Tempat Wisata

Bepergian ke Brunei Darussalam? Jangan lewatkan 5 tempat ini, ya!

Tidak seringmengamatiPadahal negara yang terletak di pesisir utara Pulau Kalimantan ini memiliki beragam tempat wisata menarik.

Bagi Anda yang ingin menjelajahi negara-negara yang belum biasa dikunjungi, berkunjung ke Brunei Darussalam patut dicoba! Untuk mengunjungi negara ini, apalagi jika Anda tinggal di kota Jakarta, cobalah maskapai Royal Brunei. Jika Anda penasaran dengan harga tiketnya, cek harga tiket pesawat terkini di sini!

Destinasi wisata apa saja yang bisa kamu kunjungi di negara ini? Simak ulasannya di bawah ini, ya!

1. Kuil Teng Yun

Gambar: idntimes.com

Secara umum, negara Brunei Darussalam terkenal dengan penduduknya yang mayoritas beragama Islam, sehingga masjid-masjid di negara tersebut kuat dan megah. Namun tak hanya bangunan masjidnya saja yang kokoh, ada juga tempat ibadah bernama Klenteng Teng Yun.

Kelenteng Teng Yun merupakan kelenteng Tionghoa tertua di negeri ini. Kuil ini dibangun pada tahun 1960-an dan berfungsi sebagai tempat ibadah bagi masyarakat Tionghoa, yang merupakan 10 persen dari populasi Brunei.

Terletak di pusat kota Bandar Seri Begawan, candi ini diapit oleh gedung-gedung perkantoran dengan hiasan dinding berwarna merah dan atap yang semarak memberikan sentuhan menarik dengan warna-warnanya yang eye-catching. Selain itu, lokasinya yang berada di pusat kota tentunya akan memudahkan Anda untuk menemukannya jika ingin mengunjunginya. .

2. Kampong Ayer

Gambar: kumparan.com

Apakah Anda ingin merasakan kawasan perumahan terbesar di atas air di dunia? Jadi cobalah datang ke Kampong Ayer. Mengapa disebut pemukiman terbesar di dunia karena desa ini terdiri dari 40 desa kecil yang saat ini dihuni sekitar 20.000 jiwa atau 3 persen dari jumlah penduduk Brunei Darussalam.

Dijuluki “Venezuela dari Timur”, desa ini memiliki sejarah dimana konon dahulu nenek moyang masyarakat Brunei Darussalam tidak bersusah payah menebangi hutan karena medannya yang sulit dan alaminya berbukit.

Dari sinilah diputuskan untuk membangun rumah di atas air, dengan tiang-tiang kayu sebagai penyangga dan pondasi sebuah rumah. Untuk menjalankan aktivitasnya, warga Kampong Ayer mengandalkan perahu motor untuk melakukan perjalanan dari rumahnya menuju daratan Bandar Seri Begawan.

3. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien

Gambar: Republik

Terletak di tepian Sungai Brunei, masjid ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar negeri. Sebagai salah satu landmark Brunei, masjid ini terutama berfungsi sebagai tempat ibadah umat Islam.

Dengan desain megah yang melambangkan kejayaan Islam, masjid ini mampu menampung sekitar 3.000 jamaah. Jadi jangan takut kehabisan tempat karena masjid ini memiliki bangunan yang besar.

Bisa dikatakan salah satu tempat wisata kuno karena masjid ini dibangun sekitar tahun 1954 dan diprakarsai oleh Sultan Haji Omar Ali Saifuddin Sa’adul Khairi Waddien. Masjid ini terbuat dari marmer menari dengan kubah emas dan dilengkapi dengan taman yang indah serta air mancur.

4. Taman Nasional Ulu Temburong

Gambar: liawisata.com

Siapa sangka kawasan taman ini ternyata menyatu dengan luasnya hutan Kalimantan yang membentang di tiga negara yaitu Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam?

Taman ini mempunyai nama lain yaitu Taman Fathul. Merupakan taman nasional pertama di Brunei Darussalam dan dilindungi sejak tahun 1991, tempatnya para wisatawan dalam dan luar negeri dan tentunya wisatawan. Para ilmuwan tentang kemegahan dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya.

Taman Nasional Ulu Temburong terletak di distrik Temburong di timur Brunei dan dapat dicapai dengan mendaki perahu cepat Berkendara menyusuri sungai selama 45 menit kemudian dilanjutkan dengan bus yang memakan waktu sekitar 30 menit. Anda kemudian akan kembali dengan perahu tradisional untuk mencapai tujuan akhir Anda. Bagi Anda yang menyukai petualangan sepertinya sangat cocok mengunjungi kawasan ini.

Taman ini juga memiliki “The Canopy Walkway” dengan ketinggian lebih dari 60 meter. Dari sana Anda dapat menikmati pemandangan sekitarnya. Oh iya, kamu juga bisa menikmati rumah pohon yang saling terhubung dan tentunya terhubung dengan jembatan gantung jika ingin pemandangan yang luar biasa. Untuk menuju kanopi ini, harus menaiki sekitar 1.260 anak tangga. Sesampainya di tempat ini, dijamin kamu akan merasakan udara segar yang berbeda dari hiruk pikuk kota.

5. Istana Nurul Iman

Penasaran dimana saja Sultan yang memerintah negeri ini tinggal? Jadi, kunjungilah Istana Nurul Iman yang dianggap sebagai istana hunian terbesar di dunia.

Istana ini diperkirakan berukuran empat kali lipat dari Istana Versailles. Istana ini memiliki 1.788 kamar, kandang kuda Sultan ber-AC, dan 257 kamar mandi dengan gagang pintu berlapis emas. Hmm, pas banget, dinobatkan sebagai istana hunian terbesar di dunia!

Hmm penasaran ingin berkunjung ke Brunei Darussalam. Meski belum begitu terkenal dengan wisatanya, sepertinya negara ini suatu saat akan menarik untuk dikunjungi bukan?

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button