memadai. Wisatawan difasilitasi dengan berbagai fasilitas yang ada dengan tujuan kepuasan pengunjung. Tak heran jika Pantai Base G selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tempat parkir di sini dapat digunakan wisatawan untuk memarkir kendaraan pribadi, baik itu roda dua maupun roda empat. Hadiah yang perlu dibelanjakan sudah tersedia. Pemandian dan toilet di sini dapat digunakan wisatawan untuk membersihkan tubuh setelah berenang atau bermain. Toilet juga bisa digunakan sebagai ruang ganti jika ingin berenang.

Gazebo yang tersedia dapat digunakan wisatawan untuk bersantai sambil bersenang-senang bersama keluarga ditemani pesona panorama pantai. Kios makanan yang terletak di sini melengkapi kegiatan di sini juga. Berbagai jenis makanan dan minuman disuguhkan kepada pengunjung. Wisatawan bisa merasakan kesejukan pepohonan yang rimbun sambil bersantap di bawah gazebo.

Nah, buat kamu yang sudah merasa lelah, entah itu karena pekerjaan atau yang lainnya, ini pertanda otakmu butuh istirahat. Beristirahat di Pantai Base G Jayapura merupakan pilihan yang cermat dan efektif untuk melepas penat. Harga tiket yang bersahabat tidak akan membuat pengunjung bosan berlibur ke sini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button